Pulau Nusa Barong, Jember

Pulau Nusa Barong, Jember

Lokasi: Desa Puger Wetan, Kec. Puger, Kab. Jember.
Map: Cek Lokasi

Liburan yang panjang akan terasa lebih berharga jika dihabiskan dengan mengunjungi tempat wisata. Selain untuk tujuan menghilangkan penat, rekreasi juga memberikan pengalaman baru Anda. Tak perlu jauh jauh ke luar negeri, karena di Indonesia sendiri ada banyak tempat yang bisa Anda jadikan tujuan liburan, salah satunya Pulau Nusa Barong Jember. Penasaran dengan keindahan dari pulau kecil ini? Yuk simak ulasan berikut.

Daya Tarik Pulau Nusa Barong Jember

Daya Tarik Pulau Nusa Barong
Image Credit: Andrelanjalan.blogspot.com

Pulau Nusa Barong Jember merupakan salah satu pulau kecil tak berpenghuni. Namun, meskipun jauh dari keramaian, tempat ini justru memiliki daya tarik yang tidak kalah dengan pulau lainnya. Salah satunya keindahan alamnya yang eksotis dan memanjakan mata. Karena pesona pulau Nusa Barong Jember ini, banyak yang menyamakannya dengan pulau Phi Phi di Thailand. Bagi Anda yang pernah menonton film The Beach (2000), pasti tidak asing lagi dengan Pulau Phi Phi.

Ada banyak hal yang bisa Anda dapatkan ketika mengunjungi pulau dengan luas 6.100 hektar ini. Terdapat tiga formasi hutan yang terdiri dari hutan pantai, hutan mangrove dan hutan dataran rendah. Maka tak heran jika di pulau ini terdapat banyak flora dan fauna, mulai dari lutung, penyu, ayam hutan, rusa hingga kera. Menyaksikan keragaman jenis flora dan fauna di sini tentu akan membuat liburan semakin seru dan menyenangkan.

Daya Tarik Pulau Nusa Barong Jember
Image Credit: Indonesiatraveler.id

Tidak hanya itu, adanya keragaman hewan dan tumbuhan di pulau Nusa Barong Jember juga memberikan pengetahuan baru tentang keanekaragaman hayati di Indonesia. Menjadi tempat tinggal dari beragam satwa yang mulai langka, pulau ini ditetapkan sebagai cagar alam dan termasuk bagian dari wilayah konservasi yang berada di bawah naungan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur, Bidang KSDA Wilayah III Jember.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pulau Nusa Barong

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pulau Nusa Barong
Image Credit: Instagram.com @anamfadlillah

Nusa Barong Jember termasuk bagian dari wilayah selatan kota Jember dan berjarak sekitar 4,5 kilometer dari pusat kota. Ada dua rute untuk menuju ke tempat wisata ini, yaitu melalui Tanjung Papuma atau Pelabuhan Puger. Namun, sebagian besar wisatawan lebih memilih melewati Puger karena dianggap lebih mudah. Jika perjalanan dari kota Jember, Anda bisa langsung menuju ke Desa Puger Wetan yang ada di Kecamatan Puger.

Setelah sampai di pelabuhan Puger, Anda akan menjumpai banyak nelayan yang menyewakan perahu menuju ke pulau Nusa Barong Jember. Untuk perjalanan menuju pulau ini memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit.Hal ini mengingat lokasi Nusa Barong yang berada di tengah lautan. Untuk biaya menyewa kapal sendiri dibanderol dengan harga sekitar Rp 1,5 juta yang dapat 10 orang yang berlaku untuk pemberangkatan dan penjemputan dari pulau ini.

Oleh sebab itu, agar biaya perjalanan lebih hemat, sebaiknya Anda liburan secara rombongan dengan mengajak teman maupun keluarga. Perjalanan dari pelabuhan Puger menuju Pulau Nusa Barong memakan waktu kira kira 1,5 jam. Namun jika ombaknya lebih besar, maka waktu perjalanan bisa lebih lama lagi dan bisa mencapai 3 jam. Para nelayan sudah sering ke nusa Barong, sehingga mereka akan mengantarkan Anda ke spot spot yang sering dikunjungi wisatawan.

Biaya Wisata ke Pulau Nusa Barong

Biaya Wisata ke Pulau Nusa Barong
Image Credit: Andrelanjalan.blogspot.com

Mungkin untuk perjalanannya sendiri memang membutuhkan biaya yang cukup besar. Namun, sebenarnya para wisatawan yang mengunjungi pulau ini tidak dikenakan biaya sama sekali atau gratis. Inilah yang menjadi salah satu keuntungan saat liburan di Nusa Barong. Selain itu, tempat wisata ini juga buka selama dua puluh empat jam. Yang artinya, Anda dapat mengunjunginya kapanpun Anda mau.

Namun, agar tidak sampai kesiangan saat di tempat wisata ini sebaiknya Anda berangkat dari pagi. Pasalnya semakin siang hari tentu pulau ini akan semakin panas. Selain itu, Anda juga harus menjaga lingkungan dengan baik. Sebaiknya Anda tidak membuang sampah sembarangan sehingga dapat mencemari lingkungan di sekitarnya. Apalagi wilayah ini masih cukup asri dan terjaga keasliannya.

Kegiatan Menarik di Pulau Nusa Barong

Kegiatan Menarik di Pulau Nusa Barong
Image Credit: Terumbukarya.blogspot.com

Ada banyak kegiatan menarik yang dapat Anda lakukan selama di Pulau Nusa Barong. Menikmati keindahan ombak laut yang biru dengan hamparan pasir yang halus akan membuat pikiran Anda lebih fresh. Selain itu, Hijaunya mangrove yang berpadu dengan daratan rendah menjadi pandangan utama saat Anda berkunjung ke tempat wisata ini. Berbagai spot yang keren akan memudahkan Anda yang ingin hunting foto kekinian selama liburan.

Selain pemandangan alam, satwa yang ada di sana bisa menjadi objek jepretan yang tidak kalah unik. Namun, Anda harus berhati hati saat mengambil gambar hewan yang ada di pulau ini. Mengingat hewan yang ada termasuk satwa liar sehingga bisa menyerang Anda secara tiba tiba. Selesai memanjakan mata dengan pemandangannya yang indah, Anda bisa melanjutkan berenang di pantai sekitar. Berenang menjadi aktivitas andalan bagi para wisatawan yang ada di Nusa Barong.

Tidak hanya berenang saja, Anda juga bisa snorkeling untuk bisa menyaksikan keindahan bawah lautnya. Nelayan sekitar akan mengantarkan Anda ke lokasi tepat untuk snorkeling. Puas snorkeling, Anda bisa melanjutkan aktivitas dengan memancing. Menemani nelayan mencari ikan di tengah laut, tentu bisa memberikan pengalaman liburan yang lebih seru. Ada banyak ikan yang bisa didapatkan mulai dari ikan kakap merah hingga ikan kerapu.

Penginapan di Pulau Nusa Barong

Penginapan di Pulau Nusa Barong
Image Credit: Pegipegi.com

Karena disebut sebagai pulau yang belum terjamah manusia, maka tak heran jika tempat wisata ini masih belum menyediakan sarana yang lebih lengkap untuk para wisatawan. Wisatawan yang ingin menginap di tempat ini biasanya akan mendirikan tenda. Namun, untuk berkemah pun Anda harus membawa tenda sendiri, sehingga Anda perlu memastikan jika membawa perlengkapan tenda yang lengkap dan beberapa peralatan yang dibutuhkan seperti korek api dan pisau.

Selain itu, Anda juga harus memilih lokasi kemah yang jauh dari bibir pantai untuk mengantisipasi air laut yang pasang di malam hari. Dan yang paling penting, Anda juga harus membawa air tawar yang cukup minum. Karena lokasinya yang masih asri, berkemah di pulau ini akan memberikan sensasi menginap yang berbeda. Berkemah di pulau ini akan membuat Anda berkemah seperti di alam liar.

Namu, jika tidak ingin merasakan kemah di pulau ini, Anda juga bisa menginap di beberapa hotel yang dekat dengan pulau Nusa Barong. Salah satunya Foresta Resort Papuma yang berada di Desa Lojejer. Fasilitas yang ada di penginapan ini juga cukup memadai dengan suasana yang cukup sejuk. Selain itu, Anda juga bisa menemukan hotel lainnya yang terdekat.

Fasilitas yang Ada di Pulau Nusa Barong

Fasilitas di Pulau Nusa Barong
Image Credit: Andrelanjalan.blogspot.com

Alam yang masih asri di Pulau Nusa Barong tidak terlepas dari sedikitnya aktivitas masyarakat di pulau ini. Maka tak heran jika mengunjungi pulau tak berpenghuni ini, Anda akan kesulitan menemukan fasilitas penunjang. Apalagi pulau ini memang tidak dikembangkan untuk tujuan wisata. Mungkin ada beberapa fasilitas yang terbatas yang memang dibuat seadanya oleh para pengunjung pulau ini. Namun, pesona keindahan pulau ini yang membuatnya sering dikunjungi oleh para petualang.

Selain itu, akses yang cukup sulit juga menjadi salah satu hambatan bagi wisatawan yang ingin mengunjunginya. Maka tak heran jika memang paling cocok untuk Anda yang suka menjelajahi alam liar. Karena terbatasnya sarana dan prasarana di tempat wisata ini, maka sebaiknya Anda menyiapkan perbekalan yang lengkap untuk menunjang kebutuhan selama liburan di tempat wisata ini terutama jika memang ingin berkemah.

Jika melihat kondisi pulau ini, Nusa Barong memang tidak cocok untuk wisatawan yang menginginkan fasilitas yang mewah dan lengkap. Meskipun demikian, pulau ini sangat tepat sebagai tempat wisata bersama keluarga atau teman. Mengelilingi pulau dan melakukan aktivitas menarik lainnya bisa menjadi salah satu sarana untuk merekatkan hubungan dengan orang orang terdekat.

Mengunjungi pulau yang ada di Jember ini memang sangat tepat untuk Anda yang ingin menjelajahi pulau kecil yang masih terpencil. Anda bisa menghabiskan liburan dengan memancing, berenang, hunting foto hingga snorkeling. Namun, perlu diketahui jika pengunjung harus meminta izin terlebih dahulu dari pihak pengelola. Biasanya pada musim hujan, pengujung tidak akan diperbolehkan menuju pulau ini mengingat anginnya yang cukup kencang.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending