Pantai Randusanga Indah, Brebes

Pantai Randusanga Indah, Brebes

Lokasi: Randusanga Wetan, Kec. Brebes, Kab. Brebes.
Map: Cek Lokasi

Kabupaten Brebes, secara geografis terletak di utara dan paling barat provinsi Jawa Tengah. Kabupaten ini, sisi selatan berbatasan langsung dengan kabupaten Cilacap dan Banyumas, bagian barat berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Barat, bagian timur berbatasan dengan kabupaten Tegal dan kota Tegal, dan di bagian utara sendiri berbatasan langsung dengan perairan laut Jawa. Dimana adanya perbatasan laut tersebut membuat kabupaten Brebes memiliki garis pantai yang panjang.

Berbicara mengenai garis pantai, terdapat salah satu pantai di Brebes yang menjadi tempat wisata andalan yakni pantai Randusanga Indah. Dimana pantai tersebut merupakan wilayah yang begitu potensial dikembangkan menjadi kawasan pelabuhan antarpulau ataupun kawasan pariwisata. Pantai dengan garis sepanjang 2 km meter ini kemudian dikembangkan menjadi tempat wisata yang menjadi andalan Brebes. Penasaran dengan pantai tersebut? Yuk simak ulasannya disini.

Sejarah Terbentuknya Wisata Pantai Randusanga Indah

Sejarah Pantai Randusanga Indah
Image Credit: Panoramio.com

Pada awal mula, pantai sepanjang kira kira 2 km ini hanyalah sebuah pantai yang tidak dilirik oleh pemerintah. Sehingga hanya ditelantarkan saja, tanpa dikelola dengan baik. Namun semenjak banyak orang yang berkunjung atau berkumpul di pantai, pemerintah daerah pun menyadari potensi besar jika tempat tersebut dijadikan objek wisata. Akhirnya sejak tahun 2001, pantai dikembangkan menjadi objek pariwisata.

Pengelola yang bertanggung jawab untuk mengelola dan merawat pantai satu ini adalah kantor pariwisata kabupaten Brebes. Dan pengelola akan terus mengembangkan tempat tersebut menjadi tempat wisata yang bisa menarik minat wisatawan, baik lokal maupun asing. Adanya potensi yang dimiliki oleh pantai dengan luas lahan 30 Ha ini, tentunya bisa menjadi objek wisata yang mendatangkan banyak pemasukan untuk daerah.

Daya Tarik Pantai Randusanga Indah

Daya Tarik Pantai Randusanga Indah
Image Credit: Jablodeng.wordpress.com

Objek wisata di utara kabupaten Brebes ini, memiliki panjang pantai sekitar 2 kilometer dengan luas lahan sekitar 30 Ha. Akan tetapi lahan objek wisata tersebut baru dikembangkan sekitar 10 Ha saja. Meskipun begitu, pantai tersebut memiliki panorama alam yang begitu asri. Maka tak heran jika banyak pengunjung yang berdatangan hanya untuk menikmati indahnya panorama pantai.

Memiliki karakteristik pantai utara dengan ombak yang begitu tenang, sangat cocok untuk mereka yang ingin melakukan wisata sepeda atau hanya sekedar jalan jalan ringan. Disamping karena pantainya yang luas, tempat wisata tersebut cukup ideal untuk jalan jalan karena pasir pantainya yang tanpa batu dilengkapi dengan udara laut yang begitu segar. Apalagi jika kegiatan tersebut dilakukan di pagi hari untuk menikmati matahari terbit, atau sore hari untuk menikmati matahari kembali ke peraduan.

Daya Tarik Pantai Randusanga
Image Credit: Edisantoso4636.blogspot.com

Karena struktur pantai yang landai, objek wisata alam ini sangat cocok untuk tempat berlibur bersama dengan keluarga. Sembari bermain air, Anda juga bisa mengajak anak anak untuk bermain membuat rumah pasir. Pengunjung juga diperbolehkan untuk berenang, jika berniat berenang maka bisa menyewa ban dalam sebagai pelampung yang sudah disediakan oleh pengelola pantai.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Randusanga Indah

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Randusanga Indah
Image Credit: Wisatatempatku.com

Pantai yang dulunya bernama pantai Randusanga ini, terletak di desa Randusanga Kulon. Lebih tepatnya terletak sekitar 7 kilometer ke arah utara dari jalan Raya Pantai Utara kabupaten Brebes. Sepanjang perjalanan menuju pantai, maka Anda akan menemukan hamparan luas perkebunan bawang merah. Kemudian saat sudah mendekati pantai, akan disuguhkan pemandangan tambak tambak untuk budidaya bandeng dan rumput laut milik warga.

Lokasi pantai sendiri tidak terlalu jauh dari pusat kota, yakni sekitar 12 kilometer. Apalagi sudah banyak plang penunjuk arah yang ada di pinggir jalan. Objek wisata dengan garis pantai sepanjang kira kira 2 kilometer ini, merupakan salah satu wisata alam andalan jadi pastinya akan mudah untuk dijumpai. Namun jika kurang memahami GPS ataupun plang penunjuk arah, maka bisa bertanya kepada masyarakat setempat.

Fasilitas Lengkap Milik Pantai Randusanga Indah

Fasilitas Lengkap Milik Pantai Randusanga Indah
Image Credit: Sanjayatour.com

Sebagai objek wisata yang diunggulkan oleh kabupaten Brebes, pantai Randusanga Indah memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Hal ini dibuktikan dengan adanya anjungan dan disediakannya fasilitas umum seperti mainan anak, panggung hiburan, arena balap motor (grass track), camping ground, kolam becak air, waterboom, serta arena wisata remaja dan dewasa yang dilengkapi dengan pendopo.

Dengan banyaknya fasilitas di tempat wisata ini, maka bisa dimanfaatkan oleh pengunjung ketika sudah selesai bermain air laut. Untuk anak anak bisa langsung bermain di tempat bermain anak, sedangkan para orang tua bisa bersantai di gazebo sambil mengawasi para anak. Ada juga arena becak air yang bisa menjadi objek wisata romantis, yakni berdua bersama pasangan mengayuh perahu bebek agar bergerak sambil bercanda tawa.

Jika beruntung, di waktu waktu tertentu akan ada hiburan yang biasanya digelar di panggung hiburan. Atau juga pagelaran balap motor di grass track. Gazebo yang dibangun oleh pengelola juga bisa dimanfaatkan pengunjung untuk sekedar beristirahat ataupun menghindari teriknya sinar matahari. Selain beristirahat, pengunjung juga bisa sekalian makan siang bersama keluarga.

Seperti objek wisata pantai lainnya, di tempat tersebut dilengkapi dengan kamar mandi dan kamar bilas yang cukup bersih. Selain itu, juga ada musholla untuk mereka umat muslim untuk beribadah. Jika merasa bingung atau ingin tahu lebih banyak mengenai pantai Randusanga Indah, maka bisa menyewa jasa pemandu wisata untuk membimbing Anda dan keluarga guna menikmati wisata pantai.

Wisata Kuliner & Belanja di Pantai Randusanga Indah

Wisata Kuliner & Belanja di Pantai Randusanga Indah
Image Credit: Miftahrizkamuna.blogspot.com

Mengunjungi wisata pantai, maka tidak akan lengkap jika tidak berkunjung ke wisata kuliner serta wisata belanja di sekitar. Sama seperti tempat wisata lainnya, di objek wisata alam kabupaten Brebes ini pengunjung bisa dengan mudah menjumpai wisata belanja dan kuliner. Untuk pengunjung yang gemar berbelanja, terutama souvenier dan oleh oleh khas maka ada baiknya menyempatkan diri berburu oleh oleh terlebih dahulu sebelum beranjak.

Ada banyak oleh oleh khas Brebes yang bisa dibawa pulang, mulai dari kerajinan laut, kaos pantai, hingga bawang merah dari perkebunan juga bisa dijumpai di pantai Randusanga Indah. Pengunjung bahkan juga bisa membeli oleh oleh berupa telur asin panggang ataupun telur asin bakar. Selain itu juga ada oleh oleh berupa rumput laut yang bisa langsung dibeli dari tambak budidaya warga.

Bagi Anda yang gemar wisata kuliner, maka akan sangat disayangkan jika melewatkan serunya kulineran di tempat wisata alam ini. Pasalnya banyak warung warung sepanjang jalan menuju pantai yang menawarkan berbagai menu, dan yang paling populer adalah hidangan seafood. Mulai dari ikan bakar dengan cita rasa istimewa khas Brebes, ikan Bawal, olahan cumi cumi, ikan kakap, rajungan, kepiting, hingga udang semua bisa dicoba.

Untuk masalah rasa, Anda tidak perlu khawatir. Sebab rasa masakan warung warung tersebut bisa dibandingkan dengan menu masakan di restoran restoran yang ada di kota kota. Apalagi jika tangkapan laut tersebut adalah bahan yang masih segar, Anda tidak akan menyesal mampir untuk mencicipi masakan tersebut. Mengenai harga makanan sendiri, tentu saja lebih murah bila dibandingkan dengan harga masakan seafood di tempat lain.

Penginapan Dekat Pantai Randusanga Indah

Penginapan Dekat Pantai Randusanga Indah
Image Credit: Indopariwisata.com

Saat berkunjung ke tempat baru yang benar benar asing dan membuat nyaman, tentu saja akan terasa berat untuk ditinggalkan. Jika Anda merasa demikian, maka bisa loh menginap semalam dua malam di dekat pantai. Jangan khawatir dengan tempat berteduh, di dekat pantai Randusanga Indah sudah ada banyak pengelola yang menawarkan penginapan, guest house, hingga hotel. Dari yang harganya paling mahal hingga yang paling mudah juga ada.

Jika Anda terlalu capai berkendara karena dari luar kota dan ingin menginap maka bisa memilih penginapan sekitar pantai. Sebab selain karena tidak perlu melakukan perjalanan jauh, Anda juga bisa menikmati pemandangan pantai di malam hari. Selain itu, mencari makanan di malam hari juga akan lebih mudah karena dekat dengan warung warung di sepanjang jalan menuju pantai. So, menginap semalam atau dua malam, tidaklah buruk.

Menjadi objek wisata alam yang diandalkan oleh kabupaten Brebes, pantai Randusanga Indah termasuk salah satu destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan. Memiliki panorama pantai yang begitu menenangkan, juga ditambah dengan fasilitas yang cukup lengkap menjadikan objek wisata tersebut dikenal oleh kalangan wisatawan. Jika Anda ingin menikmati keindahan alam yang disuguhkan oleh pantai Randusanga Indah, maka jangan lupa berkunjung saat ke Brebes ya.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending