Pantai Kartini Jepara – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Kartini Jepara

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga TiketPantai Kartini termasuk pantai yang kaya pesona di Jepara yang memiliki wahana hits yang menarik minat wisatawan, Kura-Kura Ocean Park.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Desa Bulu, Kec. Jepara, Kab. Jepara, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Jepara selalu identik dengan keindahan ukirannya, tetapi ternyata kota kecil di Jawa Tengah ini juga menyimpan keindahan alam berupa pantai yang mempesona, yaitu Pantai Kartini. Pantai ini cukup populer bagi kalangan wisatawan lokal. Selain pemandangannya yang indah, lokasinya juga mudah dijangkau. Wisata ini menjadi salah satu kebanggaan seluruh masyarakat Jepara.

Pantai yang berada tak jauh dari Kantor Bupati Jepara ini berada di jalur transportasi yang menuju Pulau Panjang dan juga wisata bawah laut Karimunjawa. Sehingga para wisatawan dapat melihat kapal-kapal yang berlalu lalang di sekitar pantai ini. Sebuah pemandangan yang memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang berkunjung ke sana.

Selain menyuguhkan pemandangan pantai yang indah, Pantai Kartini juga dilengkapi dengan wahana edukasi dan rekreasi yang seru serta menyenangkan bagi anak-anak. Pantai ini juga cocok dijadikan lokasi piknik bersama keluarga ataupun teman-teman tercinta. Disini Anda tidak hanya dapat menikmati pemandangan pantai tetapi juga obyek wisata lain di sekitar sekaligus berwisata edukasi.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Kartini Jepara

Daya Tarik Pantai Kartini Jepara
Image Credit: Google Maps (Sahrul Ahmed)

Tidak seperti pantai pada umumnya yang menyajikan keindahan alam serta beberapa inovasi guna mempercantik keindahannya, Pantai Kartini juga menghadirkan obyek wisata lain serta wahana edukasi yang makin memikat hati wisatawan.

1. Pemandian

Di bagian barat pantai ini, terdapat sebuah kolam pemandian. Masyarakat sekitar percaya bahwa pemandian tersebut dapat menyembuhkan segala macam penyakit yang diderita oleh orang yang mandi di sana. Penyakit yang dimaksud seperti paru-paru, eksim, rematik, panu, dan segala jenis penyakit kulit lainnya. Para wisatawan yang datang berkunjung ke pantai pun dibuat penasaran dan mencobanya.

2. Wahana Edukasi dan Hiburan

Pantai cantik ini memiliki berbagai macam wahana bermain anak, misalnya catur raksasa, spoor mini, rumah kecek, pesawat terbang TNI AU, dan masih banyak lainnya. Wahana tersebut tidak hanya menghibur tetapi juga dapat menjadi sarana belajar yang menyenangkan bagi putra-putri Anda.

BACA:  10 Wisata Pantai di Gresik yang Paling Hits

Pemerintah setempat berjanji akan menambahkan wahana lain yang segera dibangun. Dengan adanya wahana-wahana tersebut semakin menarik minat pengunjung yang datang ke Pantai Kartini. Jumlah kunjungan melonjak naik terlebih lagi saat musim libur sekolah.

3. Kura-Kura Ocean Park

Gedung dengan bentuk kura-kura raksasa ini menjadi ikon dari wisata pantai ini. Gedung ini terdiri dari dua lantai, lantai pertama menyuguhkan aquarium raksasa, kolam sentuh kura-kura dan fish spa. Spot ini sangat cocok bagi Anda yang butuh berelaksasi. Di sini tersedia papan informasi touch screen sebagai sarana belajar dan toko souvenir yang disediakan pengelola.

Di lantai dua, terdapat wahana edukasi anak. Banyak hal menarik yang dipertunjukkan, seperti kipas angin tanpa baling-baling, peraga sensor manusia, simulator pesawat terbang dan yang terpopuler serta menjadi favorit pengunjung adalah IMAX Deep Sea 3D. Untuk memasuki Kura-kura Ocean ini, pengunjung diharuskan membayar sebesar Rp 12.500,00 – Rp 17.500,00.

Daya Tarik dari Pantai Kartini Jepara
Image Credit: Instagram.com @kemanaid

4. Pulau Panjang

Kawasan wisata Pantai Kartini menjadi gerbang menuju lokasi wisata lain di sekitarnya. Salah satu diantaranya ialah Pulau Panjang. Pulau ini merupakan suaka alam flora dan fauna yang dilindungi pemerintah. Panorama alam yang disajikan pulau tersebut sangat cantik. Ditambah dengan pasir putih yang menghiasi makin menambah kecantikan pulau ini.

Untuk sampai di pulau ini, Anda dapat menyeberang menggunakan perahu motor yang tersedia di lokasi pantai. Tarif yang dikenakan adalah sebesar Rp 50.000,00 – Rp 70.000,00.

5. Gazebo

Pantai ini menyediakan banyak gazebo untuk para wisatawan bersantai bersama sambil menikmati pemandangan. Tempat ini juga dapat dijadikan latar belakang foto pre-wedding ataupun selfie juga wefie. Gazebo tersebut berdiri berjajar dan saling terhubung oleh jembatan semi permanen. Hal itu semakin menambah kecantikan pantai ini, apalagi saat senja menjelang.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Pantai Kartini

Harga Tiket Pantai Kartini
Image Credit: Facebook.com @infoseputarkudus

Wisata pantai ini berada di Desa bulu yang masuk wilayah Jepara. Lokasi pantai ini berjarak 2,5 kilometer dari Kantor Bupati. Akses jalan menuju destinasi wisata ini sudah sangat bagus dan nyaman, sehingga dapat dilalui kendaraan apapun tanpa menimbulkan kendala yang berarti.

Bagi Anda yang akan berkunjung kemari menggunakan kendaraan umum, dari Semarang tepatnya Terminal Terboyo, Anda dapat menggunakan bus menuju Terminal Jepara. Dari terminal, Anda dapat berjalan kaki untuk sampai di lokasi Pantai tersebut. Waktu yang harus Anda tempuh sekitar 15 menit atau Anda juga bisa menuju pantai dengan menggunakan becak.

Namun, jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, jalur yang harus Anda tempuh yaitu rute Semarang menuju Demak dan dilanjutkan ke Jepara. Di rute ini, banyak terdapat papan penunjuk jalan yang akan memandu Anda hingga sampai Kota Jepara. Begitu sampai di Jepara, ambil jalan menuju arah barat sejauh 3 kilometer dan Anda akan sampai di depan gerbang lokasi Wisata Pantai Kartini.

BACA:  Pantai Sigandu Batang - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Untuk dapat berkunjung ke pantai ini, Anda hanya dikenakan biaya sebesar Rp 5.000,00/orang saat weekday dan Rp 7.500/orang saat weekend. Untuk tarif parkir yakni Rp 2.000,00/ motor, Rp 5.000,00/mobil dan RP 10ribu/bus.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Kartini

Aktivitas di Pantai Kartini
Image Credit: Google Maps (Makazin)

1. Hunting Foto

Wisata pantai ini memiliki banyak spot menarik yang dapat Anda eksplore. Anda bisa menjadikan spot-spot tersebut sebagai latar belakang foto Anda. Momen sunset di kala senja pun juga wajib Anda abadikan. Sebab pemandangan langit senja yang kemerahan dan memantul di atas air lautan lepas sungguh sangat menakjubkan.

2. Berkeliling dengan Kereta Kelinci

Pengelola Pantai Kartini Jepara juga menyediakan kereta kelinci secara gratis untuk digunakan wisatawan yang ingin berkeliling lokasi pantai ini. Kawasan pantai yang terbilang sejuk dan asri ini sangat teduh dan nyaman, cocok untuk dijadikan tempat wisata keluarga.

3. Bersantai di Dermaga

Lokasi pantai yang merupakan jalur penyeberangan dari dan menuju Karimunjawa, menjadikan wisata pantai ini sekaligus menjadi dermaga. Anda dapat menghabiskan waktu menikmati ketenangan dan keindahan alam dengan duduk bersantai di dermaga yang ada.

4. Mengendarai Sepeda atau Scooter

Di lokasi pantai terdapat persewaan scooter dan juga sepeda dalam berbagai ukuran. Sehingga Anda dan keluarga dapat menikmati liburan dengan bersepeda santai di area pantai atau sekedar bermain scooter. Biaya sewa sepeda dan scooter cukup murah, berkisar antara 5.000-10.000 rupiah saja.

5. Belanja Oleh-Oleh dan Souvenir

Ketika berkunjung ke Pantai Kartini, Anda tidak akan kesulitan mencari oleh-oleh untuk dijadikan buah tangan dan kenangan selama liburan. Pihak pengelola telah menyiapkan beberapa stan di area wisata ini untuk menjual berbagai souvenir dan kerajinan unik serta jajanan khas yang pas dijadikan oleh-oleh.

Penginapan Murah Dekat Dari Pantai Kartini

Penginapan Dekat Pantai Kartini
Image Credit: Booking.com

Ada beberapa beberapa penginapan yang terdapat di dekat lokasi Pantai Kartini Jepara. Berikut ini adalah beberapa penginapan dengan jarak terdekat dari lokasi pantai yang dapat Anda booking secara online melalui jasa pemesanan tiket dan hotel online.

1. Samudera Hotel & Resto

Bertempat di Kecamatan Jepara, hotel ini hanya berjarak 70 meter saja dari lokasi pantai. Hotel bintang 2 ini merupakan yang termurah dibanding hotel serupa di sekitarnya. Hotel ini menyediakan berbagai fasilitas diantaranya: Free Wi Fi, Area parkir yang luas, Bar dan Restoran, Sarapan gratis, serta bebas biaya pembatalan untuk pemesanan online

Hotel ini mematok harga mulai Rp.150.300,00/kamar. Kondisi kamar bersih dan dilengkapi AC, TV juga air panas. Pihak hotel juga menyediakan sabun, shampo, sikat serta pasta gigi.

BACA:  Pantai Suwuk Kebumen - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Hanya saja tidak disediakan teh, gula dan kopi agar pengunjung dapat membuat minuman sendiri. Dengan view pantai dan jarak yang cukup dekat menuju fasilitas umum, menjadikan hotel ini cukup direkomendasikan bagi wisatawan yang hendak berkunjung ke Pantai Kartini.

2. Homestay Premium 45

Beralamatkan di Jalan Letjend Suprapto, Kecamatan Jepara, hotel ini hanya berjarak 1,4 kilometer dari lokasi wisata. Salah satu hotel yang recomended karena memiliki banyak fasilitas dan memberi harga murah, yakni mulai Rp.171.00,00/kamar. Fasilitas yang di sediakan antara lain Free Wifi, binatu gratis, area parkir luas, sarapan gratis dan AC.

Selain menawarkan beberapa fasilitas diatas, hotel ini juga sangat mengutamakan kebersihan dan kerapian. Hal itu membuat pengunjung benar-benar nyaman. Di kamar juga tersedia TV dan untuk kamar mandi juga terdapat air panas. Letak hotel yang dekat cafe juga menjadi poin plus bagi hotel ini. Homestay dengan layanan terbaik dan ramah yang dapat Anda temukan di Jepara.

3. Syailendra Hotel

Hotel yang berjarak 1,8 kilometer dari Pantai Kartini ini berada di Jalan HOS Cokroaminoto, Jepara. Hotel dengan konsep perpaduan antara klasik dan modern minimalis ini sangat asri dan memberi kesan hangat. Dominasi warna kuning gading pada bangunannya, serta hiasan tanaman rambat yang dibiarkan menjuntai di beberapa sisi hotel makin menambah asri dan sejuk suasana hotel.

Hanya dengan 200 ribuan Anda sudah dapat beristirahat dengan nyaman di sini. Fasilitas yang disediakan diantaranya: Free WiFi, Area Parkir yang luas, Cafe di bagian roof top, Restoran, Sarapan Gratis dan Business Centre.

Pelayanan hotel sangat ramah dan baik, kebersihan serta kerapian kamar juga terjaga. Letak yang dekat dengan pusat kota memudahkan pengunjung dalam berwisata atau menuju fasilitas umum. Hanya koneksi internet yang terkadang sedikit tersendat.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Kartini Jepara

Fasilitas di Pantai Kartini
Image Credit: Google Maps (Andry Fernandus)

Kawasan Pantai yang telah dikelola pemerintah setempat, selain memiliki berbagai wahana yang lebih menarik minat pengunjung juga menyediakan fasilitas yang lengkap. Hal ini guna memberi kenyaman pada setiap wisatawan yang datang ke sana. Fasilitas yang disediakan oleh pengelola Pantai Kartini diantaranya:

  • Toilet
  • Kamar Mandi Bilas
  • Mushola
  • Warung Makan
  • Stan Oleh-Oleh
  • Gazebo tempat beristirahat
  • Area Parkir yang Luas

Demikian ulasan dari Wisata Pantai Kartini di Jepara. Salah satu destinasi wisata yang jangan sampai Anda lewatkan ketika berlibur ke Jawa Tengah, Kota Jepara khususnya. Semoga informasi ini dapat menjadi referensi bagi Anda yang sedang merencanakan liburan. Jangan lupa tetap jaga kesehatan dan keselamatan selama di perjalanan ataupun di lokasi wisata.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending