Pantai Kedung Tumpang Tulungagung – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Kedung Tumpang Tulungagung

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga TiketPantai Kedung Tumpang salah satu pantai nan eksotis di Tulungagung, Jawa Timur yang layak Anda kunjungi. Pantai yang menyuguhkan karang dan tebing terjal yang menantang bagi wisatawan.

Harga Tiket: Rp 8.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Pucanglaban, Kec. Pucang Laban, Kab. Tulungagung, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Pantai Kedung Tumpang adalah salah satu destinasi wisata yang bertempatkan di Kabupaten Tulungagung Jawa Timur. Pantai yang satu ini memiliki kondisi yang cukup unik, karena terdapat lekukan ataupun ceruk yang menyerupai kolam pada bagian tengah karang.

Tentu saja wisata pantai yang ada di Tulungagung ini dapat menjadi destinasi pilihan bersama dengan sahabat ataupun keluarga. Apalagi jalan untuk bisa menuju lokasi Pantai tersebut sudah diaspal dengan baik, sehingga kendaraan roda dua ataupun roda empat bisa mengaksesnya.

Pesona keindahan alam yang dimiliki oleh pantai Kedung Tumpang akan menyambut setiap wisatawan yang datang. Bahkan para wisatawan tidak hanya bisa menikmati pemandangan saja, namun bisa melakukan berbagai macam hal yang menyenangkan ketika datang ke wisata tersebut.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Kedung Tumpang

Daya tarik Pantai Kedung Tumpang
Image Credit: Google Maps (Alexa Pradi)

Dengan lokasinya yang masih tergolong sepi, sehingga menjadikan wisata ini masih sangat alami. Meskipun demikian, pantai ini memiliki daya tarik sendiri yang bisa memberikan kesan memukau kepada siapapun yang datang. Nah, di bawah ini adalah beberapa daya tarik yang patut Anda ketahui sebelum datang ke pantai Kedung Tumpang:

1. Menjadi Spot Sunset dan Sunrise

Daya tarik yang dimiliki oleh pantai ini adalah para wisatawan bisa berburu spot sunrise dan juga sunset. Karena kawasan yang ada di pantai tersebut memiliki tempat yang paling cocok untuk menikmati matahari terbit ataupun matahari tenggelam.

Karena lokasinya berada di atas laut, jadi para pengunjung bisa dengan jelas melihat suasana fajar dan juga senja. Jangan sampai Anda melewatkan momen ini dan bisa membidik momentum tersebut dengan kamera yang Anda miliki.

2. Bebatuan Karang yang Menarik

Daya tarik selanjutnya, terdapat bebatuan karang yang cukup besar. Bahkan para wisatawan bisa dengan mudah menaiki bebatuan karang tersebut.

Dengan adanya bebatuan karang inilah yang menjadikan pantai tersebut terlihat lebih cantik dan unik. Sehingga banyak yang penasaran dan berkunjung ke destinasi wisata tersebut.

3. Tebing Terjal di Sekitar Pantai

Pantai ini tidak hanya memiliki bebatuan karang, akan tetapi juga memiliki tebing yang menjulang tinggi. Dengan ketinggian tebing inilah membuat banyak para wisatawan bisa dengan mudah melihat pemandangan dari atas perbukitan tersebut.

Daya tarik dari Pantai Kedung Tumpang
Image Credit: Twitter.com @trans7

4. Jalanan Terjal Saat Menuju Pantai Menjadi Tantangan

Saat menuju pantai para wisatawan harus melewati jalan yang cukup terjal, yang mana jalan ini tidak bisa dilewati dengan memakai kendaraan roda dua sekalipun. Pastinya hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi para wisatawan.

Sebab untuk turun ke pantai, Anda akan melewati yang memiliki desain cukup curam. Sehingga para wisatawan yang ingin melihat pantai harus melewati tangga tersebut yang sudah disediakan tali sebagai keamanan para pengunjung.

Dikarenakan tangga tersebut cukup licin sehingga para wisatawan diharuskan menggunakan sepatu yang khusus untuk medan jalan seperti tersebut. Dan tidak disarankan menggunakan sandal biasa karena bisa membuat penggunanya tergelincir.

5. Memiliki Ombak yang Cukup Besar

Daya tarik berikutnya yang dimiliki oleh Pantai Kedung Tumpang ini, memiliki ombak yang sangat besar. Hal tersebut disebabkan karena pantai ini berhadapan secara langsung dengan laut selatan.

Sehingga pihak pengelola pantai pun selalu menghimbau para wisatawan agar tidak berenang di sekitar area pantai tersebut. Karena gelombang ombaknya yang cukup tinggi dan besar kerap kali menghantam batu karang. Tentunya hal tersebut cukup mengkhawatirkan dan membahayakan jika saja terdapat pengunjung yang nekat berenang.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Pantai Kedung Tumpang

Alamat Pantai Kedung Tumpang
Image Credit: Facebook.com @nurhasyim.nurhasyim

Lokasi dari pantai Kedung tumpang ini bertempatkan di Kabupaten Tulungagung lebih tepatnya berada di desa pucanglaban. Jika Anda berniat berlibur ke pantai tersebut, Anda bisa mengambil rute dari terminal Tulungagung menuju ke arah timur sampai melewati sebuah kampus IAIN Tulungagung.

Setelah itu jika sudah sampai perempatan lampu merah, Anda bisa mengambil arah kanan kemudian lurus hingga mengikuti jalur utama. Jalan ini nantinya akan berkelok-kelok sampai menuju Desa Jabon, kemudian Anda harus tetap berjalan sampai menuju pertigaan, dan baru setelah itu mengambil arah kiri yang akan menuju Pantai Kedung Tumpang.

Untuk Anda yang penasaran dengan harga tiket masuk ke wisata pantai ini, maka tak perlu cemas karena tiket masuknya sangat terjangkau. Untuk per orang hanya dikenakan biaya Rp 8.000 saja. yang murah tersebut tentu tidak akan membuat Anda merogoh kocek yang dalam.

Namun, para wisatawan yang datang dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Diharuskan membayar parkir, yang dayanya juga sangat terjangkau. Untuk kendaraan roda dua harus membayar parkir sekitar Rp 5.000, sedangkan untuk pengunjung yang membawa kendaraan roda empat harus membayar biaya sekitar Rp 10.000.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Kedung Tumpang

Aktivitas di Pantai Kedung Tumpang
Image Credit: Twitter.com @belajargeologi

1. Melakukan Trekking Menuju Pantai

Untuk bisa menuju ke Pantai para pengunjung harus menyiapkan fisik yang kuat. Sebab objek yang satu ini berada cukup jauh dari jalan raya. Para pengunjung diharuskan berjalan kurang lebih sejauh 3 km, dan inilah yang menjadi kegiatan menarik ketika datang ke pantai Kedung tumpang.

Terlebih lagi jalanan yang akan dilalui ketika muncul pantai tidak rata, masih terdapat lubang serta bebatuan yang cukup terjal. Tentu kegiatan tracking inilah yang membuat berwisata semakin seru dan tidak bisa didapatkan ketika datang ke wisata lain.

2. Duduk Santai Sembari Melihat Pemandangan

Di sekitaran area pantai juga terdapat beberapa gazebo ataupun tempat duduk yang bisa digunakan para pengunjung untuk beristirahat sejenak. Para pengunjung bisa duduk santai sembari melihat pemandangan dari laut yang ada di bawah.

Terlebih lagi dengan semilir angin yang membuat para pengunjung semakin nyaman meskipun udara panas yang cukup terik. Anda pun bisa menikmati momen tersebut bersama dengan keluarga dengan bercengkrama.

3. Berenang di Kolam Alami

Kegiatan yang selanjutnya para wisatawan dapat berenang ketika datang ke Pantai Kedung Tumpang. Namun perlu diingat jika para wisatawan hanya boleh berenang pada kolam alami dari batuan karang yang ada di pinggiran pantai. Jadi para pengunjung tidak boleh berenang ke laut karena memang ombaknya cukup besar.

para pengunjung bisa merasakan sensasi berenang di kolam alami ataupun kolam jacuzzi. Para pengunjung yang ingin berenang ke sini tentu akan merasakan aliran air yang sangat tenang. Apalagi dengan kondisi airnya sangat jernih dan menyegarkan, akan sangat cocok untuk dinikmati karena cuaca yang ada di Tulungagung memang cenderung panas.

Anda pun tidak perlu cemas karena pada kolam renang alami tersebut tidak ada hewan laut sama sekali. Bahkan batu karang yang tajam yang bisa mengganggu juga tidak ada. jadi para pengunjung bisa tetap aman ketika bermain air di kolam ini.

Terdapat hal yang wajib diingat oleh para wisatawan, jika ingin menikmati kolam renang alami ini maka harus datang pagi hari pada saat air laut telah surut. Waktu yang paling tepat adalah sebelum jam 10 pagi, karena jika sudah lewat dari jam 10 pagi tentu air laut akan pasang sehingga sangat berbahaya jika berenang di kolam alami tersebut.

Penginapan Murah Terdekat dari Lokasi Pantai Kedung Tumpang

Penginapan Terdekat Pantai Kedung Tumpang
Image Credit: Booking.com

1. Hotel Victoria Crown

Untuk yang pertama terdapat penginapan yang bernama Hotel Victoria Crown. hotel yang satu ini sangat cocok jika ditempati ketika Anda berniat berlibur ke Tulungagung. Apalagi dengan jarak yang tidak terlalu jauh dengan Pantai Kedung Tumpang, sehingga perjalanan Anda pun tidak terlalu berat.

Hotel yang satu ini cukup membuat nyaman para pengunjung. Sebab para pengunjung yang menginap akan difasilitasi dengan adanya sarapan gratis, bisa menggunakan wi-fi secara bebas.

2. Front One Hotel Tulungagung

Penginapan ini juga patut untuk dipertimbangkan, karena memiliki banyak fasilitas yang memadai. Dengan caranya yang tidak terlalu jauh dengan lokasi pantai. tentu akan membuat Anda semakin nyaman ketika perjalanan.

3. Patria Plaza Hotel

Hotel ini memiliki pelayanan yang tak kalah menarik. Bukan hanya jaraknya saja yang dekat dengan kawasan pantai, namun Anda bisa menikmati layanan spa dan juga pijat untuk melepas lelah.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Kedung Tumpang Tulungagung

Fasilitas di Pantai Kedung Tumpang
Image Credit: Instagram.com @tulungagung_explorer

Para pengunjung tidak perlu khawatir dengan fasilitas yang ada di destinasi wisata tersebut. Meskipun jaraknya cukup jauh dengan jalan raya, namun di dalamnya terdapat beberapa fasilitas seperti tempat makan, gazebo, toilet dan juga mushola.

Jadi Anda tidak perlu khawatir jika tidak membawa makanan, karena di sana telah disediakan tempat makan dengan harga yang terjangkau. Apalagi kondisi air dan juga kamar mandinya juga cukup bersih.

Itulah sekilas informasi yang bisa diberikan kepada Anda mengenai destinasi wisata Pantai Kedung Tumpang yang berada di Tulungagung. Pastikan Anda menyiapkan fisik yang baik jika berniat datang ke wisata pantai menantang ini.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending