Pantai Watu Kodok Gunung Kidul – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Watu Kodok Gunung Kidul - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Watu Kodok salah satu pantai populer di Gunung Kidul, Jogja yang terkenal dengan batu kurangnya yang menyerupai Kodok. Pantai pasir putih yang menawan cocok sebagai tujuan liburan Anda.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Kelor Kidul, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Pantai Watu Kodok menjadi pilihan tepat tempat berkemah di Gunung Kidul. Hal ini dikarenakan pantainya memiliki area pasir pantai yang cukup luas dan arus ombak yang normal. Sehingga resiko terseret arus ombak atau terjadi tsunami pun cukup kecil. Dan juga hewan liar jarang sekali ditemui. Sehingga wisatawan yang datang untuk berkemah dapat bernapas lega.

Pantai ini masuk dalam wisata pantai baru sehingga yang berkunjung pun tidak banyak karena masih belum tahu. Oleh sebab itu, airnya pun masih biru jernih dan pasirnya masih bersih. Di pantai ini, pasir pantainya berwarna putih sama seperti pantai yang berada di lajur pantai selatan Yogyakarta. Serta pada tanah berpasir ini tumbuh tanaman pandan laut dan cemara yang bisa dipakai untuk mengadem.

Penamaan Pantai Watu Kodok cukup unik karena seekor binatang juga disebut. Yakni binatang kodok. Binatang kodok disebut dalam nama pantai ini karena terdapatnya dua batu karang yang menyerupai hewan kodok di sisi timur dan barat pantai. Karena itu, dipilihlah binatang ini untuk dijadikan nama pembeda dari pantai Gunung Kidul lain.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Watu Kodok

Daya Tarik Pantai Watu Kodok
Image Credit: Google Maps (Dewi Deva)

Nuansa pantai tersembunyi menjadi daya pikat utama dari pantai pasir putih ini. Pantai yang diapit dua bukit ini memiliki pasir putih dan air laut yang jernih. Memandangnya pun akan membuat mata segar karena pemandangannya masih alami dan bersih. Serta yang membawa alat berkemah bisa lebih lama menikmati keindahan pantai ini.

1. Memiliki Area Berkemah

Daya tarik pantai Watu Kodok pertama ialah memiliki area berkemah. Pantai ini menjadi salah satu pantai yang memfasilitasi aktivitas berkemah. Hal ini dikarenakan bagian pasir pantai yang luas dan permukaannya yang datar sehingga kukuh bila tenda didirikan.

2. Batu Karang Berbentuk Kodok

Batu karang berbentuk kodok menjadi daya tarik utama selanjutnya. Batu ini masuk dalam kategori batu karang yang terjal karena permukaan banyak yang tidak rata. Batu ini pun terletak di sisi barat dan timur pantai serta berdiri kukuh di atas pasir putih. Sehingga, bila pengunjung melipir ke sisi barat atau timur pantai, pengunjung tidak akan kepanasan.

BACA:  Pantai Bara Bulukumba - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

3. Pemandangan Langit Senja

Daya pikat berikutnya yakni pemandangan langit senja. Pemandangan semacam ini menjadi set wajib yang dapat ditemui di setiap wisata pantai. Jadi saat langit mulai kemerahan, pengunjung baik yang berkemah maupun tidak bisa segera mengambil posisi untuk duduk menghadap arah matahari. Bagi yang mengincar panorama ini, bisa menjepret sebanyak mungkin foto untuk dijadikan pajangan.

Daya Tarik Watu Kodok
Image Credit: Google Maps (Dewi Deva)

4. Saung Piknik

Saung piknik menjadi keunikan tersendiri dari pantai ini. Hal ini karena tidak banyak pantai di Gunung Kidul yang membuat beberapa saung sebagai tempat peristirahatan. Di dalam saung ini, para pengunjung bisa duduk memandangi orang-orang yang bermain pasir atau yang sibuk berfoto atau bahkan memandangi keindahan deburan ombak.

Pengunjung pun dapat tidur-tiduran di dalam saung bila merasa lelah. Bila membawa banyak bekal, bisa memakannya bersama keluarga atau membaginya dengan wisatawan lain yang kebetulan duduk di saung yang sama.

5. Spot Foto Berbentuk Hati

Daya tarik terakhir adalah adanya spot foto yang berbentuk hati. Hati besar ini bertuliskan nama pantai Watu Kodok. Wisatawan yang datang pun bisa beramai-ramai berfoto di spot ini. Jadi setelah memotret, wisatawan dapat memosting hasil gambarnya di sosial media dan memamerkan diri yang telah menginjakkan kaki di pasir pantai ini.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Watu Kodok

Image Credit: Google Maps (Indra Pratama)

Pantai eksotis ini berada di jajaran pantai Kabupaten Gunung Kidul. Untuk sampai ke pantai ini, wisatawan bisa melalui tiga rute. Rute pertama, setelah melewati Patuk bisa langsung pergi ke Wonosari baru melewati lima area hingga sampai di pantai Watu Kodok. Rute kedua, setelah melewati Patuk bisa melanjutkan ke Sambipitu dan lanjut ke delapan area baru sampai ke lokasi wisata ini.

Dan rute ketiga, setelah melewati Gading bisa melanjutkan ke Playen dan melanjutkan ke tujuh area hingga sampai ke pantai Watu Kodok. Jalan masuk menuju pantai ini pun baru dicor dan beberapa kali ditemui bebatuan karena masih dikelola warga sekitar. Namun, sudah lebih baik dibanding tahun lalu. Kendaraan yang bisa dipakai untuk menuju tempat ini yakni mobil, sepeda motor, dan bus kecil.

Untuk waktu estimasi, bila dari pusat Kota Yogyakarta, Malioboro, perjalanan yang ditempuh kurang dari dua jam untuk tujuh puluh kilometer. Bila dari Solo, Karanganyar, perjalanan yang ditempuh hampir dua setengah jam untuk seratus kilometer. Anda pun bisa memperhitungkan ingin lewat mana untuk memampatkan waktu liburan.

BACA:  Pantai Gesing Gunung Kidul - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Harga Tiket Masuk Pantai Watu Kodok Jogja

Harga Tiket Watu Kodok Jogja
Image Credit: Google Maps (Annisa Rahma)

Bila datang ke pantai ini, pengunjung diharuskan membayar 10.000 rupiah sebagai tiket masuk guna ganti jasa kebersihan pantai. Namun bila ingin bermalam untuk berkemah, pengunjung dikenai biaya tambahan tiket masuk antara lima ribu sampai sepuluh ribu rupiah.

Sedangkan untuk biaya parkir kendaraan roda dua, pengunjung kudu membayar tiga ribu rupiah dan lima ribu rupiah untuk yang membawa kendaraan roda empat. Biaya liburan yang cukup murah untuk dibayarkan. Pengunjung yang ingin ke sini pun tidak perlu risau karena pantai ini dibuka sepanjang hari. Jadi, tidak ada cerita pengunjung gagal berwisata karena pantai ditutup.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Watu Kodok

Aktivitas Menarik di Pantai Watu Kodok
Image Credit: Google Maps (Upphay)

1. Berkemah

Bagi yang menyukai aktivitas berkemah, Anda bisa mencoba untuk datang ke tempat ini. Di sini, pengunjung dapat membangun tenda dimanapun yang dimau. Bisa membangun dekat tanaman pandan laut atau pohon cemara atau yang tidak terhalang apapun. Lalu, menyiapkan kursi lipat yang ditaruh di sebelah tenda.

Pengunjung pun bisa membuat api unggun saat hari mulai petang. Di malam hari, angin di pantai ini bertiup lebih sering. Hal ini dapat membuat panas yang dihasilkan dari pemanas api unggun semakin terasa. Lalu saat semakin malam, pengunjung yang berkemah bisa beristirahat di dalam tenda. Tiduran di tempat ini akan terasa lebih empuk dibanding saat berbaring di atas permukaan tanah.

Saat sedang beristirahat, warga yang bertugas untuk menjaga pantai ini pun akan berkeliling mengawasi setiap barang bawaan pengunjung agar tidak ada yang dicuri.

2. Berpiknik

Pantai ini menyediakan beberapa saung yang bisa dipakai untuk berteduh. Jadi bila cuaca sedang terik, pengunjung bisa berpiknik di dalam saung. Namun bila matahari tidak terlalu menyengat, pengunjung dapat langsung mencari lahan kosong yang bisa dipakai untuk menggelar tikar. Bila kelupaan, bisa menyewa di dekat warung makan berdiri.

3. Bermain Pasir

Aktivitas bermain pasir sangat seru untuk dilakukan. Di sini, pengunjung bisa membangun istana pasir atau mencoret-coret pasir pantai menggunakan ranting membentuk barisan huruf. Setelah itu, membiarkan air laut menyapunya.

Selain itu, pengunjung juga bisa mengubur diri dalam pasir bila berniat menggelapkan warna kulit. Dalam beberapa jam saja, warna kulit yang terendam pasir akan berubah menjadi kecokelatan. Namun bagi pengunjung yang tidak berniat menggosongkan kulit, pastikan untuk memakai tabir surya sebelum bersatu dengan pasir pantai agar kulit yang berubah gelap bisa terhindarkan.

Aktivitas di Pantai Watu Kodok
Image Credit:Google Maps (Anggilaras Damayanti)

4. Melihat Pertunjukan Musik

Di pantai ini, terkadang diadakan festival Indonesia Jazz yang menampilkan iringan musik beraliran lembut untuk menghibur para pelancong. Musik ini akan sangat cocok didengarkan sembari menikmati angin yang berhembus sepoi-sepoi.

5. Kulineran

Bila tidak sempat menyiapkan bekal, maka pengunjung bisa langsung mencoba makanan bernuansa pantai melalui warung makan. Di sana, pengunjung dapat mengisi perut sembari menjernihkan pikiran.

BACA:  Pantai Sanggar Tulungagung - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Di warung-warung ini pula, pengunjung bisa menitipkan barang bila sedang datang sendiri namun khawatir barang akan hilang.

6. Berfoto

Aktivitas terakhir ini akan sering dilakukan bila Anda datang ke pantai Watu Kodok. Yang bisa menjadi latar belakang foto yakni batu karang berbentuk kodok, spot foto hati besar, dan pemandangan pasir serta gulungan ombak.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Watu Kodok

Penginapan Sekitar Pantai Watu Kodok
Image Credit: Booking.com

Wisata pantai Watu Kodok memiliki beberapa penginapan yang bisa dijadikan tempat bermalam. Mulai dari yang berbentuk hotel, vila, homestay, maupun pendopo.

Nama untuk model penginapan hotel yakni Hotel Kampoeng Dini dan Hotel Kukup Indah. Biaya per malam untuk Hotel Kampoeng Dini sekitar 250 ribu. Hotel ini berjarak cukup dekat dengan lokasi pantai yakni empat ratus meter. Sedangkan biaya per malam untuk Hotel Kukup Indah sekitar 150 ribu.

Nama untuk model penginapan vila yakni Villa Watu Kodok. Di vila ini, pengunjung yang menyewa kamar akan mendapatkan bangunan dengan dua lantai dan lima belas kasur lantai. Pelayanannya pun cukup bagus. Dari vila ini, jarak yang ditempuh menuju pantai sekitar enam puluh meter.

Dan nama untuk model penginapan pendopo yakni The Royal Joglo. Penginapan ini sangat kental dengan budaya suku Jawa meskipun bangunannya sudah terlihat modern. Harga sewa per malamnya sekitar tiga ratus ribu. Jarak dari pendopo ini ke pantai hampir tiga kilometer.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Watu Kodok

Fasilitas di Pantai Watu Kodok
Image Credit: Google Maps (Fandy Kristanto)

Fasilitas yang ada di pantai Watu Kodok sudah terbilang lumayan. Di tempat ini sudah tersedia warung makan, area berkemah, saung, musala, toilet, dan tempat parkir. Warung makanan pun menjajakan kuliner khas pantai seperti ikan bakar dan air degan serta makanan berat lain yang sering menjadi santapan orang-orang. Di dekat warung, terdapat penyewaan tikar untuk pengunjung yang ingin piknik.

Untuk area berkemah, berada di sepanjang pasir pantai. Untuk saung, beberapa sudah dibangun beserta kursi duduknya. Musala pun didirikan bersebelahan dengan toilet guna memudahkan pengunjung beribadah setelah selesai bersuci.

Jadi, setelah sampai di tempat parkir pengunjung bisa melakukan aktivitas apapun yang biasanya dilakukan. Bila datang di waktu siang, bisa menyempatkan beribadah baru bermain di pantai. Atau bila merasa lapar, bisa mengisi perut terlebih dahulu.

Itulah ulasan mengenai lis kegiatan, daya tarik, fasilitas, biaya masuk, lis penginapan, dan rute menuju lokasi pantai Watu Kodok. Setelah membaca informasi di atas, semoga Anda dapat tercerahkan dan bisa menambah pantai ini sebagai tambahan tujuan wisata saat berpergian ke Gunung Kidul.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending