10 Wisata Pantai di Karawang yang Paling Hits

Wisata Pantai Karawang

Inilah Rekomendasi Wisata Pantai Terbaik di Karawang, Jawa Barat. Objek Wisata Bahari Terindah, Eksotis dan Terhits yang Menarik untuk Anda Jelajahi Saat Liburan.

Bagi Anda yang menyukai wisata pantai, maka Karawang merupakan salah satu destinasi yang patut untuk dituju. Pasalnya daerah ini memiliki sederet wisata bahari yang indah Sehingga pengunjung bisa bermain dengan aman dan nyaman.

Karawang merupakan salah satu daerah di Jawa Barat, yang memiliki beragam pesona dan panorama alam yang sangat menakjubkan. Salah satu destinasi wisata yang begitu populer di kota pangkal perjuangan ini yaitu wisata pantainya. Wilayah ini memiliki sederet pantai dengan pemandangan eksotis nan indah dengan debur ombak yang tergolong tidak begitu besar yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung.

Berikut daftar wisata pantai terindah di Karawang yang wajib untuk dikunjungi untuk liburan yang seru dan menyenangkan. Simak ulasan selengkapnya.

1. Pantai Pondok Bali

Pantai Pondok Bali
Image Credit: Pantainesia.com

Apabila Anda ingin menikmati keindahan pantai dengan ombak yang kecil, maka Pantai Pondok Bali bisa menjadi salah satu pilihan wisata. Pantai yang terletak di kawasan Subang ini memang memiliki ombak yang cenderung tenang, jadi Anda bisa melakukan aktivitas berenang maupun bermain main air di bibir pantai dengan tenang dan nyaman. Wisata ini juga cocok untuk keluarga yang memiliki anak, karena cukup aman untuk melakukan berbagai aktivitas.

Selain berenang atau bermain air, di sini juga cukup banyak pengunjung yang datang untuk memancing. Pasalnya Pantai Pondok Bali terkenal memiliki beragam jenis ikan yang bisa langsung Anda olah menjadi hidangan lezat. Jika tidak ingin repot memancing terlebih dahulu, Anda bisa langsung membeli beberapa kuliner laut yang dijajakan di tepi pantai. Menikmati lezatnya ikan bakar setelah puas berenang tentu akan sangat menyenangkan.

Lokasi: Mayangan, Kec. Legonkulon, Kab. Subang.

2. Pantai Tirtamaya

Pantai Tirtamaya
Image Credit: Detik.com

Pantai Tirtamaya merupakan pantai yang berjarak cukup dekat dengan Karawang, Anda hanya perlu melewati jalan tol selama kurang lebih 2 hingga 3 jam perjalanan. Karena bisa ditempuh melalui jalan tol, akses menuju lokasi pantainya sendiri juga sudah bagus. Fasilitas yang disediakan oleh pengelola wisata juga cukup memadai, mulai dari tempat parkir yang cukup luas, toilet yang bersih, hingga kamar bilas untuk Anda yang berenang di sekitar pantai.

Selain itu Pantai Tirtamaya juga sangat cocok bagi Anda yang mencari ketenangan. Deburan ombak yang tenang berpadu dengan semilir angin dan rindangnya pepohonan, akan memberikan suasana yang begitu nyaman. Dijamin Anda akan betah untuk berlama lama di pantai satu ini, untuk sekedar menikmati keindahannya. Jika sudah begitu, Anda bisa sekaligus menunggu matahari terbenam di sini untuk mendapatkan suasana yang lebih eksotis.

Lokasi: Juntikedokan, Kec. Juntinyuat, Kab. Indramayu.

3. Pantai Glayem

Pantai Glayem
Image Credit: Jabarprov.go.id

Pantai Glayem juga berada tidak terlalu jauh dari pusat kota Karawang, Anda hanya memerlukan waktu sekitar 2 hingga 3 jam perjalanan untuk menuju lokasi pantai. Selain karena harga tiket masuknya yang sangat terjangkau, Pantai Glayem begitu populer di kalangan masyarakat karena keindahan panoramanya yang sangat mempesona. Pengunjung sering menjadikan area pantai sebagai tempat untuk menghabiskan waktu serta menenangkan pikiran.

Pantai Glayem juga memiliki ombak yang cenderung tenang, jadi Anda bisa puas bermain main air di bibir pantai sembari menikmati angin khas laut yang begitu menyegarkan. Setelah puas bermain, Anda bisa mencoba santap kuliner laut yang dijajakan oleh beberapa pedagang di sana. Pasalnya pantai satu ini cukup terkenal sebagai wisata bahari sekaligus wisata kuliner yang memiliki banyak hidangan lezat.

Lokasi: Pantai Glayem, Kec. Juntinyuat, Kab. Indramayu.

4. Pantai Tanjung Pakis

Pantai Tanjung Pakis
Image Credit: Winnetnews.com

Jika Anda berada di pusat kota Karawang, Anda hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam 50 menit untuk menuju lokasi Pantai Tanjung Pakis ini. Meski tarif atau tiket masuk ke pantai tidak semurah seperti pantai yang lainnya, akan tetapi tarif tersebut tentu saja sebanding. Sebab Pantai Tanjung Pakis telah dikelola dengan sangat baik oleh pemerintah daerah. Sehingga tidak heran bisa pantai satu ini menjadi salah satu wisata unggulan di Karawang.

Karena telah dikelola dengan baik, fasilitas yang disediakan pun juga sudah cukup lengkap. Mulai dari akses menuju lokasi yang tidak memberatkan pengunjung, lokasi parkir yang nyaman serta cukup luas, toilet yang bersih, kamar bilas yang memadai, serta berbagai pedagang kuliner yang siap memanjakan perut Anda. Waktu yang paling baik untuk berkunjung yaitu saat matahari terbenam, indahnya lembayung senja di pantai ini bisa membuat Anda kagum.

Lokasi: Tanjungpakis, Kec. Pakisjaya, Kab. Karawang.

5. Pantai Tanjung Baru

Pantai Tanjung Baru
Image Credit: Tempatwisataunik.com

Pantai Tanjung Baru berada di kawasan Pasir Jaya, dan merupakan salah satu wisata bahari yang tak boleh Anda lewatkan ketika berlibur di Karawang. Pantai satu ini sangat cocok untuk Anda kunjungi bersama dengan keluarga, teman, maupun orang tersayang. Karena suasana pantai yang begitu nyaman dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan bisa membuat Anda bergembira, dan sejenak lupa terhadap berbagai masalah yang ada.

Area pantai juga sangat indah dilengkapi dengan aneka kuliner laut yang dijamin lezat dan masih segar. Setelah lelah bermain seharian di laut, Anda bisa langsung menyantap seafood yang sangat menggugah selera. Untuk menutup hari yang indah, Anda bisa bermalam di beberapa penginapan yang Anda di sekitar pantai. Sehingga Anda bisa memiliki waktu lebih lama untuk menikmati keindahan Pantai Tanjung Baru ini.

Lokasi: Jl. Tanjung Baru, Sukajaya, Kec. Cilamayakulon, Kab. Karawang.

6. Pantai Samudra Baru

Pantai Samudra Baru
Image Credit: Jabarprov.go.id

Pantai Samudra Baru merupakan salah satu wisata yang selalu ramai akan pengunjung, terlebih pada saat akhir pekan atau musim liburan tiba. Pantai ini memiliki garis pantai yang cukup luas, dan memiliki ombak yang tergolong cukup tenang sehingga anak anak bisa berenang ataupun berlarian di tepi pantai. Dengan pasir berwarna kecoklatan yang bersih dan lembut, sudah bisa dipastikan anak anak akan sangat senang bermain di sana.

Beberapa gazebo juga telah tersedia dan tersebar di beberapa tempat tepian Pantai Samudra Biru ini, jadi Anda bisa menikmati deburan ombak serta angin sepoi khas pesisir pantai dengan nyaman. Datanglah ke sini saat hari sedang cerah, maka paduan laut biru jernih yang dibingkai oleh lazuardi langit bisa Anda kagumi sebagai salah satu mahakarya dari sang pencipta.

Lokasi: Sungaibuntu, Kec. Pedes, Kab. Karawang.

7. Pantai Pelangi

Pantai Pelangi
Image Credit: Tribunnews.com

Pantai Pelangi berada di kawasan Sungai Buntu, dan merupakan salah satu destinasi wisata dengan tiket masuk yang amat terjangkau. Lokasi pantai ini tidak jauh dari Pantai Samudra Baru, yakni hanya berjarak kurang lebih satu kilometer sata. Jadi dengan berkunjung ke sini setelahnya Anda bisa mampir juga ke Pantai Samudra Baru, atau sebaliknya. Sehingga dua wisata bahari bisa Anda nikmati dalam satu hari sekaligus.

Di Pantai Pelangi, Anda bisa mengagumi keindahan alam sekitar dengan cara naik perahu mengelilingi pantai. Bahkan ada juga persewaan perahu karet dengan harga yang sangat terjangkau untuk Anda bermain main di sekitar tepi pantai. Meski semuanya ditawarkan dengan harga yang relatif murah, namun pantai satu ini tetap tidak kalah indah dengan pantai lainnya yang ada di Karawang.

Lokasi: Sungaibuntu, Kec. Pedes, Kab. Karawang.

8. Pantai Ciparage

Pantai Ciparage
Image Credit: Cintaihidup.com

Wisata bahari berikutnya yang wajib untuk Anda kunjungi saat berlibur di Karawang yaitu Pantai Ciparage. Pantai satu ini menawarkan pemandangan indah sekaligus unik yang tidak terdapat pada pantai lainnya, seperti adanya sungai sungai yang airnya terlihat mengalir serta bermuara langsung di laut Pantai Ciparage. Meski berasal dari aliran sungai, tapi tidak ada sampah yang terlihat pada laut di pantai tersebut.

Selain itu di sini Anda juga bisa menjumpai sejumlah nelayan dengan perahunya yang berjejer di tepi pantai. Anda bisa menyewa perahu nelayan tersebut untuk mengantarkan ke Pulau Karang dan Pulau Pasir yang berada tidak jauh dari Pantai Ciparage. Pada saat mengarungi lautan, selain bisa melihat indahnya laut Anda juga bisa melihat dari kejauhan rumah tradisional penduduk yang ada di sana.

Lokasi: Ciparagejaya, Kec. Tempuran, Kab. Karawang.

9. Pantai Sedari

Pantai Sedari
Image Credit: Youtube.com @nico aerial drone

Pantai yang berada di kawasan Sedari ini sekarang telah usai diperbaiki dan dikelola oleh pemerintah Karawang. Kini Anda bisa mengunjungi lokasi pantai dengan sangat mudah, karena aksesnya yang sudah dibenahi. Selain akses jalannya, beberapa fasilitas di dalam Pantai Sedari pun juga turut dilakukan perbaikan. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mengembangkan perekonomian warga sekitar, serta memberi kenyamanan lebih pada pengunjung.

Pantai Sedari memiliki karakteristik yang nyaris serupa dengan berbagai pantai di jalur utara, seperti konturnya yang landai serta ombak yang cenderung tenang. Hal ini membuat pantai tersebut menjadi cukup aman dan nyaman untuk bermain main ria bersama dengan keluarga. Selain bermain air, Anda juga bisa melihat keindahan dari hutan bakau di sekitar pantai yang berfungsi sebagai pencegah abrasi.

Lokasi: Sedari, Kec. Cibuaya, Kab. Karawang.

10. Pantai Wisata Mangrove

Pantai Wisata Mangrove
Image Credit: Maps.google.com @a Fatoni

Terakhir ada Pantai Wisata Mangrove yang tentunya tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke Karawang. Selain bisa menikmati keindahan pantai dengan pasir putih yang begitu bersih, di sini Anda juga bisa melihat beberapa jenis tanaman bakau. Pantai Wisata Mangrove memang merupakan salah satu kawasan konservasi yang ada di Karawang, dan merupakan salah satu upaya untuk menyelamatkan kawasan ini dari abrasi pantai.

Lokasi: Pusakajaya Utara, Kec. Cilebar, Kab. Karawang.

Itulah rekomendasi wisata pantai yang ada di Karawang tersebut sangat layak untuk Anda kunjungi ketika berlibur di kota Lumbung Padi ini. Kebanyakan pantai yang ada di wilayah tersebut memiliki ombak yang cenderung cukup tenang, sehingga sangat cocok sebagai destinasi liburan keluarga terlebih yang memiliki anak kecil. Putra putri Anda dijamin akan sangat bersemangat untuk bermain air, serta berlarian di tepi pantai.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending