Pantai Puger Jember – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Puger Jember – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Puger salah satu objek wisata pantai menawan di Jember, Jawa Timur. Pantai yang indah penuh misteri ini menyuguhkan pemandangan Pulau Nusa Barong dan menjadi tempat kulineran favorit.

Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Desa Puger Wetan, Kec. Puger, Kab. Jember, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Berlibur di daerah Jawa Timur tentunya tidak hanya melulu berlibur di Gunung Bromo, Kota Batu, atau Wisata Bahari Lamongan. Jawa Timur memang menyimpan banyak sekali destinasi wisata di dalamnya dengan berbagai ciri khas yang dimiliki tiap kabupaten. Kali ini para wisatawan akan diajak untuk berkelana di salah satu kabupaten di Jawa Timur yaitu Jember.

Jember merupakan salah satu kabupaten yang letaknya sangat stategis. Karena di Jember bagian utara berada di bawah lereng Pegunungan Yang dan Gunung Argopuro. Sedangkan bagian selatan dari Jember ini berbatasan langsung dengan Samudera Indonesia. Hal ini menyebabkan berbagai wisata bahari dapat ditemukan dengan mudah di Kabupaten Jember ini. salah satunya yaitu Pantai Puger.

Puger merupakan salah satu pantai yang keberadaannya tidak pernah sepi dari pengunjung alias akan selalu ramai. Pasalnya pantai ini memiliki daya tarik tersendiri sebagai pusat jual beli ikan. Bagi para wisatawan pecinta ikan laut jangan sampai Anda tidak mengunjungi pantai ini. So, jangan lupa untuk memasukkan nama pantai ini ke daftar tujuan liburan Anda!

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Puger

Daya Tarik Pantai Puger
Image Credit: Instagram.com @muhamadaliimronn

1. Pusat Jual Beli Ikan di Wilayah Jember

Pantai Puger yang terletak di Jember ini terkenal dengan ikan yang dihasilkan para nelayan di sini. Bahkan menurut pandangan masyarakat sekitar ketika nama pantai ini disebut maka pastinya akan terngiang-ngiang banyaknya ikan yang berjejeran dan juga dengan perahu para nelayan.

Karena mayoritas pekerjaan masyarakat setempat sebagai nelayan, maka kampung yang ditinggali pun dijuluki sebagai kampung nelayan. Karena hal tersebut, maka tak asing lagi jika Anda berkunjung di daerah ini pasti akan menemukan pasar ikan. Pasar ikan ini digunakan untuk melelang ikan hasil tangkapan nelayan. Biasa disebut sebagai Tempat Pelelangan Ikan (TPI).

Pasar ikan ini merupakan pusat jual beli ikan di wilayah Jember yang tidak pernah sepi dari pembeli. Pasalnya di pasar ini tersedia berbagai macam ikan laut yang tentunya masih segar. Selain ikan laut, berbagai toko di pasar ini juga menyediakan hasil olahan ikan laut seperti terasi, minyak ikan, dan yang lain sebagainya.

Bagi para pengunjung yang menyukai sea food maka pasar ini tidak boleh untuk dilewatkan. Harga yang dipatok dalam menjual ikan pun sangat ramah di kantong Anda. Harga akan berbeda jika Anda membeli di pasar kota dan kondisi ikan pun pastinya juga tidak lagi sesegar ketika setelah ditangkap.

2. Ritual Larung Sesaji

Karena Pantai Puger sangat masyhur dengan ikan-ikan yang dijual, sudah pasti masyarakat sekitar pantai bermata pencaharian sebagai nelayan. Para nelayan pergi melarung untuk menangkap ikan dan menjual hasil tangkapan tersebut di kawasan pesisir pantai. Tentu saja ikan yang dijual dapat dijamin kesegarannya.

Para nelayan yang mendapatkan hasil tangkapan dan diberi keselamatan selama melaut tentu akan mengungkapkan rasa syukur kepada Sang Pencipta. Hal ini diwujudkan dalam bentuk ritual larung sesaji. Kegiatan ini dilakukan rutin setiap tahun dengan cara melarung nasi tumpeng ke laut yang sebelumnya sudah dibacakan harapan oleh para nelayan.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Pantai Puger

Alamat Masuk Pantai Puger
Image Credit: Instagram.com @dwihadiy

Bagi para wisatawan yang sedang berkelana di daerah Jawa Timur, maka jangan lupa untuk mengunjungi Pantai Puger yang lokasinya di Kabupaten Jember. Tepatnya yaitu di Desa Puger Wetan, Kecamatan Puger. Pantai ini sedikit agak susah untuk dicapai karena letaknya yang memang jauh dari pusat Kota Jember. Bahkan jalanannya pun sedikit agak rumit.

Karena keadaan yang sulit untuk dijangkau, maka pantai ini selain memiliki julukan pusat jual beli ikan juga memiliki julukan sebagai surga yang tersembunyi di Jember. Pasalnya kondisi geografis dari pantai ini saja berada di pinggir Pulau Jawa. Butuh akomodasi waktu sekitar satu jam lebih untuk bisa sampai di pantai ini.

Untuk bisa sampai di lokasi ini, para wisatawan dapat menggunakan kendaraan umum maupun pribadi. Para wisatawan yang belum mengetahui keberadaan pantai ini dapat memanfaatkan aplikasi google maps di gadget masing-masing.

Bagi para wisatawan yang ingin berlibur tentunya pasti akan menyiapkan dompet yang tidak kosong. Akan tetapi Anda tak perlu khawatir ketika berkunjung ke pantai ini. Pasalnya ketika Anda sampai di pintu masuk pantai tidak akan dikenai biaya retribusi pantai alias gratis. Anda hanya perlu mengeluarkan uang untuk membayar parkir saja.

Untuk pembayaran tiket parkir tentunya digolongkan sesuai jenis kendaraan. Jika Anda mengendarai kendaraan roda empat maka akan dikenakan biaya Rp 4.000 saja sedangkan untuk kendaraan roda dua hanya akan dikenakan biaya Rp 2.000 saja.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Puger

Aktivitas di Pantai Puger
Image Credit: Instagram.com @iklah_tralala

1. Memancing Ikan di Pesisir Pantai

Bagi para wisatawan yang berkunjung di pantai ini maka akan sangat disayangkan jika melewatkan kegiatan memancing. Pasalnya pantai ini terkenal dengan kekayaan ikan yang dimiliki. Bagi para wisatawan yang memiliki hobi memancing, maka dapat mencari air yang tenang dan tidak berombak besar.

2. Spot Surfing (Berselancar)

Para wisatawan yang gemar berselancar ketika di pantai maka tidak akan melewatkan hal tersebut di pantai ini. Pantai ini sangat cocok untuk berselancar karena karakteristik ombak yang mendukung. Ombak di pantai ini memiliki tipe yang relatif besar. Sehingga dapat dibayangkan betapa asyik dan serunya berselancar di pantai ini.

3. Mengunjungi Jembatan Cinta di Desa Puger

Letak jembatan cinta ini tidak terlalu berjauhan dari keberadaan pantai. Bagi Anda yang beranggapan bahwa di jembatan ini terdapat spot foto berbentuk love, hal tersebut salah besar. Pasalnya jembatan ini dinamakan jembatan cinta karena biasanya banyak orang yang duduk berduaan di jembatan ini.

Jembatan ini bisa dijadikan sebagai salah satu spot foto yang menarik. Karena keberadaannya yang dibelakangi dengan Pantai Puger dan juga pohon mangrove yang tumbuh subur mampu menambah kecantikan spot foto ini.

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai Puger

Penginapan Pantai Puger
Image Credit: Agoda.com

1. Casablanca Homestay Syariah

Bagi para wisatawan yang sedang berlibur di Jember jangan lupa untuk menginap di Casablanca Homestay Syariah. Berbagai fasilitas disuguhkan oleh homestay ini. di antara fasilitas tersebut yaitu parkir gratis yang tentunya luas, dapur, AC, TV, dan pintu masuk pribadi. Untuk dapat menginap di homestay ini maka hanya perlu menyewa dengan harga Rp 350.000 per kamar.

Dengan harga yang cukup murah tersebut, Anda sudah dapat menikmati berbagai fasilitas yang ada selama satu malam. Homestay ini berada di Sumbersari.

2. Mojopahit Residence

Rekomendasi penginapan selanjutnya yaitu Mojopahit Residence. Tempat ini berlokasi di daerah Kaliwates. Bagi Anda yang ingin bermalam di tempat ini maka untuk biaya sewa pun tidak mahal. Cukup dengan uang Rp 250.000 untuk satu kamar dalam kurun waktu satu malam Anda sudah dapat menyewa penginapan ini.

Fasilitas yang ada di penginapan ini pun cukup memadai. Di antaranya yaitu wifi yang kencang,dapur, parkir gratis, TV kabel, dan juga mesin cuci. Sangat lengkap tentunya.

3. Hotel Aston

Penginapan terakhir yang menjadi referensi bagi Anda yaitu Hotel Aston. Harga sewa hotel ini sangat terjangkau dengan harga yang dipatok Rp 600.000 untuk semalam saja. Keberadaan hotel ini yaitu di Kecamatan Kaliwates, Jawa Timur.

Fasilitas yang diberikan hotel ini pun sangat memuaskan. Di hotel ini terdapat wifi, parkir gratis, bak mandi air panas, mesin pengering, mesin cucui, dan juga kolam renang bagi Anda yang suka berenang.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Puger Jember

Fasilitas di Pantai Puger Jember
Image Credit: Google Maps (Dyah Nisa)

Setelah mengetahui sedikit paparan mengenai pantai ini, maka hal satu ini tidak boleh terlewatkan dari kacamata pengunjung. Hal tersebut yaitu fasilitas penunjang wisata. Karena Pantai Puger merupakan wisata bahari, maka fasilitas yang disediakan di antaranya yaitu tempat parkir sebelum akhirnya turun menuju pantai. Dan tentunya lahan tempat parkir di tempat ini luas dan memudahkan pengunjung.

Selanjutnya yaitu terdapat berbagai kamar mandi sebagai sarana untuk membilas badan bagi para wisatawan yang telah selesai bermain air maupun berselancar. Kemudian, setelah selesai bersih-bersih badan, biasanya Anda akan merasa lapar. Santai saja karena hal ini dapat teratasi dengan adanya berbagai wisata kuliner di pantai ini. Mengingat pantai ini sebagai pusat jual beli ikan.

Di tempat kuliner tersebut, Anda bisa merasakan sensasi makan hasil tangkapan laut dengan berbagai macam bentuk olahannya. Tentu saja dengan kondisi ikan yang masih segar. Bagi para wisatawan yang memiliki hobi memancing maupun berselancar pun tak perlu khawatir. Karena, di sekitar pantai ini juga ada beberapa masyarakat yang menyewakan peralatan tersebut.

Itulah sedikit ulasan mengenai Pantai Puger yang berlokasi di Jember dengan ikan laut yang menjadi ikonnya. Bagi Anda yang berada di Jember atau berniat untuk liburan di Jember jangan lupa mampir pantai ini. Maka Anda bisa menikmati wisata alam sekaligus wisata kuliner dalam satu kali tempuh.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending