Pantai Ngliyep Malang – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Ngliyep Malang

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Ngliyep merupakan objek wisata populer di Malang dengan suguhan panorama alam yang menakjubkan. Pantai pasir putih eksotis dekat Gunung Kombang yang dibaluti mitos.

Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kedungsalam, Kec. Donomulyo, Kab. Malang, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Pantai selalu menjadi destinasi yang tak pernah gagal menarik perhatian wisatawan. Indonesia sebagai negara maritim sudah bisa dipastikan memiliki banyak pantai yang indah untuk dikunjungi. Setiap pantai itu pun masing-masing memiliki karakteristik berbeda yang menjadi daya tarik tersendiri.

Terletak di sebelah selatan Provinsi Jawa Timur, Malang mempunyai daya tarik wisata yang sangat beragam. Mulai dari destinasi wisata alam hingga buatan, destinasi gunung hingga pantai pun bisa Anda temukan disini. Terutama destinasi wisata pantai, ada banyak pantai dengan pemandangan menakjubkan yang bisa Anda kunjungi di Malang.

Salah satu pantai yang wajib dikunjungi di Malang adalah Pantai Ngliyep. Pantai ini memiliki keindahan dan eksotisme yang dibungkus dengan mitos yang berkembang di masyarakat, menjadikan daya tarik pantai ini semakin kuat. Nah, sebelum berlibur ke pantai ini, yuk intip informasi apa saja yang harus Anda ketahui tentang pantai ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Ngliyep

Daya Tarik Pantai Ngliyep
Image Credit: Twitter.com @nyitnitz

Saat akan berlibur ke suatu destinasi, Anda pasti akan mencari tahu apa saja daya tarik yang membuat Anda harus datang ke tempat tersebut bukan? Nah, kalau Anda ingin menghabiskan waktu berlibur di Pantai Ngliyep, beberapa hal berikutlah yang akan menjadi daya tarik yang bisa Anda nikmati.

1. Air Laut Biru Jernih

Daya tarik utama yang bisa Anda temukan adalah lautnya yang begitu jernih membuat warna biru dari air laut begitu memancar. Air laut di pantai ini begitu jernih merupakan pemandangan yang begitu menyejukkan sejauh mata memandang.

Pantai eksotis ini terletak di kawasan pantai selatan yang terkenal dengan ombaknya yang besar. Namun, karena di sisi kanan kiri pantai terdapat tebing-tebing tinggi, ombak yang menerjang kawasan pantai ini jadi tidak terlalu besar. Anda bisa memilih lokasi yang tertutup pulau tebing jika ingin berenang atau bermain dengan aman.

BACA:  15 Pantai Terindah di Riau yang Wajib Anda Kunjungi

2. Pantai dengan Pasir Putih yang Membentang

Daya tarik selanjutnya dari Pantai Ngliyep ini adalah pasir pantainya yang berwarna putih dan halus. Hamparan pasir putih yang halus ini seolah menjadi bingkai dari air laut berwarna biru jernih dan hijaunya perbukitan yang mengelilinginya.

3. Gunung Kombang dengan Mitos yang Menyelimuti

Masih di kawasan pantai, ada sebuah tempat bernama Gunung Kombang. Gunung Kombang ini bukanlah gunung seperti yang Anda bayangkan. Gunung Kombang ini adalah sebuah pulau kecil yang letaknya tidak jauh dari kawasan pantai.

Terdapat mitos yang menyelimuti Gunung Kombang ini, dimana di pulau kecil ini terdapat sebuah petilasan yang konon menjadi tempat Nyi Roro Kidul pernah menampakkan diri. Masyarakat pun sering meletakkan sesaji di sekitar petilasan ini. Di kawasan Gunung Kombang ini juga terdapat sebuah pura tempat masyarakat sekitar melakukan ibadah dan tradisi larungan.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Ngliyep

Alamat Pantai Ngliyep
Image Credit: Facebook.com @pantaingliyepmalang

Pantai ini terletak di Malang Selatan, tepatnya di Desa Kedungsalam yang merupakan bagian dari Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Kalau Anda berangkat dari Kota Malang, ambil rute ke arah Kecamatan Kepanjen, lalu ikuti jalan besar hingga sampai di daerah Pagak.

Setelah sampai di Pagak, ambil rute menuju ke Kecamatan Donomulyo. Setalah sampai di Donomulyo ini Anda akan dengan mudah menemukan petunjuk jalan menuju ke Pantai Ngliyep. Rute dan akses yang cukup mudah membuat perjalanan ke pantai ini tidak terlalu lama. Dari pusat Kota Malang, dengan jarak 62km perjalanan bisa ditempuh selama kurang lebih 2 jam.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngliyep Malang

Harga Tiket Pantai Ngliyep
Image Credit: Facebook.com @pantaingliyepmalang

Masuk ke kawasan pantai ini tidaklah membutuhkan biaya yang besar. Tiket untuk masuk ke pantai ini hanya sebesar Rp 15.000 saja. Anda bisa mengunjungi pantai ini setiap hari mulai pukul 08.00 pagi dan ditutup pukul 18.00 sore.

Anda yang menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa mengaksesnya dengan menggunakan kendaraan pribadi baik mobil ataupun motor. Tak perlu khawatir karena akan ada area untuk memarkir kendaraan Anda. Untuk parkir, biaya parkirnya sebesar Rp 5.000 untuk motor dan untuk mobil Rp 10.000. Biaya parkir yang cukup terjangkau.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Ngliyep

Aktivitas di Pantai Ngliyep
Image Credit: Google Maps (Roby Venomouth)

Pantai selalu menjadi tempat yang tepat untuk melakukan berbagai kegiatan menarik dan menyenangkan, termasuk di Pantai Ngliyep. Nah, kalau Anda berada di pantai ini, berbagai aktivitas berikut adalah aktivitas menarik dan menyenangkan yang bisa Anda lakukan.

1. Nikmati Keindahan Pantai Lebih Lama dengan Camping

Salah satu kegiatan favorit yang banyak dilakukan oleh para pengunjung adalah camping. Jika Anda tidak membawa persiapan, pengelola juga menyediakan penyewaan tenda dengan harga dan ukuran yang bervariasi. Namun, pastikan sebelum merencanakan camping Anda sudah mendapatkan ijin dari pengelola terlebih dahulu.

BACA:  Pantai Banyu Anjlok Malang - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

2. Berenang dan Bermain dengan Air Laut Pantai yang Jernih

Air laut Pantai Ngliyep yang jernih tidak akan pernah gagal menarik Anda untuk sekedar bermain di pinggir pantai atau berenang. Namun, Anda harus tetap hati-hati karena pantai ini termasuk kawasan pantai selatan dengan ombak yang besar. Pilih lokasi untuk bermain atau berenang yang aman dengan ombak yang tidak terlalu besar.

3. Jelajahi Keindahan Pantai dengan Berjalan Kaki

Kalau tidak mau berenang, Anda bisa menikmati pemandangan di pantai ini dengan berjalan menyusuri garis pantai dengan pasir putihnya yang halus. Garis pantai sepanjang kurang lebih 2km ini bisa menjadi jalur yang tepat untuk menikmati keseluruhan pemandangan pantai.

4. Jangan Lewatkan Ritual Labuhan, Ritual Sekaligus Kekayaan Budaya Masyarakat Sekitar

Satu aktivitas lagi yang bisa Anda ikuti jika datang ke Pantai Ngliyep di waktu yang tepat adalah mengikuti ritual Labuhan. Labuhan adalah ritual selamatan yang dilakukan dengan menyembelih sapi atau kambing untuk kemudian disedekahkan kepada masyarakat sekitar.

Selain dibagikan kepada masyarakat sekitar, sebagian dari hasil sembelihan sapi dan kambing ini juga dilarung ke tengah laut. Selain itu, masyarakat juga akan membawa sesajen ke Gunung Kombang yang diiringi dengan pertunjukan jaranan. Orang-orang yang membawa sesajen ini juga harus mengenakan pakaian tradisional.

5. Nikmati Pemandangan Pantai dari Sudut Pandang Berbeda? Coba dengan Naik Tebing

Ingin menikmati pemandangan pantai dari sudut pandang yang berbeda? Jangan khawatir, tebing-tebing di sekitar pantai ini bisa menjadi lokasi Anda menikmati pemandangan Pantai Ngliyep dengan cara dan pemandangan berbeda.

Namun yang harus Anda perhatikan, tidak semua tebing ini bisa didaki. Hanya tebing di bagian timur atau sisi kiri pantai saja. Dari sini Anda bisa melihat pemandangan pantai ini dari sudut berbeda. Disini seluruh sisi pantai bisa terlihat jelas. Apalagi jika Anda mendaki menjelang matahari terbenam, maka pemandangan yang tersaji semakin menakjubkan.

6. Jangan Lupa Mengabadikan Momen Anda dengan Berfoto

Travelling tidak akan lengkap tanpa membawa oleh-oleh kenangan yang diabadikan dalam sebuah foto. Keindahan pantai ini menjadi berkesan jika diabadikan dalam bentuk foto. Disini juga ada banyak spot foto instagramable yang bisa menjadi pilihan.

Anda bisa berfoto dengan latar belakang pemandangan laut yang jernih atau pantai dengan pasir putih yang halus. Atau, Anda juga bisa berfoto saat menjelang matahari terbenam. Waktu ini adalah waktu dimana Anda bisa mengabadikan foto dengan background langit berwarna jingga yang menakjubkan.

Ada pula spot foto berupa perahu gantung. Spot foto ini merupakan spot selfie favorit pengunjung. Spot foto ini dibangun menyerupai kapal legendaris Titanic, namun lebih sederhana. Sangat cocok untuk Anda yang suka mencari spot foto instagenic untuk kemudian diunggah di akun sosial media Anda.

BACA:  Pantai Cermin Serdang Bedagai - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Ngliyep

Penginapan di Pantai Ngliyep
Image Credit: Penginapan.net

Anda ingin menikmati pemandangan alamnya lebih lama? Tak perlu khawatir, selain berkemah dengan menyewa tenda di pinggir pantai, Anda juga bisa menginap di berbagai penginapan yang terletak tidak jauh dari kawasan pantai.

Lokasi penginapan ini memang tidak tepat berada di dalam kawasan Pantai Ngliyep. Beberapa penginapan terletak di kawasan pantai wisata lain seperti Pantai Balekambang dan lain sebagainya. Namun tak perlu khawatir, karena sebenarnya lokasi setiap pantai ini terletak berdekatan.

Salah satu penginapan yang letaknya paling dekat dengan kawasan pantai adalah Hotel Wibisono. Lokasinya sekitar 12km dari pantai ini. Penginapan milik BUMD ini tersedia dalam tiga tipe kamar dengan fasilitas dan harga yang berbeda-beda.

Ada tipe kamar dengan double bed, kamar mandi dalam dan fasilitas sarapan untuk 4 orang. Tipe kamar ini ditawarkan dengan harga menginap mulai dari Rp 350.000 – Rp 400.000 per malam. Ada pula tipe kamar dengan single bed dan kamar mandi pribadi yang disewakan dengan harga Rp 250.000 per malam. Terakhir ada pondok bambu dengan fasilitas sama dengan harga sewa sebesar Rp 200.000 per malam.

Satu lagi penginapan yang lokasinya jauh lebih dekat dari Pantai Ngliyep, yaitu Istana Laut 1. Lokasinya hanya berjarak sekitar 4,5km dari pantai. Fasilitas yang disediakan juga sangat memanjakan kenyaman pengunjung. Mulai dari tempat tidur yang nyaman, TV dalam kamar hingga kamar mandi pribadi. Untuk menginap disini pengunjung akan dikenakan biaya menginap sebesar Rp 300.000 per malam.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Ngliyep Malang

Fasilitas di Pantai Ngliyep
Image Credit: Google Maps (Mc Fandika)

Semakin hari Pantai Ngliyep semakin dikenal di kalangan wisatawan. Maka untuk menunjang kenyamanan para pengunjung, pengelola sudah menyediakan berbagai fasilitas yang cukup memadai. Bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi, tak perlu khawatir karena di kawasan pantai ini sudah tersedia area parkir yang cukup luas.

Pengunjung yang ingin berkemah, ada fasilitas penyewaan tenda yang disediakan pengelola. Selain itu juga ada fasilitas pendukung kenyamanan lain mulai dari toilet, kamar mandi, warung makan di sekitar pantai hingga mushola. Ada pula tempat penyewaan tikar untuk Anda gunakan bersantai di pinggir pantai.

Anda yang ingin membawa buah tangan pun bisa membeli disini. Masih di sekitar kawasan pantai ada banyak stand dan toko yang menjual berbagai jenis oleh-oleh. Semua fasilitas sudah lengkap untuk menunjang kenyaman pengunjung.

Itu tadi berbagai informasi yang harus Anda ketahui tentang Pantai Ngliyep, sebuah pantai di ujung selatan Kabupaten Malang yang sayang untuk dilewatkan. Dengan berbagai daya tarik, aktivitas menyenangkan dan fasilitas yang lengkap, Anda bisa menikmati waktu berlibur lebih nyaman dan pastinya menyenangkan.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending