Pantai Watu Ulo Jember – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Watu Ulo Jember – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Watu Ulo salah satu wisata pantai yang indah dan unik di Jember. Garis pantainya yang nampak berbelok dari timur menuju selatan bagai lengkungan indah berlatar belakang perbukitan yang memesona.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Sumberrejo, Kec. Ambulu, Kab. Jember, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Jember, daerah di bagian timur Pulau Jawa ini memang terkenal dengan keindahan wisata alamnya. Selain tersohor dengan event JFC, Jember juga terkenal dengan wisata pantainya indah. Salah satu yang unik dan cukup populer di kalangan wisatawan yaitu Watu Ulo beach atau Pantai Watu Ulo.

Watu Ulo berarti Batu Ular. Nama tersebut merujuk kondisi pantai dimana terdapat batu dengan kontur mirip sisik ular yang memanjang di pinggiran pantai dan menjorok ke laut layaknya ular yang tengah tertidur. Batu yang memanjang tersebut seolah menjadi jembatan titian para wisatawan menuju bibir pantai. Namun, hal tersebut dilarang karena membahayakan dan demi menjaga keberadaan batu unik tersebut.

Pantai Watu Ulo yang masih bagian dari pantai selatan Pulau Jawa, memiliki ombak yang cukup besar dengan banyaknya gugusan batu karang yang menghiasi. Sedikit berbeda dengan pantai selatan pada umumnya, pasir pantai yang ada di wisata pantai ini berwarna hitam dan lembut. Namun, hal itu makin menambah keunikan dan keeksotisan wisata pantai ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Watu Ulo

Daya Tarik Pantai Watu Ulo
Image Credit: Twitter.com @kyunis91

Pantai yang juga menjadi andalan pariwisata Kabupaten Jember ini, selalu dipadati pengunjung terlebih ketika musim liburan dan hari besar. Hal ini karena berbagai daya tarik yang dimiliki pantai ini, diantaranya seperti:

1. Tradisi Larung Sesaji

Ragam budaya yang ada di Indonesia menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara khususnya. Wisata pantai ini begitu dekat dengan tradisi dan kebudayaan Jawa yang prosesinya seringkali menjadi buruan siapapun yang berkunjung ke pantai ini.

Tradisi Larung Sesaji atau biasa disebut Petik Laut yang merupakan “Hari Raya Ketupat” bagi masyarakat Jawa, diadakan pada tanggal 7 bulan Syawal. Dalam tradisi ini, masyarakat sekitar melemparkan sesaji ke laut lepas. Hal ini sebagai bentuk rasa syukur dan terima kasih atas hasil laut yang mereka peroleh selama ini.

Prosesi Larung Sesaji ini menjadi tontonan menarik juga unik bagi wisatawan yang berasal dari luar Jember terutama luar negeri. Tidak heran jika menjelang tradisi larung sesaji, banyak turis-turis manca negara yang berkunjung ke Pantai Watu Ulo ini.

2. Sejarah yang Melegenda dan Kental Aura Mistis

Sudah menjadi rahasia umum jika pantai selatan Jawa memiliki aura mistis yang begitu kental. Begitu pula dengan wisata Pantai Ulo ini. Sejarah yang melatar belakangi tercetusnya nama Watu Ulo menambah panjang deretan kisah mistis pantai selatan. Asal usul pantai ini terdiri dari berbagai versi yang berkembang di masyarakat dan ampuh menjadi teknik marketing pantai ini.

Tidak ada yang mampu membuktikan kebenaran kisah tersebut. Namun, terdapat konsistensi dari kesimpulan cerita yang ada. Bahwasanya, Watu Ulo terbentuk dari seekor ular atau naga berukuran besar dan terpotong menjadi tiga bagian yang terpencar. Kepalanya berada di Banyuwangi, bagian badan ada di Jember, sementara ekornya berada di Jawa Tengah.

Daya Tarik dari Pantai Watu Ulo
Image Credit: Google Maps (Smk Albana)

3. Pemandangan yang Eksotis

Pantai Watu Ulo memiliki pasir berwarna hitam serupa dengan Pantai Payangan yang letaknya memang berdekatan. Memandang ke arah laut lepas di ufuk timur, Anda akan disuguhi garis pantai yang membentang luas hingga Taman Nasional Meru Betiri dan perbukitan di Pantai Payangan.

Garis pantai yang panjang dan terlihat berbelok dari timur ke selatan pada bagian ujungnya, tampak seperti lengkungan raksasa berlatar belakang deretan bukit juga langit biru ketika cuaca sedang cerah.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Pantai Watu Ulo

Harga Tiket Pantai Watu Ulo
Image Credit: Google Maps (Jawad Bahonar)

Pantai eksotis ini terletak di ujung bagian selatan Kabupaten Jember, lokasi tepatnya berada di Desa Sumberejo, Jember. Pantai ini berjarak 40 kilometer dari pusat kota. Untuk sampai ke lokasi wisata pantai ini, Anda dapat menempuhnya dari Barat (Lumajang) dan dari arah timur (Banyuwangi).

Lokasi Pantai Watu Ulo Pantai cukup mudah dijangkau, karena masih berada di rute pantai populer di Jember lainnya. Akses menuju lokasi sudah cukup bagus, hanya sedikit jalanan di Desa Sumberejo yang masih terjal. Anda dapat menggunakan kendaraan beroda dua maupun empat bahkan juga bisa menggunakan bus untuk sampai di lokasi wisata.

Jika Anda berangkat dari pusat Kota Jember, maka rute yang harus ditempuh yaitu mulai menuju pertigaan Rambi Puji dilanjutkan menuju arah Balungan. Setelah sampai Balungan, Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju Ambulu, setelah di kecamatan ini Anda tinggal memasuki Desa Sumberejo dan sampailah di lokasi Watu Ulo.

Harga tiket masuk wisata Watu Ulo ini sangat ramah di kantong, pengunjung hanya dikenakan biaya sebesar Rp.10.000,00/orang. Dengan harga yang terjangkau tersebut, Anda sudah dapat menikmati pesona alam yang dimiliki pantai ini.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Watu Ulo

Aktivitas di Pantai Watu Ulo
Image Credit: Instagram.com @teningsuklani

1. Berenang

Berwisata ke pantai tentu tidak lengkap jika belum bermain dengan pasir dan air laut. Meski termasuk pantai selatan, tetapi kegiatan berenang tidak dilarang di pantai ini. Untuk menghindari ombak besar, Anda dapat berenang di bagian yang berada diantara bukit dan batu ular.

2. Naik Perahu

Wisata Pantai Ulo juga merupakan temoat bersandarnya kapal-kapal nelayan. Bukan hanya untuk melaut, kapal-kapal tersebut juga dapat Anda sewa untuk menikmati indahnya pemandangan alam sekitar dari tengah-tengah lautan.

3. Bersantai

Dengan garis pantai yang cukup panjang, pantai ini dapat Anda eksplore dengan menyusurinya bersama orang tercinta. Menikmati indahnya pemandangan dan angin yang berhembus sejuk serta begitu menenangkan.

Jika lelah berjalan-jalan, Anda dapat bersantai di pinggir pantai sembari menikmati es kelapa muda yang segar dan beberapa jenis hidangan nikmat yang dijual warung-warung di sekitar lokasi.

4. Berswafoto

Panorama alam sekitar Pantai Watu Ulo Jember, begitu unik dan indah. Tidak hanya cantik dijadikan obyek foto tetapi juga pas dijadikan latar belakang foto selfie Anda. Kawasan wisata ini memiliki banyak spot cantik dan unik yang wajib Anda abadikan dalam jepretan lensa kamera maupun ponsel pintar Anda.

Salah satu spot favorit wisatawan ialah langit senja atau sunset. Perpaduan semburat jingga diatas langit, dengan garis pantai membentang seolah menuju perbukitan, semakin mempesona dengan kilau pantulan cahaya dari air laut yang nampak bagai berlian.

Penginapan Murah Dekat Dari Pantai Watu Ulo

Penginapan Dekat Pantai Watu Ulo
Image Credit: Penginapan.net

Bagi para wisatawan yang datang dari luar kota maupun luar negeri, tidak perlu merasa risau memikirkan tempat untuk menginap dan beristirahat. Sebab, ada beberapa penginapan yang letaknya tidak terlalu jauh dari lokasi Pantai Watu Ulo.

1. Hotel Ambulu

Hotel ini berjarak 9,6 kilometer dari wisata Pantai Ulo dan beralamat di Jalan Manggar, Ambulu. Hotel ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang menginginkan liburan ala backpacker. Tidak hanya mengutamakan keekonomisan, tetapi juga kenyamanan dalam beristirahat usai berpetualang seharian.

Hotel Ambulu begitu asri dan sejuk, dengan berbagai tanaman yang di susun rapi di bagian halaman serta kanan-kiri pintu masuk. meskii tidak terlalu besar, hotel ini memberi kenyamanan bagi para pengunjungnya. Kebersihan dan kerapihan begitu dijaga, pelayanan yang diberikan juga ramah, hangat dan cekatan.

Adapun fasilitas yang disediakan antara lain, free Wi Fi, area parkir yang luas, AC dalam kamar, restoran serta pelayanan resepsionis 24 jam. Dengan berbagai fasilitas tersebut hotel ini memasang harga mulai Rp.130.000,00/ malam. Harga yang cukup terjangkau bagi wisatawan dan sudah memberi kenyamanan.

2. Forest Papuma Beach Resort

Hotel ini dapat Anda tempuh dalam waktu 7 menit saja dari Pantai Watu Ulo, terletak di Area Kebu, Wuluhan, Jember Regency. Penginapan berkonsep pondokan-pondokan mungil dengan suasana yang sejuk nan asri, memberi ketenangan dan kenyamanan bagi para pengunjung yang menginap di sana.

Harga yang dipasang untuk tiap kamar berbeda-beda dan dengan fasilitas yang berbeda pula, semua disesuaikan dengan budget dan kebutuhan Anda. Harga sewa kamar mulai dari Rp.500.000,00/malam. Sedikit lebih mahal memang, tetapi sepadan dengan fasilitas yang diberikan. Kebersihan dan kerapian yang terjaga, pelayanan yang ramah juga view yang disuguhkan sangat memanjakan mata.

Beberapa fasilitas yang ditawarkan hotel ini antara lain, karaoke room, jaringan internet gratis, area parkir yang luas dan gratis serta jasa sewa kendaraan. Penginapan ini sangat cocok bagi para traveller yang membutuhkan kenyamanan dan kemudahan akses kemanapun. Sebab terletak di jalur rute menuju beberapa wisata pantai yang cukup populer di Jember.

3. Homestay Tepi Laut

Penginapan ini berada di Sumberejo, Ambulu. Homestay Tepi Laut hanya berjarak sekitar 1,01 kilometer menuju Pantai Watu Ulo. Homestay ini dapat menjadi pilihan bagi Anda yang berlibur ke Jember. Sebab, homestay ini mempunyai akses yang cukup mudah menuju beberapa lokasi strategis di Jember.

Homestay Tepi Laut menawarkan fasilitas yang cukup lengkap, seperti kamar mandi plus shower, area bersantai, televisi dan area parkir kendaraan yang cukup luas. Dengan konsep pondokan dengan view lautan, homestay ini membandrol kamarnya dengan harga mulai Rp.175.000,00/malam.

Sebuah homestay yang nyaman, rapi, bersih dan ekonomis. Cocok untuk tema liburan low budget Anda. Homestay ini juga dapat dipesan melaui situ booking online.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Watu Ulo Jember

Fasilitas di Pantai Watu Ulo
Image Credit: Google Maps (Mareita Dewi Kasprianti)

Fasilitas yang disediakan pantai ini terbilang cukup lengkap. Fasilitas umun yang sifatnya mendasar seperti toilet, kamar ganti, mushola serta area parkir, sudah ada dan dalam kondisi yang baik juga cukup terawat. Selain fasilitas tersebut, Anda juga akan menemukan beberapa fasilitas penunjang.

Beberapa fasilitas penunjang tersebut seperti area bermain, warung makan serta pusat informasi. Keberadaan pusat informasi sendiri sangat mudah dijangkau. Anda dapat memperoleh informasi lengkap tentang wisata Watu Ulo dan sekitarnya, serta dapat pula membantu mengetahui keberadaan orang- orang yang terpisah dari rombongan karena asyik bermain di pantai.

Demikian ulasan lengkap tentang obyek wisata Pantai Watu Ulo di Jember. Meski kini kian banyak wisata pantai baru bermunculan, tetapi pesona pantai ini tidak akan tergantikan. Aura mistis serta keunikan pantainya, semakin menggelitik rasa penasaran wisatawan untuk berkunjung ke sana. Semoga dengan membaca artikel ini dapat menjadikan Pantai Waru Ulo sebagai tujuan wisata Anda nantinya.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending