Pantai Tanjung Baru, Pantai Eksotis yang Mampu Memikat Hati di Karawang

Pantai Tanjung Baru, Pantai Eksotis yang Mampu Memikat Hati di Karawang
Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Pasirjaya, Kec. Cilamaya, Kab. Karawang, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Pantai Tanjung Baru merupakan wisata alam yang populer di kalangan masyarakat. Pengunjung dari berbagai daerah banyak yang ingin berlibur ke tempat ini karena pemandangannya begitu bagus. Turis dari luar negeri pun tidak sedikit yang pernah kesini. Apalagi saat hari libur wisatanya tampak dipadati oleh traveller bersama keluarga.

Dahulu pantai tersebut sempat terbengkalai karena belum mendapat perhatian dari pengelola. Namun, lambat laun destinasi alam ini dirombak dan dijadikan sebagai tempat rekreasi yang terlihat indah. Pada area sekelilingnya pun dilengkapi dengan beberapa tumbuhan hijau yang sengaja ditanam. Hal ini tentu membuat udara di sekitar terasa sejuk.

Saat berada di kawasan Tanjung Baru Anda dapat sekedar bersantai menikmati panorama. Suasana yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan terasa menenangkan dan cocok untuk bercengkrama bersama keluarga. Apalagi pada beberapa sudut pantai juga menyediakan tempat persewaan peralatan. Sehingga pelancong bisa bermain air sepuasanya saat berkunjung.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Tanjung Baru

Daya Tarik Pantai Tanjung Baru
Image Credit: Google Maps Anim Alfanjamil

1. Pesona Alam

Pantai Tanjung Baru dikelilingi dengan pemandangan alam yang sangat cantik. Terdapat pohon kelapa dan bakau yang berjejer rapi di sepanjang pesisir. Selain membuat suasana tampak asri, pohon ini berfungsi untuk mencegah abrasi laut. Udara di sekitar pun terasa segar saat dihirup karena banyak peghijauan dan akan membuat Anda nyaman.

Tak hanya itu, ada pula bukit yang terlihat dari arah pantai. Hal ini membuat pesona alam semakin lengkap dan memanjakan mata. Anda yang berada di areanya saat siang hari tidak akan terasa panas menyengat karena banyak pohon tersebut. Tidak heran jika wisatanya selalu menjadi incaran anak muda maupun orang tua dari berbagai daerah.

2. Pasir Lembut

Pasir pantai yang berwarna putih kecoklatan terasa lembut saat dipegang. Bahkan wisatawan tidak perlu memakai alas kaki untuk merasakan kelembutannya. Pasir pantai ini sering dimanfaatkan pengunjung untuk bermain di sekitarnya.

Selain itu banyak pelancong yang berfoto dengan menggunakan background pasir dan warna air laut yang cantik. Biasanya di sepanjang pasir tampak beberapa biota laut seperti kerang.

Namun, tidak perlu khawatir karena tidak ada batu-batuan, jadi pengunjung dapat jalan kaki sesuka hati. Lahannya yang luas juga cocok digunakan untuk berkeliling melihat pesisir pantai dari dekat. Maka dari itu, jangan lupa untuk melipir ke pantai ini agar dapat merasakan pasir lembutnya.

3. Suasana Menenangkan

Suasana di kawasan Pantai Tanjung Baru terasa menenangkan dan nyaman. Hal ini dikarenakan letaknya yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan sehingga tidak ada polusi udara. Apalagi di sepanjang pantai dilengkapi dengan beberapa tumbuhan hijau yang akan memanjakan mata.

Traveller yang ingin melepas penat dapat berkunjung ke pantai saat hari libur. Suara deburan ombak dengan angin sepoi-sepoi akan menemani Anda. Bawa camilan agar semakin betah saat duduk di kursi pantai.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Tanjung Baru
Image Credit: Google Maps Anim Alfanjamil

Wisata alam Pantai Tanjung Baru berada di Desa Pasir Jaya, Karawang, Jawa Barat. Meskipun terletak lumayan jauh dari pusat kota, Anda tidak perlu khawatir karena lokasinya mudah ditemukan. Aspalnya sudah mulus sehingga dapat dilalui oleh kendaraan apapun. Tamu yang tidak membawa kendaraan pribadi bisa menyewa travel atau angkutan umum.

Jika berangkat dari kota Karawang, pengunjung dapat lurus ke arah Jalan Syekh Ouro dan masuk ke pasar Telagasari. Lalu lewati jembatan Pegadungan untuk menuju ke Jalan Tempuran. Dari sini lokasi wisata sudah tidak jauh hanya beberapa meter saja. Anda bisa belok ke arah kiri untuk masuk ke kawasan Desa Pasir Jaya yang merupakan lokasi pantai.

Bagi yang baru pertama kali datang ke Karawang bisa mengaksesnya melalui google maps atau bertanya langsung kepada penduduk. Pada beberapa jalan raya juga sudah disediakan papan petunjuk agar memudahkan traveller untuk menemukan wisata. Sepanjang perjalanan pun terdapat pemandangan dan suasana desa yang tampak masih asri.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Harga Tiket Masuk Pantai Tanjung Baru
Image Credit: Google Maps Aqil Akram

Berlibur ke Pantai Tanjung Baru menjadi hal yang menyenangkan. Apalagi disana menawarkan tiket yang ramah di kantong, hanya Rp 10.000 untuk anak-anak dan orang dewasa. Namun khusus wisatawan asing biasanya akan dikenai tarif sendiri yang sedikit mahal. Anda dapat menikmati keindahan pantai bersama teman mulai pagi hingga sore.

Bagi tamu yang membawa kendaraan pribadi akan dikenai tarif karcis untuk tempat parkirnya. Tarifnya masih tergolong murah hanya Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Khusus pelancong yang datang dengan rombongan bus biasanya akan dikenai tarif sendiri. Lahannya yang luas diketahui dapat menampung banyak kendaraan.

Tarif yang murah membuat destinasi alam tersebut tidak pernah sepi pengunjung. Saat hari libur tempatnya akan tampak dipadati oleh wisatawan lokal maupun turis dari luar negeri. Pada beberapa sudut pantai juga menyediakan beberapa warung dan persewaan peralatan. Harganya pun dijamin murah dan tentunya sangat cocok dijadikan pilihan berlibur keluarga.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Tanjung Baru

Aktivitas Menarik Tanjung Baru
Image Credit: Google Maps Muhamad Ridwan

1. Menyewa Perahu

Pada sudut lain di Pantai Tanjung Baru menyediakan penyewaan perahu. Anda bisa berkeliling menelusuri keindahan pantai dengan naik perahu yang dipandu oleh nelayan. Biasanya tamu yang datang saat siang tampak banyak yang melakukan aktivitas ini karena air laut sedang surut. Apalagi ombak pantai sangat mendukung karena tidak terlalu besar.

2. Berenang

Seperti yang diketahui bahwa air pantai terlihat jernih dan ombaknya yang riak-riak kecil cocok digunakan untuk berenang. Wisatawan bisa membawa beberapa peralatan renang dari rumah. Namun, tidak perlu khawatir karena di kawasan pantai menyediakan persewaan pelampung. Maka dari itu, jangan lupa untuk mencoba bermain air saat berlibur ke pantai.

3. Bermain Pasir

Pasirnya yang putih dan terasa lembut banyak dimanfaatkan untuk bermain pasir. Pengunjung dapat bermain voli atau membentuk istana pasir. Tentunya Anda dapat membawa peralatan bermain dari rumah agar liburan terasa semakin seru. Selain itu pengunjung juga dapat merasakan kelembutan pasir dengan tidak memakai alas kaki.

4. Menjepret Foto

Para pelancong yang bermain ke pantai pasti sudah tidak asing lagi dengan kegiatan mengabadikan momen. Apalagi di dalam kawasan pantai ini menyuguhkan pemandangan cantik yang menghadap langsung ke arah laut. Terdapat pula beberapa spot foto yang dapat dijadikan background bagus. Dijamin gambar Anda akan terlihat estetik saat berfoto disini.

Aktivitas di Pantai Tanjung Baru
Image Credit: Google Maps Dimas Wahyu Nugroho

5. Berjemur

Aktivitas berjemur menjadi favorit beberapa orang saat berada di pantai. Wisatawan yang datang mulai pagi hari dapat menikmati matahari dengan duduk di pasir putih. Tak hanya itu Anda bisa pula duduk di kursi pantai yang telah disediakan dengan menghadap langsung ke arah matahari. Kegiatan tersebut tentu akan bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan kulit.

6. Melihat Sunset

Pantai Tanjung Baru yang indah sering dijadikan traveller untuk spot menikmati sunset. Gazebo yang ada di sekitar dapat digunakan untuk tempat melepas penat. Langit senja berwarna orange akan memanjakan mata pengunjung. Panorama ini sering dipotret oleh sebagian orang untuk mengabadikan momen karena langit terlihat sangat cantik.

7. Mengunjungi Pasar

Kawasan pantai diketahui dekat dengan pasar tradisional yang dikelola penduduk setempat. Disana menjual aneka macam olahan biota laut yang sudah matang dan masih mentah. Para pelancong dapat mencicipi kuliner yang dijual di pasar tersebut karena rasanya dijamin enak. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa membawanya untuk oleh-oleh usai berlibur.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Tanjung Baru
Image Credit: Google Maps Daenk Muh Asri Rasma

Wisata Pantai Tanjung Baru memiliki beberapa fasilitas yang dapat digunakan oleh traveller. Ada pasar tradisional yang tersedia di dekat pantai untuk pengunjung yang ingin belanja dan mencicipi kuliner. Terdapat persewaan yang disediakan oleh petugas, salah satunya sewa perahu. Anda dapat melihat keindahan destinasi cantik dengan menyewa perahu tersebut.

Kawasannya dilengkapi dengan tempat duduk dan gazebo yang bisa digunakan untuk sekedar bersantai. Biasanya banyak rombongan keluarga yang menghabiskan waktu duduk di gazebo tersebut. Pada sudut lain tampak kamar mandi untuk pengunjung yang usai bermain air. Hal yang perlu diingat tetap jaga kebersihan kamar mandi usai memakainya.

Fasilitas lain yang ada di sekitar pantai adalah panggung hiburan. Saat hari tertenu para pelancong bisa melihat atraksi tarian tradisional atau live musik yang diadakan oleh pengelola. Pada bagian depannya dilengkapi dengan tempat parkir yang dapat menampung kendaraan dan mushola. Fasilitas yang ada diharapkan bisa Anda gunakan dengan baik.

Demikian beberapa penjelasan mengenai Pantai Tanjung Baru. Wisatawan yang sedang berkunjung ke daerah Karawang dapat melipir ke wisata tersebut. Suasananya yang menenangkan dijamin akan membuat Anda senang saat berlibur. Jangan lupa ajak keluarga supaya liburan terasa seru dan siapkan beberapa peralatan yang akan dipakai saat disana.

Comments Rating ( reviews)

REKOMENDASI DESTINASI

Leave a Reply

Sending