Pantai Payangan Jember – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Payangan Jember - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Payangan salah satu wisata pantai yang memesona di Jember dengan keindahan alamnya. Pantai berpasir yang kaya pesona mulai dari Bukit Samboja hingga Goa Jepang.

Harga Tiket: Rp 7.500, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Sidomulyo, Sido Mulyo, Sumberrejo, Kec. Ambulu, Kab. Jember, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Jember merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang memiliki potensi wisata alam yang cukup besar, salah satunya ialah Pantai Payangan. Pantai ini merupakan salah satu destinasi yang dicari-cari oleh turis lokal hingga internasional. Keindahan pantainya yang eksotis dan mempesona membuat siapapun yang datang ke pantai ini akan berdecak kagum dan terpesona.

Pemandangan alamnya terlihat jernih dan juga indah alami dengan berbagai paduan warna dan garis yang terbentuk dari garis pantai dan juga pepohonan. Lautnya jernih dengan pasir yang lembut. Anda dapat menikmati keindahan pantai secara langsung dengan berbagai aktivitas yang dapat Anda lakukan di kawasan pantai cantik di Jember ini.

Sebagai kawasan wisata alam, tentunya Pantai Payangan memiliki daya tarik dan juga aktivitas menarik untuk dilakukan di kawasan pantainya yang indah. Berikut ini beberapa informasi yang terkait dengan Pantai Payangan. Dari informasi mengenai daya tarik, alamat, fasilitas hingga penginapan terdekat dan juga terbaik yang dapat Anda simak.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Payangan

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Payangan
Image Credit: Instagram.com @cheikamahavira

1. Kawasan yang Indah

Setiap sudut dari kawasan wisata pantai ini merupakan kekayaan keindahan alam yang tiada duanya. Anda dapat melihat berbagai macam pemandangan pada satu kawasan yang sama. Dari tumpukan bebatuan hingga hamparan laut yang luas. Anda dapat naik ke atas bukit untuk melihat pemandangan yang indah dengan lebih jelas lagi.

2. Pasir Pantai yang Lembut

Pasir pantai di kawasan ini memang berwarna hitam. Namun, warna hitam yang dimiliki cukup solid dan indah untuk dipandang. Selain itu walaupun warnanya tidak putih, pasir ini sangat lembut. Bahkan nyaman untuk digunakan sebagai pijakan. Hal ini tentunya menjadi salah satu pesona pantai yang dapat Anda nikmati.

BACA:  16 Wisata Pantai di Surabaya & Sekitarnya yang Paling Hits

Pasir hitam seperti yang ada di Pantai Payangan Jember ini dapat digunakan untuk bermain istana pasir, menulis di pasir, ataupun melakukan aktivitas pantai seperti bermain bola voli hingga permainan sepak bola pantai.

3. Hamparan Pasir Luas

Hamparan pasir di pantai ini cukup luas dan juga landai. Tentunya hal ini dapat dimanfaatkan sebagai sarana dari berbagai aktivitas yang dapat dilakukan oleh turis yang berkunjung ke kawasan ini. Anda dapat menikmati luasnya hamparan pasir dengan angin laut yang berhembus dengan cukup kencang.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Payangan Jember
Image Credit: Instagram.com @ardi.kn

4. Tumpukan Batu yang Estetis

Batu-batu di kawasan Pantai Payangan Jember ini cukup banyak. Namun Anda tidak perlu khawatir, batu ini sudah dikumpulkan ke satu lokasi. Batu yang telah terkumpul dengan rapi ini tersusun dengan indah dan dapat menjadi obyek foto yang menarik. Anda juga masih dapat melihat susunan batu karang alam di dekat bukit.

Susunan karang ini membentuk celah-celah berisi air laut yang dangkal. Anda dapat bermain dan juga melihat biota laut yang hidup di sela-sela karang. Biota tersebut dapat berbentuk kepiting, udang, ikan kecil. Kerang, dan lain sebagainya. Tentunya Anda tetap harus menjaga kelestarian dari eksosistem karang ini.

5. Pesona Bukit Samboja

Tidak jauh dari tepi pantai, Anda dapat mengunjungi bukit yang terbentuk dari karang yang berukuran besar ini. Bukit ini diberikan nama oleh warga setempat sebagai Bukit Samboja.

Dari atas bukit ini Anda dapat melihat pemandangan pantai dan sekitarnya dengan sangat jelas. Pantai yang berbentuk teluk dengan warna-warni dari biru lautan hingga hijau rerumputan terlihat jelas.

6. Goa Jepang

Selain pesona pantai, Anda juga dapat mengunjungi goa kecil yang berisi beberapa peninggalan Jepang yang terletak tidak jauh dari Pantai Payangan. Goa ini cukup bersejarah dan juga dapat menjadi obyek foto yang indah dan menarik.

Tidak banyak diketahui sejarah dari goa ini. Namun Anda dapat mengunjungi dan berfoto di dalam goa peninggalan Jepang ini.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Pantai Payangan

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Pantai Payangan
Image Credit: Instagram.com @yudisukamto

Lokasi wisata bahari ini berada di garis pantai selatan dari Kota Jember. Anda dapat menggunakan rute dari Kota Jember mengambil arah selatan melalui Pasar Mangli. Dari pecahan Pasar Mangli, Anda hanya perlu untuk melaju mengikuti jalan menuju arah selatan untuk mencapai Pantai Payangan.

BACA:  Pantai Jolosutro Blitar - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Jalan menuju pantai ini sudah cukup bagus, namun jalannya cukup berliku-liku. Untuk Anda yang menyenangi perjalanan berliku, tentunya jalan menuju lokasi pantai ini akan menjadi kesan yang indah. Namun jika Anda memiliki mabuk darat, ataupun mudah pusing, tentunya Anda perlu membawa beberapa obat untuk mengurangi gejala mabuk darat selama di perjalanan.

Untuk masuk ke kawasan wisata Pantai ini, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar 7.500 rupiah per orangnya. Selain itu Anda juga perlu membayar retribusi parkir motor ataupun mobil. Untuk motor Anda dikenakan biaya sebesar 5.000 rupiah, sementara mobil dikenakan 10.000 rupiah. Cukup mahal jika dibandingkan pantai yang lainnya, namun keindahan pantai ini tidak akan mengecewakan.

Di pantai ini Anda dapat berkeliling dengan menaiki kuda. Untuk menyewa kuda Anda hanya perlu membayar 20.000 untuk satu jam berkeliling. Hal ini tentu menyenangkan bagi Anda yang senang dan berani untuk mencoba hal-hal baru.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Payangan

Aktivitas di Pantai Payangan
Image Credit: Instagram.com @huntingtonch_md

1. Bermain di Pantai

Bermain di Pantai Payangan Jember dapat menjadi aktivitas yang cukup menarik. Anda dapat menggunakan area tepi pantai yang landai untuk beraktivitas. Bermain bola pantai dan juga bermain dengan membuat istana pasir merupakan beberapa hal yang paling digemari oleh wisatawan yang datang.

2. Jalan-jalan Mengelilingi Kawasan Pantai

Kawasan pantai yang cukup luas membuat jalan-jalan menjadi hal yang menyenangkan. Anda dapat mengelilingi tepian pantai dengan pasirnya yang halus maupun berkeliling mendaki bukit bahkan mengunjungi Goa kecil di pantai ini. kawasannya yang luas membuat Anda tidak akan bosan dengan pemandangan yang tersaji di pantai ini.

3. Hunting Foto

Hunting foto merupakan salah satu aktivitas yang tidak boleh terlupakan. Dengan kawasan yang begitu indah, tentunya akan sangat disayangkan jika Anda lupa untuk mengabadikan momen di Pantai Payangan Jember. Anda dapat mencari obyek foto landscape yang indah ataupun menggunakan hamparan laut yang indah sebagai background foto yang menarik.

Tentunya tidak hanya monoton mengambil foto di siang hari, Anda dapat menggunakan waktu sebagai salah satu alat untuk mempercantik foto. Pada pagi hari, Anda dapat mengambil foto matahari yang baru saja terbit dengan langitnya yang biru dan suasana yang dingin serta segar.

Dan tidak lupa, di sore hari Anda dapat mengambil foto kawasan ataupun obyek dengan suasana yang oranye dan sendu. Cerminan awan dan matahari yang dengan jelas terpantul di setiap sisi lautan dan pasir. Tentunya Anda tidak ingin melewatkan kesempatan ini ketika berkunjung.

BACA:  Pantai Delegan Gresik - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai Payangan

Penginapan Pantai Payangan
Image Credit: Traveloka.com

1. Foresta Papuma Resort

Resort ini berada tepat di pinggir pantai. Anda akan mendapatkan kamar dengan halaman yang berupa hamparan pasir putih yang indah. lokasinya tidak terlalu jauh dari Pantai Payangan Jember. Resort yang dikelola untuk perhutani ini sudah cukup nyaman untuk dihuni dengan nuansa khas rindangnya pepohonan pantai yang membuat suasana menjadi indah.

2. Foresta Resort Papuma Villa Mahoni

Resort yang satu ini juga berada tepat di pinggir pantai. lokasinya mudah dijangkau dari arah wisata pantai ini. Anda dapat menikmati istirahat malam yang indah dan nyaman di villa ini. layaknya Foresta Papuma Resort, di kawasan ini juga setiap kamar dibangun berbentuk bilik-bilik yang terpisah berbentuk rumah kecil indah dan tentunya nyaman untuk dihuni.

3. Hotel Ambulu Jember

Hotel yang satu ini terletak sedikit jauh dari kawasan Pantai Payangan. Namun Anda dapat menikmati berbagai fasilitas hotel yang mewah dan juga lengkap. Setiap kamarnya sudah dilengkapi dengan AC, TV, WIFI dan tempat tidur yang nyaman. Anda juga dapat menikmati ruang bersantai yang dibangun khusus menghadap ke hamparan sawah yang indah.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Payangan Jember

Fasilitas di Pantai Payangan Jember
Image Credit: Instagram.com @huntingtonch_md

Di pantai Payangan Anda dapat menikmati fasilitas dasar seperti toilet, tempat sampah dan juga musholla. Sebagai tambahannya, di pantai ini Anda juga dapat menikmati gazebo yang dibangun dengan khusus untuk Anda beristirahat di siang hari. Gazebo ini dapat dimanfaatkan sebagai area beristirahat sejenak, menikmati alam sembari makan siang.

Jalan setapak dan juga tangga yang terdapat di kawasan ini juga sudah dibangun dengan rapi dan indah. Setiap langkah dari jalan Anda akan ditemani oleh taman bunga kecil di sekelilingnya. Hal ini tentu membuat Anda tidak akan lelah ketika berjalan-jalan mengitari kawasan pantai ini yang cukup luas.

Setelah menyimak beberapa informasi mengenai pesona Pantai Payangan di Jember, Anda dapat memiliki gambaran yang lebih jelas mengenai berbagai aktivitas yang menarik, yang dapat dilakukan di pantai cantik ini. Pantai ini dapat Anda kunjungi disaat kunjungan Anda ke Kota Jember untuk bekerja ataupun untuk menikmati liburan yang indah.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending