Pantai Papuma, Jember

Pantai Papuma, Jember

Lokasi: Desa Lojejer, Kec. Wuluhan, Kab. Jember.
Map: Cek Lokasi

Sebagai salah satu destinasi wisata yang ada di Jawa Timur, daerah Jember banyak dikunjungi wisatawan saat musim liburan tiba. Tidak sedikit tempat wisata yang ditawarkan di daerah tersebut, seperti misalnya Pantai Papuma yang menyimpan keindahan alamnya. Banyak hal menarik yang dapat Anda lakukan saat berada di pantai ini. Penasaran akan daya tarik yang tersimpan di pantai yang ada di wilayah Jember tersebut? Mari simak ulasannya disini.

Daya Tarik dari Pantai Papuma

Daya Tarik Pantai Papuma
Image Credit: Ksmtour.com

Dapat diketahui sebelumnya bahwa nama pantai berupa Papuma biasa disebut dengan istilah Malikan. Papuma sendiri juga merupakan sebuah singkatan dari kata Pasir Putih Malikan. Pantai yang satu ini juga memiliki nama lainnya yakni Pantai Tanjung Papuma. Hal ini dikarenakan letak dari pantainya yang seakan menjorok ke arah laut. Banyak spot menarik pula yang bisa Anda kunjungi selagi berada di pantai ini.

Seperti misalnya spot di Bukit Pandang yang ada pada pantai tersebut. Bukit ini juga dikenal dengan nama Siti Hinggil. Anda bisa menikmati keindahan alam di pantai tersebut dari bagian atas. Untuk sampai disana, Anda dapat menapaki anak tangga yang telah dibuat dengan tampilan yang menarik. Dengan anak tangga yang berwarna warni dipadu tanaman menghijau di sekitarnya menjadikan tempat ini dapat digunakan untuk spot berfoto.

Daya Tarik Pantai Papuma Jember
Image Credit: Billinaldini.blogspot.com

Daya tarik lain yang dimiliki pantai ini adalah dari kegiatan menyelam yang bisa Anda lakukan. Terdapat hamparan terumbu karang dan biota laut nan indah yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Namun bagi Anda yang hendak mencari suasana liburan santai, maka juga masih terdapat hal lainnya yang bisa dilakukan. Kegiatan yang dimaksud adalah memancing di perairan pada pantai tersebut.

Berburu sunset juga menjadi hal yang menyenangkan selagi berlibur di pantai ini. Panaroma sunset inilah yang membuat pantai ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang datang. Dikenal dengan sebutan surga tersembunyi menjadikan pantai ini banyak dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Sebutan tersebut karena pantai ini memang terkesan tertutupi dengan bukit dan banyaknya tumbuhan di sekitarnya.

Rute Menuju ke Pantai Papuma

Rute Menuju ke Pantai Papuma
Image Credit: Halokakros.com

Untuk sampai ke lokasi dari pantai ini, Anda dapat menempuhnya dengan menggunakan kendaraan roda 2 atau 4 dari pusat kota. Jarak pantai ini dengan pusat kota daerah Jember kurang lebih adalah 35 kilometer. Dari arah kota, Anda bisa menuju ke arah selatan untuk sampai di pantai nan indah tersebut, yakni menuju ke arah Jenggawah. Lalu berbelok untuk menuju ke daerah Sabrang.

Diketahui pula bahwa letak dari pantai ini juga berdekatan dengan kawasan wisata Pantai Watu Ulo. Begitu sampai di gerbang masuk Pantai Papuma ini, Anda diharuskan untuk membayar tiket masuk kepada pihak pengelola. Setelah itu, Anda bisa melewati bukit dengan nuansa nan menyejukkan mata. Medan yang dilalui untuk menuju ke tempat ini juga terbilang cukup baik dengan pemandangan alam nan indah di sekitarnya.

Harga Tiket Masuk di Pantai Papuma

Harga Tiket Masuk di Pantai Papuma
Image Credit: Dakatour.com

Bagi Anda yang hendak berwisata tentu masalah anggaran biaya adalah suatu hal yang layak untuk diperhitungkan. Mulai dari biaya untuk transportasi, konsumsi, dan juga tiket masuk ke tempat wisata ini. Karena tiket masuk ke tempat ini relatif terjangkau juga menjadikan anggaran yang perlu disediakan tidak terlalu besar. Namun tentu saja harga tiket masuk tersebut akan berbeda pada saat hari biasa dengan akhir pekan.

Jika berangkat dari pusat kota, biaya yang diperlukan juga berkisar di angka 100 ribu saja. Dari nominal tersebut akan lebih banyak dianggarkan untuk biaya transportasi dan juga konsumsi selagi berwisata ke tempat tersebut. Saat berada di kawasan pantai ini, kendaraan Anda pun akan dikenakan biaya parkir sesuai dengan jenis kendaraan yang ada. Namun biaya parkir tersebut juga sama halnya dengan biaya parkir di tempat lainnya.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pantai Papuma

Kegiatan Menarik di Pantai Papuma
Image Credit: Suryahardhiyana.com

Sesuai dengan daya tarik yang dimilikinya, di pantai ini Anda bisa melakukan beragam kegiatan yang menarik. Sebut saja berburu spot menarik di pantai tersebut. Anda dapat mencoba berburu foto di pantai tersebut dari bagian atas dengan mendaki bukit yang ada. Di atas bukit juga telah terdapat bangunan seperti pendopo yang telah dibuat khusus bagi para wisatawan.

Pemandangan alam nan indah pun tersaji dari atas ketinggian pada bukit tersebut. Anda pun bisa mencoba berburu foto di area bibir pantai. Pasir putih nan lembut pun akan menyelinap di sela-sela jari dan membuat kegiatan berfoto ini menjadi semakin menyenangkan. Di area tersebut pun Anda bisa bersantai sejenak dari hiruk pikuk kota yang pada rutinitas sehari-hari.

Kegiatan menarik lain yang dapat Anda lakukan adalah mencoba menaiki perahu yang terdapat pada tempat wisata tersebut. Untuk menikmati sensasi naik kendaraan jenis ini, Anda akan dikenakan biaya tertentu untuk menyewanya. Dengan hal tersebut, Anda pun bisa berada di dekat gugusan karang yang banyak tersebar di area pantai indah ini. Tentu pengalaman menaiki perahu sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Kegiatan camping pun bisa Anda lakukan saat berada di area wisata ini. Hal ini tentu menjadikan nilai lebih dari liburan yang Anda lakukan di pantai tersebut. Keindahan laut yang ada akan berpadu dengan keseruan selama melakukan kegiatan camping. Ketika malam hari, Anda pun dapat menikmati suasana pantai yang berbeda sembari diiringi dengan bisikan irama pepohonan di sekitarnya.

Yang tidak kalah menarik dari tempat ini adalah Anda dapat melakukan aktivitas memancing dan juga menyelam. Di perairan yang dipenuhi dengan bebatuan menonjol inilah Anda bisa melakukan aktivitas memancing. Dengan melakukan kegiatan menyelam, Anda pun bisa menikmati panaroma keindahan bawah laut yang ditawarkan di kawasan ini. Sajian kuliner lezat pun bisa Anda coba selagi berwisata ke salah satu pantai di Jember tersebut.

Penginapan yang Ada di Pantai Papuma

Penginapan di Pantai Papuma
Image Credit: Pegipegi.com

Bagi Anda yang berkunjung di pantai cantik ini, tidak perlu risau mengenai masalah penginapan yang hendak dituju selagi berada di tempat tersebut. Mulai dari resort hingga hotel yang banyak tersebar di sekitar kawasan pantai. Jika bertanya terkait masalah harga, maka biaya sewa yang ditawarkan juga terbilang beragam. Anda pun dapat memilih jenis penginapan tersebut sesuai dengan kebutuhan yang dimiliki.

Di era modern seperti saat ini, Anda juga bisa melakukan booking ke tempat penginapan jauh-jauh hari sebelumnya. Sementara bagi Anda yang hendak mencoba sensasi bermalam yang berbeda selama liburan, maka Anda bisa mencoba camping di area pantai tersebut. Kegiatan camping ini pun juga akan terasa seru dengan banyaknya fasilitas yang mendukung di sekitar pantai.

Seiring berjalannya waktu, terdapat banyak penambahan jumlah penginapan di kawasan wisata yang satu ini. Tentu saja dengan hal tersebut menjadikan tempat wisata ini semakin layak untuk dikunjungi. Dengan menginap di area Pantai Papuma ini, Anda bisa merasakan suasana pantai yang berbeda di malam hari. Momen yang menenangkan sembari menikmati suara ombak pun dapat diperoleh dengan berwisata di tempat ini.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Papuma

Fasilitas di Pantai Papuma
Image Credit: Suryahardhiyana.com

Terdapat beberapa fasilitas yang telah disediakan di pantai ini. Dengan pembangunan fasilitas tersebut juga menjadikan pantai ini sangat nyaman dan direkomendasikan untuk dikunjungi. Hingga saat ini pihak pengelola pantai pun masih berupaya untuk mengembangkan beragam fasilitas tersebut. Contoh fasilitas yang diberikan antara lain adalah, mushola, tempat parkir, dan juga toilet.

Juga tersedia tempat untuk menyewa peralatan menyelam dan juga pendopo di area pantai. Tidak ketinggalan, terdapat pula resort serta kedai makanan dan minuman di kawasan pantai tersebut. Untuk masalah isi ulang bensin bagi kendaraan, telah tersedia tempat yang menjual bahan bakar tersebut di area pantai ini. Dengan beragam fasilitas tersebut tentu menjadi nilai lebih tersendiri dari destinasi wisata tersebut.

Terdapat banyak hal menarik yang bisa Anda lakukan saat berwisata ke tempat ini. Sebut saja memancing, menyelam, dan juga berburu spot foto yang menarik. Sajian kuliner di tempat ini pun sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. Mengenai masalah biaya, untuk berwisata ke tempat ini biaya yang harus dikeluarkan juga relatif masih terjangkau selayaknya tempat wisata yang lainnya. Anda tertarik ke tempat wisata yang satu ini?

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending