Pantai Logending Kebumen – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Logending Kebumen

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga TiketPantai Logending Kebumen yang juga dikenal dengan sebutan Pantai Ayah menawarkan ragam pesona, hutan mangrove dan menjadi spot menikmati sunset.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Argopeni, Kec. Ayah, Kab. Kebumen, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Objek wisata Pantai Logending merupakan salah satu wisata pantai yang berada di Kabupaten Kebumen. Pantai ini sering dijadikan destinasi liburan keluarga atau liburan bersama pasangan saat akhir pekan dan saat musim liburan tiba.

Pantai ini menyajikan pemandangan yang indah dengan beragam pesona dan daya tariknya. Pantai ini juga memiliki fasilitas pendukung yang sudah cukup lengkap. Wisatawan pun dapat menikmati liburan dengan lebih nyaman saat berkunjung ke pantai cantik ini.

Pantai yang juga dikenal dengan nama Pantai Ayah ini merupakan salah satu pantai di Kebumen yang selalu ramai pengunjung. Wisatawan yang datang ke Pantai Logending bukan hanya dari Kebumen tetapi juga dari luar daerah.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Logending

Daya Tarik Pantai Logending
Image Credit: Twitter.com @landscaperid

Pantai Logending atau Pantai Ayah biasanya akan ramai saat akhir pekan atau saat musim libur. Banyak wisatawan yang datang untuk menikmati pesona dan keindahan yang disuguhkan dengan beragam daya tariknya.

1. Pemandangan Samudera Hindia

Pantai-pantai di Kebumen selalu menarik dengan suguhan pemandangan khas laut selatan. Salah satunya adalah Pantai Logending yang bisa menjadi destinasi wisata pilihan di Kebumen untuk Anda yang ingin menikmati pemandangan Samudera Hindia.

Hamparan laut lepas dengan ombaknya yang besar menjadi suguhan utama bagi para pengunjung pantai ini. Panorama alam yang begitu indah ini sering dimanfaatkan wisatawan untuk menenangkan diri atau mengobati rasa bosan.

2. Garis Pantai yang Panjang

Pantai yang berada di Desa Ayah ini memiliki garis pantai yang cukup panjang. Area pantainya pun landai dengan pasirnya yang berwarna hitam kecokelatan. Wisatawan dapat menikmati pemandangan laut dengan duduk santai di atas pasir pantainya yang cukup bersih.

Walaupun tidak memiliki pasir putih, pantai ini tetap menarik dan tidak pernah sepi pengunjung. Pantai ini juga dikenal sebagai salah satu tujuan wisata keluarga yang ramai dikunjungi wisatawan pada akhir pekan atau di hari-hari libur lainnya.

BACA:  Pantai Sigandu Batang - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket
Daya Tarik dari Pantai Logending
Image Credit: Facebook.com @sripujiastuti.cici

3. Dikelilingi Hutan

Salah satu daya tarik dari Pantai Logending adalah lokasinya yang berdekatan dengan hutan pohon jati. Memberikan suasana yang lebih sejuk dan cukup unik karena jarang ditemui di pantai lainnya. Hutan milik perhutani tersebut juga ditumbuhi oleh beberapa jenis tanaman lokal lainnya seperti kayu mahoni Afrika yang cukup langka.

Pemandangan hijau di sekeliling pantai ini tentu semakin mempercantik pemandangan yang dapat dinikmati wisatawan. Perbukitan dan hutan yang hijau dan laut biru menjadi suguhan yang menyegarkan mata.

4. Muara Sungai Bodo

Selain keberadaan hutan, pantai ini juga terkenal karena memiliki aliran sungai yang bermuara di kawasan ini. Masyarakat sekitar menyebutnya sebagai Sungai Bodo. Aliran sungai tersebut merupakan batas antara Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Cilacap.

Sungai Bodo ini dikelilingi oleh banyak pepohonan yang rindang. Muara sungai yang berada di pantai ini membuat kawasan wisata Pantai Logending semakin menarik. Wisatawan dapat melihat pantai, sungai, hingga hutan dalam satu tempat.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Pantai Logending

Harga Tiket Pantai Logending
Image Credit: Twitter.com @plesir_kebumen

Objek wisata ini berada di Desa Ayah atau sekitar 53 km dari Kota Kebumen. Lokasi ini mudah diakses dengan jalanan yang bagus. Anda bisa menggunakan transportasi umum dari terminal Kebumen menuju Pantai Logending.

Jika Anda membawa kendaraan pribadi, ambil rute yang menuju Goa Jatijajar. Selanjutnya, Anda bisa mengikuti papan petunjuk arah menuju lokasi pantai ini. Lokasi pantai ini sekitar 8 km dari Goa Jatijajar.

Pengunjung pantai ini dikenai tiket masuk sebesar Rp 5.000,- per orang. Harga tiket yang cukup murah ini tentunya yang membuat lokasi wisata ini ramai diserbu pengunjung. Banyak wisatawan yang sengaja membawa keluarganya untuk bisa berlibur ke tempat wisata yang murah meriah ini. Namun, jika ingin naik perahu, wisatawan dikenai biaya lagi sebesar Rp 10.000,- atau sesuai kesepakatan sewa perahu.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Logending

Aktivitas di Pantai Logending
Image Credit: Google Maps (Ondo Supriyanto)

1. Bersantai

Kebanyakan wisatawan yang datang ke objek wisata ini menghabiskan waktu mereka dengan bersantai. Menikmati liburan dengan duduk-duduk di pinggir pantai bersama orang tersayang tentu menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Tidak jarang pula wisatawan Pantai Logending yang datang bersama anak-anak akan menikmati kunjungan mereka dengan bermain pasir pantai. Anda bisa mengajak anak-anak menggali pasir pantainya yang hitam untuk bermain atau mencari hewan-hewan kecil seperti kepompong.

2. Berenang

Pantai di pesisir selatan memang terkenal dengan ombaknya yang besar. Kurang lengkap rasanya jika berkunjung ke pantai ini tanpa mencoba keseruan dengan ombaknya tersebut. Tidak harus terlalu ke tengah karena memang ombaknya cukup tinggi. Wisatawan dapat bermain dan berenang di bibir pantai yang lebih aman.

BACA:  Pantai Suwuk Kebumen - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pengunjung Pantai Ayah diperbolehkan untuk bermain di laut tetapi tetap di area yang aman yang sudah ditentukan. Ombak di pantai ini bisa berbahaya dan lebih tinggi dari biasanya pada waktu-waktu tertentu sehingga wisatawan yang berenang di pantai harus mengikuti arahan atau peraturan pengelola pantai ini.

3. Menikmati Sunset

Bagi pasangan muda-mudi yang berkunjung, sebaiknya sempatkan waktu untuk menunggu matahari terbenam. Pesona keindahan sunset di lokasi wisata ini sayang untuk dilewatkan.

Walaupun bukan spot favorit, pemandangan sunset di pantai ini tidak kalah indah. Suasana yang semakin romantis dengan cahaya kuning keemasan di langit dan permukaan lautnya. Wisatawan bisa menunggu sunset sambil menikmati es kelapa muda yang segar.

4. Naik Perahu

Salah satu aktivitas favorit pengunjung Pantai Logending adalah naik perahu. Beberapa perahu tradisional bersandar di pantai untuk mengangkut penumpang yang ingin berkeliling ke tengah laut.

Perahu yang tersedia di tempat wisata ini cukup besar dan bisa menampung hingga 10 orang atau lebih. Jadi untuk Anda yang liburan bersama keluarga, bisa mengajak rombongan naik perahu ke tengah laut untuk pengalaman yang tak terlupakan.

5. Berfoto

Mengunjungi pantai di Kabupaten Kebumen ini tidak lengkap jika tidak berfoto-foto. Beberapa titik di Pantai Logending menawarkan pemandangan indah yang bagus untuk latar foto.

Pilihan spot foto yang ada di pantai ini cukup banyak, mulai dari pantai, hutan, jembatan merah, sungai, dan masih banyak lagi. Jadi pastikan untuk Anda membawa kamera atau peralatan fotografi saat berlibur ke pantai di selatan Kebumen ini.

6. Keliling Hutan

Salah satu aktivitas seru yang jarang dilakukan wisatawan pantai adalah menjelajah hutan. Namun berbeda dengan pantai ini yang juga menawarkan wisata hutan. Namanya adalah Hutan Logending yang berada di dalam satu kawasan dengan objek wisata yang juga dikenal dengan nama Pantai Ayah.

Pengunjung dapat masuk atau melihat hutan yang ada di sisi selatan pantai ini. Banyak wisatawan yang mengunjungi Pantai Logending sekaligus menikmati hutan di pantai ini. Tidak jauh dari pantai juga terdapat hutan mangrove yang berfungsi untuk mencegah abrasi laut.

7. Menyusuri Sungai

Naik perahu ke tengah laut memang menjadi salah satu aktivitas yang dapat dilakukan wisatawan saat berada di pantai ini. Selain itu, wisatawan juga bisa melakukan aktivitas seru lainnya seperti menyusuri sungai.

Wisatawan dapat melihat pemandangan hijau sambil menikmati suasana hutan di dekat lokasi wisata. Anda bisa berjalan santai di jembatan bambu yang ada di hutan mangrove Logending. Jika ingin lebih seru, naik perahu bisa menjadi alternatif untuk Anda bisa menyusuri sungai Bodo.

8. Makan-Makan

Liburan ke pantai ini akan lebih menyenangkan dengan cara lesehan di pantai menggunakan tikar. Anda dan rombongan bisa makan-makan sambil menikmati pemandangan laut.

BACA:  10 Wisata Pantai di Tegal yang Paling Hits

Aktivitas makan bareng seperti ini adalah pemandangan biasa di Pantai Logending. Apalagi saat musim liburan seperti libur hari raya, banyak pengunjung yang menggelar tikar untuk bisa bersantap bersama menikmati bekal makanan yang sudah mereka bawa dari rumah.

Namun jangan khawatir jika tidak membawa bekal, Anda bisa membeli makanan di warung-warung yang ada di sekitar pantai ini. Berbagai makanan tradisional seperti bakso, batagor, soto, dan lain sebagainya dapat dinikmati dengan harga yang cukup terjangkau.

9. Belanja Oleh-Oleh

Jika Anda berlibur ke Logending, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh. Pantai ini dikenal sebagai salah satu tempat pelelangan ikan. Wisatawan dapat melihat langsung ikan-ikan segar yang baru ditangkap nelayan lokal. Wisatawan juga bisa membeli ikan laut sebagai oleh-oleh.

Penginapan Murah Dekat Dari Pantai Logending

Penginapan Dekat Pantai Logending
Image Credit: Booking.com

1. Ungu Homestay Jatijajar

Resepsionis 24 jam siap melayani Anda yang ingin menginap di Ungu Homestay. Penginapan di daerah Ayah ini menyediakan fasilitas kamar dan juga wifi. Tersedia juga fasilitas tempat parkir dan area bebas rokok.

2. Full House 4 Bedrooms at Homestay A

Penginapan yang berada di Desa Ayah ini menawarkan kamar nyaman dengan fasilitas standar. Fasilitas lain yang tersedia adalah tempat parkir untuk para tamu yang menginap.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Logending Kebumen

Fasilitas di Pantai Logending
Image Credit: Twitter.com @yusrielga

1. Tempat Parkir Luas

Fasilitas parkir di pantai ini cukup luas, dapat menampung sepeda motor, mobil, hingga bus pariwisata. Namun saat musim libur panjang atau saat ramai pengunjung, tempat parkir di kawasan pantai ini akan penuh.

2. Warung Makan

Anda tidak akan sulit untuk menemukan warung makan di Pantai Logending. Warung-warung sederhana banyak berjejer menyediakan makanan dan aneka minuman.

3. Tempat Bermain Anak

Salah satu sisi pantai disediakan sarana untuk tempat bermain anak. Selain di pantai, wisatawan juga bisa mengajak si kecil bermain di fasilitas bermain anak yang sudah disediakan.

4. Mushola

Pantai Logending menjadi salah satu objek wisata pantai yang sudah memiliki fasilitas cukup lengkap. Anda bisa menemukan fasilitas mushola di kawasan objek wisata ini.

5. Kamar Mandi

Fasilitas kamar mandi atau tempat ganti juga tersedia cukup banyak. Walaupun kamar mandinya biasa, tempatnya cukup nyaman untuk Anda yang ingin berganti pakaian setelah bermain di laut.

6. Penginapan

Fasilitas penginapan di daerah Ayah bisa menjadi pilihan untuk Anda yang ingin menginap setelah berlibur di pantai ini. Fasilitas hotel atau homestay cukup nyaman untuk Anda beristirahat.

Itulah beberapa informasi menarik mengenai objek wisata Pantai Logending di Desa Ayah, Kebumen. Setelah menikmati pantai, Anda bisa mampir ke objek wisata terdekat lainnya seperti Goa Jatijajar yang terkenal.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending