Pantai Siung Gunung Kidul, Pantai Eksotis & Spot Panjat Tebing Favorit

Pantai Siung Gunung Kidul, Pantai Eksotis & Spot Panjat Tebing Favorit
Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Duwet, Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Pantai Siung merupakan objek wisata bahari di bilangan Gunung Kidul, persisnya di Kecamatan Tepus, Desa Purwodadi. Menawarkan pesona lautan di balik tebing yang berkelok-kelok. Lautnya berwarna kebiruan sehingga tampak memikat hati. Terpaut sekitar 75 km dari pusat kota, destinasi ini ternyata memiliki rute pendakian dengan 250 jalur bertaraf internasional.

Anda akan disuguhkan panorama pohon-pohon jati yang tumbuh di atas bukit kapur. Melintasi jalanan meliuk dan menanjak, membawa Anda pada perjalanan penuh tantangan. Sebelum akhirnya tiba di Pantai Siung, para wisatawan harus bersabar melewati medan yang tidak bisa dibilang mudah. Namun demikian, segala lelah akan terbayar tuntas begitu menginjakkan kaki di lokasi tujuan.

Hamparan pasir putih siap menyambut Anda, ditemani sayup-sayup debur ombak yang terdengar dari kejauhan. Rasakan setiap embusan angin yang terasa membelai wajah, menerbangkan ujung-ujung pakaian. Mengingat letaknya cukup terpencil, tidak banyak fasilitas yang dapat Anda nikmati selagi bertamasya di sini. Meski begitu, keseruannya dijamin tidak akan berkurang sedikit pun.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Siung

Daya Tarik Pantai Siung
Image Credit: Twitter.com @ayiep_setiawan

1. Area Camping

Anda dapat mendirikan tenda di area camping yang telah disiapkan pihak pengelola jika tertarik menikmati panorama lepas pantai dalam waktu lama, persisnya ada di sebelah timur. Saat sang surya mulai tenggelam di ufuk barat, Anda akan semakin menyadari betapa megahnya alam ciptaan Tuhan.

Belum lagi, angin sepoi berembus membawa udara sejuk, aroma khas air laut, dan gemuruh ombak yang menyapa indra pendengaran. Saat waktu mulai beranjak malam, angkasa akan berubah menjadi atraksi paling indah. Bintang-bintang bersinar terang di langit kala musim kemarau dan tak ada tanda-tanda mendung.

Masih di sekitar area camping, Anda bisa menemukan sebuah rumah panggung, tempat di mana para wisatawan menatap luasnya samudra biru. Namun dalam satu kali sesi, spot ini hanya bisa menampung maksimal 15 orang. Karena itu, pastikan Anda sabar menunggu atau datang lebih awal dibandingkan yang lain.

2. Kawasan Perbukitan

Di sebelah timur Pantai Siung Anda dapat menemukan perbukitan, di mana kerap kali dijadikan jalur pendakian oleh para wisatawan. Anda dimungkinkan untuk melihat-lihat keseluruhan lanskap pantai dari sudut yang pas sehingga akan tampak begitu artistik. Kabar baiknya, telah ada jalur pendakian yang memang diperuntukan kepada wisatawan agar lebih mudah tiba di puncak bukit.

Meski demikian, Anda harus senantiasa waspada sebab di salah satu sisi bukit terdapat jurang yang terjal dan curam. Pastikan untuk memperhatikan setiap detail jalur yang harus Anda lewati, ikuti instruksi dan petunjuk jalan agar selamat hingga ke puncak dan kemudian turun lagi. Gunakan sepatu yang memiliki sol penghasil gaya gesek cukup baik demi menyiasati kondisi medan ini.

Selanjutnya, teruskan aktivitas dengan berfoto ria demi mengabadikan momen menyenangkan tersebut. Pasalnya, lanskap menyeluruh area pantai sangat tepat untuk menyaksikan aneka ragam spot memukau dari satu titik yang sama. Setelah itu, Anda boleh memamerkannya di laman sosial media jika cukup aktif menggunakan internet.

Salah satu aktivitas favorit di pantai ilangan Gunung Kidul ini memang fotografi. Anda dapat menemukan betapa banyaknya wisatawan yang stay bersama kamera selama bertamasya di sini. Bahkan, di kala akhir pekan atau hari libur nasional, masih ada saja wisatawan yang secara konsisten berburu foto di hampir seluruh kawasan objek wisata bahari ini.

Karena itu, jika memungkinkan untuk datang selain di hari libur nasional atau akhir pekan, akan jauh lebih bagus lagi karena artinya Anda tidak perlu mengantre dan berlomba dengan wisatawan lain. Terlebih momen ketika matahari persis akan terbit di ufuk timur dan tenggelam di ufuk barat, dua fenomena yang sama sekali tidak boleh dilewatkan saat berada di atas bukit Pantai Siung.

Image Credit: Twitter.com @pantaibaronid

3. Hamparan Pasir yang Menggoda

Pantai memang identik dengan hamparan pasirnya, terutama pantai-pantai yang terletak di kawasan laut selatan ini. Mengingat betapa banyaknya pohon di sekitar sini, Anda bisa memilih salah satu titik untuk bersantai ria. Entah membangun istana pasir, mencari sisa kulit kerang-kerang unik, atau sekadar berjemur sambil menikmati suasana.

Alternatif lainnya, Anda bisa menggambar di atas hamparan pasir kemudian membuatnya jadi penuh seni hingga layak diabadikan dalam lensa kamera. Bermain voli atau sepak bola bersama rombongan jika Anda tidak datang sendirian. Sembari meresapi udara hangat di kala siang hari, Anda bisa melengkapinya dengan minuman manis penambah energi atau penghilang dahaga.

Dengarkan suara ombak yang menghantam batu karang, rasakan aroma khas air laut menenangkan, serta biarkan ujung-ujung pakaian Anda diterbangkan angin darat. Jangan lupa pakai tabir surya demi menjaga keamanan kulit, lalu lengkapi dengan seperangkat pemutar musik agar semakin seru dan tidak terlupakan.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Pantai Siung

Alamat Pantai Siung
Image Credit: Twitter.com @ayiep_setiawan

Terpaut kurang lebih 75 km dari pusat Kota Yogyakarta, Anda bisa mendatangi Pantai Siung dengan memanfaatkan kendaraan roda dua atau empat. Berlokasi di Dusun Duwet, Desa Purwodadi, tersedia pula rute lain dari Solo atau Klaten. Persisnya, tujuan Anda termasuk dalam wilayah administratif Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul.

Biaya yang perlu dikeluarkan untuk menikmati setiap momen di Pantai Siung terbilang murah, per orangnya hanya dikenai tiket masuk Rp 10.000. Sementara jika membawa kendaraan, berlaku sewa parkir Rp 5.000 untuk motor dan mobil Rp 10.000. Tarif ini sudah termasuk retribusi ke Pantai Jogan dan Pantai Nglambor yang terletak di satu kawasan.

Apabila Anda berangkat dari Kota Yogyakarta, bergeraklah melewati daerah Piyungan menuju ke Pathuk hingga Wonosari, lantas memasuki Baron. Setelah itu, ambil rute ke arah Mentel, kemudian Bintaos ke Kecamatan Tepus. Saat melihat pertigaan Winangun, arahkan kendaraan Anda ke sebelah kiri dan tidak lama lagi destinasi tujuan seolah sudah menunggu di ujung mata.

Apabila berangkat dari Klaten, Anda perlu melintasi rute Semanu, Giripanggung, hingga memasuki wilayah Sumber Wungu. Setelah itu, ikuti arus menuju Klayu, Gude, sampai menemukan Blekonang dan bahkan Winangun. Letak pantai menunggu di kawasan ini.

Sementara wisatawan yang bertolak di Kota Solo, rutenya adalah Sukoharjo, Wonogiri, hingga Praci. Ketika menemukan perempatan di Praci, pilih belokan di sisi kiri. Teruskan perjalanan sampai Anda memasuki kawasan pertigaan di dekat Pasar Ngrancah. Ambil jalur kanan, lalu tiba di Pasar Jepitu. Ikuti terus arus jalan sampai menemukan pertigaan Winangun. Belok kiri dan pantai telah menunggu.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Siung

Aktivitas di Pantai Siung
Image Credit: Instagram.com @novanurlia.gufron

1. Melihat Kawanan Kera

Lebih dari kawasan yang ditumbuhi aneka flora, Pantai Siung juga menawarkan pengalaman melihat kehidupan fauna dari dekat. Di atas tebing karang yang mengelilinginya, Anda dimungkinkan menyaksikan kawanan kera yang kerap menuruni tebing menuju pesisir di kala suasana cukup sunyi.

Menariknya, kawanan kera tersebut tidak mengganggu manusia dengan catatan Anda pun tidak bertingkah macam-macam. Anda bahkan dapat memotret mereka walau dari jarak jauh. Selain itu, ingatlah selalu untuk mengamankan barang bawaan jika tertarik mengamati kera dari dekat. Tindakan demikian sebagai bentuk pencegahan agar barang Anda tidak dicuri oleh hewan liar ini.

2. Memanjat Tebing

Aktivitas panjat tebing di sini pertama kali dipelopori oleh wisatawan asal Jepang pada tahun 1989. Medan yang dipilih adalah deretan bukit karang di sekitar area pantai. Sampai saat ini, pemerintah daerah secara berkelanjutan mengembangkan aktivitas panjat tebing dalam rangka mempertahankan minat publik terhadap Pantai Siung.

Fakta menarik lainnya, objek wisata bahari ini pernah diberdayakan untuk menyelenggarakan lomba panjat tebing pada agenda ASEAN Climbing Gathering beberapa waktu lalu. Ada kurang lebih 250 peserta yang datang dari berbagai penjuru di bilangan Asia dan Eropa. Tak heran, lantas dijuluki sebagai tempat pendakian terbaik di Yogyakarta.

Aktivitas Pantai Siung
Image Credit: Google Maps (Yusuf Qu)

3. Memancing

Agar pengalaman wisata Anda semakin lengkap, cobalah bertanya kepada penduduk setempat di mana lokasi terbaik untuk memancing. Pasalnya, banyak wisatawan yang kerap menjadikan pantai ini sebagai sarana menangkap ikan.

Kabar baiknya, memang ada banyak ikan yang berpotensi ditangkap untuk kemudian dijadikan santapan ketika berkemah. Walau tanpa bumbu cita rasanya tidak akan mengecewakan karena kondisinya masih sangat segar. Terlebih, ketika malam tiba di mana suhu udara bergerak mendekati titik nadir, betapa melegakan jika bisa sambil menikmati ikan bakar.

4. Berenang

Ada sebuah spot cantik yang terbentuk karena gugusan karang sehingga tampak seperti kolam alami. Kondisi airnya tenang karena gejolak ombak berhasil diredam oleh bebatuan. Kedalamannya diperkirakan mencapai 1 meter, diikuti air berwarna kehijauan karena cukup banyak lumut di sekitar sini yang menempel pada batu karang.

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai

Penginapan Terdekat Pantai
Image Credit: Traveloka.com

1. Putra Darma

Tarif per malam dibanderol senilai Rp 279.000-an dengan fasilitas dan pelayanan umum berupa lahan parkir, restoran, resepsionis 24 jam, area bebas asap rokok, serta teras. Penginapan ini memperbolehkan tamu membawa hewan peliharaan. Untuk di bagian kamar, fasilitasnya meliputi kasur, meja, TV, serta kamar mandi yang dilengkapi pancuran.

2. Bambu Indrayanti

Sesuai namanya, penginapan ini menawarkan kesederhanaan dalam tempat singgah bermaterial bambu. Per malamnya tarif kamar dipatok sebesar Rp 308.000 dengan pelayanan berupa resepsionis 24 jam. Tidak banyak fasilitas yang dapat diperoleh di sini, meski demikian masih tetap terbilang nyaman untuk ditinggali, khususnya bagi para backpacker.

3. Limasan Mbah Darmo

Rumah singgah yang mengusung konsep sederhana dengan fasilitas memadai seperti lahan parkir, AC, area terpisah untuk perokok dan bukan perokok, dan teras. Tarif per malamnya dibanderol sebesar Rp 202.000-an di mana ruang tidur dilengkapi meja, juga kamar mandi serta pancurannya. Lokasinya dekat dengan sejumlah pantai di kawasan Gunung Kidul.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Siung Gunung Kidul

Fasilitas Pantai Siung
Image Credit: Google Maps (Febrian Fadila Rizky)

Wisata pantai ini telah difasilitasi secara lengkap meski letaknya cukup jauh dari pusat Kota Yogyakarta. Anda bisa menemukan lahan parkir yang sangat luas, penginapan sederhana, jalur panjat tebing, warung makan, posko SAR, pondok panjat tebing, hingga camping ground. Tidak hanya itu, akses transportasi menuju ke sini lumayan mudah meski medannya sulit.

Hadirnya Pantai Siung telah menjadi berkah tersendiri bagi masyarakat sekitar. Pasalnya, pantai satu ini mampu bersaing dengan objek wisata bahari di kawasan yang sama. Dengan kata lain, semakin tinggi minat wisatawan untuk berkunjung, maka semakin terbuka lebar pula sumber pemasukan tambahan bagi penduduk setempat, di mana roda industri di sektor pariwisata bisa terus berputar.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending