Pantai Sawarna, Lebak

Pantai Sawarna, Lebak

Daya Tarik, Rute & Harga Tiket Masuk – Menghadap ke samudera Hindia, Pantai Sawarna di Lebak menghadirkan pantai dengan ombak besar dan arus kuat khas pantai selatan. Pantai ini sangat cocok untuk kegiatan selancar dan berbagai aktivitas seru lainnya.

Lokasi: Desa Sawarna, Kec. Bayah, Kab. Lebak.
Map: Cek Lokasi

Banten dikenal memiliki banyak destinasi wisata yang tidak kalah memukau dan mengasyikkan dari daerah lain di Indonesia. Salah satu tujuan wisata di Banten yang banyak dikunjungi adalah Pantai Sawarna Lebak yang terletak di desa wisata Sawarna. Di sana wisatawan akan dimanjakan dengan pesona pantai dan berbagai kegiatan seru. Agar tidak semakin penasaran, yuk jelajahi alam pantai Sawarna dalam ulasan ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Sawarna

Daya Tarik Pantai Sawarna
Image Credit: Serangbanten.com

Berada di pesisir selatan, pantai Sawarna memiliki panjang 65 km dengan air laut yang jernih dan pasir putih. Selain itu, kawasan pantai ini juga dikelilingi perbukitan dengan pepohonan yang hijau dan asri. Kemudian di beberapa bagian pantai, terdapat karang yang alami dan eksotis. Pantai satu ini tidak terlalu ramai pengunjung, sehingga wisatawan bisa menikmati pesona alam Sawarna yang tersembunyi.

Daya Tarik Pantai Sawarna Lebak
Image Credit: Sultantv.co

Yang mana harmoni keindahan yang dimiliki pantai tersebut, menjadi salah satu daya tarik utama bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Bahkan ada banyak wisatawan yang menjuluki pantai di pesisir selatan ini sebagai “The Hidden Paradise” atau “Surga yang tersembunyi”. Dengan wilayah yang cukup luas, pantai satu ini menyajikan pesona bentang alam dengan berbagai aneka panorama yang mengagumkan nan elok.

Alamat dan Rute Menuju Kawasan Pantai Sawarna

Alamat dan Rute Menuju Kawasan Pantai Sawarna
Image Credit: Instagram.com @adisnrltaa

Pantai satu ini terletak di desa wisata Sawarna yang berada di kabupaten Lebak, Banten. Menghadap ke selatan, pantai satu ini berbatasan langsung dengan samudera Hindia dan merupakan kawasan pesisir pantai. Memiliki luas 2.500 Ha, pantai Sawarna di kelola oleh BUMDes Sawarna. Untuk letak pantai lebih spesifik, bisa menggunakan bantuan aplikasi Google Map ataupun aplikasi lain.

Terletak di desa wisata, pantai satu ini memiliki akses transportasi yang mudah dengan jalan raya yang bagus, meskipun masih ada berapa titik ruas jalan yang berlubang. Untuk bisa menuju pantai dengan rute yang paling tepat, maka bisa menggunakan bantuan aplikasi petunjuk arah seperti Google Map atau Waze. Dari ibu kota Jakarta, pantai ini memiliki jarak sekitar 230 km. Dengan kendaraan pribadi, maka bisa ditempuh dengan waktu 6 hingga 7 jam perjalanan.

Jika datang dengan menggunakan kendaraan umum, maka akan lebih lama sekitar 9 hingga 10 jam perjalanan. Jika datang dari Jakarta bagian timur maka bisa mengambil rute Jakarta menuju Ciawi Bogor, kemudian ke arah Pelabuhan Ratu. Selanjutnya menuju arah Cisolok dan berakhir di Sawarna. Sementara yang datang dari arah Jakarta Barat, maka bisa melewati Serang dan meneruskan perjalanan menuju Pandeglang. Selanjutnya menuju Saketi ke arah Malingping, lalu dilanjutkan ke Bayah dan berakhir di Sawarna.

Untuk wisatawan yang datang dari arah Bandung, maka bisa menuju ke arah Cianjur dan langsung mengarah ke Sukabumi. Kemudian dari Sukabumi bisa menuju Cibadak dan dilanjutkan ke arah Pelabuhan Ratu. Kemudian perjalanan bisa dilanjutkan ke arah Cisolok dan nantinya sampai di Sawarna. Untuk memudahkan perjalanan maka bisa meminta bantuan dari aplikasi Google Map atau Waze.

Harga Tiket Masuk Pantai Sawarna

Harga Tiket Masuk Pantai Sawarna
Image Credit: Sawarna.net

Untuk bisa masuk ke pantai indah satu ini, wisatawan tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Sebab harganya cukup terjangkau, yakni Rp. 5 ribu per orang sebagai biaya retribusi tiket masuk untuk pengelolaan dan pemeliharaan tempat wisata. Namun tidak hanya dari pos masuk pantai Sawarna saja, tiket masuk ini juga berlaku untuk wisata yang ada di desa Sawarna seperti pantai Goa Langir, pantai Tanjung Layar, dan lainnya.

