15 Pantai Terindah di Banten yang Wajib Dikunjungi

Pantai Banten

Jika Berencana Liburan ke Banten, Berikut Rekomendasi Wisata Pantai Cantik di Banten. Destinasi Wisata Bahari Terindah dan Paling Hits yang Patut Anda Kunjungi Saat Liburan.

Banten merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang mengalami perkembangan cukup pesat, mengingat bahwa wilayah ini dijadikan sebagai sentra industri yang ada di pulau Jawa. Secara geografisnya sendiri, Banten berada di ujung barat pulau Jawa yang berbatasan dengan laut Jawa, Selat Sunda, serta Samudera Hindia.

Hal ini menyebabkan Banten memiliki banyak wisata bahari yang begitu indah dan patut untuk Anda kunjungi saat liburan. Berikut deretan pantai cantik di Banten yang bisa Anda pilih.

1. Pantai Anyer

Pantai Anyer
Image Credit: Ksmtour.com

Pantai Anyer adalah satu satu destinasi wisata yang sangat populer di Banten. Bahkan rasanya kurang lengkap jika Anda berjalan jalan ke Banten tanpa mengunjungi pantai satu ini. Pantai Anyer selalu ramai dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun dari luar daerah tersebut. Terlebih pada saat akhir pekan, Anda akan melihat pantai ini dipadati oleh pengunjung yang ingin menghabiskan liburan di pantai tersebut.

Sesuai dengan namanya, pantai ini berlokasi di kawasan Anyer, Kabupaten Serang. Daya tarik yang paling kuat sehingga membuat pengunjung berbondong bondong untuk datang kemari, yaitu karena pantainya yang bersih dengan pasir putih yang sangat halus. Di sini Anda bisa melakukan berbagai aktivitas pantai seperti berenang, bermain pasir, menyelam, bermain olahraga air, hingga wisata kuliner dengan santap hidangan khas laut.

Lokasi: Jl. Raya Anyer, Kec. Anyer, Kab. Serang.

2. Pantai Tanjung Lesung

Pantai Tanjung Lesung
Image Credit: Explorewisata.com

Berikutnya ada Pantai Tanjung Lesung yang juga tidak boleh Anda lewatkan ketika berkunjung ke banten. Pantai ini terletak di kawasan Kabupaten Pandeglang dan hanya berjarak sekitar 108 km dari Kota Jakarta. Dengan menawarkan keindahan pantai yang mempesona serta pasir putih yang bersih, Anda dijamin betah untuk berlama lama di pantai satu ini.

Lokasi: Tanjung Jaya, Kec. Panimbang, Kab. Pandeglang.

3. Pantai Sawarna

Pantai Sawarna
Image Credit: Serangbanten.com

Pantai di Banten selanjutnya yang harus Anda kunjungi yaitu Pantai Sawarna. Pantai ini berlokasi di daerah Sawarna dan masih tergolong baru untuk dijelajahi. Tidak seramai Pantai Anyer, di sini Anda akan menemukan ketenangan dalam melihat keindahan pantai yang sangat menawan. Biasanya pelancong dari luar negeri banyak yang melakukan selancar di pantai ini, karena ombaknya yang cukup besar dan menantang untuk selancar.

Lokasi: Sawarna, Kec. Bayah, Kab. Lebak.

4. Pantai Bagedur

Pantai Bagedur
Image Credit: Pantainesia.com

Pantai di Banten yang juga menarik untuk dikunjungi adalah Pantai Bagedur. Pantai ini berada di kawasan Kecamatan Malingping dan berjarak sekitar 115 km dari Rangkasbitung. Jika Anda bukan merupakan penduduk asli Banten, maka seperti ini merupakan kali pertama Anda mendengar nama Pantai Bagedur. Pantai ini memang tidak begitu populer, namun bagi warga Banten sendiri pantai ini cukup terkenal dengan keindahannya.

Suasana pantai yang sangat asri dengan pengunjung yang tidak begitu banyak akan memberi kedamaian serta kesejukan tersendiri. Terlebih jika Anda berkunjung di sore hari, menikmati indahnya matahari terbenam pada suasana senja, dengan menyusuri pantai berdua dengan pasangan tanpa banyak pengunjung yang lain tentu akan memberi kesan romantis.

Lokasi: Sukamanah, Kec. Malingping, Kab. Lebak.

5. Pantai Carita

Pantai Carita
Image Credit: Ksmtour.com

Pantai Carita ini memiliki pasir yang begitu putih dengan air laut yang sangat jernih, sehingga menjadikannya salah satu pantai terbaik yang ada di Banten. Lokasi dari Pantai Carita ini terletak di pesisir barat Provinsi Banten, tepatnya di kawasan Pandeglang. Di pantai ini Anda bisa melihat pemandangan indah dari Gunung Krakatau dari tepi pantai. Karakteristik ombaknya yaitu ombak kecil yang menghembus tepian pantai.

Sehingga Anda bisa berenang atau melakukan olahraga air seperti banana boat, jet ski, dan lain sebagainya. Fasilitas yang disuguhkan oleh Pantai Carita juga cukup lengkap, sehingga Anda tidak perlu khawatir ketika berkunjung kemari. Mulai dari lahan parkir, toilet untuk Anda bilas setelah bermain pasir, dan lain sebagainya. Anda juga bisa menikmati hidangan olahan laut di pinggir pantai, sembari menikmati sejuknya udara yang ada.

Lokasi: Sukarame, Kec. Carita, Kab. Pandeglang.

6. Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong
Image Credit: Mantai.id

Pantai Karang Bolong adalah salah satu pantai yang cukup unik di Banten. Sesuai dengan namanya, pantai ini berada di dalam sebuah karang yang bolong karena telah dihempas ombak laut. Sayangnya Anda tidak dapat berenang di pantai satu ini, karena banyak karang di lokasi yang bisa membahayakan. Namun pemandangannya yang indah tentu masih bisa Anda nikmati, dengan segudang keunikannya yang juga patut untuk Anda kunjungi.

Lokasi: Karang Suraga, Kec. Cinangka, Kab. Serang.

8. Pantai Ciputih

Pantai Ciputih
Image Credit: Kelanaku.com

Pantai Ciputih merupakan salah satu pantai di kawasan Kabupaten Pandeglang, yang masih sangat asri dan belum banyak terjamah orang. Di sini Anda bisa merasakan suasana alam yang begitu sejuk, dengan banyaknya pepohonan yang tumbuh di sekitar area pantai. Jika Anda datang dari Jakarta, hanya memerlukan waktu sekitar 6 jam untuk bisa tiba di lokasi pantai dan menikmati berbagai keseruan di pantai satu ini.

Saat tiba di lokasi pantai, hamparan pasir putih yang sangat kontras dengan air laut biru cantik akan menyapa indra penglihatan Anda. Selain keindahannya yang begitu memukau tersebut, para wisatawan biasanya juga terkagum kagum dengan pemandangan bawah lautnya yang menakjubkan. Tak heran jika pengunjung Pantai Ciputih banyak yang melakukan snorkeling saat berlibur di sini.

Lokasi: Ujung Kulon National Park, Kertamukti, Kec. Sumur, Kab. Pandeglang.

9. Pantai Cihara Lebak

Pantai Cihara Lebak
Image Credit: Ihategreenjello.com

Selanjutnya ada objek wisata Pantai Cihara Lebak yang bisa Anda kunjungi saat berlibur ke Banten. Pantai ini terletak tidak jauh dari kota Malingping, dan di sini Anda akan disuguhkan pemandangan pantai yang memukau. Anda bisa menyaksikan banyaknya karang yang berpadu dengan deburan ombak dari lautan yang begitu jernih. Di sepanjang perjalanan menuju pantai, Anda juga bisa melihat pemandangan sawah nan hijau yang menyegarkan.

Lokasi: Ciparahu, Kec. Cihara, Kab. Lebak.

10. Pantai Pelabuhan Merak

Pantai Pelabuhan Merak
Image Credit: Travelingyuk.com

Di Pelabuhan Merak, Anda bisa melihat berbagai aktivitas hilir mudiknya kapal. Selain itu pemandangan di pelabuhan juga sangat menawan apalagi pada saat sore hari. Sinar matahari terbenam yang membuat siluet dari deretan kapal di tepi pantai, bisa dijadikan sebagai latar belakang foto yang begitu apik. Anda yang menyukai fotografi, sangat direkomendasikan untuk kemari karena banyak objek foto indah yang bisa diabadikan.

Selain itu di dekat Pantai Pelabuhan Merak juga terdapat sebuah pulau yang begitu menarik untuk Anda kunjungi. Pulau ini bernama Pulorida dan berlokasi tidak jauh dari pantai tersebut. Anda bisa berkunjung ke sana dengan menggunakan perahu yang bisa disewa untuk menuju lokasi. Anda pasti tidak akan menyesal setelah tiba di pulau tersebut, panorama alamnya yang begitu mempesona bisa membuat Anda terhipnotis.

Lokasi: Mekarsari, Kec. Pulomerak, Kota Cilegon.

11. Pantai Karang Taraje

Pantai Karang Taraje
Image Credit: Fajarbanten.com

Destinasi wisata bahari selanjutnya yang harus Anda kunjungi selama di Banten yaitu Pantai Karang Taraje. Pantai ini memiliki karang yang cukup luas, bahkan terdapat karang yang berbentuk seperti tangga yang bisa bisa Anda lalui untuk merasakan deburan ombak lebih dekat. Tetapi Anda harus selalu waspada jika berpijak pada karang tersebut, karena deburan ombak bisa saja menghempaskan Anda.

Karena banyaknya batu karang tersebut, Anda bisa mendapatkan berbagai foto yang estetik dan tentunya instagramable. Anda yang menyukai fotografi benar benar akan sangat dimanjakan di Pantai Karang Taraje ini. Selain berfoto ria dan menikmati indahnya pantai, Anda juga melakukan wisata kuliner seafood yang dijajakan oleh beberapa pedagang di pinggiran pantai.

Lokasi: Darmasari, Jl. Raya Transit Bayah Cisolok, Kec. Bayah, Kab. Lebak.

12. Pantai Mabak

Pantai Mabak
Image Credit: Sixorganizer.com

Pantai Mabak menawarkan pemandangan yang sangat indah yang tentunya tidak kalah dari pantai lainnya. Apalagi saat menjelang sore hari, Anda bisa melihat keindahan matahari tenggelam di balik laut yang dipenuhi semburat jingga. Di depan pantai Anda juga bisa menemukan pulau kecil yang memiliki nama Pulau Merak Kecil, yang bisa dilihat dari tepi pantai dan menjadi sebuah pemandangan yang cukup menawan.

Lokasi: Mekarsari, Kec. Pulomerak, Kota Cilegon.

13. Pantai Tanjung Layar

Pantai Tanjung Layar
Image Credit: Ihategreenjello.com

Pantai Tanjung Layar terletak di kawasan Desa Wisata Sawarna, dan menyuguhkan pemandangan yang begitu unik. Sesuai dengan namanya, di sini Anda bisa menemukan dua bongkahan batu karang yang memiliki bentuk seperti layar. Selain karena pemandangan unik tersebut, para wisatawan yang datang kemari juga memburu keindahan matahari terbenam yang begitu mempesona jika dilihat dari tepi pantai.

Lokasi: Sawarna, Kec. Bayah, Kab. Lebak.

14. Pantai Caringin

Pantai Caringin
Image Credit: Badakpos.com

Wisata bahari Caringin terkenal memiliki panorama alam yang begitu indah, dengan pasirnya yang kecoklatan dan air laut yang begitu jernih serta beberapa terumbu karang. Selain keindahannya tersebut, Pantai Caringin juga cukup dikenal sebagai salah satu wisata ziarah yang ada di Banten. Banyak orang berkunjung ke pantai yang terletak di kawasan Pandeglang ini untuk melakukan ziarah. Selain ziarah, banyak juga pengunjung yang melakukan aktivitas memancing.

Lokasi: Caringin, Kec. Labuan, Kab. Pandeglang.

15. Pantai Bugel Mega Cemara

Pantai Bugel Mega Cemara
Image Credit: Go-travel-in-indonesia.blogspot.com

Terakhir ada Pantai Bugel Mega Cemara yang meski namanya masih cukup asing, namun ternyata memiliki banyak keindahan yang tidak disangka. Dengan pepohonan hijau yang tumbuh di sekeliling pantai, suasananya menjadi begitu asri dan sejuk. Ditambah dengan air lautnya yang sangat jernih menerpa batu karang di sekeliling pantai. Anda dijamin akan sibuk mengagumi pantai ini saat bertandang kemari.

Lokasi: Banyuasih, Kec. Cigeulis, Kab. Pandeglang.

Itulah deretan wisata pantai cantik di Banten tersebut bisa menjadi pilihan destinasi Anda untuk berlibur bersama keluarga. Selain menawarkan pemandangan yang begitu indah dan mempesona, pantai pantai tersebut juga dilengkapi dengan fasilitas yang memadai untuk para pengunjungnya. Seperti tempat penyewaan alat olahraga air, tempat bilas, hingga lahan parkir yang cukup.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending