Pantai Dlodo Tulungagung – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Dlodo Tulungagung

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Dlodo, pantai cantik alami dan asri di Tulungagung yang layak dikunjungi. Pantai terpanjang yang memiliki ombak cukup tinggi dan hamparan pasir coklat yang bersih.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Rejosari Kalidawir, Dlodo, Panggungkalak, Kec. Pucang Laban, Kab. Tulungagung, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Tulungangung merupakan salah satu daerah yang memiliki pesisir dengan pantai-pantai yang indah. Salah satunya adalah Pantai Dlodo yang merupakan destinasi wisata pantai di sebelah barat Pucanglaban, Tulungagung. Pesona keindahan yang dimiliki membuat kawasan wisata ini tidak pernah sepi wisatawan. Apalagi saat akhir pekan atau saat musim tiba, pengunjung pantai ini akan lebih ramai.

Beberapa orang mungkin belum begitu mengenal dengan objek wisata ini. Berikut adalah informasi menarik mengenai daya tarik Pantai Dlodo, harga tiket masuk, fasilitas, dan rute untuk menuju wisata bahari.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Dlodo

Daya Tarik Pantai Dlodo
Image Credit: Twitter.com @humoyrist

Pantai ini merupakan salah satu objek wisata pantai yang menawarkan sejuta pesona. Memiliki banyak daya tarik dengan suguhan pemandangan indah dan unik seperti berikut.

1. Garis Pantai yang Panjang

Pantai cantik ini terkenal dengan garis pantainya yang cukup panjang. Wisatawan dapat berjalan kaki hingga 2km untuk menyusuri pantai dari satu ujung ke ujung lainnya. Hamparan pasir pantainya cukup luas dengan beberapa sisinya membentuk lengkungan cantik.

Garis pantai yang panjang di objek wisata sering dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas wisatawan. Pasir pantainya pun cukup bersih sehingga nyaman untuk pengunjung bermain di area pantai.

2. Ombak Ideal untuk Surfing

Selain memiliki garis pantai yang panjang, objek wisata di Dusun Dlodo ini juga terkenal dengan ombaknya yang tinggi. Ketinggian ombak di Pantai Dlodo kurang lebih 7 meter dan bisa lebih tinggi saat air laut pasang.

Ombak yang tinggi di pantai ini sangat ideal untuk kegiatan olahraga surfing atau selancar. Ombak pantai ini bahkan dapat mencapai ketinggian 12 meter pada waktu-waktu tertentu seperti saat supermoon.

3. Pantai Dengan Gurun Pasir

Daya tarik yang membuat tempat ini banyak wisatawan penasaran dan tertarik mengunjunginya adalah keberadaan gundukan pasir yang cukup luas. Gurun pasir yang cukup tinggi akan dilalui wisatawan sebelum mencapai lokasi bibir pantai. Sementara itu, hamparan pasir pantai di sini juga cukup luas untuk wisatawan bermain di atasnya.

BACA:  Pantai Sipelot Malang - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Uniknya, Anda bisa menemukan pasir di Pantai Dlodo dengan dua warna yang berbeda. Pasir pantainya memiliki warna sedikit kecokelatan. Sedangkan di salah satu sisi pantai, terdapat gundukan pasir dengan warna hitam yang gelap.

Keberadaan gundukan pasir terbentuk secara alami sehingga menciptakan pemandangan gurun pasir yang unik. Anda juga bisa menemukan kepiting-kepiting kecil yang sering membuat lubang pasir di beberapa sisi pantai.

Daya Tarik dari Pantai Dlodo
Image Credit: Instagram.com @jelajahtulungagung

4. Adanya Sungai di Tepi Pantai

Selain gurun pasir alami, wisatawan juga dapat menemukan keunikan lainnya yaitu keberadaan sungai di tepi pantai. Memberikan pemandangan genangan air payau yang tidak biasa dijumpai di pantai-pantai lainnya.

Aliran air yang meliuk hingga bibir pantai menyajikan pemandangan yang begitu mempesona. Arusnya cukup tenang dengan ketinggian air yang hanya setumit orang dewasa. Beberapa ikan-ikan kecil juga sering dijumpai berenang di area pertemuan air tawar sungai dan air asin laut Dlodo.

Panorama teluk yang dapat ditemui di pantai ini berada di sisi barat. Area ini menyuguhkan pemandangan yang indah dengan perbukitan hijau di sekelilingnya.

5. Pemandangan Cantik Pulau Pandan

Pada salah satu sisi Pantai Dlodo terdapat sebuah bukit karang yang cukup tinggi. Masyarakat sekitar menyebutnya sebagai Pulau Pandan. Keberadaan bukit dengan pepohonan hijau ini semakin menambah pesona yang tersaji di pantai ini.

Pemandangan yang begitu indah akan terlihat saat matahari mulai terbit. Jika dilihat dari salah satu sisinya, seolah-olah matahari keluar dari balik bukit karang atau Pulau Pandan ini.

Suasana romantis dan syahdu pun akan terasa saat langit di atas pantai ini terlihat kuning keemasan. Cocok untuk pasangan muda-mudi yang ingin menikmati pemandangan romantis di tepi pantai.

6. Pemandangan Pohon-Pohon Kelapa

Pantai Dlodo di Tulungagung ini juga menawarkan pemandangan pantai tropis dengan deretan pohon-pohon kelapanya. Saat akan memasuki area pantai, wisatawan akan menyusuri jalanan yang sekelilingnya berjejer pohon-pohon kelapa yang tinggi.

Pemandangan cantik dari adanya pohon kelapa ini juga semakin menambah pesona pantai terutama di dekat aliran air payau. Selain memberikan pemandangan yang indah, keberadaan pepohonan-pepohonan ini juga memberikan suasana yang lebih sejuk di sekitar pantai.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Pantai Dlodo

Harga Tiket Pantai Dlodo
Image Credit: Google Maps (Desa Rejosari)

Pantai yang bisa dikunjungi kapan saja ini berada di Dusun Dlodo. Lokasinya bisa diakses dengan cukup mudah. Jalan yang dapat digunakan untuk mencapai pantai sudah cukup baik.

Jika Anda berada di sekitar Pasar Ngunung, ambil arah ke selatan yang menuju Pucanglaban. Beberapa petunjuk jalan juga sudah disediakan sehingga mudah untuk wisatawan sampai ke Pantai Dlodo, Tulungagung. Anda bisa mengikuti petunjuk jalan tersebut untuk membantu perjalanan Anda dari arah Pucanglaban ke lokasi pantai.

BACA:  20 Wisata Pantai di Pacitan yang Paling Hits

Objek wisata terkenal sebagai salah satu destinasi liburan yang murah meriah. Pengunjung yang masuk ke kawasan pantai hanya dikenai retribusi parkir sekitar Rp 5.000,-. Wisatawan yang ingin berkunjung ke pantai ini sebaiknya menggunakan sepeda motor karena lebih mudah untuk akses masuknya. Setelah membayar tiket masuk, selanjutnya wisatawan bisa menikmati pantai dan bermain di sana dengan puas.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Dlodo

Aktivitas di Pantai Dlodo
Image Credit: Instagram.com @excisia.id

1. Menikmati Pemandangan Sunrise

Salah satu aktivitas yang menarik untuk dilakukan pengunjung Pantai Dlodo adalah menikmati pesona keindahan saat matahari terbit. Wisatawan dapat melihat dari sisi barat Pulau Pandan untuk pemandangan terbaik di pantai ini saat sunrise.

Anda akan menyaksikan pemandangan cantik di atas Pulau Pandan dengan semburat langit merah keemasan. Semakin indah dengan pantulan yang terlihat di permukaan air laut.

2. Bermain di Pinggir Pantai

Saat mengunjung area pantai, bermain di bibir pantainya cukup aman. Namun wisatawan sebaiknya memperhatikan kondisi ketinggian gelombang. Anda bisa bermain air di sekitar pantai sambil menikmati pemandangan alam di sekelilingnya.

3. Berenang

Kegiatan seru dan menyenangkan untuk menikmati objek wisata ini adalah berenang di bibir pantai. Jika Anda berani untuk sedikit ke tengah, Anda bisa merasakan keseruan tubuh Anda diseret gelombang ke arah pantai. Pastikan jarak untuk berenang ini aman agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Bermain Air di Teluk Sine

Keberadaan kolam air yang cukup dangkal di Teluk Sine ini dapat dimanfaatkan pengunjung Pantai Dlodo untuk bermain. Airnya cukup jernih dan bersih sehingga nyaman untuk Anda yang ingin bermain air.

Bagi pengunjung yang datang bersama pasangan, jalan-jalan santai di area air payau ini juga bisa menjadi momen yang cukup romantis. Ditambah lagi dengan semilir angin yang memberikan hawa yang lebih segar.

5. Berfoto

Pemandangan cantik dan unik dari kawasan objek wisata Pantai Dlodo pastinya sayang untuk dilewatkan begitu saja. Saat Anda akan berlibur ke pantai ini, jangan lupa untuk membawa kamera atau perlengkapan fotografi.

Wisatawan pengunjung pantai ini bisa berfoto-foto di banyak pilihan spot cantik yang ada. Beberapa spot terbaik untuk berfoto adalah di sekitar gundukan pasir, di kolam air payau, dan tentunya di area pantai dekat Pulau Pandan.

6. Mencari Hewan-Hewan Pantai

Kegiatan yang satu ini cocok untuk wisatawan yang datang bersama anak-anak. Kawasan pantai yang masih cukup terjaga membuat beberapa hewan khas pasir pantai dapat ditemui.

Anda bisa mengajak anak-anak untuk mencari kepiting dan kepompong di Pantai Dlodo. Biasanya hewan-hewan kecil ini akan lari saat ada wisatawan yang mendekat. Hal tersebut tentu bisa menjadi keseruan tersendiri terutama untuk si kecil.

BACA:  Pantai Batu Hiu Pangandaran - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

7. Berselancar

Pantai yang menawarkan ombak cukup tinggi ini merupakan lokasi yang ideal untuk olahraga selancar. Bagi para peselancar yang ingin menyalurkan hobinya bisa mencoba menaklukan ombak pantai ini yang biasa mencapai 7 meteran.

Penginapan Murah Dekat Dari Pantai Dlodo

Penginapan Dekat Pantai Dlodo
Image Credit: Booking.com

Fasilitas penginapan di sekitar pantai masih cukup terbatas. Penginapan yang paling dekat dapat ditemukan di sekitar Pantai Sine yang jaraknya sekitar 30 menit dari lokasi Pantai Dlodo. Anda juga bisa memilih penginapan di sekitar Kabupaten Tulungagung seperti berikut.

1. Hotel Srikandi

Salah satu penginapan yang cukup terjangkau adalah Hotel Srikandi. Anda bisa beristirahat di kamar yang nyaman dengan fasilitas standar seperti tempat tidur, meja, tv, dan AC.

2. Hotel Mulya Jaya

Ada juga pilihan penginapan lain di Tulungagung seperti Hotel Mulya Jaya. Fasilitas kamar nyaman bisa menjadi alternatif untuk Anda beristirahat setelah mengunjungi pantai ini maupun objek wisata pantai lainnya di Tulungagung.

3. Gita Puri Hotel

Penginapan dengan fasilitas yang cukup lengkap di tawarkan Gita Puri Hotel Tulungagung. Anda bisa memesan kamar untuk beristirahat maupun menginap dengan tarif per malam yang masih cukup terjangkau.

4. Sultan Guesthouse

Kamar yang nyaman juga ditawarkan oleh penginapan di Tulungagung ini, Sultan Guesthouse namanya. Lokasinya masih berada di daerah Tulungagung yang tidak jauh dari Pantai Dlodo.

5. Crown Victoria Hotel Tulungagung

Bagi Anda yang menginginkan penginapan dengan fasilitas lebih lengkap dan modern, hotel yang satu ini bisa menjadi pilihannya. Crown Victoria Hotel Tulungagung terkenal sebagai salah satu penginapan terbaik yang lokasinya mudah diakses dari kawasan Pantai Dlodo.

Fasilitas kamar nyaman dengan AC dan dilengkapi juga tv layar datar. Tarif per malamnya tidak terlalu mahal walaupun fasilitas penginapan ini cukup modern.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Dlodo Tulungagung

Fasilitas di Pantai Dlodo
Image Credit: Facebook.com @christnu.markus

Fasilitas di kawasan pantai tidak begitu banyak hanya tersedia beberapa warung makan. Warung-warung ini juga terkadang tidak buka. Namun saat musim liburan, Anda bisa menemukan banyak warung makan yang menjual berbagai makanan dan minuman.

Jika Anda berlibur ke pantai ini pada hari-hari biasa atau weekdays, sebaiknya membawa bekal makanan sendiri. Jangan lupa dengan bekal minuman agar tetap terdehidrasi saat Anda bermain di pantai, terutama jika cuaca sedang cukup terik.

Fasilitas lain yang ada di sekitar pantai adalah toilet atau tempat ganti. Setelah Anda bermain air atau basah-basahan, Anda bisa menggunakan bilik ganti tersebut dengan membayar sekitar Rp 3.000,- per orang.

Itulah beberapa informasi menarik mengenai objek wisata Pantai Dlodo. Daya tarik dan akses yang mudah membuat kawasan ini selalu dikunjungi wisatawan. Walaupun fasilitasnya masih terbatas, tidak menghalangi wisatawan untuk berlibur di Pantai Dlodo dengan menyenangkan.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending