15 Pantai Pasir Putih di Jogja yang Indah & Hits

15 Pantai Pasir Putih di Jogja yang Indah & Hits

Wisata pantai di Yogyakarta memang tidak ada habisnya. Ada banyak sekali objek wisata pantai yang dapat ditemui di pesisir selatan Jogja. Namun dari sekian banyak pantai, ada beberapa rekomendasi pantai pasir putih terindah yang menarik untuk dikunjungi di Jogja.

Pantai dengan hamparan pasir pantai yang luas dapat ditemui di beberapa tempat seperti Pantai Gesing, Indrayanti, dan Kukup. Ada juga pantai berpasir putih yang dikelilingi tebing-tebing karang yang berdiri gagah mengelilinginya. Sebagian besar pantai berpasir putih tidak terlalu sulit untuk dijangkau. Dari pusat kota Jogja, pantai-pantai ini dapat dicapai dengan lama perjalanan sekitar 2-3 jam.

1. Pantai Siung

Pantai Siung
Image Credit: Pantainesia.com

Pesona keindahan pantai pasir putih yang lembut dapat ditemui di Pantai Siung, Gunungkidul. Lokasi pasir putihnya diapit oleh dua bukit karang yang tinggi menjulang. Memiliki bentang pantai yang cukup luas sehingga para pengunjung dapat lebih leluasa bermain di atas pasir putihnya.

Selain keindahan pasir putih, pantai ini juga terkenal dengan pesona bebatuan karang di sekitar pantai. Deburan ombak yang menghantam karang menjadi pemandangan lain yang disuguhkan di tempat wisata ini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kampung NDuwet, Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

2. Pantai Nglambor

Pantai Nglambor
Image Credit: Twitter.com @rismariyanto

Satu dari pantai pasir putih terindah yang bisa menjadi referensi liburan Anda adalah Pantai Nglambor di Desa Purwodadi, Gunungkidul. Terdapat dua tebing karang yang mengapit area pantai. Tebing karang tersebut dikenal dengan nama Watu Kuntul dan Watu Kalong.

Pemandangan yang eksotis dan menawan membuat tempat ini juga banyak diburu oleh pecinta fotografi. Selain itu, pantai ini juga dikenal dengan keindahan bawah lautnya. Ada spot tertentu yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk melakukan aktivitas snorkeling.

Selain keindahan pantai berpasir putih, panorama bawah lautnya juga tidak boleh dilewatkan. Wisatawan dapat menikmati keindahan terumbu karang dengan aneka ragam biota laut di kawasan wisata ini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

3. Pantai Gesing

Pantai Gesing
Image Credit: Twitter.com @nasirullah5itam

Pantai Gesing di Kecamatan Panggan, Gunungkidul merupakan pantai berpasir putih dengan air laut yang begitu jernih kehijauan. Pemandangan di sekeliling pantai berupa tebing karang yang tampak gagah.

Kawasan pantai yang masih alami dengan garis pantai yang cukup panjang menjadi daya tariknya. Cocok untuk Anda yang ingin bersantai di pantai tanpa gangguan banyak wisatawan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bolang, Girikarto, Kec. Panggang, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

4. Pantai Pulang Sawal

Pantai Pulang Sawal
Image Credit: Twitter.com @willyyudha

Selanjutnya ada nama Pantai Pulang Sawal yang termasuk satu rekomendasi pantai terindah di Jogja yang bisa Anda kunjungi. Pantai ini juga lebih populer dengan sebutan Pantai Indrayanti. Pasir putih yang lembut dengan deburan ombak adalah pemandangan eksotis yang ditawarkan.

Tempat wisata ini termasuk salah satu pantai populer di Jogja. Fasilitasnya pun sudah cukup lengkap dengan payung-payung di tepi pantainya.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

5. Pantai Jungwok

Pantai Jungwok
Image Credit: Facebook.com @jelajahi.indonesiaku

Bagi Anda yang mencari pantai di Jogja yang bersih dan berpasir putih, Pantai Jungwok bisa menjadi pilihannya. Area pasir pantai yang cukup luas di tempat ini sering dimanfaatkan oleh wisatawan untuk melakukan camping.

Pantai yang berada di Girisubo, Gunungkidul ini juga menawarkan pemandangan hijau dari perbukitan di sekelilingnya. Air lautnya begitu bersih dan jernih sehingga pengunjung bisa melihat ikan-ikan kecil yang berenang kesana-kemari.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Jepitu, Kec. Girisubo, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

6. Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran
Image Credit: Instagram.com @jogjascenery

Menikmati pantai berpasir putih di Jogja memang bukan hal yang sulit. Ada banyak pantai pasir putih terindah di Jogja dan salah satunya adalah Pantai Ngobaran. Walaupun tidak terlalu luas, pengunjung dapat menikmati keindahan pantai berpasir putih dengan suasana yang cukup tenang.

Menariknya lagi, tempat wisata ini juga memiliki pura lengkap dengan gapura tinggi yang akan menyambut pengunjung. Pemandangan eksotis layaknya pantai-pantai di Bali dapat dinikmati di tempat ini. Pengunjung juga dapat berfoto-foto di gapura atau di sekitar area pantai.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ngobaran, Ngrenehan, Kanigoro, Kec. Sapto Sari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

7. Pantai Jogan

Pantai Jogan
Image Credit: Instagram.com @wahyuandhika22

Jogja memang memiliki banyak pantai berpasir putih. Namun hanya di Pantai Jogan, Gunungkidul yang memiliki pasir putih dan juga air terjun. Pada sisi utara kawasan ini terdapat perbukitan karst yang memiliki sebuah aliran sungai. Ujung alirannya langsung jatuh ke laut dengan ketinggian sekitar 10m.

Keindahan dan keunikan yang ditawarkan pantai ini menarik banyak pengunjung, terutama mereka yang sedang hunting foto. Pemandangan pantai dengan air terjun di tempat wisata ini akan lebih indah saat matahari mulai terbenam.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

8. Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal
Image Credit: Twitter.com @chelisabet1

Hamparan pasir pantai yang putih dan lembut dapat ditemui di Pantai Pok Tunggal, Gunungkidul. Pantai yang indah ini merupakan rekomendasi menarik ketika berada di sekitar Jogja.

Wisatawan dapat dengan leluasa bermain di pantai sambil menikmati pemandangan laut lepas dengan warna biru dan ombak yang bergulung-gulung.

Pengunjung yang tidak terlalu banyak, membuat kawasan pantai ini masih cukup terjaga suasananya. Anda pun bisa menikmati pemandangan pantai dengan suasana yang lebih tenang dan asri. Cocok untuk refreshing bagi Anda yang penat dengan rutinitas pekerjaan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pok Tunggal, Tepus, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

9. Pantai Ngrenehan, Gunungkidul

Pantai Ngrenehan, Gunungkidul
Image Credit: Facebook.com @jogya

Pantai Ngrenhan merupakan salah satu pantai yang berupa cekungan atau teluk. Kawasan pantai berpasir putihnya dikelilingi oleh perbukitan batu kapur yang sangat mempesona.

Pemandangan memukau dari deburan ombak yang menerpa batu karang dapat dinikmati oleh pengunjung. Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati sajian ikan segar sambil melihat pemandangan pantai. Pantai ini memang dikenal sebagai salah satu pantai nelayan sehingga mudah untuk pengunjung mendapatkan ikan-ikan segar.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kanigoro, Kec. Sapto Sari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

10. Pantai Wediombo, Gunungkidul

Pantai Wediombo
Image Credit: Facebook.com @jogya

Pantai berpasir putih di Jogja yang tidak boleh terlewat untuk dikunjungi adalah Pantai Wediombo. Nama pantai ini sudah cukup terkenal dengan pemandangan pasir putih yang menjadi ciri khasnya.

Air laut yang sangat jernih dan bersih membuat tempat ini nyaman untuk liburan Anda bersama orang-orang tersayang. Perbukitan karst mengelilingi pantai yang menghadap ke barat ini. Lokasinya sangat cocok untuk Anda yang ingin menikmati pemandangan indah sunset di tepi pantai.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pendowo, Jepitu, Kec. Girisubo, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

11. Pantai Sadranan, Gunungkidul

Pantai Sadranan
Image Credit: Instagram.com @bagas_w_a

Jika Anda mencari pantai yang eksotis, maka Pantai Sadranan adalah jawabannya. Wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan laut biru dengan ombaknya yang begitu indah. Hamparan pasir putih di area pantainya pun luas sehingga Anda bisa lebih puas dan bebas bermain di atasnya.

Selain untuk menikmati pemandangan pantai berpasir putih, pantai ini juga sering diburu oleh wisatawan yang ingin menikmati pemandangan bawah laut. Air lautnya yang jernih dan bersih menjadi kawasan ini cocok untuk aktivitas snorkeling.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pule Gundes II, Sidoharjo, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

12. Pantai Ngandong

Pantai Ngandong
Image Credit: Facebook.com @jogya

Pantai berpasir putih yang cocok untuk menikmati pemandangan sunset adalah Pantai Ngandong, Gunungkidul. Pasir putihnya cukup lembut sehingga wisatawan dapat dengan nyaman bersantai atau bermain di atas pasir pantai. Suasananya yang lebih tenang sangat cocok untuk Anda yang bosan dengan kebisingan kota.

Walaupun pengunjung yang tidak terlalu ramai, lokasi pantai ini mudah untuk diakses. Fasilitas di kawasan pantai ini juga sudah lumayan lengkap sehingga wisatawan dapat berlibur dengan lebih nyaman.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Selatan Jawa, Sidoharjo, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

13. Pantai Drini

Pantai Drini
Image Credit: Facebook.com @jogya

Pasir putih, air laut yang biru jerning, dan perbukitan hijau menjadi paket komplit yang ditawarkan Pantai Drini, Gunungkidul. Pantai ini merupakan salah satu tempat liburan favorit bagi masyarakat Jogja dan sekitarnya, terutama dari kalangan anak muda.

Fasilitas di pantai yang bersih ini juga sudah lengkap. Wisatawan dapat menggunakan beberapa fasilitas umum yang sudah disediakan seperti gazebo, warung makan, mushola, dan lain sebagainya.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Banjarejo, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

14. Pantai Krakal

Pantai Krakal
Image Credit: Google Maps (Zulfi Faizati Nurunnimah)

Pantai Krakal dikenal dengan keindahan pantai pasir putih yang masih cukup tersembunyi. Wisatawan yang datang ke pantai ini belum terlalu ramai seperti pantai populer di Jogja lainnya. Namun pemandangan yang ditawarkan tidak kalah indah dari pantai Indrayanti atau pantai berpasir putih lainnya.

Tempat wisata ini memiliki ombak cukup besar. Gulungan ombak yang datang dan menghantam tebing karang dapat disaksikan langsung oleh wisatawan yang datang.

Pantai ini juga menjadi salah satu tempat wisata yang murah meriah namun dengan fasilitas yang sudah memadai. Gazebo, tempat parkir, warung makan, penginapan, hingga penyewaan alat snorkeling sudah disediakan di kawasan wisata pantai ini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Ngestirejo, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

15. Pantai Kukup

Pantai Kukup
Image Credit: Twitter.com @gembel_motret

Salah satu pantai berpasir putih yang populer di Jogja adalah Pantai Kukup. Memiliki pasir pantai yang terhampar luas untuk para pengunjung bersantai dan bermain. Pantai ini juga terkenal dengan air lautnya yang biru dan bersih.

Wisatawan dapat melihat pulau karang yang berdiri gagah di sebelah timur dari kawasan pantai. Pengunjung dapat naik ke pulau tersebut untuk menikmati pemandangan pantai berpasir putih ini dari ketinggian.

Menariknya lagi adalah saat pasang surut, wisatawan dapat menjelajah pantai lebih luas. Namun wisatawan harus berhati-hati karena di pantai ini sering ditemui bulu babi yang memiliki duri beracun.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ngepung, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Itulah beberapa pantai pasir putih terindah dan popular di Jogja yang memiliki pesona dan keindahannya masing-masing. Pesisir selatan Jogja memang terkenal dengan deretan pantai cantik yang bisa menjadi alternatif liburan Anda bersama teman atau keluarga.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending