10 Wisata Pantai Dekat Kediri yang Paling Hits

Wisata Pantai Kediri

Inilah Rekomendasi Wisata Pantai Terindah Dekat Kediri, Jawa Timur. Destinasi Wisata Bahari yang Kaya Pesona dan Terhits yang Cocok Dijadikan Tujuan Liburan Anda Bersama Orang Tercinta.

Kediri disebut sebagai salah satu kota yang dikunjungi wisatawan untuk berlibur sekaligus melepaskan penat. Sayangnya daerah satu ini tidak dikaruniai wisata bahari, mengingat lokasinya yang memang berjauhan dengan kawasan pesisir. Lalu bagaimana jika masyarakat hendak mengunjungi wisata bahari? Beruntungnya daerah dekat dari Kediri menawarkan segudang pantai cantik untuk menikmati semilir angin dan siap memanjakan mata. Berikut rekomendasi pantai hits dekat Kediri yang wajib Anda kunjungi.

1. Pantai Gondo Mayit

Pantai Gondo Mayit
Image Credit: Travellers2009.wordpress.com

Wisata bahari yang berada tidak jauh dari Kediri adalah Pantai Gondo Mayit atau lebih dikenal dengan Pantai Bau Mayat. Meski pemberian namanya sedikit menyeramkan, ternyata pantai satu ini menawarkan pemandangan alam yang begitu mempesona. Keindahan pantainya bukan berasal dari hamparan lautan di depan mata semata, namun juga berasal dari kawasan wisatanya yang dikelilingi oleh perbukitan.

Di tempat itu pula, Anda bisa menyaksikan pepohonan tampak tumbuh dengan subur dan menjulang tinggi ke atas langit yang membuat nuansa pantai terasa sejuk dan asri. Lokasi pantai cantik ini berdekatan dengan pantai hits lainnya yang terkenal akan keindahannya. Dengan kata lain, wisatawan dapat melihat keindahan dua pantai dalam waktu bersamaan tanpa perlu melakukan perjalanan jauh.

Ketika sampai di kawasan wisata bahari, aktivitas utama yang wajib dilakukan adalah bermain pasirnya yang bersih ataupun berenang santai di tepian pantai. Sayangnya aktivitas tersebut tidak diperkenankan dilakukan, sebab hempasan ombaknya terlalu kuat dan dapat membahayakan keselamatan. Oleh sebab itu, wisatawan hanya bisa melihat keindahannya dari dekat tanpa pernah bisa mendekatinya dalam radius tertentu.

Lokasi: Krajan, Tambakrejo, Kec. Wonotirto, Kab. Blitar.

2. Pantai Jolosutro

Pantai Jolosutro
Image Credit: Andhirarum.com

Pantai cantik tidak selalu tentang pasirnya yang berwarna putih, dan pernyataan tersebut dibuktikan dengan kehadiran Pantai Jolosutro. Benar, pantai cantik satu ini justru memiliki pasir berwarna kehitaman namun tampak bersih tanpa ditemukan sampah di sekitarnya. Justru warna pasirnya membuat pantai satu ini tampak eksotis dan menawan. Warna hitam legamnya bahkan terlihat bersinar saat terkena pantulan sinar matahari.

Rasanya tidak sulit untuk menemukan lokasi wisata bahari unik satu ini, mengingat letaknya yang memang berada tidak jauh dari pusat kota Blitar. Meski lokasinya cukup mudah ditemukan, akses menuju lokasi wisatanya terbilang cukup susah karena berada di kawasan perbukitan. Meski demikian, bukan tidak ada kesempatan untuk bisa menginjakkan kaki langsung di kawasan wisatanya bukan ?

Lokasi: Ringinsari, Ringenrejo, Kec. Wates, Kab. Blitar.

3. Pantai Umbul Waru

Pantai Umbul Waru
Image Credit: Travellers2009.wordpress.com

Bosan mengunjungi wisata bahari yang biasa saja ? Cobalah mengunjungi Pantai Umbul Waru sebagai solusinya. Tidak seperti pantai pada umumnya, karena disini wisatawan bisa menemukan sebuah air terjun yang umumnya hanya bisa ditemukan di dataran tinggi saja. Justru kehadiran air terjun pada kawasan pantainya, dianggap sebagai daya tarik dari Pantai Umbul Waru yang tidak akan ditemukan di kawasan lainnya.

Untuk bisa melihat keindahannya dari dekat, wisatawan harus menempuh perjalanan yang penuh dengan rintangan. Bahkan bisa dikatakan bahwa beberapa rintangan tersebut cukup sulit ditaklukkan karena terbilang sedikit ekstrim. Tidak dapat dilewati oleh sembarang orang, dengan kata lain Pantai Umbul Waru sangat cocok dikunjungi bagi para pecinta tantangan dan seru seruan bersama dengan orang yang memiliki minat yang serupa.

Usai melewati berbagai rintangan, rasa lapar dan haus pun mulai menggerogoti selama perjalanan. Sayangnya pantai satu ini belum dilengkapi dengan fasilitas apapun termasuk warung makan, sehingga wisatawan harus membawa bekal kebutuhannya sendiri sebagai tips berkunjung ke Pantai Umbul Waru. Sebelum berkunjung kesana, pastikan bahwa ombak sedang surut agar pesona keindahan air terjunnya terlihat dengan jelas.

Lokasi: Kalibawang, Sidomulyo, Kec. Bakung, Kab. Blitar.

4. Pantai Peh Pulo

Pantai Peh Pulo
Image Credit: Manusialembah.com

Wisata bahari hits di dekat Kediri yang wajib Anda kunjungi adalah Pantai Peh Pulo. Suguhkan pemandangan indah dan mampu memberikan kesan eksotis, wisata bahari satu ini pun kerap dijadikan sebagai tempat berburu foto keren dan kekinian. Bahkan ketika diperhatikan lebih jeli, pantai cantik ini akan mengingatkan Anda pada keindahan Raja Ampat yang berlokasi di Pulau Papua. Berkat keindahannya, banyak wisatawan yang mengaku enggan untuk pulang.

Lokasi: Peh Pulo, Sumbersih, Kec. Panggungrejo, Kab. Blitar.

5. Pantai Serang

Pantai Serang
Image Credit: Instagram.com @_yakinyo

Jika umumnya pantai cantik identik dengan warna pasirnya yang berwarna putih bersih, maka disini wisatawan akan disuguhkan dengan pasir pantai berwarna hitam yang justru memberikan kesan eksotis dan menawan. Lokasi pantai satu ini terbilang cukup dengan pusat perkotaan dan terbilang cukup populer dikenal masyarakat, sehingga tidak akan sulit untuk menemukannya. Berkat keunikannya tersebut, pantai cantik ini pun tidak pernah sepi dikunjungi.

Selagi asyik menikmati nuansa khas pantai, kemungkinan besar wisatawan dapat melihat keunikan lain yang tersaji di kawasan wisatanya. Benar, pantai cantik ini kerap dijadikan sebagai tempat mengadakan acara adat bernama larung sesaji. Upacara adat yang sakral tersebut dianggap sebagai daya tarik lainnya dari Pantai Serang, wajar saja jika kawasan wisata bahari satu ini selalu dipadati pengunjung baik di akhir pekan maupun di hari biasa sekalipun.

Lokasi: Serang, Kec. Panggungrejo, Kab. Blitar.

6. Pantai Tambakrejo

Pantai Tambakrejo
Image Credit:W ikipedia.org

Pantai Tambakrejo disebut sebagai salah satu pantai yang tidak pernah sepi dikunjungi wisatawan. Bahkan kecantikannya sendiri sudah terdengar hingga ke luar daerah, sehingga banyak ditemukan wisatawan yang sengaja datang dari jauh hanya untuk bisa melihat keindahannya dari dekat. Selain terkenal akan keindahannya, ternyata pantai satu ini menyimpan keunikan tersendiri yang tidak akan ditemukan di kawasan wisata bahari lainnya.

Keunikannya ditorehkan pada dua sisi pantai yang memiliki skala ombak berbeda. Adanya perbedaan tersebut justru membuat gelombang air laut menjadi lebih besar dan kuat. Meski sedikit menakutkan, banyak wisatawan yang tertarik untuk mengabadikan momen unik tersebut tanpa melewatkannya sedikitpun. Jika berjalan jalan santai di sekitar pantainya, Anda dapat menemukan sejumlah spot foto kekinian yang menawarkan nuansa alami sebagai daya tariknya.

Siapa sangka jika pantai cantik satu ini tidak hanya dijadikan sebagai tempat melepaskan penat semata. Sebab tidak jauh dari kawasan wisatanya, wisatawan akan menemukan tempat pelelangan ikan serta banyaknya kedai sederhana dimana para penjual menawarkan aneka jenis ikan dari hasil tangkapan nelayan sekitar. Semua ikan tersebut dijual dalam keadaan segar, sehingga Anda bisa menjadikannya sebagai buah tangan terbaik bagi keluarga di rumah.

Lokasi: Tambakrejo, Kec. Wonotirto, Kab. Blitar.

7. Pantai Popoh

Pantai Popoh
Image Credit: Beritalima.com

Suguhkan pemandangan luar biasa mempesona nan eksotis, rasanya tidak mengherankan jika pantai satu ini masuk dalam daftar kunjungan berikutnya. Bagaimana tidak, ketika wisatawan baru saja menginjakkan kaki di kawasan wisata sudah tergambarkan jelas betapa indahnya lukisan sang kuasa terhadap pantai satu ini. Pantai cantik ini pun telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas memadai demi memenuhi kebutuhan wisatawan.

Terlepas dari nuansanya yang terbilang angker karena cerita mistisnya terkait ratu pantai selatan bernama Nyi Roro Kidul, ternyata tidak menyurutkan niat wisatawan untuk mengunjunginya kembali di lain waktu. Bahkan banyak wisatawan yang lebih memilih bermalam sekitar satu hingga dua hari di pantai tersebut demi melihat keindahannya hingga puas. Ditambah lagi aksesnya yang tidak begitu sulit, membuatnya mudah dikunjungi siapa saja.

Lokasi: Jl. Raya Pantai Prigi, Watulimo, Popoh, Besole, Kec. Besuki, Kab. Tulungagung.

8. Pantai Sanggar

Pantai Sanggar
Image Credit: Pantainesia.com

Apabila Anda ingin mengunjungi wisata bahari yang menyuguhkan panorama serta view yang begitu memanjakan mata, maka Pantai Sanggar adalah jawabannya. Pantai cantik yang berlokasi di Kabupaten Tulungagung ini pun cukup mudah ditemukan, karena lokasinya berdekatan dengan beberapa pantai hits lainnya. Meski lokasinya tidak berada di Kediri, namun siapa yang menyangka jika wisata unggulan ini dahulunya masuk dalam wilayah eks Karesidenan Kediri.

Lokasi: Jengglungharjo, Kec. Tanggung Gunung, Kab. Tulungagung.

9. Pantai Pacar

Pantai Pacar
Image Credit: Reezumiku.com

Kata pacar identik dengan seseorang yang sangat disayang dan menjadi sang pemilik hati. Namun pacar yang akan dibahas kali ini bukanlah manusia, melainkan wisata bahari yang berlokasi di Kabupaten Tulungagung. Pantai cantik ini banyak dikunjungi wisatawan berkat pesona alamnya yang mampu menghadirkan kesan tenang dan mampu memanjakan mata. Inilah mengapa Pantai Pacar cocok dijadikan sebagai pelarian ketika pikiran sedang jenuh.

Sejak menapaki di kawasan wisatanya, bahkan Anda dibuat gatal untuk tidak mengabadikan momen berlibur disana. Pemberian namanya yang terbilang unik, tidak hanya membuatnya mudah dihafalkan semata. Sebab pemberian namanya tersebut sesuai dengan nuansa sekitar pantainya yang mampu menghadirkan kesan romantis tak terlupakan. Meski demikian, bukan berarti pantai satu ini menjadi kawasan terbaik untuk berpacaran seperti yang dibayangkan.

Lokasi: Desa Pucanglaban, Kec. Pucang Laban, Kab. Tulungagung.

10. Pantai Karanggongso

Pantai Karanggongso
Image Credit: Brobali.com

Pantai cantik yang tidak kalah populer dikunjungi oleh masyarakat Kediri adalah Pantai Karanggongso. Tidak sulit untuk menemukan lokasi wisatanya, karena memang berdekatan dengan Pantai Prigi yang sudah terkenal akan keindahan alamnya. Keindahan Pantai Karanggongso bahkan sudah terpancarkan dari pasir putihnya yang bersih dan begitu lembut ketika menyentuh permukaan kulit.

Lokasi: Tasikmadu, Kec. Watulimo, Kab. Trenggalek.

Bagi sebagian orang, wisata bahari adalah pelarian terbaik ketika pikiran sudah mulai penat. Bahkan hampir di setiap daerah memiliki pantai yang menyajikan keunikan tersendiri, sehingga Anda pun tidak akan pernah bosan mengunjunginya. Bahkan saat Kediri tidak berada di dekat kawasan pesisir, wisatawan masih bisa mengambil alternatif dengan mengunjungi pantai cantik terdekat dari Kediri. Selamat berlibur!

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending