Pantai Sembukan Wonogiri – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Sembukan Wonogiri - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Sembukan salah satu wisata bahari yang eksotis di Wonogiri, dan masuk dalam kawasan Geopark Gunung Sewu. Pantai pasir putih dengan pemandangan bukit yang menakjubkan.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Sembukan, Kec. Paranggupito, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Pantai Sembukan merupakan pantai yang sangat populer yang terletak di Wonogiri, Jawa Tengah. Banyak sekali keindahan yang bisa Anda lihat dari tempat ini. Seperti batu karang yang cantik. Ombak besar yang membawa angin sejuk. Serta pepohonan hijau berpadu dengan pasir pantai.

Selain itu tempat ini juga menjadi surganya para pemancing, dikarenakan banyaknya ikan-ikan besar di tempat ini. Adapaun tempat khusus untuk Anda yang hobi memancing, yang mana tempat tersebut berada di atas tebing pantai. Namun, ada juga persewaan perahu yang bisa disewa untuk memancing di tengah lautan.

Tempat ini juga memiliki mitos mengenai pantai selatan,yakni pintu ke 13 ratu pantai selatan. Sehingga hal inilah yang membuatnya populer dan membuat tempat ini menjadi sakral disebabkan adanya ritual-ritual. Bagaimana Anda tertarik untuk datang ke tempat ini? Yuk cari informasi mengenai Pantai Sembukan yang terdapat di bawah ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Sembukan

Daya Tarik Pantai Sembukan
Image Credit: Instagram.com @fendy_resphaty

1. Karang yang Indah

Karang di Pantai Sembukan ini berukuran besar dan tampak sangat indah. Sehingga ia menjadi suatu daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang. Anda pun bisa menaiki karang ini. Namun, harus tetap waspada sebab karang ini sangat tajam.

Nah, sebab hal ini juga andapun dilarang berenang di sekitar pantai. Resiko jika nekat berenang di lokasi ini tentu sangat besar sehingga Anda harus mematuhi aturan yang ada. Sehingga Anda bisa tetap berlibur dengan aman, nyaman, dan selamat.

2. Keindahan Alam

Alam sekitar pantai ini memang tak bisa diragukan lagi. Banyaknya batu karang besar yang bisa dinaiki pun menambah keindahannya. Ada juga batu karang kecil kecil yang nampak acak terlihat sangat cantik.

Ombak yang berdeburan pun menggiring Anda pada suasana pantai yang tenang. Terkadang juga ada ikan yang terjepit di batu karang. Sangat cantik sekali bukan?

3. Ombak yang Besar

Ombak pantai yang sangat besar ini merupakan suatu ciri khas dari Pantai-pantai Selatan, termasuk Pantai Sembukan. Ombak tersebut tampak menggulung-gulung dengan indah. Ia akan terlihat indah jika dipandang dari jarak yang cukup jauh.

Nah, sebab itu Anda dilarang mendekati bibir pantai, apalagi berenang di tempat ini. Ombak yang relatif besar dapat menyeret ke tengah laut. Sehingga sangat berbahaya.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Sembukan

Image Credit: Instagram.com @jalanjalanwonogiri

Pantai Sembukan terletak di Dusun Sambukan yang berada di kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, provinsi Jateng. Tepatnya ia tak jauh dari pantai Nampu, tapi jauh dari pusat kota Wonogiri.

Waktu untuk menempuh wisata ini lumayan lama yakni 120 menit. Sebab ia jauh dari pusat kota Wonogiri. Namun jangan khawatir, Akses untuk menuju tempat ini sudah sangat mudah sebab jalanan yang teraspal dengan baik. Rutenya pun bervariasi, diantarannya adalah berikut ini:

Jika Anda berangkat dari stasiun Balapan Solo maka rute yang Anda lewati pertama adalah Grogol, kemudian Wonogiri. Setelah sampai di Wonogiri, maka Anda akan pergi ke Pracimantoro, disusul ke Paranggupito dan Anda pun sampai Pantai Sembukan.

Rute tersebut memakan waktu sekitar 2 jam lebih 24 menit dengan jarak yang cukup jauh yakni 89 km. Sehingga Anda harus benar-benar sehat jiwa raga untuk berlibur ke wisata ini.

Selain itu, adapun rute dengan menggunakan kendaraan pribadi baik mobil maupun sepeda motor. Untuk lebih simpelnya Anda lebih baik menyalakan gps untuk pergi ke pantai ini. Tenang saja gps biasanya sangat akurat kok dengan lokasi sebenarnya.

Namun sebelum itu periksa dulu mesin dan bahan bakar Anda, agar sampai tujuan sesuai ekspektasi Anda. Liburan andapun lebih terencana dan sesuai harapan.

Harga Tiket Masuk Pantai Sembukan Wonogiri

Harga Tiket Pantai Sembukan Wonogiri
Image Credit: Instagram.com @explore_wonogiri

Harga tiket masuk wisata Pantai Sembukan ini sangat murah dan bisa dijangkau oleh siapa saja, yakni hanya Rp 5.000 saja per orang. Hal tersebut bukan berarti keindahan pantai ini juga murahan. Sebab pesona pantai dengan ombak besar yang menghantam cantiknya batu karang ini, terlihat sangat cantik dan elegan.

Nah, untuk sekedar informasi saja, seperti yang sudah disebutkan ombak di pantai-pantai selatan sangat besar. Sehingga jangan sampai Anda berenang di pantai ini. Apalagi batu karangnya juga cukup tajam. Sangat berbahaya sekali jika berenang di tempat ini.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Sembukan

Image Credit: Instagram.com @abibyudap

1. Memancing

Jika Anda memiliki hobi memancing, Pantai Sembukan yang akan menjadi tempat favorit Anda. Sebab tempat ini menghasilkan ikan-ikan yang berukuran jumbo. Selain itu fasilitas yang diberikan juga sangat memadai untuk para pemancing.

Anda pun bisa memancing dengan puas baik menggunakan perahu maupun tempat memancing yang sudah tersedia. Namun, jika Anda menggunakan perahu Anda juga harus menyewanya. Bagaimana sudah siap mendapatkan ikan yang besar?

2. Menikmati Keindahan Alam

Pantai Sembukan memiliki keindahan yang luar biasa seperti hamparan pasir putih berpadu dengan pepohonan hijau, serta ombak besar yang menghantam batu karang yang indah. Membuat mata yang memandangnya menjadi segar.

Tak lupa suara ombak yang berdebur juga terdengar indah. Sehingga pikiran menjadi lebih segar dan tenang. Anda pun bisa menikmati keindahan alam pantai ini dengan mengabadikan momen lewat foto.

3. Mencoba Makanan Khas

Setiap tempat wisata pasti memiliki makanan sedap yang khas untuk para wisatawannya. Tak terkecuali di pantai menawan ini, pantai ini menyediakan banyak kuliner mulai dari makanan ringan hingga makanan berat yang penjualnya merupakan warga setempat.

Makanan tersebut sangat lezat dan patut untuk dicoba. Apalagi setelah lelahnya perjalanan maupun berkeliling pantai, pasti rasa lapar menghampiri Anda.

4. Menikmati Es Degan yang Segar

Pantai Sembukan sangat khas dengan es degannya, pasalnya es degan ini diambil langsung oleh warga Sambukan. Sehingga terasa alami dan sangat segar. Paling cocok jika diminum di pinggir pantai sambil menikmati teriknya matahari pantai.

Tak perlu susah payah mencari penjualnya, es degan ini mudah sekali di temukan. Anda bisa menemui penjual es degan yang biasanya mangkal di pinggir pantai.

5. Berburu Foto

Keindahan alam yang di tawarkan oleh pantai pasir putih ini, menjadikannya sebuah spot foto yang sangat cantik dan instagramable. Apalagi foto dengan latar belakang laut biru berpadu langit biru sedang musim-musimnya di sosial media saat ini.

Tentunya Anda tidak ingin ketinggalan tren ini bukan? Yuk liburan ke Pantai Sembukan, ajak teman-temanmu agar fotomu semakin menarik.

Penginapan Murah Terdekat di Pantai Sembukan

Penginapan Pantai Sembukan
Image Credit: Travelio.com

1. Laksana Inn

Hotel Laksanna in berlokasi di Teratai 2 nomor 11 kota Solo, yang mana biaya inapnya per malam untuk satu kamar adalah Rp. 451.000. Namun kamar tersebut bisa untuk dua orang.

Meskipun hotel ini hotel berbintang 2, tapi fasilitas yang dimilikinya cukup memadai kok. Diantarannya ada wifi, parkir mobil, penyewaan sepeda, koran, dan Laundry.

2. Novotel Solo

Novotel Solo merupakan hotel bintang 4 yang beralamatkan di Jalan Slamet Riyadi nomor 272. Harga inap per malamnya untuk satu kamar pun cukup mahal yakni Rp. 968.000. Kamar tersebut juga muat untuk 2 orang.

Meskipun mahal, hotel ini memiliki fasilitas yang sangat dapat menunjang kebutuhan pengunjung. Mulai dari 2 buah ruang tamu, laundry, wifi yang terdapat dalam ruangan, pijat, valet parking, elevator, kids club, persewaan sepeda, pusat fitnes, dan antar jemput bandara. Lengkap sekali bukan?

3. Red Planet

Red Planet Hotel merupakan hotel bintang 2 yang berada di jalan Dr. Soepomo no. 49 kota Surakarta. Harganya cukup moderat untuk waktu inap permalam, yakni Rp. 453.200 per kamar, yang bisa digunakan oleh 2 orang.

Selain itu, fasilitasnya juga cukup banyak, seperti Ac, LCD TV, toilet, kabel TV, Ruang keamanan, meja, dan shower. Namun sangat di sayangkan incaran orang-orang tidak ada yakni free wifi.

Dari ke 3 hotel di atas mana yang Anda pilih? Tentunya Anda juga bisa mencari hotel yang cocok dengan Anda. Baik dari segi fasilitas maupun dari segi budget.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Sembukan Wonogiri

Fasilitas Pantai Sembukan Wonogiri
Image Credit: Instagram.com @dwi4133

Tempat ini memiliki berbagai fasilitas yang cukup menunjang pengunjung. Seperti kamar mandi, sanggar, kantin, dan juga pendopo. Namun untuk kamar mandinya sendiri masih kurang banyak.

Selain itu, terkadang kantin juga sering tutup, sehingga lebih baik jika Anda membawa bekal dari rumah, baik makanan maupun minuman. Tapi jangan buang sampah sembarangan ya.

Akan tetapi dibalik itu semua Anda bisa menikmati indahnya panorama Pantai Sembukan ini sambil duduk-duduk ataupun bersantai. Sebab tempat ini menyediakan pendopo untuk Anda beristirahat.

Disamping mitos yang beredar dari Pantai Sembukan serta ritual-ritual di tempat ini. Tentunya bukan suatu alasan bukan untuk Anda tak berlibur kemari? Sebab keindahan tempat ini sangat rugi untuk di lewatkan.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending