Pantai Popoh Tulungagung – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Popoh Tulungagung

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga TiketPantai Popoh salah satu pantai hits di pesisir Tulungagung. Pantai eksotis yang menyuguhkan pesona alam yang memukau dan wajib Anda jelajahi saat liburan.

Harga Tiket: Rp 3.000 – 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Raya Pantai Prigi, Watulimo, Popoh, Besole, Kec. Besuki, Kab. Tulungagung, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Tulungagung merupakan salah satu kota yang terletak diantara kota Blitar dan Trenggalek. Hal inilah yang menyebabkan Tulungagung memiliki kawasan wisata pantai yang cukup indah dan beragam. Salah satunya adalah Pantai Popoh Tulungagung ini.

Pantai yang terletak di Desa Besole ini memiliki kawasan satu arah dengan pantai lainnya di daerah Popoh. Pantai ini sendiri merupakan salah satu destinasi wisata terpopuler dan terfavorit di tengah banyaknya kawasan wisata pantai di Tulungagung.

Kawasan pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Terlebih ketika musim liburan telah tiba. Seringnya dijadikan sebagai tempat destinasi tentu dilatarbelakangi dengan panorama pemandangan pantai yang sangat memukau.

Daya Tarik Wisata yang Dimiliki Pantai Popoh

Daya Tarik Pantai Popoh
Image Credit: Twitter.com @arpocitty22

1. Memiliki Makam Bersejarah

Wisata pantai ini ternyata menyimpan daya tarik selain keindahan panorama pantainya. Daya tarik ini adalah memiliki sebuah makam kuno yang bersejarah. Bagi Anda yang sangat menyukai akan sejarah kuno, maka berlibur ke Pantai Popoh merupakan salah satu pilihan yang tepat.

Disini Anda bisa mengenal dan belajar sejarah kuno dari makam kuno ini. Selain menyimpan cerita bersejarah, makam juga menyimpan sesuatu yang terkesan mistis. Adanya makam di sekitaran area wisata pantai membuatnya sering dikaitkan dengan cerita-cerita mistis yang dipercaya oleh warga sekitar sebagai cerita nyata.

2. Objek Wisata Tebing

Salah satu daya tarik lain dari pantai ini adalah adanya wisata tebing. Letak dari tebing ini ada di bagian Barat dan Timur Pantai Popoh. Lokasinya yang sangat alami membuatnya terlihat sangat apik. Terlebih untuk spot foto, tentunya lokasi ini sangat instagramable.

Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan tebing tidak perlu khawatir lagi, karena di sekitaran area tebing sudah dibangunkan pagar pengaman. Namun, meskipun sudah ada pagar pengaman, Anda tetap diwajibkan untuk berhati-hati dalam menjaga keselamatan diri sendiri.

Tebing ini memiliki medan yang cukup ekstrim. Jalanan terjal dan curam membuatnya terlihat begitu menyeramkan. Untuk itulah, dihimbau bagi para wisatawan untuk lebih berhati-hati lagi ketika melewati jalanan ini.

3. Spot Sunset

Selain memiliki makam bersejarah dan wisata alam tebing, ada daya tarik lain yang membuat pengunjung selalu datang ke tempat wisata pantai ini. Ya, spot sunset yang dimiliki membuatnya menjadi magnet tersendiri bagi para pengunjung untuk selalu datang ke Pantai Popoh ini.

Pemandangan sunset dari laut atau di tepian pantai akan terlihat sangat indah dan memukau. Apalagi jika keindahan itu diabadikan melalui sebuah foto. Pastinya akan sangat epic hasilnya. Sudah bukan rahasia lagi jika foto sunset dengan backgroud laut merupakan salah satu opsi yang terbaik.

Daya Tarik dari Pantai Popoh
Image Credit: Google Maps (Iwan Nugroho)

4. Ritual Tradisional

Pantai menawan di Tulungagung ini menyimpan daya tarik lain yang sarat akan adat dan budaya. Ya, ritual tradisional ini merupakan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk terus datang berkunjung ke tempat wisata pantai ini.

Disini Anda akan menyaksikan beberapa ritual adat tradisional yang dilakukan pada hari-hari tertentu. Untuk itu, jika memang Anda ingin berlibur sekalian dengan menikmati pertunjukan ritual ini, coba carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang kapan waktu dan hari dari acara ritual ini berlangsung.

Kegiatan ritual adat tradisional ini bebas dinikmati oleh pengunjung yang datang bertepatan dengan berlangsungnya acara secara gratis tanpa dipungut biaya tambahan. Sembari menikmati keindahan panorama alam yang sangat memukau, Anda juga bisa menyelinginya dengan pertunjukan ritual adat kuno yang mungkin belum pernah Anda lihat sebelumnya.

5. Keindahan Pantai Lepas

Salah satu daya tarik pengunjung untuk terus datang ke tempat wisata Pantai Popoh ini yang paling utama adalah keindahan pantai lepas yang ditawarkan. Dimana pantai ini terletak cukup strategis dengan langsung menghadap ke laut lepas.

Namun, untuk menuju ke lokasi pantainya Anda diwajibkan melewati jalanan yang cukup terjal dan menanjak. Perjalanan ini dilalui dengan melewati anak tangga. Hal ini dilakukan dengan cara berjalan kaki.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Popoh

Rute Pantai Popoh
Image Credit: Facebook.com @goindonesiacom

Wisata bahari ini merupakan salah satu pantai memukau di Tulungagung yang terletak di Jalan Raya Pantai Prigi. Jarak antara pantai dengan pusat kota Tulungagung adalah sekitar 33 km jauhnya. Sedangkan unik waktu tempuhnya memerlukan sekitar satu jam perjalanan, dengan catatan jika jalanan lancar.

Untuk mencapai pantai, Anda harus melalui rute perjalanan mulai dari Jalan Raya Tulungagung menuju ke Blitar. Anda cukup berjalan lurus ke depan lalu belok kanan pada sebuah perempatan yang memiliki cafe serta tempat futsal.

Perjalanan dilanjutkan hingga menemukan perempatan jalan besar, lalu Anda pilih ke arah kiri. Setelah itu, Anda ambil belokan ke kanan. Sekitar 2 km dari perjalanan, Anda ambil arah ke kiri yang nantinya akan melewati sebuah tempat wisata lain yang berada di kiri jalan.

Lanjut perjalanan hingga menemukan perempatan pasar lalu Anda pilih arah kiri menuju ke Jalan Ki Mangun Sarkoro hingga melewati Jalan Raya Palem dan Jalan Kanigoro. Setelah itu, bila Anda bertemu dengan sebuah pasar, maka jalur yang harus Anda pilih adalah ke kiri.

Disinilah Jalan Raya Popoh berada. Namun perjalanan tetap diteruskan menuju ke Jalan Neyama lalu Anda pilih belok kiri menuju Jalan Pantai Popoh. Perjalanan akan mulai berkelok-kelok. Setelah perjalanan sekitar 5 km, maka Anda sampai pada area parkir dari kawasan wisata ini.

Bagi Anda yang berada dari luar kota dan ingin berkunjung ke kawasan pantai, maka Anda bisa menggunakan kereta api atau bus sebagai kendaraannya. Jika Anda menggunakan kendaraan umum, maka nantinya Anda akan turun di kota Tulungagung.

Harga Tiket Masuk Pantai Popoh Tulungagung

Harga Tiket Pantai Popoh
Image Credit: Google Maps (Ry)

Berlibur ke pantai biasanya terkenal dengan biayanya yang mahal. Namun hal ini tidak berlaku jika Anda memutuskan untuk berlibur ke Pantai Popoh yang ada di Tulungagung ini. Disini, Anda hanya dikenakan tiket masuk seharga 3 ribu rupiah hingga 10 ribu rupiah untuk per orangnya.

Namun, harga tiket yang dibebankan ini disesuaikan juga dengan hari apa ketika berkunjung. Harga tiket masuk ke area wisata pantai akan jauh lebih murah jika Anda datangan dengan rombongan dengan jumlah anggota besar.

Nah, jika Anda datang berlibur ke pantai dengan menggunakan mini bus elf, maka akan dikenakan tarif tiket masuk sekitar 120 ribu rupiah untuk per busnya. Namun, harga ini bisa berubah sewaktu-waktu tergantung dengan keadaan.

Harga tiket masuk menuju ke lokasi wisata pantai ini belum termasuk dengan pembayaran tiket parkirnya. Untuk tiket parkirnya sendiri beragam, tergantung kendaraan apa yang digunakan. Semakin besar kendaraannya, maka akan semakin mahal pula tiket parkirnya.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Popoh

Aktivitas di Pantai Popoh
Image Credit: Instagram.com @senshine48

1. Berfoto

Hal menarik pertama yang bisa Anda lakukan adalah berfoto. Dimanapun tempatnya, seorang wisatawan pastinya akan menyempatkan diri untuk berswafoto pada spot yang dianggap memiliki hasil yang instagenic.

2. Mandi

Selain berfoto, Anda juga bisa bermain air atau mandi di tempat wisata Pantai Popoh Tulungagung ini. Namun, perhatikan lagi intensitas serta ketinggian dari ombak lautnya. Upayakan untuk menjauh dari pantai ketika ombak mulai membesar dengan intensitas yang sering.

3. Berselancar

Bagi Anda yang suka akan tantangan, Anda bisa melakukan selancar pada tempat wisata ini. Tinggal Anda lihat saja bagaimana kualitas dari ombak yang dihasilkan dari pantai tersebut.

4. Snorkling

Disini, Anda juga bisa melakukan kegiatan menarik lain yang lebih mahal dan keren, yakni snorkling. Namun untuk kegiatan snorkling ini akan dibutuhkan lokasi yang strategis dan perlengkapan yang mendetail.

5. Bermain Pasir Pantai

Tidak afdol rasanya ketika berlibur ke pantai Popoh namun Anda tidak bermain pasir pantainya. Terlebih jika Anda datang dengan buah hati. Pastinya akan sangat menyenangkan ketika bermain pasir pantai dengan membuatnya menjadi sebuah kastil. Bisa juga dengan sekedar membenamkan diri di pasir pantainya yang hangat.

6. Berkeliling dengan Perahu

Selain semua kegiatan seru yang sudah disebutkan diatas, ada juga kegiatan seru lainnya yang bisa Anda coba. Yakni berkeliling pantai dengan menggunakan perahu yang disewakan. Pastinya pemandangan akan semakin terlihat indah ketika Anda bisa berkeliling area pantainya.

7. Camping

Tak ketinggalan juga kegiatan menarik seperti camping atau berkemah di pinggiran pantai akan terasa begitu menyenangkan. Terlebih jika sekalian dengan bakar-bakar hasil laut, pastinya akan semakin seru.

Penginapan Murah Dekat Dari Pantai Popoh

Penginapan Dekat Pantai Popoh
Image Credit: Penginapan.net

Bagi Anda yang sudah teramat lelah dengan segala kegiatan yang dilakukan di pantai, Anda bisa menyewa sebuah kamar pada villa yang ada di sekitaran wilayah pantai ini. Nama villa tersebut adalah Villa Pantai Popoh yang terletak di pinggir pantai.

Tarif per kamarnya cukup bervariatif, mulai dari harga 150 ribu rupiah hingga 300 ribu rupiah per malamnya. Di pagi hari, tamu villa akan disuguhi dengan minuman hangat seperti teh atau kopi serta snack untuk camilan.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Popoh Tulungagung

Fasilitas Pantai Popoh
Image Credit: Facebook.com @kacamatatulungagung

1. Kamar Mandi

Fasilitas pertama yang disediakan oleh pihak pengelola pantai adalah kamar mandi. Kamar mandi merupakan salah satu fasilitas publik yang selalu digunakan oleh pengunjung dan sangat dicari ketika pengunjung berwisata di sebuah tempat.

Kamar mandi memiliki peran yang sangat penting dalam kelangsungan kelengkapan fasilitas dari sebuah tempat wisata.

2. Penjual Makanan dan Minuman

Tidak ada ceritanya sebuah tempat wisata hadir tanpa adanya penjual makanan atau minuman. Fasilitas ini juga ada sebagai pelengkap dari tempat wisata pantai Popoh. Jadi, jika para pengunjung mulai lelah dengan segala aktivitasnya di pantai, maka akan mudah untuk mendapatkan makanan serta minuman sebagai kebutuhan pokok.

3. Perahu atau Cano

Di pantai ini juga disediakan fasilitas pendukung lain seperti perahu atau cano. Disini Anda juga bisa menyewa perahu untuk berkeliling menikmati pemandangan di sekitaran pantai. Tenang saja, untuk harga yang ditawarkan sangatlah terjangkau. Terlebih jika Anda menyewa perahu dengan rombongan, tentu akan lebih murah harganya.

4. Campurdarat

Campurdarat merupakan tempat kerajinan marmer yang sangat cantik. Disini, Anda bisa membeli beberapa souvenir untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Masih ada juga berbagai toko souvenir atau pernak-pernik yang menyediakan berbagai aksesoris sebagai oleh-oleh.

Inilah keindahan panorama yang ditawarkan Pantai Popoh di Tulungagung. Jika Anda ke Tulungagung, jangan lupa untuk mampir berlibur ke pantai menawan ini, dijamin menghadirkan liburan yang seru.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending