Pantai Grigak, Pesona Pantai Indah &Tebing Eksotis di Gunung Kidul

Pantai Grigak, Pesona Pantai Indah &Tebing Eksotis di Gunung Kidul
Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Petung, Giriwungu, Kec. Panggang, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Pantai Grigak merupakan salah satu destinasi wisata di Gunung Kidul, Yogyakarta yang kaya akan pesona alamnya. Pantai yang masih asri ini tentu menjadi salah satu tempat favorit anak-anak muda saat ingin merelaksasikan diri. Tapi sayangnya, petunjuk jalan yang minim membuat wisatawan sangat jarang datang berkunjung kesini.

Mungkin sebagian dari Anda ada yang berpikir jikalau berwisata ke pantai ini akan sangat membosankan. Padahal sebaliknya, sudah banyak wisatawan yang tertarik untuk datang kembali ke wisata alam ini karena menyuguhkan suasana tenang. Bahkan pengunjung akan merasakan sensasi seperti memiliki pantai sendiri.

Meski masih sepi dan lokasi untuk menuju Pantai Grigak juga agak sulit, tapi semua itu akan terbayarkan setelah Anda sampai. Apalagi suasana dan keindahan yang ditawarkan membuat para pengunjung bisa mendapatkan ketenangan dan melupakan ketegangan yang kerap terjadi akibat aktivitas sehari-hari yang dilakukan.

Daya Tarik yang Ditawarkan Pantai Grigak

Daya Tarik Pantai Grigak
Image Credit: Google Maps Engcahucul motovlog

1. Memiliki Embung yang Luas

Pantai Grigak mempunyai karakteristik atau ciri khas sama seperti yang lain salah satunya ombak besar. Tidak hanya itu, terdapat bebatuan karang dan perbukitan hijau yang membuat panorama alam di tempat ini jauh lebih indah. Menariknya lagi, Anda bisa temukan sebuah embung yang letaknya tepat di bukit tepi pantai.

Embung merupakan kolam buatan yang ukurannya cukup luas. Fungsinya sendiri adalah sebagai tadah air hujan. Pemandangan embung dan pantai berpadu menjadi satu dan menimbulkan sesuatu yang baru. Karena itu, orang-orang akan menyukai destinasi wisata ini karena memang beragam hal unik dan menarik bisa mereka temukan dengan mudah.

2. Tidak Ada Pasir Putih

Selain itu, di Pantai Grigak yang menawan ini, Anda tidak akan menemukan pasir putih yang menghampar luas. Tapi tenang saja, meski hanya ada bebatuan karang besar yang berada di bibir pantai, tapi destinasi wisata alam ini tetap cocok untuk Anda yang ingin bersantai sembari menghabiskan waktu.

Wisatawan dapat menikmati keindahan dari atas perbukitan. Menariknya lagi tersedia wahana yang unik dari atas bukit. Jadi dijamin semua wisatawan yang melihatnya akan merasa puas bahkan ingin datang kembali nanti.

Daya Tarik di Pantai Grigak
Image Credit: Google Maps Fathan Firdaus

3. Puluhan Anak Tangga

Daya tarik ketiga yang akan ditemukan wisatawan saat berlibur di Pantai Grigak adalah puluhan anak tangga. Jadi di tempat wisata alam favorit masyarakat ini, Anda akan menemukan perbukitan yang menyuguhkan panorama alam luar biasa. Tetapi untuk bisa tiba ke perbukitan, ada puluhan anak tangga yang harus dilalui.

Perlu diingat, anak tangga yang dilewati nanti cukup curam. Jadi jika memutuskan untuk pergi ke daerah perbukitan, usahakan kondisi tubuh Anda dalam keadaan fit. Karena jika tidak, perjalanan yang melelahkan akan membuat kondisi fisik Anda semakin memburuk.

4. Suasana di Sekitar Sangat Teduh

Suasana di sekitar Pantai Grigak begitu teduh. Inilah yang membuat banyak orang tertarik untuk menyempatkan waktunya dengan berlibur kesini. Dengan pepohonan-pepohonan tinggi nan gagah yang mengelilinginya, membuat cuaca menjadi lebih teduh dan nyaman.

Tidak hanya itu saja, gugusan bukit serta tebing karts menjadi pagar atau pembatas bagi kawasan pantai. Ini membuat pemandangan terlihat sangat menakjubkan. Jadi jika tidak ingin berjalan-jalan tidak masalah. Karena dengan duduk bersantai saja, Anda sudah bisa temukan kebahagiaan di tempat ini.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Pantai

Alamat Pantai Grigak
Image Credit: Google Maps R E Pratama

Apakah Anda tahu dimana tepatnya lokasi pantai ini berada? Jadi perlu diketahui, wisata alam yang penuh dengan pesona ini berada di Desa Giriwungu, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Tetapi jika masih bingung bagaimana caranya supaya bisa tiba ke lokasi wisata, Anda bisa gunakan google maps dengan mengetik keyword Pantai Grigak supaya mengetahui arah menuju wista yang benar.

Meski memiliki banyak daya tarik yang berbeda dengan destinasi wisata lainnya, tapi akses untuk sampai ke lokasi sangatlah sulit. Setidaknya Anda harus melewati jalan yang berukuran kecil di tengah hutan. Jalannya pun berkelok-berkelok dan bertaruh. Jadi jika bepergian saat hujan tiba sebaiknya berhati-hatilah. Karena jika terpeleset tentu akan berbahaya.

Selain itu, jalanan menuju lokasi wisata juga tajam dan turunan. Jika ingin lebih aman sebaiknya carilah pegangan supaya tidak mudah terjatuh. Kemudian, Anda juga akan bertemu dengan jalanan yang menanjak dan terjal. Karena akses yang sulit ini, masih belum banyak wisatawan datang berlibur ke pantai yang penuh dengan keindahan ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Grigak

Harga Tiket Masuk Pantai Grigak
Image Credit: Google Maps arief wintolo

Untuk dapat masuk ke Pantai Grigak, para pengunjung harus menyiapkan biaya tiket masuk. Harga tiketnya murah meriah. Satu tiket biasanya sudah bisa digunakan untuk masuk ke destinasi wisata pantai lain seperti Wohkudu dan Kesirat. Tapi ada biaya tambahan untuk parkir jadi jangan lupa siapkan juga.

Tiket masuk ke pantai hanya 5 ribu rupiah saja. jika Anda membawa kendaraan roda empat, maka biaya parkirnya sebesar 5 ribu rupiah. Sedangkan pengunjung yang membawa kendaraan roda dua hanya perlu membayar biaya parkir sebesar 2 ribu rupiah. Jadi sangat murah sekali jika dibandingkan dengan pengalaman yang didapatkan saat berwisata disini.

Ragam Aktivitas Seru di Pantai Grigak

Ragam Aktivitas Seru Pantai Grigak
Image Credit: Google Maps setyo pambudi

1. Menikmati Pemandangan

Beragam kegiatan menarik bisa dilakukan wisatawan saat berlibur nanti mulai dari menikmati pemandangan. Jadi saat pergi ke Pantai Grigak, Anda bisa menikmati pemandangan yang luas. Lautan biru yang indah dengan barisan perbukitan yang mengelilinginya membuat mata menjadi semakin termanjakan.

Setelah beraktivitas, tidak ada salahnya duduk bersantai sembari mengobrol bersama teman atau kerabat yang datang bersama Anda. Karena selain menikmati pemandangan yang begitu indah, Anda juga bisa menikmati kesegaran angin laut yang akan membuat Anda betah untuk berlama-lama berada di wisata alam ini.

2. Berfoto

Jika Anda penggemar fotografi, puncak bukit di Grigak bisa dijadikan sebagai spot foto terbaik saat berada disini. karena itu, kegiatan berfoto tidak boleh dilewatkan saat berlibur nanti. Jalan setapak dengan bambu sebagai pembatas kanan dan kirinya membuat tempat ini jadi favorit orang-orang saat berswa foto.

Jika ingin mengambil gambar, wisatawan biasanya menjadikan laut selatan jawa yang indah sebagai latar belakangnya. Jadi bisa dikatakan ada banyak spot foto menarik yang sayang jika dilewatkan saat berlibur nanti. Apalagi panorama alam yang ada membuat hasil jepretan terlihat indah dan mempesona.

3. Berkumpul Bersama Warga Setempat

Jika Anda memiliki waktu luang cukup banyak, tidak masalah apabila Anda pergi ke rumah-rumah yang berada di dekat pantai. Karena penduduk di sekitar lokasi wisata dikenal akan kehangatan dan keramah-tamahannya. Jadi tidak perlu ragu untuk mengajak ngobrol mereka sembari mencari informasi terkait tempat wisata yang tengah Anda kunjungi saat itu.

Bagi yang tersesat atau tidak tahu lokasi menuju pantai juga bisa bertanya dengan penduduk setempat. Selama Anda ramah dan sopan, tentu pelayanan masyarakat setempat juga akan sangat baik nanti. Mereka akan menyambut dengan hangat dan ramah sampai akhirnya tiba ke lokasi wisata.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Grigak
Image Credit: Google Maps arief wintolo

Pantai Grigak adalah wisata pantai yang memiliki beberapa fasilitas. Meski masih terbilang minim, tapi setidaknya dengan adanya fasilitas penunjang, aktivitas yang dilakukan nanti terasa lebih menyenangkan. Fasilitas pertama yang bisa ditemukan pengunjung adalah area parkir kendaraan. Jadi silahkan parkirkan kendaraan Anda di area yang sudah disediakan.

Seain itu, pengunjung juga bisa menemukan kamar mandi atau MCK. Tentu ini menjadi salah satu fasilitas yang dibutuhkan oleh para pengunjung. Jadi tidak perlu khawatir jika ingin buang air kecil atau besar sebab sudah tersedia disini. Hanya saja, sebagai pengunjung Anda harus turut menjaga kebersihan saat menggunakan fasilitas di pantai yang menawan ini.

Fasilitas terakhir yang tak kalah penting bagi wisatawan adalah tempat istirahat. Jadi jika sudah lelah menjalankan berbagai aktivitas atau kegiatan, silahkan beristirahatlah sejenak. Karena sudah ada beberapa tempat untuk para pengunjung yang ingin beristirahat maupun makan dan minum.

Pantai Grigak merupakan salah satu tempat wisata yang cukup menarik perhatian saat ini. Tapi sayangnya akses menuju lokasi wisata tidak semudah yang dibayangkan. Karena itu, pantai yang indah ini belum banyak dikunjungi para wisatawan. Padahal keindahan alam yang ditawarkan tidak kalah menarik dari pantai-pantai lain di Yogyakarta.

Comments Rating ( reviews)

REKOMENDASI DESTINASI

Leave a Reply

Sending