Jika Anda pertama kali berkunjung, maka ada baiknya menggunakan jasa guide lokal. Sebab ada banyak keuntungan yang didapatkan, seperti tahu sejarah dan informasi lengkap destinasi yang dikunjungi dan juga lebih menghemat pengeluaran biaya liburan. Sebab guide akan tahu rute alternatif yang ada di kawasan wisata tersebut. Selain itu, wisatawan juga akan terhindar dari pungutan liar serta liburan menjadi lebih terjadwal.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pantai Sawarna

Kegiatan di Pantai Sawarna
Image Credit: Tempo.co

Tidak hanya menyajikan pemandangan pantai yang begitu memesona, di pantai ini juga menawarkan beragam kegiatan menarik dan seru untuk dilakukan. Salah satunya adalah olahraga air surfing. Dikenal memiliki ciri khas ombak selatan yang besar dengan arus kuat, membuat pantai Sawarna menjadi destinasi wisata selancar. Adanya gelombang yang cukup tinggi yang disertai dengan angin kencang, sangat ideal untuk bermain surfing.

Tidak hanya peselancar lokal saja yang jatuh cinta dengan gelombang tinggi milik pantai ini, peselancar mancanegara pun juga ikut jatuh hati. Bahkan pantai ini tidak pernah sepi dari adanya kegiatan olahraga selancar. Tingginya antusiasme wisatawan dengan olahraga surfing, kemudian memunculkan tempat tempat penyewaan alat surfing yang dilengkapi dengan guide profesional.

Tidak hanya untuk peselancar saja, area pinggir pantai juga ramah untuk wisatawan yang ingin bermain air atau berjalan bertelanjang kaki menyusuri lembutnya pasir pantai. Orangtua pun tidak perlu khawatir, jika anak anak ingin bermain air karena area pasir pantai yang luas. Selain itu, penjaga pantai akan siap sedia mengawasi dan mengingatkan wisatawan yang tanpa sadar memasuki wilayah berbahaya.

Meskipun memiliki ombak yang cenderung besar, namun di pantai satu ini terdapat beberapa spot yang seru untuk olahraga renang. Terutama di perairan yang dangkal. Di spot ini, wisatawan bisa berenang dengan batas aman antara 25 hingga 30 meter dari bibir pantai. Di sana juga sudah ada rambu rambu seperti bendera dan papan imbauan yang dipasang di setiap tepi pantai. Meskipun setiap spot tidak ada tower pemantau, namun life guard siap memantau dan menyelamatkan.

Yang menarik dari pantai satu ini adalah, wisatawan bisa melihat indahnya momen sunrise maupun sunset. Biasanya banyak pecinta fotografi akan memanfaatkan momen tersebut. Tidak hanya wisata pantai saja, di kawasan tersebut juga terdapat beberapa objek gua. Sehingga selain dapat menikmati pemandangan pantai, pengunjung juga bisa melakukan jelajah gua. Ditemani guide, pengunjung akan diarahkan dan juga diberi penjelasan mengenai sejarah tentang gua.

Menginap dan berkemah di kawasan pantai Sawarna, juga termasuk kegiatan seru yang pastinya akan disayangkan jika tidak dicoba. Kegiatan ini memperbolehkan wisatawan untuk beristirahat sambil menikmati keindahan pemandangan pantai lebih lama. Jika wisatawan menyukai alam bebas dan kegiatan yang memacu adrenalin, maka bisa mendirikan kemah di wilayah yang aman di pantai.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Sawarna

Fasilitas di Pantai Sawarna
Image Credit: Duniarahmi.wordpress.com

Masuk dalam kawasan desa wisata Sawarna, tentunya membuat pantai satu ini menawarkan berbagai fasilitas yang dapat menunjang kenyamanan para wisatawan. Tidak hanya fasilitas umum seperti toilet, kamar bilas, dan musholla. Di pantai juga bisa ditemukan banyak tempat makan, mulai dari warung warung tenda hingga restoran. Selain itu, Di ujung pantai Sawarna juga terdapat batu batu karang, yang bagus digunakan sebagai spot foto.

Tidak hanya jasa penyewaan surfing ataupun guide surfing profesional, di pantai ini juga sudah tersedia jasa pemandu wisata guna memperoleh informasi dan memandu untuk menemukan tempat indah yang tersembunyi di kawasan pantai. Selain itu, puluhan personel dari Badan Penyelamatan Wisata Tirta (Balawista) Banten juga sudah siap siaga mengamankan aktivitas wisatawan di pantai tersebut.

Penginapan di Pantai Sawarna Lebak

Penginapan di Pantai Sawarna Lebak
Image Credit: Wisataku.id

Berlibur di tempat yang mengasyikkan, tentunya akan sayang jika hanya dihabiskan dalam waktu sehari saja. Jika Anda ingin berlibur ke pantai Sawarna, maka ada baiknya mempersiapkan segalanya termasuk tempat bermalam. Pasalnya, liburan di wilayah Sawarna akan sayang jika cuman sehari atau dua hari. Selain karena ada banyak tempat wisata yang perlu dikunjungi, perjalanan menuju wilayah ini bisa dibilang cukup melelahkan.

Tidak perlu khawatir dengan penginapan, sudah ada banyak penginapan di sekitar Sawarna. Mulai dari homestay, hotel, cottege, resort, hingga villa pun ada. Untuk masalah harga, ada beragam harga yang ditawarkan mulai dari harga yang murah dengan berbagai fasilitas yang lengkap hingga hotel murah pun juga bisa ditemukan di sekitar wilayah Sawarna.

Menjadi sebuah desa wisata, Sawarna memiliki banyak destinasi wisata yang bakal seru untuk dikunjungi. Selain itu di sana juga ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan, mulai dari olahraga surfing hingga melakukan wisata belanja. So, apakah Anda tertarik berkunjung ke pantai di desa wisata ini? Semoga informasi dalam ulasan ini dapat membantu Anda dan selamat berlibur.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending