Pantai Nampu Wonogiri – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Nampu Wonogiri

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Nampu di Wonogiri menawarkan pemandangan alam nan eksotis, hamparan pasir putih dan hijaunya perbukitan untuk petualangan yang seru.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Gunturharjo, Kec. Paranggupito, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Pantai selatan Jawa selalu menarik untuk dibahas. Deretan pantai yang berjajar dengan bukit-bukit kapur menjadi sebuah ciri khas pesisir selatan. Pesona lautan Samudera Hindia menjadi daya tarik tersendiri yang menarik wisatawan. Hal ini juga dimiliki oleh sebuah pantai di Kabupaten Wonogiri bernama Pantai Nampu.

Pantai Nampu merupakan sebuah pantai unik yang memiliki tiga wilayah. Wilayah ini terbagi menjadi pantai utama, pantai kedua dan pantai ketiga. Masing-masing wilayah memiliki keunikan dan daya tarik yang mengundang siapapun yang mau menjelajah.

Panorama yang menakjubkan pun dimiliki oleh pantai ini. Perpaduan antara birunya laut samudera, langit biru bercorak putih, bukit-bukit hijau yang mengelilingi pantai, pasir cokelat yang dalam membuat pengunjung akan betah berlama-lama tinggal.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Nampu

Daya Tarik Pantai Nampu
Image Credit: Twitter.com @budicah90296048

1. Pantai yang Sangat Luas

Sekali dayung dua tiga pulau terlampaui mungkin menjadi peribahasa yang menggambarkan kondisi pantai ini. Sekali berkunjung ke lokasi wisata pantai Nampu, wisatawan langsung di suguhkan dengan tiga pantai yang di pisahkan oleh bukit karst. Wisatawan biasa menyebutnya dengan pantai utama, pantai kedua dan pantai ketiga.

Pantai utama dan dua bagian pantai yang lain bisa dijelajahi oleh wisatawan. Pantai utama menjadi lokasi favorit yang paling sering dikunjungi. Pemandangan di pantai utama memang sangatlah indah. Selain itu, garis pantainya merupakan yang terpanjang dibandingkan dengan pantai yang lainnya.

Akses menuju pantai utama terbilang cukup mudah. wisatawan hanya perlu menuruni tangga yang telah tersedia. Sementara untuk dapat sampai ke dua bagian pantai lain, wisatawan perlu tracking ke arah barat melewati jalan setapak yang terbentuk dari rerumputan dan batu-batuan.

Di pantai kedua, wisatawan dapat menemukan sungai kecil yang dikelilingi rumput-rumput hijau. Kemudian, dari pantai kedua Anda bis langsung menuju ke pantai ketiga dengan menyeberangi sungai yang ada di pantai kedua. Berjalanlah ke arah barat dan lintasi bukit di sampingnya, Anda akan sampai di pantai ketiga.

BACA:  Pulau Panjang Jepara - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Pantai ketiga merupakan pantai yang pengunjungnya paling sedikit dibanding pantai yang lain. Padahal di sini biasanya digunakan untuk berkemah.

2. Dikelilingi Oleh Bukit Karst

Pantai Nampu yang berada di pesisir selatan pulau Jawa dikelilingi oleh bukit-bukit karts atau kapur khas daerah Pantai Selatan. Bukit-bukit ini dihiasi oleh tanaman hijau yang nampak sangat indah dari kejauhan. Perpaduan antara pantai dan bukit hijau selalu nyaman ketika dipandang.

3. Sunset dan Sunrise yang Indah

Keindahan sunset dan sunrise di pantai ini diamini oleh wisatawan yang pernah datang kesini. Pesona langit berwarna jingga dan bayangan matahari yang sedikit demi sedikit memasuki peraduan sangat indah disaksikan dari pantai yang memiliki garis pantai yang panjang ini.

Daya Tarik dari Pantai Nampu
Image Credit: Twitter.com @satriodamarseti

4. Pasir Pantai yang Dalam

Setiap pantai memiliki kekhasan yang menjadi ciri khasnya. Pantai Nampu memiliki ciri khas dengan pasir pantai yang dalam yang dapat membuat mata kaki tenggelam. Selain itu pantai di sini juga memiliki kondisi yang sangat bersih.

5. Pantai yang Tergolong Sepi

Pantai cantik ini berada di bagian selatan pesisir pantai selatan. Lokasinya termasuk sangat jauh dari pusat kota. Perjalanan panjang mungkin akan membuat sebagian wisatawan membatalkan rencananya berkunjung ke pantai ini. Sehingga pantai ini masih tergolong belum terlalu ramai.

Jumlah pengunjung yang tak terlalu banyak membuat kondisi pantai masih asri dan terjaga. Namun suasananya dapat lain ketika Anda memilih berkunjung ke sini di hari libur panjang.

6. Laut Samudera Hindia

Perairan pantai Nampu masuk ke dalam wilayah Samudera Hindia. Laut Samudera Hindia memiliki karakter ombak yang kuat. Topografi wilayah pantai yang memiliki bukit batu serta karang membuat pertemuan antara ombak kuat yang bertabrakan dengan bukit atau batu karang menjadi pemandangan yang menakjubkan.

Selain itu, air laut yang memiliki warna biru khas samudera begitu menenangkan. Wisatawan dapat menikmati keindahan ini dari pantai maupun dari bagian atas. Bagian atas yang dimaksud adalah wilayah kedatangan wisatawan. Untuk sampai ke pantai, wisatawan perlu berjalan menuruni anak tangga.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Pantai Nampu

Image Credit: Facebook.com @asna.lieae

Wisatawan yang melakukan perjalanan ke pantai Nampu sepertinya tidak akan mendapat kesulitan untuk sampai ke pantai ini. Dijalan, telah tersedia papan penunjuk arah yang menunjukan jalan yang harus dilalui.

Berada di pegunungan, membuat jalan menuju pantai ini memiliki banyak kelokan. Namun, wisatawan tak perlu khawatir karena jalan di sini tak terlalu menanjak. Lokasi tepat pantai Nampu berada di Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Jarak pantai eksotis ini dengan Yogyakarta atau Solo adalah sekitar 100 km, dapat ditempuh dengan waktu 2 hingga 3 jam perjalanan. Anda yang ingin berkunjung ke sini dapat menggunakan rute melalui Kecamatan Pracimantoro. Anda hanya perlu melewati Jalan Nasional III ke arah timur kemudian belok ke selatan dari perempatan Giribelah.

BACA:  Pantai Ujungnegoro Batang - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Untuk masuk ke wilayah pantai yang berada di perbatasan Wonogiri dan Gunung Kidul ini, wisatawan hanya perlu mengeluarkan biaya Rp 5.000 untuk membeli tiket. Sehingga, biaya yang perlu Anda keluarkan hanyalah untuk parkir. Biaya parkir sendiri dibedakan untuk kendaraan roda dua dan empat. Mobil terkena biaya Rp 5.000 sementara motor Rp 3.000.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Nampu

Aktivitas di Pantai Nampu
Image Credit: Google Maps (Novita Pradanastuti)

1. Camping

Pantai di Wonogiri ini memiliki area yang sangat luas. Pantai ini memiliki tiga wilayah yang terbagi menjadi pantai utama, pantai kedua dan pantai ketiga. dengan wilayah pantai yang luas dan ekosistem yang sangat kaya, wisatawan yang datang haruasnya tak hanya melewatkan satu hari saja di sini.

Anda harusnya menyediakan waktu lebih panjang dan mencoba bermalam di pantai ini. Menjelajah segala sudut pantai dan bukit-bukit kapur, bermain di sungai, maupun bermain permainan bersama-sama.

Dengan garis pantai yang lumayan panjang, wisatawan dapat memilih spot favorit untuk mendirikan tenda. Wisatawan juga dapat memilih di bagian pantai mana tempat bermalam. Malam ditemani dengan deburan ombak dan cengkerama hangat tentu akan sangat seru.

2. Tracking

Pantai Nampu memiliki pesona alam yang begitu luar biasa. Pesona ini tersebar di berbagi sudut pantai. Sayangnya, beberapa tak akan ditemukan kecuali Anda menjelajahinya dengan detail.

Tracking adalah kegiatan seru yang sangat cocok dilakukan untuk menjelajah seluruh bagian pantai hingga bagian terkecilnya. Dengan tiga wilayah yang dimiliki, wisatawan akan menemukan hal-hal baru yang berbeda antara satu bagian wilayah dengan bagian yang lain.

3. Duduk Santai di Laut Dangkal

Pantai Nampu memiliki banyak bebatuan yang tersebar si beberapa bagian sisi laut. Bebatuan yang berada di laut dangkal ini akan nampak jelas terlihat saat air laut dalam kondisi surut. Anda dapat sekedar duduk santai sambil menikmati panorama alam sekitar pantai.

4. Jogging di Pantai

Wisatawan yang memiliki tujuan berwisata bukan hanya untuk liburan namun juga kesehatan dapat memanfaatkan lingkungan pantai untuk berolahraga. Terlebih bagi yang berkeinginan menambah kekuatan otot.

Salah satu pilihan tepat jatuh pada berlari menyusuri garis pantai. Angin sepoi-sepoi dari laut dan deburan ombak yang menabrak karang akan menjadi melodi yang menemani wisatawan berlari. Kondisi pasir pantai yang lumayan dalam akan menjadi beban tambahan sehingga membantu pembentukan massa otot.

5. Berfoto

Tidak akan lengkap sebuah liburan tanpa adanya dokumentasi. Belum sah rasanya jika mengunjungi pantai ini tanpa mengambil foto untuk disimpan. Panorama pantai Nampu terlalu indah untuk dilewatkan.

Pastikan Anda menggunakan pakaian terbaik yang bukan hanya memudahkan Anda ketika berkegiatan di pantai namun tetap menawan untuk diabadikan.

Penginapan Murah Dekat Dari Pantai Nampu

Penginapan Dekat Pantai Nampu
Image Credit: Tripadvisor.com

1. Harry’s Ocean House Watukarung

Penginapan ini hanya berjarak 8 km dari pantai Nampu. Memiliki fasilitas berupa parkir gratis, Wi-Fi, AC, makanan dan minuman serta antar jemput bandara. Di penginapan ini, wisatawan dapat melakukan berbagai kegiatan di pantai, hiking, memancing.

BACA:  10 Wisata Pantai di Ambon yang Paling Hits

Ada beberapa jenis kamar yang tersedia seperti kamar double dengan kamar mandi, kamar standard twin, kamar ekonomi double, kamar double dengan kamar mandi pribadi, kamar triple dengan kamar mandi, serta kamar single dengan kamar mandi bersama.

Untuk dapat menginap di sini pengunjung hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 200.000 ribuan per malam.

2. Watukarung Prapto Homestay

Watukarung Prapto Homestay menyediakan Wi-Fi gratis, restoran, teras dan taman, parkir gratis dan antar jemput bandara. Prapto Homestay juga menawarkan rental sepeda.

Dengan konsep homestay, penginapan ini menyediakan tiga jenis kamar yang dapat dipilih oleh pengunjung yaitu tipe Bungalow Deluxe, Bungalow Standard, dan Vila dengan Kolam Renang Pribadi. Penginapan ini terletak di Ketro, Watukarung, Pringkuku, Pacitan.

3. Ristu Homestay

Ristu Homestay menyediakan berbagai fasilitas seperti AC, ruang keluarga, area bebas asap rokok, kolam renang, WiFi, pemancingan, selancar, Pancuran, TV, kolam renang, serta resepsionis yang terbuka selama 24 jam,

Biaya menginap di penginapan ini di mulai dari Rp 290.000. Ruangan yang tersedia berupa budget double room, standard twin room dan triple room.

4. Azana Green Resort

Penginapan menyediakan service berupa early check-in, check out express, resepsionis 24 jam, keamanan 24 jam, laundry, jasa tur dan fasilitas nikah. Fasilitas yang tersedia diantaranya AC, banquet, ruang keluarga, alat pemanas, area merokok, teras, area parkir, restoran dan WiFi di area umum.

Fasilitas yang disediakan untuk masing-masing kamar adalah meja, pencuran dan TV. Di penginapan ini pengunjung dapat melakukan kegiatan lain seperti Barbecue dan aktivitas outdoor serta tersedia fasilitas rapat dan proyektor. Harga menginap dimulai dari Rp 250.000 an.

Terdapat beberapa jenis kamar yaitu standard room, superior, deluxe single, dan executive. Anda dapat menemukan penginapan ini di Jalan Nasional III, Gayam, Lebak, Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Nampu Wonogiri

Fasilitas di Pantai Nampu
Image Credit: Google Maps (Pilihan Edhi)

Terdapat berbagai fasilitas yang siap memenuhi kebutuhan wisatawan. Jalan yang mudah menuju pantai utama dapat dinikmati oleh wisatawan. Wisatawan hanya perlu menuruni tangga yang telah disediakan.

Di wisata pantai ini tepatnya di pantai utama terdapat gubuk-gubuk milik pedagang. Para pedagang lebih banyak berjualan di hari libur sehingga ketika hari-hari biasa mungkin Anda dapat membawa bekal sendiri.

Pantai Nampu yang ada di Wonogiri menjadi destinasi yang harus dikunjungi untuk siapapun yang memiliki jiwa petualang. Pesona alam dan keindahan yang terjaga membuat wisatawan harus mencari waktu untuk kembali lagi ke sini. Lokasi yang sangat cocok digunakan untuk berbagai kegiatan seru ini selalu memanggil jiwa-jiwa yang haus akan penjelajahan.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending