10 Wisata Pantai di Tegal yang Paling Hits

Wisata Pantai Tegal

Tertarik Liburan di Pantai? Jangan Lupa Jelajahi Wisata Pantai Terindah di Tegal, Jawa Tengah. Destinasi Wisata Bahari Populer, Eksotis dan Terhits untuk Tujuan Liburan yang Seru dan Berkesan.

Tegal adalah salah satu daerah di Provinsi Jawa Tengah yang terkenal dengan wartegnya. Selain warteg, ternyata Tegal juga menawarkan banyak objek wisata bahari yang eksotis dan menakjubkan. Dimana pantai sendiri merupakan salah satu wisata favorit bagi semua kalangan, dan sangat cocok dijadikan sebagai destinasi wisata bersama keluarga, sahabat, maupun orang tersayang.

Jika tertarik berkunjung ke Tegal, berikut beberapa rekomendasi wisata pantai yang dijamin membuat liburan Anda menjadi seru dan lebih berkesan.

1. Pantai Purwahamba Indah

Pantai Purwahamba Indah
Image Credit: Indonesiatraveler.id

Destinasi wisata pantai pertama yang wajib Anda kunjungi ketika berlibur ke Tegal yaitu Pantai Purwahamba Indah. Pantai ini berada di kawasan Purwahamba, Suradadi, dan sejatinya merupakan bagian dari Pantura atau Pantai Utara. Pantai yang sering disebut sebagai Purin yang merupakan singkatan dari Purwahamba Indah ini, memiliki ombak yang cukup tenang sehingga banyak pengunjung yang datang kemari mencari ketenangan.

Meski tak memiliki pasir yang putih bersih, namun panorama yang disuguhkan oleh Pantai Purwahamba Indah ini amat mempesona. Wisata bahari yang berada di sebelah utara pulau Jawa ini bahkan cukup ramai didatangi pengunjung saat sore hari. Sebab suasana senja di sini sangat indah, sangat cocok bagi Anda para pemburu sunset. Berbagai foto menarik bisa Anda abadikan dengan latar belakang matahari yang tenggelam di balik ombak laut yang tenang.

Lokasi: Jl. Pemuda No.40, Purwahamba, Kec. Suradadi, Kota Tegal.

2. Pantai Muarareja Indah

Pantai Muarareja Indah
Image Credit: Wartabahari.com

Pantai Muarareja Indah terletak di kawasan Brawijaya, Muarareja, dan memiliki cukup banyak pohon cemara di sekitar pantai. Anda bisa bersantai di bawah pohon cemara, dengan ditemani angin laut yang sepoi sepoi. Banyak pengunjung yang datang kemari untuk menikmati matahari tenggelam di bawah pohon cemara tersebut. Ditambah dengan pasirnya yang berwarna coklat kehitaman membuat suasana pantai menjadi lebih eksotis.

Untuk tiba di lokasi pantai, Anda hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 15 menit saja dari pusat kota. Dimana Anda bisa memasuki salah satu pintu dari pantai tersebut, karena Pantai Muarareja Indah memiliki dua pintu masuk utama. Pertama dari depan kantor kelurahan Muarareja, dan kedua dari sebelah barat melalui TPI atau pelelangan ikan Muarareja.

Lokasi: Jl. Brawijaya, Muarareja, Kec. Tegal Barat, Kota Tegal.

3. Pantai Larangan

Pantai Larangan
Image Credit: Instagram.com @assulkhani08

Pantai Larangan terletak di daerah Desa Larangan, dan cukup tersembunyi dari dunia luar. Bahkan tidak ada papan petunjuk khusus mengenai lokasi wisata pantai satu ini, sehingga Anda harus jeli dan tidak perlu malu untuk bertanya kepada warga setempat. Karena tempatnya yang belum banyak terjamah, pantai ini masih sangat asri dan begitu bersih. Anda juga bisa menemukan deretan pohon cemara tumbuh dengan subur di kawasan pantai.

Begitu sampai di lokasi pantai, Anda akan disambut dengan angin sepoi yang begitu sejuk. Ditambah dengan ombak yang begitu tenang, sehingga Anda bisa berenang atau sekedar berbasah basahan menikmati pesona pantai. Pantai Larangan ini belum dikelola oleh pemerintah, sehingga masih minim fasilitas. Jadi, Anda jangan sampai lupa untuk mengunci kendaraan dengan aman sebelum bermain di area pantai.

Lokasi: Jl. Bandeng, Munjung Agung, Kec. Kramat, Kota Tegal.

4. Pantai Randusanga

Pantai Randusanga
Image Credit: Pantainesia.com

Wisata bahari selanjutnya yang tidak boleh Anda lewatkan yakni Pantai Randusanga yang terletak di kawasan Randusanga Wetan. Di sini, pengunjung akan dimanjakan dengan adanya berbagai fasilitas memadai yang telah disediakan oleh pengelola. Mulai tempat parkir, ruang bilas, toilet, dan lain sebagainya. Selain itu Anda tentunya juga bisa menikmati keindahan pantai serta hamparan laut biru yang sangat mempesona.

Pengunjung juga dapat menikmati perahu wisata yang disewakan untuk berkeliling di tepi laut, dan menikmati suara dari deburan ombak yang tenang. Karena ombaknya cukup tenang, Anda juga bisa berenang atau sekedar bermain basah basahan di bagian yang dekat dengan pantai. Bahkan bagi Anda yang gemar memancing, bisa menyalurkan hobi tersebut di Muara Sungai Sigeleng.

Lokasi: Randusanga Wetan, Kec. Brebes, Kab. Brebes.

5. Pantai Alam Indah

Pantai Alam Indah
Image Credit: Ragamtempatwisata.com

Pantai Alam Indah merupakan salah satu wisata andalan di Tegal, dimana objek wisata ini memiliki garis pantai sepanjang kurang lebih 500 meter. Dengan panjang garis pantai tersebut, Anda bisa lebih leluasa dalam menikmati indahnya hamparan laut. Di sini bahkan disediakan trek khusus untuk pejalan kaki yang ingin menikmati indahnya pantai. Jadi Anda bisa menyusuri tepi pantai di jalur yang disediakan, dan memanjakan mata dengan pesona yang ada.

Selain itu, terdapat beberapa fasilitas di pantai yang bisa Anda coba. Seperti waterboom, kampung seni, monumen bahari, panggung hiburan, gardu pandang untuk menikmati pemandangan, perahu wisata untuk menyusuri tepi laut, dan berbagai warung di sepanjang pantai. Di warung tersebut Anda bisa menikmati berbagai varian hidangan laut yang begitu menggugah selera dengan harga yang cukup terjangkau.

Lokasi: Mintaragen, Kec. Tegal Timur, Kota Tegal.

6. Pantai Padaharja

Pantai Padaharja
Image Credit: Geoview.info

Pantai Padaharja menjadi salah satu wisata pantai yang tidak boleh Anda lewatkan saat berlibur ke Tegal. Pantai ini menyuguhkan panorama alam yang tidak kalah cantik dari pantai lainnya, kawasannya yang masih sepi oleh pengunjung membuat suasana pantai menjadi sangat damai. Selain itu Pantai Padaharja juga masih begitu asri, dan sangat sejuk ditambah dengan pepohonan hijau yang tumbuh di sekitarnya.

Di sini Anda bisa merasakan suasana private yang sangat tenang, jauh dari hiruk pikuk kota. Anda tentunya juga bisa melakukan berbagai aktivitas pantai di sini, seperti bermain pasir, berenang, bermain basah basahan, dan lain sebagainya. Melihat matahari tenggelam dari tepi pantai juga merupakan sebuah ide cemerlang yang bisa Anda lakukan di sini. Terlebih jika Anda menyaksikan pemandangan indah tersebut bersama dengan pasangan.

Lokasi: Padaharja, Kec. Kramat, Kota Tegal.

7. Pantai Pulau Kodok

Pantai Pulau Kodok
Image Credit: Instagram.com @nuenue914

Pantai Pulau Kodok berada di daerah Panggung, Tegal Timur, dan menjadi salah satu destinasi wisata favorit keluarga di Tegal. Bukan tanpa alasan pantai ini diberi nama Pulau Kodok, menurut penuturan koordinator setempat, dulunya area ini merupakan tambak yang menjadi tempat pemancingan. Di tengah tambak terdapat semacam gunungan tanah yang menjulang cukup tinggi, dimana di dalamnya ditemukan banyak kodok.

Karena itu hingga kini daerah pantai tersebut diberi nama Pantai Pulau Kodok. Pantai ini masih alami, dan memiliki suasana sejuk serta jauh dari hiruk pikuk kendaraan. Meski tergolong masih alami, namun berbagai fasilitas memadai bisa Anda temukan di destinasi ini. Seperti kamar mandi bilas, tempat duduk, permainan anak anak, perkemahan, tempat karaoke, serta beberapa warung di tepi pantai yang menawarkan berbagai makanan ringan dan minuman.

Lokasi: Panggung, Kec. Tegal Timur, Kota Tegal.

8. Pantai Dampyak

Pantai Dampyak
Image Credit: Mapcarta.com

Pantai ini juga sering disebut dengan Pantai Dundayani atau durung diarani yang berarti belum diberi nama khusus. Karena lokasinya berada di kawasan Dampyak, maka pantai ini juga sering disebut dengan nama Pantai Dampyak. Lokasinya masih tersembunyi, dan belum banyak dijamah oleh para wisatawan. Namun siapa yang menyangka, bahwa Pantai Dampyak ternyata menyimpan potensi wisata yang begitu indah.

Saat tiba di lokasi pantai, Anda akan disambut dengan pepohonan mangrove yang menghiasi setiap bibir pantai. Tidak seperti pantai lainnya, di sini Anda tidak akan menemukan pohon kelapa. Dengan bibir pantai yang tak terlalu lebar dan dipenuhi dengan pasir lembut, Pantai Dampyak akan begitu asyik untuk Anda jelajahi dengan bertelanjang kaki. Rasakan juga sensasi deburan ombak yang berkejar kejaran menuju pantai dan membasahi mata kaki Anda.

Lokasi: Jl. Balongan, Dampyak, Kec. Kramat, Kota Tegal.

9. Pantai Marlin

Pantai Marlin
Image Credit: Instagram.com @arif_pratama.25

Pantai selanjutnya yang juga wajib Anda kunjungi ketika berada di Tegal yaitu Pantai Marlin. Pantai ini berada di kawasan Desa Peleman, dan memiliki suasana yang alami dan sangat menyejukkan mata. Meski terkenal cukup angker, karena pernah terdapat kasus ada bocah yang tenggelam di sini, namun pesona Pantai Marlin tidak pernah surut di mata para wisatawan. Masih banyak pengunjung yang datang kemari untuk sekedar berjalan jalan di tepi pantai.

Lokasi: Jl. Raya Pantura No.KM11, Pandan Laut, Sidoharjo, Kec. Suradadi, Kota Tegal.

10. Pantai Batam Sari

Pantai Batam Sari
Image Credit: Maps.google.com @nusa post tegal

Terakhir, ada Pantai Batam Sari yang berada di kawasan Desa Panggung dan tentunya tidak boleh Anda lewatkan selama berada di Tegal. Lokasi pantai ini cukup mudah untuk dikunjungi, karena hanya berjarak sekitar satu kilometer saja dari ruas jalur Pantura. Saat tiba di lokasi pantai, Anda akan langsung disambut dengan pemandangan pantai yang begitu indah. Hamparan pasir putih kecoklatan yang berpadu dengan laut biru dijamin akan memanjakan mata Anda.

Selain itu, di sini Anda juga bisa mencicipi berbagai kuliner khas Tegal yang disediakan oleh beberapa warung di tepi pantai. Salah satu menu andalan yang wajib Anda nikmati yaitu soto tauco yang dipadukan dengan tempe mendoan setengah matang. Sebagai pelengkap, penjual juga akan menawarkan teh poci gula batu yang merupakan teh manis khas Tegal, yang siap untuk menyegarkan tenggorokan Anda.

Lokasi: Batam III, Panggung, Kec. Tegal Timur, Kota Tegal.

Beberapa wisata pantai tersebut sangat sayang sekali jika Anda lewatkan saat berlibur ke Tegal, karena selain bisa menikmati wisata baharinya Anda anda juga bisa langsung sekaligus menikmati kuliner khas Tegal yang ditawarkan di warung tepi pantai. Selain itu, beberapa dari wisata bahari yang ada di Tegal juga masih sangat alami sehingga masih belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Destinasi ini tentu sangat cocok bagi Anda yang ingin mencari ketenangan.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending