Pantai Soka Tabanan, Destinasi Wisata Bahari Eksotis yang Sarat Mitos

Pantai Soka Tabanan, Destinasi Wisata Bahari Eksotis yang Sarat Mitos
Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Desa Antap, Kec. Selemadeg, Kab. Tabanan, Bali; Map: Cek Lokasi

Siapa yang masih asing dengan Bali, suatu tempat yang populer oleh pesona alamnya yang tidak ternilai, salah satunya yaitu Pantai Soka di Tabanan. Pantai tersebut merupakan suatu destinasi wisata yang bisa menarik perhatian banyak orang yang berkunjung di Pulau Dewata dan bahkan seluruh wilayah nusantara. Tentu saja ini menjadi salah satu hal yang membanggakan sekali.

Oleh sebab itu, disayangkan sekali apabila Anda ada di Bali tetapi tidak bisa menikmati kecantikan pantai yang tidak ada duanya ini. Walaupun mungkin saja bagi beberapa orang, pantai hits ini masih terdengar asing. Hal itu sebenarnya wajar saja karena tempatnya sendiri memang belum diketahui banyak orang.

Berbeda dengan Pantai Green Bowl, Pantai Nusa Dua, Pantai Kuta, maupun beberapa pantai terkenal lain. Namun tenang saja karena pemandangan yang disuguhkan di Pantai Soka ini tidak akan kalah menarik. Berikut ini terdapat berbagai macam hal yang perlu Anda ketahui mengenai tempat wisata tersebut, sebelum mengunjunginya.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Soka

Daya Tarik Pantai Soka
Image Credit: Google Maps raden fr

1. Hiasan Pantai

Pasir dengan warna hitam merupakan salah satu hal unik yang dimiliki oleh pantai tersebut. Apabila terkena cahaya matahari maka pasir hitam tersebut akan terlihat berkilauan dengan indah. lalu, ada pula batu karang yang menghiasi kawasan pantai dengan berjejeran serta banyak pohon kelapa yang melambai-lambai membuat hati terasa sejuk.

Selain itu, di sisi sebelah Timur dari batu karang akan ada suatu goa yang ditinggali oleh banyak burung walet. Nah, goa tersebut dinamakan sebagai Goa Bulung Daya. Terdapat juga sebuah pura yang merupakan tempat sangat istimewa untuk pengunjung yang ada di sana.

Hal itu karena Anda bisa melihat keindahan panorama sunset secara maksimal dari atas pura tersebut. di sisi lain, pura tersebut sangat berhubungan erat dengan suatu perjalanan spiritual yang telah dilakukan Pedanda Bawu Rauh.

2. Legenda atau Mitos yang Berkembang

Di Pantai Soka Bali ada mitos yang sampai sekarang ini masih terdengar di telinga, yakni ada batu karang dengan diameter 3 m. Batu karang tersebut memiliki bentuk menyerupai periuk yang dikelilingi dengan air laut dan pasir-pasir, masyarakat menamainya dengan Payuk Kebo Iwa. Selain itu, ada pula batu karang dengan bentuk seperti dapur yang ukurannya 1 x 20 m.

Kebo Iwa merupakan tokoh legendaris warga Bali, dirinya adalah seorang pemuda yang badannya besar, tinggi, dan gagah perkasa. Kebo Iwa ini konon katanya pernah memanfaatkan atau menggunakan pantai ini untuk tempat memasak. Jadi warga menyebut bahwa batu karang yang besar ini menggunakan nama Kebo Iwa. Hingga sekarang Anda dapat melihat dua batu karang yang besar itu.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Soka
Image Credit: Google Maps Bima Firbananta

3. Sunset

Bila sore hati mulai tiba, sangat rugi apabila Anda tidak melihat indahnya sunset di tempat ini. Matahari yang tenggelam akan tampak mengagumkan sekali dan memanjakan mata.

Pemandangan matahari yang tenggelam pada garis cakrawala mampu membuat siapa saja terbius untuk menyaksikannya kembali. Panorama sunset tersebut merupakan salah satu hal unik atau daya tarik yang dapat membuat Pantai ini tidak kalah cantik dengan berbagai pantai lainnya.

4. Alamnya yang Asri

Setiap pengunjung juga akan dimanjakan matanya dengan panorama indah serta kecantikan alamnya. Pantainya yang menghadap arah Selatan menyuguhkan pemandangan alam yaitu lautan biru yang mempesona. Di sebelah Barat tampak gugusan bukit yang menyambung dengan bukit Gunung Batukaru.

Di sebelah Timur tampak gunung paling tinggi di Bali menjulang tinggi dan gagah perkasa. Beruntung apabila cuacanya sedang cerah karena Anda bisa melihat secara samar-samar kawasan Balmbangan yang ada di Pulau Jawa.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Soka
Image Credit: Google Maps nona ellyza

Untuk Anda yang minat datang ke Pantai Soka maka tidak harus pusing dalam mencari lokasinya. Letaknya dekat dengan jalanan utama yang menghubungkan Bali dan Denpasar, yaitu dari Denpasar kisaran 45 km dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam saja dari Bandar Udara Ngurah Rai. Alamat lengkapnya yaitu di Jl Raya Denpasar Gilimanuk, Desa Antap, Kec Selemadeg, Kab Tabanan, Bali.

Akses menuju ke ana terbilang mudah serta jalannya pun cukup baik. Anda dapat menggunakan mobil maupun motor pribadi, tetapi bila tidak memiliki kendaraan pribadi maka dapat menyewanya dengan harga yang terjangkau, yaitu 50 ribu rupiah sampai 175 ribu rupiah saja.

Tetapi bila Anda memilih untuk menumpang di kendaraan umum misal bis dan sebagainya, maka tidak harus bingung dimana saja transitnya. Anda hanya cukup untuk berhenti di bus kota yang berada di Kecamatan Selemadeg.

Selanjutnya Anda bisa melanjutkan kembali perjalanan dengan menaiki ojek ataupun kendaraan yang lain untuk sampai di Desa Antap. Setelah ada di Desa Antap maka Anda sudah dekat dengan lokasi pantai. Jika masih tidak tahu rutenya, jangan ragu untuk bertanya kepada warga sekitar.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Pantai Soka
Image Credit: Google Maps Putu Hendra Sagita

Bila Anda merupakan tipe seseorang yang selalu berpikir dua kali ketika hendak mengeluarkan uang. Nah, pantai cantik ini merupakan destinasi wisata yang sangat tepat untuk Anda kunjungi.

Pasalnya, Anda tidak harus cemas mengenai harga tiket masuk serta biaya parkirnya. Sehingga, dahi Anda tidak akan berkerut memikirkannya, sebab siapa saja bebas memasuki area pantai secara gratis.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Pantai Soka

Image Credit: Facebook Nyoman Wiastra

1. Rafting

Pantai yang satu ini dekat dengan Sungai Balian atau Tukad Balian. Dimana tempat itu adalah salh satu spot yang terkenal untuk melakukan kegiatan rafting.Sungai Balian ada di sebelah Barat Pantai Soka. Tidak hanya panorama pantai saja, ketika rafting pengunjung juga akan disajikan dengan kebun kelapa yang hijau.

Biaya yang akan Anda keluarkan tentu saja disesuaikan dengan paket apa yang diambil. Tarif yang dikenakan rata-rata mulai dari 150 ribu rupiah sampai lebih dari 300 ribu rupiah. Ada pula paket tertentu yang akan menyediakan layanan berupa makan.

2. Bermain Pasir

Selain warnanya yang unik, pasir di pantai ini juga sangat menyenangkan apabila digunakan sebagai media bermain. Anda dapat membentuknya menjadi berbagai macam hal yang menarik seperti istana, bola, dan bentuk-bentuk lainnya. Apalagi jika Anda mengajak serta anak, pasti akan sangat seru.

Aktivitas Dilakukan di Pantai Soka
Image Credit: Google Maps sujai jai

3. Berenang

Ombak yang ada di Pantai Soka tergolong relatif rendah dan tenang. Dengan kondisi seperti itu tentunya cocok sekali untuk melakukan kegiatan yang santai dan seru seperti berenang. Tenang saja karena kegiatan tersebut sangat aman apabila dilakukan di pantai ini.

4. Memancing Udang

Pantai tersebut mempunyai salah satu spot yang bagus untuk memancing udang. Tepatnya berada di sisi Barat yang telah diisi dengan karang yang ukurannya tidak terlalu tinggi. Biasanya nelayan sekitar akan menawarkan jasa untuk memancing udang terhadap pengunjung di sana.

Dengan biaya sewa perahu kurang lebih sebesar 300 ribu rupiah, Anda sudah bisa dibawa menuju ke tengah lautan untuk memancing ikan. Bukan hanya udang saja, melainkan berbagai jenis biota laut lainnya juga dapat diperoleh jika sedang beruntung.

Dijamin Anda akan merasakan sensasi memancing yang cukup berbeda. Untuk penyewaan tersebut akan dibuka mulai jam 8 pagi dengan syarat jika kondisi ombaknya sedang bersahabat.

Penginapan Murah Dekat Pantai

Penginapan Pantai Soka
Image Credit: Google Maps uut Khan

1. Balian Paradise Resort

Anda dapat menginap di hotel yang satu ini dengan tarif mulai dari 230 ribu rupiah per malam. Fasilitas yang akan didapat seperti kolam renang, wifi gratis, akses pantai, AC, sarapan, tempat parkir kendaraan, dan lain sebagainya.

2. Glamping Soka Indah

Penginapan ini cocok bagi pengunjung yang mengajak anak kecil. Pemandangan yang ada di penginapan tersebut juga cukup indah dan membuat siapa saja betah untuk bermalam di sini.

3. Gubug Balian Beach

Konsep yang diusung oleh penginapan ini tergolong simple namun tetap ada kesan mewah. Fasilitasnya sendiri seperti lahan parkir, wifi gratis, sarapan, kolam renang, restoran, AC, dan lain sebagainya.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Image Credit: Google Maps Isdar Wahim

Menyantap kuliner sambil menikmati keindahan pantai terbilang nikmat sekali. Anda bisa berkunjung ke salah satu restoran di dekat Pantai Soka Tabanan. Tersedia berbagai pilihan kuliner mulai khas nusantara, khas barat, chinese food sampai beberapa jenis seafood.

Sesudah puas main di pantai, pengunjung dapat mencoba fasilitas berupa wahana yang ada di Adventure Park. Misalnya saja seperti Pipe and Ball, Ice Breaking, Flying Fox, dan ATV. Untuk yang ingin berbelanja oleh-oleh juga sudah disediakan toko pusat yang menjual souvenir khas Bali.

Selain itu, masih tersedia fasilitas penyewaan perahu yang bisa digunakan untuk menikmati keindahan lautan. Terdapat pula tempat istirahat nyaman dan kamar mandi bersih yang membuat pengunjung tidak akan menyesal datang ke sini.

Itulah berbagai hal menarik seputar Pantai Soka di Tabanan, Bali. Buatlah pengalaman baru dengan berkunjung ke beberapa destinasi bahari hits di Bali.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending