10 Wisata Pantai di Gorontalo yang Paling Indah

Wisata Pantai Gorontalo

Temukan Beragam Pilihan Wisata Pantai Cantik di Gorontalo. Objek Wisata Bahari Nan Eksotis, Terindah dan Terhits yang Bisa Anda Jelajahi untuk Liburan lebih Berkesan.

Bermain-main di pantai merupakan salah satu pilihan liburan yang sangat tepat, karena destinasi wisata bahari memang selalu menjadi favorit bagi hampir setiap orang. Salah satu daerah yang memiliki wisata pantai dengan pemandangan indah dan menawarkan aktivitas seru yaitu Gorontalo.

Gorontalo menjadi salah satu provinsi yang memiliki deretan pantai indah dan menawan, yang tidak kalah dari daerah lainnya. Selain indah, destinasi bahari di Gorontalo ini juga menawarkan banyak aktivitas seru yang dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas memadai. Berikut daftar wisata pantai di Gorontalo yang tidak boleh Anda lewatkan.

1. Pantai Olele

Pantai Olele
Image Credit: Twitter.com @iqbalabas_

Pantai pertama yang tidak boleh Anda lewatkan ketika berlibur di Gorontalo yaitu Pantai Olele. Pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata yang terkenal akan pemandangan bawah lautnya, bahkan wilayah tersebut diberi nama Taman Laut Olele karena keindahannya. Dimana salah satu daya tarik utamanya terletak pada coral endemiknya.

Coral endemik di Pantai Olele ini berbentuk seolah menyerupai lukisan Salvador Dali. Oleh karena itu coral tersebut disebut dengan nama Salvador Dali Coral. Untuk melihat semua keindahan tersebut, para pengunjung banyak yang melakukan snorkeling dan diving. Anda tidak perlu khawatir karena alat alatnya sudah disediakan, dan bisa Anda sewa di Pantai Olele.

Apabila tidak ingin menyewa peralatan snorkeling atau diving, Anda juga bisa sekadar berenang di dekat bibir pantai. Ombak di Pantai Olele cenderung cukup tenang, sehingga Anda bisa bermain air sepuasnya. Pemandangan dari atas lautannya juga tidak kalah cantik, dengan hamparan pasir putih yang lembut pantai ini menjadi objek wisata yang begitu indah.

Lokasi: Olele, Kec. Kabila Bone, Kab. Bone Bolango.

2. Pantai Kurenai

Pantai Kurenai
Image Credit: Instagram.com @utsushiroid

Berada tidak jauh dari pusat kota Gorontalo, membuat Pantai Kurenai menjadi salah satu destinasi wisata yang tidak pernah sepi akan pengunjung. Selain karena letaknya yang sangat strategis dan aksesnya mudah, pemandangan di pantai satu ini juga sangat indah dan cocok untuk dijadikan sebagai tempat rekreasi keluarga.

Pasir pantainya lembut dan putih bersih, terhampar di garis pantai yang cukup panjang sehingga anak anak bisa puas berlarian kesana kemari. Lalu ada juga beberapa pohon besar yang berdiri kokoh di tepian, pohon ini sering dimanfaatkan oleh pengunjung untuk mendirikan hammock sebagai tempat istirahat.

Selain hammock, para pengunjung juga banyak yang terlihat mendirikan tenda dan bermalam di Pantai Kurenai. Pemandangan matahari tenggelam dengan bayang bayang corak jingga kemerahan di laut Pantai Kurenai memang sangat menakjubkan. Anda bisa melihat dengan jelas bagaimana matahari menghilang di balik laut lepas.

Lokasi: Botubarani, Kec. Kabila Bone, Kab. Bone Bolango.

3. Pantai Dunu

Pantai Dunu
Image Credit: Facebook.com @piknikyuk

Pantai selanjutnya yang wajib untuk Anda kunjungi dan saksikan keindahannya yaitu Pantai Dunu. Pantai ini berada di kawasan Monano, dan menjadi wisata favorit bagi masyarakat sekitar. Sama halnya dengan Pantai Kurenai, Pantai Dunu juga memiliki garis pantai yang cukup panjang dengan ombak yang tidak begitu besar dan cenderung tenang.

Sehingga di sini Anda bisa mengajak buah hati untuk puas berenang, bermain air, bermain pasir, serta berlari larian di sekitar pantai tanpa takut berdesak desakan dengan pengunjung lainnya. Selain itu keindahan dari Pantai Dunu juga tidak lepas dari bukit yang ada di sekeliling pantai tersebut. Bukit ini memberikan kesan yang sejuk dan rindang untuk daerah pantai.

Lokasi: Kec. Monano, Kab. Gorontalo Utara.

4. Pantai Tenilo

Pantai Tenilo
Image Credit: Instagram.com @ciashu

Pantai Ratu Tenilo atau lebih akrab disebut dengan nama Pantai Tenilo berada di daerah Desa Tenilo, dan menjadi salah satu wisata bahari di Gorontalo yang patut Anda kunjungi. Objek wisata ini dikelola oleh Bumdes atau Badan Usaha Milik Desa, dan menawarkan berbagai pesona yang sangat sayang sekali bila Anda lewatkan begitu saja.

Mulai dari panorama alam di sekitar yang begitu indah, hamparan pasir putih yang lembut dan bersih, hingga deretan pohon mangrove yang ada di tepi pantai. Semua keindahan ini membuat Pantai Tenilo menjadi salah satu destinasi wisata andalan yang ada di daerah setempat. Terlebih dengan ombaknya yang cenderung tenang, pantai ini semakin banyak diburu.

Selain itu Pantai Tenilo juga dikelola dengan sangat baik, di sini Anda bisa menemukan berbagai fasilitas yang cukup lengkap. Fasilitas yang ditawarkan oleh tempat wisata ini antara lain area pemancingan, persewaan perahu, villa untuk menginap tidak jauh dari pantai, toilet yang cukup memadai, serta area parkir yang tergolong cukup luas untuk menampung kendaraan.

Lokasi: Tenilo, Kec. Tilamuta, Kab. Boalemo.

5. Pantai Mananggu

Pantai Mananggu
Image Credit: Twitter.com @windahtsu

Pantai Mananggu berada di daerah Desa Mananggu, dimana pantai ini masih belum seterkenal pantai lainnya dan masih jarang dikunjungi oleh para wisatawan. Padahal keindahan yang ditawarkan oleh destinasi satu ini tidak main main, dijamin Anda akan betah untuk berlama lama di tempat wisata tersebut. Masyarakat sekitar adalah pengunjung tetap pantai tersebut.

Jadi bila Anda ingin mengunjungi wisata pantai yang memiliki suasana tenang dengan pemandangan indah, maka Pantai Mananggu adalah pilihan yang tepat. Selain itu di Pantai Mananggu ini sudah terdapat beberapa pedagang yang menjajakan makanan dan minuman, jadi Anda tidak perlu khawatir ketika merasa lapar atau haus saat berada di pantai tersebut.

Lokasi: Desa Mananggu, Kec. Mananggu, Kab. Boalemo.

6. Pantai Bolihutuo

Pantai Bolihutuo
Image Credit: Facebook.com @verawaty.mohi

Pantai selanjutnya yang tidak kalah indah yaitu Pantai Bolihutuo, yang berada di kawasan Botumoito yang berjarak kurang lebih 130 kilometer dari pusat kota Gorontalo. Meski cukup jauh, Anda tidak akan pernah menyesal berkunjung ke pantai satu ini sebab pemandangan serta keseruan yang ditawarkannya bisa membuat Anda tidak ingin beranjak dari sana.

Pasalnya selain memiliki suasana yang indah serta asri, Pantai Bolihutuo juga dilengkapi dengan fasilitas yang super lengkap. Mulai dari tempat makan, penginapan, serta fasilitas wahana permainan air yang bisa Anda coba seperti perahu, kapal motor, sepeda air, dan lain sebagainya. Tidak ketinggalan juga spot diving dengan pemandangan alam bawah laut yang begitu eksotis.

Lokasi: Jl. Trans Sulawesi, Bolihutuo, Kec. Botumoito, Kab. Boalemo.

7. Pantai Botubarani

Pantai Botubarani
Image Credit: Twitter.com @7braders

Pantai Botubarani berada di daerah Desa Botubarani, yang terletak tidak jauh dari pusat Gorontalo yaitu sekitar 30 hingga 40 menit perjalanan saja. Destinasi ini terkenal sebagai wisata bahari hiu paus, karena di sini pengunjung bisa merasakan sensasi berlibur dan berenang bersama dengan hiu paus. Meski terbilang cukup ekstrim, namun wisata ini banyak sekali peminatnya.

Hiu paus yang ada di Pantai Botubarani tergolong jinak dan merupakan jenis hiu paus tutul. Selain jinak, ada nelayan dari masyarakat setempat yang siap menjadi guide jadi Anda tidak perlu khawatir bila ingin mencoba sensasi berenang bersama hiu paus tersebut. Untuk bertemu dengan hiu paus ini Anda harus menyewa perahu, karena hewan ini berada sekitar 200-300 meter dari tepian.

Lokasi: Kec. Kabila Bone, Kab. Bone Bolango.

8. Pantai Pasir Putih Leato

Pantai Pasir Putih Leato
Image Credit: Twitter.com @jagalaut

Destinasi wisata bahari selanjutnya di Gorontalo yang wajib untuk Anda kunjungi yaitu Pantai pasir Putih Leato. Pantai ini berada di kawasan Leato, dan memiliki segudang daya tarik yang mampu memikat siapapun yang melihatnya. Mulai dari pasir putihnya yang eksotis terhampar sejauh mata memandang, hingga air lautnya yang kontras dengan warna biru jernih.

Selain jernih, ombak laut di Pantai Pasir Putih ini tergolong tenang sehingga kegiatan snorkeling bisa dilakukan dengan santai. Banyak pengunjung yang melakukan aktivitas snorkeling dan diving, karena biota laut yang dapat ditemukan di objek wisata ini sangatlah cantik cantik. Anda bisa menyewa peralatan snorkeling maupun diving pada petugas yang ada di tepi pantai.

Lokasi: Leato Selatan, Kec. Kota Timur, Kota Gorontalo.

9. Pantai Tangga 2000

Pantai Tangga 2000
Image Credit: Facebook.com @majid.gondowiardjo

Pantai Tangga 2000 bisa menjadi pilihan rekreasi keluarga yang tepat ketika Anda berkunjung ke Gorontalo. Pantai ini berada tidak jauh dari pusat kota, bahkan Anda bisa menyewa kendaraan bentor dan hanya menempuh perjalanan selama 20 menit saja. Kemudian Anda akan tiba di kawasan Pantai Tangga 2000 yang memiliki pemandangan sangat indah.

Di Pantai Tangga 2000, selain menikmati keindahan sekitar Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas seru. Seperti memancing, melihat panorama senja yang amat eksotis dan romantis, menyewa perahu untuk berkeliling area sekitar, hingga menikmati jagung bakar dan jajanan lainnya yang dijajakan di sekitar pantai untuk wisatawan yang datang.

Lokasi: Pohe, Kec. Hulonthalangi, Kota Gorontalo.

10. Pantai Indah Boalemo

Pantai Indah Boalemo
Image Credit: Google Maps (Bang Nanstro)

Terakhir ada Pantai Indah Boalemo yang menjadi salah satu wisata andalan di daerah Boalemo. Pantai ini sangat indah dan menyajikan panorama alam yang sangat menawan, dengan pasir kecoklatan nan eksotis yang lembut yang terhampar pada garis pantai yang sangat luas, Anda dan keluarga bisa bermain sepuasnya sepanjang hari jika mau.

Selain itu birunya air laut yang jernih bisa Anda jadikan sarana untuk bermain air dan berenang sepuasnya, sebab ombak dari Pantai Indah Boalemo tergolong tenang. Ada juga berbagai fasilitas yang disediakan untuk menambah seru kunjungan Anda di objek wisata ini, seperti sepeda air, kapal motor, alat diving, restoran seafood, hingga penginapan dengan fasilitas yang memadai.

Lokasi: Tapadaa, Kec. Botumoito, Kab. Boalemo.

Bagi Anda penggemar wisata pantai maka akan sangat disayangkan bila tidak pernah berkunjung ke deretan pantai eksotis di Gorontalo. Provinsi yang terkenal memiliki berbagai objek wisata alam yang sangat indah, termasuk wisata baharinya. Selain indah, pantai pantai ini juga dikelola dengan baik serta dilengkapi fasilitas memadai yang bisa Anda nikmati.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending