Pantai Anyer, Serang

Daya Tarik, Rute & Harga Tiket Masuk Keindahan Pantai Anyer di Serang memang menawarkan panorama yang menawan lengkap dengan fasilitas yang mengesankan. Apalagi kawasan pantai ini menawarkan banyak pantaipantai cantik yang bisa dijadikan tujuan liburan.

Lokasi: Jl. Raya Anyer, Kec. Anyer, Kab. Serang.
Map: Cek Lokasi

Serang menjadi salah satu kota yang menawarkan banyak wisata bahari yang menawan. Salah satunya yang kondang dikunjungi wisatawan adalah Pantai Anyer. Kawasan pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan baik dari wisatawan lokal hingga domestik. Banyak pula yang menanggap jika pantai satu ini tak kalah cantik dengan pantai yang ada di Bali. Dan untuk mengintip keindahannya, Anda bisa menyimak ulasan berikut.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Anyer

Daya Tarik Pantai Anyer
Image Credit: Indonesiakaya.com

Sebagai kawasan yang cukup dekat dengan Jakarta, menjadikan kawasan Anyer ini selalu jadi favorit. Namun sebelum mengintip keindahannya, ada baiknya kita mengetahui sejarah singkat dari pantai satu ini. Jejak sejarah dari pantai Anyer yang ada di Banten ini tak hanya perihal kerja rodi saja. Asal usul namanya juga unik, dimana nama Anyer berasal dari kata Anyar yang dalam bahasa Jawa menjadi anyar yang artinya Baru.

Karena memang kota ini sebelumnya memiliki nama Sudi Mampir yang kemudian kawasan sudi Mampir ini rusak parah. Sebabnya adalah meletusnya Gunung Krakatau di tahun 1883. Kemudian beberapa tahun selanjutnya kembali dibangun setelah banyak yang berdatangan dari berbagai daerah. Dan perubahan namanya menjadi Anyar atau yang dikenal dengan Anyer. Membuat kawasan pantai ini semakin unik hanya dari namanya saja.

Daya Tarik Pantai Anyer Serang
Image Credit: Pantainesia.com

Dan untuk pantai Anyer sendiri, merupakan pantai dengan pasir putih dan juga lautnya yang biru. Tak hanya suguhan pasir putih, ada banyak spot menarik yang juga bisa dinikmati ketika Anda berkunjung ke pantai ini. Di sepanjang pantai Anyer sendiri berjejer pantai dengan nama yang beragam. Ada sekitar 11 pantai yang akan membuat wisata bahari Anda semakin lengkap dan tentunya menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Tak heran, jika warga Jakarta memanfaatkan pantai pantai di sepanjang pantai Anyer sebagai destinasi menghabiskan akhir pekan. Daya tarik wisatanya memang luar biasa, apalagi ombaknya terbilang bersahabat. Meskipun jika bermain air harus tetap hati hati serta mematuhi protokol yang diberlakukan. Ketika mengatakan Pantai Anyer, pantai yang dimaksudkan tidak hanya satu, namun semua pantai yang ada di Kec. Anyer.

Alamat & Rute Menuju Kawasan Pantai Anyer

Alamat & Rute Menuju Kawasan Pantai Anyer
Image Credit: Adv-banten.blogspot.com

Lokasi pantai Anyer berada di Kec. Anyer, Kab. Serang, Provinsi Banten. Selain menyangkut sejarah, nama Anyer diambil dari kecamatan yang ada di Kabupaten Serang. Diambil nama tersebut karena memang di Kec. Anyer ini sebagian besar kawasannya berada di kawasan bibir pantai. Sepanjang perjalanan Anda akan disuguhkan pemandangan mempesona, karena memang sepanjang jalan akan ada pantai, Anda tinggal memilihnya mau mampir yang mana.

Untuk menikmati keindahan kawasan pantai ini, Anda bisa menggunakan beberapa jalur alternatif. Salah satu rute yang banyak digunakan adalah rute yang dimulai ketika keluar tol Cilegon di bagian timur dan menuju kota Ciwandan. Setelah itu Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju pasar dan tiba Pantai Anyer. Jalur satu ini sudah lebih baik saat ini, sehingga perjalanan Anda ke daerah pantai di Anyer akan semakin nyaman.

Selain jalur tersebut, Anda juga bisa menggunakan rute dari Jakarta dan menuju ke tol Serang Timur. Berlanjut menuju Kabupaten Serang, dari pusat kotanya Anda bisa mengambil jalur untuk ke Kantor Gubernur baru belok kanan. 50 meter Anda harus mengambil jalan belok kiri ke Jl. Mayor Safei. Bertemu lampu merah ambil kiri di Simpang Brimob ambil kanan. Setelah di pasar Anyar, tak lama Anda akan sampai di kawasan pantai Anyer.

Harga Tiket Masuk Pantai Anyer

Harga Tiket Masuk Pantai Anyer
Image Credit: Redaksi24.com

Untuk harga tiket yang diberlakukan di kawasan Pantai Anyer ini beragam. Mulai dari Rp. 15 ribu dan belum termasuk dengan parkir kendaraan. Ada yang harganya lebih mahal dari itu seperti pantai Sambolo yang tiketnya dikenakan Rp. 25 ribuan.

Tak hanya harga tiket, harga parkir kendaraan juga berbeda tergantung dari kendaraan yang Anda bawa. Semakin besar kendaraan maka akan semakin mahal harga parkir kendaraannya. Harga tersebut juga bisa berubah sewaktu waktu.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pantai Anyer

Kegiatan di Pantai Anyer
Image Credit: Tagar.id

Mengunjungi pantai tak hanya bisa bersantai atau menikmati hamparan laut luas, karena saat ini wisata pantai sudah semakin berkembang. Sudah ada banyak atraksi yang membuat wisata pantai tak akan pernah membosankan. Meskipun kegiatan utama yang banyak dilakukan adalah bersantai dan menyusuri pantainya. Berjalan di atas pasir, tentunya akan menjadikan keseruan tersendiri. Sekalian saja, berburu foto untuk diunggah ke media sosial.

Pantai Anyer memiliki mercusuar yang tinggi setara 16 lantai ini menjadi salah satu spot favorit wisatawan. Anda bisa naik ke puncaknya setelah menaklukkan anak tangga yang jumlahnya sekitar 280an. Namun semua perjuangan Anda akan terbayar begitu tiba di atas mercusuar ini. Pemandangan yang mempesona mengundang decak kagum siapapun yang melihatnya. Panoramanya akan membuat Anda semakin bersyukur atas lukisan alamnya.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan aktivitas air seperti menyelam, berenang maupun berselancar. Ada beberapa kawasan yang memiliki air tenang sehingga Anda bisa berenang maupun menyelam. Bagian yang berkarang, memang sudah diperingatkan untuk tidak dijadikan sebagai lokasi berenang. Sementara untuk selancar ada beberapa pantai Anyer yang memiliki ombak besar. Sehingga sangat potensial untuk dijadikan sebagai lokasi surfing.

Pantai ini menawarkan wahana atau permainan yang akan membuat pengunjung semakin betah berlama lama. Menaiki ATV mengelilingi kawasan pantainya tentunya akan jadi kegiatan yang menyenangkan. Ada beberapa penyewaan yang bisa dimanfaatkan jika ingin bermain ATV. Kegiatan menantang lainnya yang tak kalah seru adalah menaiki banana boat. Wahana satu ini tetap hits hingga kini karena menantang adrenalin serta sangat seru.

Berlibur rasanya memang tak lengkap jika tak membawa kamera andalan. Kawasan pantai satu ini memang memiliki pemandangan yang luar biasa, sehingga harus diabadikan. Berburu foto pemandangan maupun sunset yang mempesona bisa Anda lakukan. Ketika sore hari menjelang petang memang pantai mendadak ramai. Sebab waktu ini waktu tepat untuk menikmati keindahan pantai dengan bingkaian warna jingga yang mempesona.

Agar membuat kegiatan liburan Anda lengkap, jangan lupakan kegiatan wisata kuliner. Ada beberapa warung makan maupun restoran yang bisa Anda cicipi menunya. Menikmati sajian lezat dengan pemandangan yang luar biasa pastinya akan membuat nafsu makan meningkat. Selain bisa membeli di sekitaran pantai, bagi Anda yang memang membawa bekal juga bisa mengelar tikar kemudian makan bersama dengan keluarga maupun teman teman.

Penginapan di Sekitar Pantai Anyer

Penginapan di Sekitar Pantai Anyer
Image Credit: Wisataindonesia.co.id

Anda bisa menikmati keindahan pantai di Anyer ini semakin puas jika menginap. Terutama bagi wisatawan luar kota, ada baiknya untuk menginap. Mencari tempat menginap juga bukanlah perkara yang sulit. Ada berbagai hotel, vila, home stay, maupun cottage yang nanti bisa Anda pilih. Ketika musim liburan, penginap penginapan ini akan dipenuhi dengan para wisatawan. Sehingga ada baiknya untuk memesan jauh jauh hari sebelum fullbook.

Tak hanya menginap di penginapan, bagi Anda yang backpacker juga bisa mendirikan tenda. Masing masing pantai memberlakukan harga dan ketentuan tersendiri untuk pengunjung yang ingin bermalam di dekat pantai. Menginap di tenda juga bisa menjadi hal yang menyenangkan, karena bisa bebas menikmati sunset maupun sunrise. Ketika malam tiba bisa menyalakan api unggun sambil menikmati hamparan langit penuh bintang.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Anyer

Fasilitas di Pantai Anyer
Image Credit: Indonesiakaya.com

Sebagai destinasi wisata yang populer, Anda tak perlu khawatir perihal fasilitas. Karena fasilitas dasar seperti toilet, mushola hingga lahan parkir tersedia cukup nyaman. Beberapa pantai bahkan memberikan fasilitas berupa bumi perkemahan, restoran hingga toko cinderamata. Masalah keamanan dan kenyamanan juga tak perlu diragukan karena ada puluhan pemandu wisata maupun life guard yang selalu siap sedia.

Karena memiliki fasilitas yang cukup memadai, tak jarang Pantai Anyer akan menjadi tempat untuk melakukan acara. Mulai dari gathering, arisan keluarga maupun outing kantor bisa dilakukan di pantai ini. Pihak pengelola rata rata mampu memfasilitasi keperluan sound system hingga panggung. Bahkan jika Anda ingin mengadakan acara lengkap dengan dangdutnya, penyanyinya juga bisa sekalian disiapkan.

Jajaran pantai di daerah Serang ini memang memiliki pesona yang unik unik. ada 11 pantai yang bisa Anda kunjungi dan semuanya akan menawarkan pemandangan yang menakjubkan. Bukan hanya pemandangan, fasilitas yang ada juga akan membuat liburan semakin nyaman dan menyenangkan. Jadi sudahkah Anda memutuskan untuk menjadikan wisata bahari Anyer sebagai destinasi wisata berikutnya?

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending