Pantai Karanggongso Trenggalek – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Karanggongso Trenggalek

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Karanggongso salah satu pantai pasir putih dan memiliki pesona alam yang menakjubkan di Trenggalek. Beragam kegiatan menarik dapat dilakukan, mulai berenang hingga menikmati wahana air yang tersedia.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Tasikmadu, Kec. Watulimo, Kab. Trenggalek, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Pantai Karanggongso merupakan salah satu objek wisata pantai di Desa Tasik Madu. Wisata pantai di Trenggalek ini selalu ramai wisatawan terutama saat hari libur. Selain wisatawan dari daerah Trenggalek, pengunjung pantai ini juga datang dari luar daerah bahkan ada beberapa wisatawan mancanegara.

Destinasi wisata pantai cantik ini menyuguhkan pemandangan pantai berpasir putih dengan suasana yang asri. Banyak pengunjung yang sengaja datang ke pantai ini untuk mengisi waktu liburan atau untuk menenangkan diri dan pikiran.

Mengunjungi Pantai Karanggongso akan terasa lebih menyenangkan dengan bermain pasir, berenang, dan mencoba kuliner di pinggir pantainya. Objek wisata ini juga menawarkan fasilitas yang cukup lengkap dengan beragam daya tarik seperti berikut.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Karanggongso

Daya Tarik Pantai Karanggongso
Image Credit: Twitter.com @den_pratama11

1. Pantai Berpasir Putih

Salah satu daya tarik pantai ini adalah pemandangan eksotis pantainya yang berpasir putih. Memiliki garis pantai yang panjang dan area pantainya cukup luas. Keindahan pantai berpasir putih dengan air laut yang jernih ini menjadi pemandangan yang akan menyegarkan mata.

Pantai cantik ini berbatasan dengan pantai-pantai terkenal di Trenggalek seperti Pantai Mbangko’an di sebelah timur. Sementara di sisi barat adalah Pantai Pasir Putih. Pantai-pantai ini terkenal dengan pemandangan pantai berpasir putihnya yang menawan. Pasir pantainya pun cukup halus sehingga nyaman untuk wisatawan duduk di atasnya.

2. Dikelilingi Perbukitan

Pemandangan indah yang tersaji di panti ini akan memanjakan mata siapa saja yang melihatnya. Anda bisa melihat sekeliling pantai yang berupa perbukitan. Pegunungan atau perbukitan yang tinggi menjulang dapat terlihat dari Pantai Karanggongso yang membuat pemandangannya semakin indah.

Sepanjang pesisirnya banyak ditumbuhi pepohonan rindang. Pengunjung pantai dapat berteduh di bawah pepohonan pantai jika tidak ingin kepanasan. Semilir angin yang segar akan memanjakan wisatawan yang berlibur ke pantai. Memberikan ketenangan dan untuk refreshing bagi wisatawan yang ingin melepas penat.

BACA:  Pantai Pacar Tulungagung - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

3. Suasana Asri

Mata Anda akan dimanjakan dengan pemandangan indah dari pantai dan perbukitan di sekelilingnya. Perbukitan hijau yang menjulang tinggi terbentang mengelilingi pantai membuat tempat ini semakin sejuk dan asri. Wisatawan dapat menikmati hijaunya perbukitan dan hamparan air laut yang biru.

Suasana di pantai ini masih begitu asri dengan pengunjung yang tidak terlalu banyak. Namun saat akhir pekan atau saat hari libur, pantai ini akan lebih ramai wisatawan. Jika Anda ingin menikmati pantai dengan lebih tenang, bisa datang saat weekdays.

Daya Tarik dari Pantai Karanggongso
Image Credit: Facebook.com @nonna.chocolapink

4. Ombak yang Tenang

Pantai Karanggongso merupakan salah satu pantai di Trenggalek yang memiliki ombak tenang. Air lautnya begitu jernih dan bersih yang terlihat biru dari kejauhan. Pantai berair jernih ini pun seringkali dimanfaatkan oleh pengunjung untuk bermain air atau berenang.

5. Batu Karang di Tengah Pantai

Salah satu pemandangan yang cukup ikonik dari Karanggongso adalah batu karang yang berada di tengah pantai. Batu karang yang cukup besar ini memiliki bentuk yang unik sehingga menambah daya tarik dan pemandangan pantai eksotis ini.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Pantai Karanggongso

Harga Tiket Pantai Karanggongso
Image Credit: Instagram.com @mr_nasiir

Pantai cantik ini terletak sekitar 53km dari pusat Kota Trenggalek. Lokasi pantai ini akan lebih mudah diakses dengan menggunakan pribadi. Jika Anda datang dari arah Trenggalek, maka ambil jalan yang menuju Tulungagung hingga ke perempatan Bandung. Selanjutnya ikuti papan petunjuk jalan yang menuju ke Pantai Prigi.

Pantai Karanggosong memang lokasinya berdekatan dengan Pantai Prigi. Sekitar 3km ke timur dari Pantai Prigi, Anda akan menemukan pantai berpasir putih yang tidak lain adalah Pantai Karanggongso.

Sedangkan untuk wisatawan yang menggunakan transportasi umum, bisa turun di terminal terdekat dan melanjutkan perjalanan menuju pantai dengan ojek. Lokasi pantai ini banyak dikenal masyarakat sekitar, sehingga tidak terlalu sulit walaupun Anda menggunakan transportasi umum.

Wisatawan yang ingin berlibur ke lokasi wisata tidak perlu khawatir dengan tiket masuknya. Harga tiket masuk ke kawasan wisata ini sangat terjangkau, Rp 10.000,- per orang. Setelah masuk dan membayar tiket, wisatawan dapat menikmati kunjungan ke pantai ini dengan bebas.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Karanggongso

Aktivitas di Pantai Karanggongso
Image Credit: Twitter.com @travelblog_id

1. Menikmati Suasana Pantai

Bersantai sambil menikmati suasana pantai sepertinya tidak akan menjemukan. Apalagi untuk Anda yang mulai bosan dengan suasana rumah dan suasana di tempat kerja. Melepas penat sejenak dengan pergi ke pantai akan menjadi terapi untuk menyegarkan pikiran.

Ombak yang tenang dan suasana pantai yang begitu asri akan memberikan kedamaian bagi wisatawan yang datang. Anda bisa duduk santai atau berjalan-jalan menyusuri pasir pantainya yang putih dan halus. Jika Anda datang saat siang hari atau saat terik, Anda bisa menikmati suasana pantai sambil minum es kelapa yang sangat menyegarkan.

BACA:  Pantai Goa Cina Malang - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

2. Berburu Sunset

Jika Anda datang ke Pantai Karanggongso dan memiliki banyak waktu, sempatkan diri untuk menunggu sore hari. Pemandangan matahari terbenam di pantai ini sangat indah dan mempesona. Menjelang sore saat matahari mulai terbenam, warna-warna senja akan menghiasi langit dan permukaan laut pantai ini.

Suasana yang romantis semakin syahdu dengan perbukitan yang menjadi siluet alam menemani momen sunset di pantai ini. Bagi Anda pecinta sunset, pemandangan matahari terbenam di lokasi pantai tidak boleh terlewatkan.

3. Naik Perahu

Salah satu kegiatan seru untuk wisatawan di pantai ini adalah berkeliling naik perahu. Pengunjung dapat melihat pemandangan laut lebih dekat di sekitar Pantai Karanggongso. Lautnya jernih membuat ikan-ikan di bawah airnya dapat sesekali terlihat saat Anda berada di atas perahu.

Bagi wisatawan yang ingin naik perahu, dapat menyewanya dari nelayan sekitar. Perahu-perahu nelayan yang sudah tersedia untuk wisatawan dapat digunakan untuk berkeliling laut mengitari bukit karang yang tidak jauh dari lokasi pantai. Perjalanan menyusuri laut ini biasanya dikenai tarif Rp 10.000,- per orang.

Wisatawan akan diajak berkeliling kurang lebih 30 menit melihat pemandangan laut dan perbukitan. Anda bisa melihat lebih dekat bukit karang yang sering disebut oleh masyarakat setempat sebagai Pulau Mutiara.

4. Bersantai di Dermaga

Pantai Karanggongso memiliki sebuah dermaga kecil yang biasa digunakan wisatawan untuk berjalan-jalan. Dermaga yang menjorok ke laut ini ujungnya adalah beranda yang sering digunakan untuk wisatawan menikmati pemandangan pantai hingga matahari terbenam.

5. Berenang

Lautnya yang begitu bersih membuat liburan akan terasa kurang lengkap jika tidak berenang di tepi Pantai Karanggosong. Ombaknya yang tidak terlalu besar membuat kawasan di pantai ini aman untuk kegiatan berenang bagi wisatawan.

Jika Anda tidak bisa berenang, tidak perlu khawatir karena bisa menyewa ban atau karet pelampung. Pengunjung dapat menikmati sensasi berenang di tengah birunya air laut. Namun jangan lupa untuk tetap memperhatikan batas aman untuk berenang di kawasan pantai ini.

6. Makan-Makan

Liburan ke pantai dengan rombongan keluarga atau teman akan lebih menyenangkan dengan membawa bekal makanan sendiri. Anda bisa makan-makan di bawah pohon kelapa sambil menikmati panorama alam yang indah di Pantai Karanggosong.

Walaupun Anda bisa membelinya di warung-warung sekitar pantai, membawa bekal makan sendiri tentu akan lebih puas dan lebih hemat. Wisatawan yang ingin makan-makan di pinggir pantai tetap harus menjaga kebersihan area pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak meninggalkan sampah makanan di pantai.

7. Belanja Oleh-Oleh

Saat berada di objek wisata Pantai Karanggongso, Anda akan menjumpai banyak pedagang ikan di pinggir pantai. Para pengunjung dapat membeli ikan-ikan segar sebagai oleh-oleh dari pantai ini.

BACA:  22 Wisata Pantai di Bali yang Paling Hits

8. Berfoto-Foto

Jangan lupa untuk membawa kamera karena keindahan pantai ini sayang jika tidak diabadikan dalam foto. Wisatawan dapat menggunakan beberapa spot menarik untuk berfoto-foto dengan bebas. Spot foto yang bisa dicoba antara lain di dermaga, pantai berpasir, atau di tengah laut saat berenang dan naik perahu.

9. Melihat Upacara Labuh Laut

Labuh laut merupakan salah satu tradisi nelayan di sekitar pantai sebagai wujud rasa syukur. Upacara adat ini dilakukan dengan menggelar acara larung samudera. Wisatawan dapat ikut melihat keramaian dari upacara ini. Namun Anda tidak bisa melihatnya setiap saat, karena labuh laut hanya dilakukan pada hari-hari tertentu.

Penginapan Murah Dekat Dari Pantai Karanggongso

Penginapan Dekat Pantai Karanggongso
Image Credit: Booking.com

1. Oyo 2978 Karanggongso Indah Hotel

Penginapan dengan pelayanan yang ramah ini berada di sekitar pantai eksotis ini. Fasilitas yang disediakan meliputi kamar AC, tempat parkir, restoran, akses wifi gratis, dan resepsionis 24 jam.

2. Pondok Prigi Cottege

Salah satu pilihan hotel di sekitar Pantai Karanggongso ini akan menyambut para tamunya dengan pelayanan yang bagus dan ramah. Menyediakan kamar nyaman dengan fasilitas wifi gratis, tempat parkir, dan restoran.

3. Spot On 2375 Agbil Homestay

Homestay yang berada di Karanggongso Prigi ini menyediakan kamar nyaman untuk wisatawan menginap. Memiliki layanan resepsionis 24 jam dan berbagai fasilitas seperti tempat parkir dan akses wifi gratis.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Karanggongso Trenggalek

Fasilitas di Pantai Karanggongso
Image Credit: Google Maps (Zaenal Arifin)

Pengelola Pantai Karanggongso menyediakan beberapa fasilitas pendukung untuk memberikan kenyamanan bagi para wisatawan yang datang. Berikut adalah beberapa fasilitas yang sudah tersedia di pantai ini.

1. Tempat parkir

Area parkir di pantai ini cukup luas. Wisatawan dapat menggunakan area pantai yang kosong untuk parkir kendaraan.

2. Kamar Mandi

Wisatawan yang basah-basahan bermain di laut dapat mengganti pakaian di kamar mandi yang sudah disediakan. Biasanya saat akhir pekan atau saat ramai pengunjung, untuk menggunakan kamar mandi dikenai biaya sekitar Rp 3.000,-.

3. Rumah Makan

Wisatawan yang tidak membawa makanan sendiri dari rumah tidak perlu khawatir. Ada banyak rumah makan yang bisa ditemui di sekitar pantai ini. Aneka hidangan laut atau seafood dan makanan tradisional dapat Anda nikmati setelah bermain di pantai.

4. Mushola

Fasilitas di pantai ini bisa dikatakan cukup lengkap. Wisatawan bahkan bisa menemukan fasilitas mushola bagi Anda yang akan menunaikan ibadah.

5. Pusat Oleh-Oleh

Toko oleh-oleh khas Pantai Karanggoso tersedia di sepanjang jalan pantai. Anda bisa menjumpai banyak pedagang yang menjual oleh-oleh seperti ikan laut segar, ikan asin, dan berbagai olahan ikan lainnya.

Itulah beberapa informasi menarik mengenai Pantai Karanggongso di Trenggalek. Pantai eksotis dan asri dengan fasilitas yang cukup lengkap ini dapat menjadi alternatif liburan saat Anda berada di Trenggalek, Jawa Timur.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending