Pulau Biawak, Indramayu

Pulau Biawak, Indramayu

Daya Tarik, Rute, Biaya Wisata & Fasilitas Pulau Biawak di Indramayu menjadi tujuan wisata yang menawarkan pesona alam yang memukau dan pengujung dapat melihat langsung banyak Biawak di alam bebas.

Lokasi: Kepulauan Biawak, Kec. Indramayu, Kab. Indramayu.
Map: Cek Lokasi

Jika Nusa Tenggara memiliki Pulau Komodo sebagai tempat penangkaran hewan purba Komodo. Maka Jawa Barat mempunyai Indramanyu yang terkenal dengan adanya Pulau Biawak. Di pulau ini wisatawan bisa menyaksikan puluhan biawak yang dibiarkan di alam bebas. Tidak hanya keberadaan biawak yang menjadi perhatian, tetapi ada pesona alam yang tidak bisa ditolak keindahannya. Jadi tidak heran apabila selalu menjadi tempat untuk berlibur.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Biawak

Daya Tarik Pulau Biawak
Image Credit: Trepelin.com

Pulau Biawak tidak memiliki bentangan pantai yang luas, jadi tidak bsia digunakan untuk bermain. Luas pantainya hanya berukuran sepanjang 100 meter, dengan lebar bibir pantai kurang lebih 5 meter. Meskipun begitu pulau di Indramanyu ini mempunyai jajaran batu karang yang menyembul di permukaan air laut. Namun perlu berhati-hati saat memasukkan kaki ke dalam air. Karena tekstur karangnya tajam sehingga dapat melukai bagian kulit kaki.

Di pulau ini Anda bisa menemukan mercusuar setinggi 65meter, yang dibangun sejak zaman penjajahan Belanda. Mulai berdiri pada tahun 1872 dan masih berdiri kokoh hingga saat ini. Beberapa bagiannya sudah terlihat lapuk dan tidak terawat, serta memiliki 240 tangga besi dengan bentuk melingkar. Anda bisa mengikuti arah tangga hingg sampai ke puncak, dari atas mercusuar akan terpampang keindahan Pulau Biawak secara keseluruhan.

Daya Tarik Pulau Biawak Indramayu
Image Credit: Detik.com

Di tengah pulau terdapat dermaga kecil seolah membelah lautan menjadi dua bagian. Dari pinggiran dermaga Anda bisa melihat kecantikan bawah laut yang mempesona. Kumpulan terumbu karang serta keberagaman biota laut bisa Anda saksikan dari jarak yang cukup dekat. Belum lagi hamparan pasir putih yang halus seolah menambah sisi eksotisme dari Pulau Biawak. Anda bisa menysuri pinggiran pantai sambil menikmati remasan lembut dari pasirnya.

Pulau cantik ini menawarkan pemandangan hutan mangrove dan pinus yang mengelilingi pulau. Hutan tersebut memang sengaja dibudidaya untuk mengurangi abrasi dari ombak lautan. Uniknya wisatawan bisa melihat biawak dari dekat yang sudah terbiasa dengan kehadiran manusia. Terdapat lebih dari 300 biawak yang ada di kawasan ini, dan sudah dikonservasi secara resmi. Disini biawak dibudidaya serta melakukan perkembang biakkan.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pulau Biawak

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pulau Biawak
Image Credit: Yukpiknik.com

Pulau ini berada di provinsi Jawa Barat tepatnya di kota Indramanyu, dan berjarak sekitar 55 kilometer. Berangkat dari pusat kota Anda bisa menaiki angkot TPI Karangsong menuju Indramanyu. Setelah sampai di pelabuhan Anda bisa menaiki kapal untuk menyebrang menuju Pulau Biawak. Ada dua cara yang bisa Anda pilih yaitu pertama menyewa perahu nelayan. Dan kedua menggunakan speedboat milik Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten Indramanyu.

Perbedaan dari kedua kapal terletak pada lamanya perjalanan dan tingkat kenyamanan. Jika menggunakan speedboat pengunjung hanya membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam. Didalamnya terdapat fasilitas berupa pendingin ruangan, mesin karaoke, dan beberapa kamar kecil. Jadi selama perjalanan Anda bisa beristirahat sejenak sambil mengumpulkan engergi untuk berpetualang. Sayangnya tarif yang ditawarkan cukup membuat isi dompet menipis.

Sementara itu apabila menggunakan perahun nelayan, Anda memerlukan perjalanan kurang lebih 3-4 jam. Untuk fasilitas tentu tidak seperti speedboat, dengan peralatan keselamatan seadanya. Dengan memperhitungkan lamanya waktu tempuh, berarti Anda harus memulai perjalanan lebih awal. Setidaknya pukul dua pagi sudah berangkat menuju Pulau Biawak, jadi sampai lokasi saat matahari terbit. Tujuannya supaya bisa menjelajahi isi pulau lebih lama.

Biaya Wisata ke Pulau Biawak

Biaya Wisata ke Pulau Biawak
Image Credit: Bangbaron.com

Ketika merencanakan liburan ada baiknya melakukan budgeting, agar tidak ada pengeluaran yang terlalu over. Maka dari itu survey dulu lokasi liburan secara online, sambil membuat racangan pengeluaran. Untuk harga tiket menjelajahi pulau Biawak berada di kisaran harga 250-500 ribu rupiah. Tidak ada jadwal khusus untuk kunjungan karena loket dibuka setiap hari. Anda bisa melakukan reservasi sebelumnya jika tidak ingin mengantre saat tiba di loket.

Jika berangkat menggunakan kendaraan umum, perkiraan budgetnya sekitar 10 ribu per orang. Beban terberatnya ada di penyewaan perahu, baik speedboat maupun perahu nelayan. Untuk menyewa kapal nelayan wisatawan dikenakan tarif sebesar 2 juta per 10 orang. Sedangkan speedboat tarif sewanya sekitar 290 ribu per orang, bonus perjalanan yang singkat. Dari kedua range biaya tersebut Anda bisa memperkirakan pengeluaran untuk transportasi.

Bagi Anda yang mempunyai budget pas-pasan disarankan untuk mengikuti open trip. Dimana beberapa biro perjalanan akan memberikan tawaran paket wisata, dengan segala fasilitasnya. Biaya liburan pun menjadi lebih murah terutama untuk penyewaan perahu nelayan. Akan sangat seru apabila berkunjung ke tempat ini bersama dengan teman-teman. Karena anggaran selama perjalanan pulang-pergi bisa ditanggung dengan banyak orang.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pulau Biawak

Kegiatan Menarik di Pulau Biawak
Image Credit: Indramayupost.com

Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan untuk menghabiskan waktu di pulau Biawak. Pertama melihat view keseluruhan pulau dari puncak Mercusuar, tapi Anda harus menaiki ratusan tangga. Dari atas sini Anda bisa mengabadikan foto, dengan background perpaduan laut dan langit yang biru. Biasanya para travel vlogger akan mengambil video dari atas Mercusuar sebagai isi dari konten mereka.

Tidak jauh dari Pulau Biawak terdapat Pulau Gosong, daratan dangkal yang berbentuk cincin di tengahnya. Disini wisatawan bisa melakukan aktivitas diving dan snorkeling, untuk melihat keindahan bawah laut. Namun sayangnya sebagian karang sudah rusak akibat adanya pembangunan tahun 1980an. Berjalan sebentar sekitar 100meter terdapat hutan bakau dan hutan pinus yang rindang. Di dalam hutan ada satwa khusus terutama burung-burung yang hidup liar.

Untuk wisata utamanya adalah melihat ratusan biawak dari dekat, mereka hidup bebas di pinggiran pantai. Karena termasuk satwa yang dilindungi, Anda hanya diperbolehkan untuk memberi makan. Supaya biawak mendekat cukup letakkan sepotong daging atau ikan. Berbekal indera penciumannya yang tajam, maka biawak akan menghampiri sumber makanannya. Disarankan tidak mengganggu kenyamanan mereka jika tidak ingin terkena gigitan.

Jika langit sedang cerah biasanya ada panorama sunset, dengan warna orange keemasan. Keindahan ini akan terjadi di perantara waktu saat menjelang senja, sekitar pukul 5 atau menjelang magrib. Anda bisa menjadi saksi utama untuk melihat sunset dari Pulau Biawak. Untuk lokasinya tidak ada tempat tertentu, tetapi direkomendasikan untuk melihat dari pinggi dermaga. Rasanya seperti melihat matahari kembali ke peraduannya tepat di depan mata.

Penginapan di Sekitar Pulau Biawak

Penginapan di Pulau Biawak
Image Credit: Jarangpanas.com

Ada banyak penginapan yang berada di sekitar pulau, mulai dari kelas ekonomi hingga sekelas bintang lima. Semuanya menawarkan fasilitas bermalam yang membuat para wisatawan nyaman untuk beristirahat. Rata-rata lokasi penginapan masih bisa ditempuh dari area pelabuhan. Jadi Anda perlu keluar dulu dari pulau Biawak, baru mendapatkan penginapan yang sesuai dengan standar kriteria pribadi.

Apabila ingin bermalam di dalam pulau, hanya ada beberapa homestay kecil yang bisa disinggahi. Untuk fasilitasnya memang tidak sekeren penginapan di luar pulau, tetapi cukup nyaman untuk tidur. Tarif homestay per malam ditawarkan mulai harga 100 ribu, dengan akomodasi kasur dan kamar mandi dalam. Opsi menginap di homestay bisa menjadi pilihan bagi Anda yang liburan dengan budget pas-pasan.

Biasanya para backpacker lebih memilih tidak tidur, baik di penginapan maupun homestay. Untuk menghemat pengeluaran mereka numpang menginap di gedung dinas setempat. Rata-rata para backpacker hanya membutuhkan tempat untuk istirahat sebentar. Sambil menunggu kapal yang datang esok pagi, dan membawa mereka kembali ke pelabuhan. Terkadang mereka hanya tidur beralaskan karpet yang sudah disediakan oleh pihak kedinasan.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Biawak

Fasilitas di Pulau Biawak
Image Credit: Trepelin.com

Tidak ada fasilitas khusus yang disediaka pengelola untuk para wisatawan. Mengingat pulau ini termasuk pulau yang jarang penghuninya. Disini hanya ada para penjual makanan yang menjajakan makanan ringan hingga berat. Soal harga tidak perlu khawatir karena dibanderol dengan harga yang pas di dompet. Pengunjung juga bisa mendapati adanya tempat penyewaan alat snorkerling. Namun tidak bisa memakai sepuasnya karena ada batasan waktu peminjaman.

Berkunjung ke kota Indramanyu kurang afdol rasanya, jika tidak menjelajahi Pulau Biawak. Panorama alamnya sarat akan keindahan yang tidak terhingga, ditambah kekayaan bawah laut yang cantik. Anda bisa melakukan beragam aktivitas disini mulai dari snorkeling, diving, sampai memberi makan biawak. Untuk berlibur di pulau ini Anda perlu mempersiapkan budget dengan matang. Tujuannya supaya saat tiba di lokasi tidak repot dengan urusan pengeluaran.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending