Air Terjun Ciupang, Pesona Alam Eksotis Nan Jernih di Pesawaran

Air Terjun Ciupang, Pesona Alam Eksotis Nan Jernih di Pesawaran
Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Sumber Jaya, Kec. way ratai, Kab. Pesawaran, Lampung; Map: Cek Lokasi

Air Terjun Ciupang adalah objek wisata alam yang berada di Pesawaran, Lampung. Peosna alam yang disuguhkan benar-benar alami sangat memanjakan mata. Tumpahan air terjun yang mengenai batuan berundak semakin menambah keeksotisan air terjun. Apalagi dibalut dengan nuansa alam yang begitu sejuk.

Lokasi wisata ini sangat cocok dijadikan tujuan berlibur bersama rombongan. Baik bersama keluarga maupun sahabat. Tak heran jika keindahannya mampu memikat sejumlah wisatawan dari berbagai penjuru. Terutama di hari libur nasional, suasana wisata akan ramai oleh para pengunjung.

Jika Anda sedang berada di Provinsi Lampung, sempatkanlah untuk berkunjung ke wisata alami ini. Selain aksesnya yang mudah dijangkau, pemandangan yang ditawarkan juga sangat mendamaikan jiwa. Anda tidak akan menemukan nuansa alami ini di wilayah perkotaan. Oleh karenanya, buktikan secara langsung pesona dari Air Terjun Ciupang ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Ciupang

Daya Tarik Air Terjun Ciupang
Image Credit: Google Maps Yeol 99

1. Suasana Alam yang Sejuk

Lokasi air terjun yang berada di daerah ketinggian dibalut dengan hutan yang alami membuat udara di lokasi wisata ini sangat segar. Suasana alamnya juga menyejukkan. Setiap wisatawan yang berkunjung bisa merasakan menghirup udara segar yang jauh dari polusi.

Nah, agar kondisi alamnya tetap terjaga kelestariannya maka setiap wisatawan yang berkunjung diwajibkan untuk ikut serta menjaga kebersihan lingkungan. Meskipun tidak ada cctv yang mengawasi, tetapi kesadaran diri sendiri untuk mencintai alam tetap harus ditingkatkan.

2. Tumpahan Air Terjun nan Jernih

Daya tarik dari limpahan Air Terjun Ciupang ini adalah tidak langsung turun ke bawah secara lurus. Melainkan memecah bebatuan yang berundak-undak. Sehingga sensasi pemandangannya sangat menakjubkan untuk dipandang.

Cipratan air yang memecah bebatuan menjadi bagaikan embun ataupun kabut. Terlebih jika terkena sinar matahari. Membuat adanya pembiasan sehingga muncul spektrum warna bagaikan pelangi. Sungguh pemandangan ini sangat mengesankan dan sayang jika dilewatkan begitu saja.

Daya Tarik di Air Terjun Ciupang
Image Credit: Google Maps Info Wisata Lampung

3. Terdapat Tebing yang Menjulang

Di sekitar air terjun nan cantik ini, Anda akan menyaksikan tingginya tebing menjulang. Kondisinya yang kokoh dengan warna abu kegelapan semakin menambah keeksotisan tebing. Ditambah dengan balutan kehijauan karena adanya lumut-lumut yang menempel pada bebatuan tebing.

Anda bisa menjadikannya sebagai background untuk berfoto. Apalagi di depan tebing tersebut terdapat pemandangan indahnya air yang mengalir dari ketinggian sekitar 15 meter. Tentu menjadikan nuansa yang berbeda. Sensasi cipratan-cipratan air juga bisa Anda nikmati.

4. Anak Tangga dari Bebatuan

Untuk menuju lokasi Air Terjun Ciupang, pengunjung harus melalui beberapa anak tangga yang terbuat dari batu kali. Keberadaan anak tangga ini sangat kokoh. Meskipun dilalui oleh banyak pengunjung, tetapi keberadaannya tidak akan goyah sedikitpun.

Bahkan banyak pengunjung yang menjadikan anak tangga ini sebagai spot berfoto. Alasannya tak lain karena keindahan anak tangga yang terbuat dari batu alami dan berwarna cantik.

Namun, Anda tetap harus berhati-hati. Terutama jika sedang ramai oleh pengunjung. Tidak disarankan untuk bergaya yang berlebihan. Selain berbahaya karena posisinya sebagai tangga juga dapat mengganggu perjalanan pengunjung lainnya. Jadi, ambilah suasana yang tepat ketika tidak sedang ramai pengunjung.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Air Terjun Ciupang
Image Credit: Google Maps Fia

Air Terjun Ciupang berada di Dusun Purwajaya, Kecamatan Padang Cermin. Yakni salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Pesawaran, Provinsi Bandar Lampung.

Jarak tempuh dari pusat kota tidak begitu jauh, kurang lebih 57 kilometer. Akses menuju lokasi bisa menggunakan kendaraan bermotor maupun roda empat dengan waktu sekitar 2 jam perjalanan.

Kondisi jalan menuju air terjun yang sedang diburu oleh banyak wisatawan ini sudah beraspal. Lokasinya berada di daerah perkampungan warga. Sehingga medannya tidak begitu sulit untuk dijangkau.

Adapun rute yang bisa dilalui jika Anda memulainya dari pusat kota Bandar Lampung yaitu langsung mengambil arah menuju Jl. Laksamana R.E Martadinata. Selanjutnya Anda akan melalui tempat pelelangan ikan Lempasing serta lokasi Pantai Queen Artha.

Teruskan perjalanan untuk menuju Jl. Raya Way Ratay dan melalui keberadaan Pantai Klara. Hingga sesampainya di pertigaan Padang Cermin ambil arah kendaraan untuk belok kanan yakni menuju Pasar Umbul Keluih serta Pasar Umbul.

Dari lokasi Pasar Umbul Keluih menuju Desa Sumberjaya dengan jarak kurang lebih 5,6 kilometer. Setelah itu, arahkan kendaraan menuju Dusun Purwajaya tempat keberadaan air terjun. Anda cukup mengikuti papan penunjuk arah dan melalui daerah perkampungan dengan jalan setapak yang sudah cukup bagus.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Ciupang

Harga Tiket Masuk Air Terjun Ciupang
Image Credit: Google Maps Tempat Wisata Lampung

Setiap pengunjung yang hendak menikmati keindahan Air Terjun Ciupang akan dibebankan tarif tiket masuk seharga Rp 5.000 per orang. Adapun untuk wisatawan yang membawa kendaraan perlu menyediakan biaya tambahan untuk parkir seharga Rp 2.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk kendaraan roda empat.

Untuk berkunjung ke wisata air terjun nan elok ini, Anda bisa datang kapan saja setiap harinya. Karena lokasi ini memiliki jam operasional selama 24 jam nonstop.

Aktivitas Seru di Air Terjun Ciupang

Aktivitas Seru Air Terjun Ciupang
Image Credit: Google Maps ujang rozali

1. Menjelajah Alam Hutan

Keberadaan Air Terjun Ciupang dibalut dengan pepohonan tinggi nan hijau subur. Oleh karenanya, nuansa hutan masih sangat terasa di lokasi ini. Terlebih jika Anda mendengar suara kicauan burung atau suara binatang khas hutan diantaranya jangkrik atau katak. Tentu suasana alami masih bisa dirasakan begitu kental.

Nah, Anda bisa melakukan jelajah hutan. Namun, tetap jangan lupa untuk selalu berhati-hati. Agar lebih amannya, Anda bisa bertanya kepada warga sekitar tentang keberadaan wilayah hutan tersebut.

2. Menikmati Air Terjun

Air terjun yang mengalir memang tidak begitu deras. Akan tetapi, pesona keindahannya memecah bebatuan berundak membuat sensasi air terjun semakin menakjubkan.

Wisatawan bisa menikmati kesegaran air terjun dengan cara bermain air ataupun foto dibawah tumpahan air terjun. Suasana ini jangan sampai dilewatkan begitu saja. Anda harus merasakan dinginnya air ketika sudah sampai di lokasi Air Terjun Ciupang.

3. Santai di Atas Bebatuan

Bebatuan di sekitar air terjun ini memang cukup banyak dan kondisinya yang besar-besar. Anda bisa menjadikannya sebagai tempat untuk bersantai. Duduk di atas bebatuan sambil mencelupkan kaki ke aliran air, menghirup udara segar dalam-dalam, serta menikmati pemandangan alam.

Aktivitas ini cukup membuat jiwa terasa lebih damai dan tenang. Pikiran akan kembali fresh. Ruwetnya pekerjaan yang menumpuk akan sedikit terlupakan. Ya, memang tujuan berwisata ke air terjun ini untuk mendapatkan rasa bahagia. Oleh karenanya, sementara waktu tak perlu memikirkan penatnya rutinitas sehari-hari.

Aktivitas Seru di Air Terjun Ciupang
Image Credit: Google Maps PP

4. Piknik

Di lokasi Air Terjun Ciupang kemungkinan besar Anda tidak akan menjumpai pedagang makanan ataupun warung. Oleh sebab itu, anda bisa menyiapkannya dari rumah ataupun membelinya di perjalanan.

Setelah sesampainya di lokasi pasti anda akan merasa haus ataupun lapar karena medan menuju lokasi cukup menguras tenaga. Nah, Anda bisa menikmati bekal makanan ataupun minuman yang dibawa sambil menikmati pemandangan sekitar wisata.

Aktivitas ini bisa dikatakan sebagai cara baru untuk melakukan piknik. Terlebih jika Anda mengajak banyak rombongan ataupun keluarga. Nuansa piknik sekaligus touring sepanjang perjalanan akan terasa lebih seru dan mengasyikan.

5. Berswafoto

Berkunjung ke suatu tempat wisata rasanya sangat disayangkan jika tidak mengambil gambar atau berfoto. Hal inilah yang bisa digunakan sebagai kenang-kenangan di waktu yang akan datang. Menjadi salah satu bukti bahwa Anda pernah mengunjunginya.

Nah, di lokasi Air Terjun Ciupang ini terdapat spot foto yang tak kalah eksotisnya. Diantaranya ada landscape tumpahan air terjun yang menimbulkan percikan-percikan bagaikan embun, batuan besar, ataupun suasana pemandangan alam nan hijau.

Anda juga bisa mengabadikan momen berlibur dengan membuat video. Tersedianya menara pandang di lokasi air terjun bisa digunakan untuk mendapatkan view cantiknya pemandangan alam dari ketinggian. Tak lupa harus diimbangi kamera yang memadai ya.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Air Terjun

Fasilitas Air Terjun Ciupang
Image Credit: Google Maps akhmad sofyan

1. Tempat Parkir

Wisatawan yang hendak memarkirkan kendaraan pribadinya, tak perlu merasa bingung. Ada lokasi parkir yang tersedia dengan luas yang memadai. Anda bisa memarkirkan kendaraan dengan nyaman sesuai arah yang ditentukan agar terlihat lebih rapi.

2. Kamar Mandi

Meskipun keberadaan fasilitas yang tersedia belum begitu lengkap, tetapi untuk kamar madi ataupun toilet sudah tersedia dengan cukup memadai. Wisatawan yang berkunjung bisa menggunakannya sesuai kebutuhan setiap pribadi. Salah satunya berganti pakaian setelah basah-basahan bermain air.

3. Gardu Pandang

Di lokasi air terjun ini sudah tersedia gardu pandang yang bisa digunakan untuk mengambil foto dengan angle kamera yang tepat. Bisa juga untuk membuat konten berupa video. Anda akan mendapatkan pemandangan yang lebih jelas dari posisi ketinggian gardu pandang.

Itulah ulasan tentang wisata Air Terjun Ciupang yang memiliki beberapa keelokan. Meskipun pengelolaannya hanya dibawah penduduk setempat, tetapi pesona keindahan yang dimiliki air terjun ini mampu membuat mata terpana. Sehingga tak heran jika banyak wisatawan yang tertarik untuk berkunjung ke lokasi wisata yang menenangkan ini.

Comments Rating ( reviews)

REKOMENDASI DESTINASI

Leave a Reply

Sending