Pantai Ngetun, Pantai Cantik yang Diapit Bukit Eksotis di Gunung Kidul

Pantai Ngetun, Pantai Cantik yang Diapit Bukit Eksotis di Gunung Kidul
Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Yogyakarta adalah daerah yang sangat kaya dengan wisata laut yang menawan dan mempesona. Pantai Ngetun adalah salah satu dari beberapa objek wisata yang ada di Gunung Kidul. Pemandangan alam yang dipercantik dengan hijaunya perbukitan yang ada adalah keunikan yang dimiliki pantai indah ini.

Indahnya gugusan karang semakin menambah pesona pantai cantik ini. Deretan pasir putih di sepanjang pantai membuat pengunjung betah untuk duduk bersantai sambil menikmati kesegaran khas wisata laut. Terdapat dua tebing yang mengapit pantai menawan ini, sehingga fenomena alam yang tercipta mempesona mata setiap orang yang datang.

Pantai menawan ini memiliki sejarah, misteri dan mitos yang menurut penduduk setempat bahwa Pantai Ngetun berawal dari sebuah teluk kecil. Walaupun belum banyak yang mengenal pantai ini, namun keeksotisan yang dimiliki pantai ini menjadi incaran bagi para traveller sejati. Pantai ini sangat cocok jika ingin mencari ketenangan dari kesibukan aktivitas.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Ngetun

Daya Tarik Pantai Ngetun
Image Credit: Google Maps Ayo Dolan Indonesia

1. Keindahan Alam

Pasir putih yang terhampar sedemikian rupa di sepanjang pantai adalah pesona yang ditemukan ketika pertama kali menginjak pantai ini. Suara gemuruh ombak yang menghantam batu-batu karang semakin menambah keeksotisan pantai unik ini. Pepohonan khas pantai dan pegunungan di sekitar menjadikan suasana pantai semakin mempesona.

Warna biru alami khas lautan akan terlukis secara nyata ketika kita berada disini. Pantai Ngetun masih belum terlalu dikenal oleh para wisatawan, sehingga tidak heran pantai ini terlihat bersih terutama dari berbagai sampah yang berasal dari manusia. Keasrian dan keaslian alami lingkungan sekitar pantai masih terlihat jelas.

Air laut yang jernih dan bersih adalah kelebihan lain yang dimilikinya. Pasir putih yang terdapat di dasar lautan semakin mempesona. Bibir laut yang dihiasi oleh karang-karang berukuran kecil yang akan tampak ketika air laut tidak sedang pasang adalah fenomena alam yang begitu indah.

Karang-karang kecil sering membuat biota laut tersangkut di sekitar karang. Beberapa tanaman hijau contohnya tanaman ganggang, juga tumbuh dengan cantiknya di sekitar karang. Nilai keeksotisan tergambar secara alami ketika kita berada di Pantai Ngetun, hal ini menyebabkan pengunjung betah sambil duduk bersantai di pantai menawan ini.

2. Bukit yang Mengapit Pantai

Keunikan lain pantai ini adalah tersajinya dua bukit yang letaknya persis mengapit bibir pantai. Keberadaan dua bukit ini semakin melengkapi kecantikan Pantai Ngetun. Siapapun pasti akan mengagumi panorama wisata laut yang sangat alami dan menawan ini.

3. Spot Foto yang Menarik

Siluet pantai adalah hal yang akan sangat dinantikan bagi para pecinta wisata laut untuk bisa mengabadikan foto. Momen sunset dan sunrise akan sangat ditunggu oleh para pemburu wisata laut sejati.

Pesona sunset akan menciptakan keindahan dimana langit yang tepat berada di atas lautan akan menyemburkan warna jingga yang berpadu dengan warna kuning keemasan. Fenomena alam ini hanya bisa dinikmati pada sore hari saja.

Pada pagi hari, keindahan tercipta saat matahari mulai naik dan terlihat sangat mempesona yang semakin membuat Pantai Ngetun menawan, pasir putih yang terkena pancaran sinar matahari akan terlihat lebih putih dan lebih eksotis. Pemandangan dua fenomena alam sang surya ini adalah momen yang sangat ditunggu untuk diabadikan.

Deretan karang-karang kecil yang berada di sekitar pantai juga menjadi incaran bagi pengunjung untuk berfoto. Kehadiran biota laut seperti penyu yang hanya muncul di malam hari juga bisa diabadikan. Penyu inilah salah satu keunikan di pantai ini, karena pantai lain di sekitarnya tidak memiliki hewan ini.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Ngetun
Image Credit: Google Maps Johan Nur Cahyo

4. Area Berkemah

Tofografi dataran di pantai ini cukup rata, sehingga beberapa pengunjung memanfaatkannya untuk kegiatan berkemah. Suasana alam di sekitar Pantai Ngetun di malam hari menjadikan kenangan tersendiri bagi pengunjung yang memilih kegiatan ini. Tentunya peralatan dan kebutuhan berkemah harus telah disiapkan dari rumah dan kebersihan pantai wajib dijaga.

Berkemah bersama sahabat, keluarga dan orang-orang tersayang adalah aktivitas yang sangat menyenangkan. Keindahan pantai di malam hari ditemani angin laut, di mana para pengunjung yang sedang berkemah bisa melakukan kegiatan seperti membakar ikan dan menikmatinya secara bersama-sama akan menjadi momen indah yang tidak akan dilupakan.

5. Area Memancing

Kawasan Pantai Ngetun merupakan kawasan favorit bagi para pemancing. Keanekaragaman biota laut bisa diperoleh disini. Biota laut seperti lobster dan ikan kecil banyak ditemukan di sekitar batu-batu karang. Para pemancing dijamin akan betah duduk berlama-lama di lokasi ini. Sambil menyalurkan hobi, mereka juga akan merasakan ketenangan berada disini.

Bagi pengunjung yang ingin memancing, disarankan untuk membawa peralatan pancing, seperti kail dan umpan. Pengelola pantai tidak menyiapkan fasilitas penyewaan alat pancing di pantai ini, sehingga pengunjung harus mempersiapkannya dari rumah.

6. Kehadiran Penyu

Pantai ini selain memiliki keindahan alam yang begitu mempesona, ternyata menjadi tempat yang disukai oleh penyu. Sepinya lokasi pantai ini menjadikan penyu memilih aktivitasnya dilakukan di pantai ini. Kehadiran penyu ini adalah daya tarik tersendiri yang dimiliki Pantai Ngetun yang berada di Yogyakarta ini.

Penyu ini hanya akan muncul di malam hari dan tidak bisa dijumpai di pantai sekitarnya. Inilah salah satu alasan yang menjadikan pengunjung memilih kegiatan berkemah di malam hari yaitu untuk bisa menyaksikan aktivitas secara langsung hewan unik ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Ngetun
Image Credit: Google Maps Fradana Subagya

Pantai Ngetun yang berjarak 80 km dari pusat kota Yogyakarta, harus melewati perjalanan selama 120 menit. Pantai ini berada di kabupaten Gunung Kidul, tepatnya di daerah Dusun Sureng, Purwodadi, Kecamatan Tepus. Pantai Pok Tunggal adalah pantai sebaris dengan pantai cantik ini.

Agar bisa tiba di lokasi pantai ini, rute yang dilalui adalah berawal dari pusat kota Yogyakarta kemudian melewati Wonosari, selanjutnya ke jalan menuju Baron, tiba di Pertigaan Mulo dan melewati daerah Tepus. Dari daerah Tepus, lalu belok kiri menuju Pulang Sawal, kemudian melewati pantai Pok Tunggal dan pantai Seruni, lalu tiba di pantai tujuan utama kita ini.

Pengunjung tentunya harus mempersiapkan stamina yang fit jika ingin ke pantai cantik ini. Akses jalan yang masih terbatas dan melewati jalan setapak adalah hal yang harus diperhatikan pengunjung.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngetun

Harga Tiket Masuk Pantai Ngetun
Image Credit: Google Maps jovanna david

Tersedia tarif yang cukup terjangkau bagi siapa saja yang ingin menikmati keindahan alam di lokasi ini yang telah dibuat oleh pengelola pantai. Pengunjung cukup mengeluarkan biaya untuk memarkir kendaraan saja. Biaya retribusi tersebut sebesar Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat, dan kendaraan roda dua sebesar Rp 3.000.

Terbilang baru diantara sederetan pantai indah di Yogyakarta, menjadikan pantai ini belum dilirik secara maksimal oleh pemerintah daerah dalam hal pengelolaannya, sehingga untuk bisa menikmati keunikan pantai ini tidak ada biaya retribusi yang dianggarkan oleh pengelola. Fasilitas umum yang tersedia pun masih terbilang belum maksimal.

Aktivitas Seru di Pantai Ngetun

Aktivitas Seru Pantai Ngetun
Image Credit: Google Maps Fitri Komariyah

1. Bersantai dan Berlibur

Kesibukan rutinitas sehari-hari yang telah dijalani, akan hilang jika ketika berada di pantai menawan ini. Birunya lautan berpadu dengan keindahan batu karang yang mengapit pantai ini adalah fenomena alam yang begitu mengagumkan.

Pengunjung bisa berjalan-jalan di sekitar Pantai Ngetun sambil menikmati pesona alam yang tersaji dengan indahnya. Pasir putih yang terhampar sedemikian rupa di daratan dan di dalam lautan semakin menambah keeksotisannya. Banyaknya pepohonan yang tumbuh dan perbukitan hijau menciptakan suasana yang menenangkan hati.

2. Mendaki Bukit

Bukit hijau dengan pemandangan yang menawan menggoda pengunjung untuk mendaki. Setelah sampai di atas bukit, fenomena alam yang sangat menawan akan bisa kita nikmati dari atas ketinggian.

3. Berkemah

Bagi para pemburu wisata laut, tidak lengkap rasanya jika tidak berkemah di Pantai Ngetun yang cantik ini. Menyaksikan keindahan dan siluet pantai saat matahari terbit dan terbenam adalah hal yang paling mengasyikkan bagi pengunjung yang memilih kegiatan berkemah di lokasi ini.

Mengolah hasil lautan seperti ikan dan makan bersama adalah kegiatan yang bisa dilakukan sambil berkemah di malam hari. Suasana pantai yang sangat indah di malam hati tentunya kan menjadi kenangan yang tidak akan dilupakan. Bercengkerama bersama teman-teman sambil ditemani deburan ombak adalah hal yang mengasyikkan.

Aktivitas Seru di Pantai Ngetun
Image Credit: Google Maps Dinda Ramadhani

4. Memancing

Biota laut banyak terdapat di sekitar pantai unik ini, sehingga tidak mengherankan lokasi ini menjadi tempat favorit para pemancing. Pemancing bahkan bisa betah duduk berlama-lama untuk mendapatkan beberapa tangkapan biota laut. Pengunjung disarankan membawa peralatan memancing, seperti umpan dan kail.

Aktivitas memancing ini sangat menyenangkan dilakukan di pantai ini. Tidak hanya hasil tangkapan ikan saja yang memberikan sensasi tersendiri, namun keindahan alam juga akan didapatkan sambil menyalurkan hobi memancing mereka.

5. Dokumentasi

Ini adalah kegiatan wajib yang dilakukan oleh siapa saja ketika liburan. Spot-spot foto menarik tersaji dan menggoda pengunjung untuk mengabadikannya. Fenomena sunset dan sunrise adalah hal yang sungguh sayang jika dilewatkan ketika berada di Pantai Ngetun. Berlatar fenomena alam yang indah, berbagai foto cantik bisa tercipta.

Siluet pantai yang indah dipercantik dengan hamparan pasir putih dan birunya lautan dapat dijadikan background foto yang sangat menawan. Spot foto favorit lainnya adalah deretan karang-karang kecil yang tertata indah di sekitar pantai.

6. Berenang

Jernihnya air pantai dan bersih berpadu dengan pasir putih adalah godaan bagi pengunjung untuk berolahraga air di pantai menawan ini. Berenang adalah aktivitas yang sangat menyenangkan dan tentunya akan membuat rileks.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Ngetun
Image Credit: Google Maps Heru Hartanto

Meskipun terbilang baru, Pantai Ngetun ini sudah mulai dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung. Beberapa fasilitas tersebut, seperti toilet dan kamar mandi, warung-warung wisata dan area parkir. Fasilitas ibadah seperti mushola juga terdapat di sekitar objek wisata ini.

Walaupun masih terbatasnya fasilitas yang ada, namun pihak pemerintah daerah mulai melakukan pembangunan fasilitas, karena pesona pantai ini telah menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan yang ada.

Pantai Ngetun dengan keindahan alam yang asri dan keunikannya membuat kenangan tersendiri di hati pengunjung. Kenangan indah bila berlibur bersama keluarga dan orang tersayang Walaupun lokasi pantai yang cukup berliku, namun pantai ini dengan segala keeksotisan yang dimiliki menggoda siapa saja untuk datang.

Comments Rating ( reviews)

REKOMENDASI DESTINASI

Leave a Reply

Sending