15 Wisata Pantai di Kebumen yang Paling Hits

15 Wisata Pantai di Kebumen yang Paling Hits

Tertarik Liburan di Pantai? Jangan Lupa Kunjungi Wisata Pantai Terindah di Kebumen, Jawa Tengah. Destinasi Wisata Bahari Populer dan Paling Hits untuk Mengisi Liburan Anda.

Apakah termasuk orang yang menyukai suara deburan ombak dengan angin yang berhembus? Jika iya maka Anda termasuk dalam jajaran orang yang menyukai keindahan pantai. Indonesia sendiri memiliki beberapa pantai dari ujung ke ujung yang begitu mempesona. Contohnya jika Anda singgah di kota Kebumen.

Kebumen memang tidak sepopuler kota seperti Semarang, Solo maupun Magelang. Namun kota ini ternyata memiliki wisata pantai yang begitu menakjubkan. Berikut deretan wisata pantai di Kebumen yang kaya pesona layak untuk dikunjungi saat liburan.

1. Pantai Sawangan

Pantai Sawangan
Image Credit: Raskitatour.com

Pantai pertama yang bisa Anda kunjungi begitu menginjakkan kaki di Kebumen adalah Pantai Sawangan. Seperti yang kita ketahui, jika laut selatan jawa merupakan lautan yang memiliki hantaman ombak besar hingga ke tepi pantainya. Inilah yang akhirnya membuat banyak wisatawan tidak bisa menikmati keindahan pantai selatan Jawa dengan leluasa. Begitu juga dengan Pantai Sawangan, dimana Anda memang tidak akan bisa berenang di pantai ini.

Kendati demikian, Anda tetap bisa menikmati lukisan Tuhan yang begitu mempesona. Keeksotisan pantai ini bahkan akan membuat Anda terpana dan tak menyesal mengunjunginya. Pantai Sawangan menghadirkan beberapa spot untuk berfoto yang begitu cantik. Di dermaga kayu yang dimilikinya, Anda bisa mengambil foto dengan latar belakang lautan biru yang begitu mempesona. Tak heran jika pantai ini termasuk dalam jajaran pantai yang hits.

Lokasi: Desa Karangduwur, Kec. Ayah, Kab. Kebumen.

2. Pantai Lampon

Pantai Lampon
Image Credit: Ksmtour.com

Wisata bahari di Kebumen yang tak boleh dilewatkan selanjutnya adalah Pantai Lampon. Pantai ini berada di Kecamatan Ayah yang termasuk dalam jajaran destinasi wisata bahari yang belum terjamah. Sehingga wajar jika keindahan yang dimilikinya akan sanggup untuk menghempas segala penat Anda. Anda yang sedang liburan bersama pasangan bisa berburu spot spot romantis yang tak bisa diabaikan begitu saja, karena memang cukup banyak.

Memiliki pasir putih yang halus, dengan bukit Wanalela, tanjung serta goa menjadi daya tarik sendiri yang dimiliki oleh Pantai Lampon ini. Spot spot ini akan sangat cocok jika dijadikan tempat untuk mengambil foto instagenic. Untuk Anda yang ingin merasakan petualangan berbeda, Anda juga bisa ngecamp di pantai ini. Pantai Lampon selain hits, juga menjadi salah satu spot favorit untuk mendirikan tenda. Anda bisa berkesempatan berburu sunset maupun sunrise di pantai ini.

Lokasi: Hutan, Pasir, Kec. Ayah, Kab. Kebumen.

3. Watu Bale

Watu Bale
Image Credit: Imageworldoftourism.blogspot.com

Masih berada di kecamatan Ayah, Anda bisa mengemudikan kendaraan Anda menuju Watu Bale. Kawasan wisata bahari satu ini, memiliki daya tarik yang tidak bisa dilewatkan. Terutama untuk Anda yang ingin berburu foto foto cantik. Watu Bale memiliki spot unggulan seperti gardu pAndang dengan bentuk Menara Eiffel. Selain itu juga memiliki bukit Titanic yang cocok untuk dijadikan spot swafoto. Watu Bale cocok untuk para pecinta fotografi.

Lokasi: Pasir, Kec. Ayah, Kab. Kebumen.

4. Pantai Petanahan

Pantai Petanahan
Image Credit: Instagram.com @nanangtribudiharjo

Pernahkah sebelumnya Anda mendengar nama pantai satu ini? Jika belum maka tidak ada salahnya langsung mengunjunginya saat Anda singgah di Kebumen. Pantai Petanahan tak hanya cantik, namun juga begitu kental dengan misteri dan legendanya. Meskipun memiliki legenda yang begitu kental, namun pesona dari Pantai Petanahan ini tidak akan bisa dielak begitu saja. Jika Anda pertama kali berkunjung mungkin Anda akan sedikit kaget dengan pantai ini.

Sebab, Pantai Petanahan memiliki kawasan hutan sendiri yang berbeda dengan pantai lainnya. Pantai satu ini memang memiliki bibir pantai yang luas serta panjang, dengan lekukan yang berbeda. Seakan akan, jika Anda melihatnya seperti tidak memiliki garis batas namun begitu indah. Di pantai Petanahan, Anda tidak diperkenankan untuk mandi atau berenang karena ombaknya yang besar. Namun berjalan santai sambil menunggu matahari tenggelam, bukanlah ide yang buruk.

Lokasi: Karanggadung, Kec. Petanahan, Kab. Kebumen.

5. Pantai Suwuk

Pantai Suwuk
Image Credit: Enaknyakemana.com

Keindahan yang eksotis akan Anda dapatkan jika mengunjungi pantai satu ini. Pantai Suwuk menjadi salah satu pantai favorit yang kerap dikunjungi oleh penduduk lokal. Meskipun pantai ini tidak memiliki pesona layaknya di Bali atau Lombok, namun Anda tetap tidak akan menyesal mengunjunginya. Anda bisa menemukan bibir pantai yang cukup luas, bibir pantai ini menjadi tempat pengunjung untuk bermain main di area pasirnya.

Berbagai kegiatan menarik mulai dari olahraga maupun bermain di atas pasirpun bisa dilakukan. Tak hanya itu, pengunjung juga bisa duduk di pinggiran pantai sambil menikmati sepoi anginnya. Untuk Anda yang ingin berfoto foto, di Pantai Suwuk terdapat bangkai kapal Boeng 737 yang bisa dijadikan tempat foto. Tenang saja, pesawat ini hanyalah replika yang sengaja untuk menarik perhatian pengunjung. Bangkai pesawat ini menjadi favorit untuk mengambil foto.

Selain memiliki spot foto Andalan, di pantai Suwuk Anda bisa melakukan banyak aktivitas lainnya yang tak kalah menarik. Seperti permainan untuk anak hingga bermain ATV atau persewaan kuda. Jika mengunjungi pantai ini, Anda memang tidak akan bisa berenang. Ombak pantai ini begitu besar, bahkan beberapa kali terdapat kecelakaan. Namun pesona pantai ini tidak pernah surut, terutama ketika sore hari pemAndangan sunsetnya sungguh luar biasa.

Lokasi: Desa Tambakmulyo, Kec. Puring, Kab. Kebumen.

6. Pantai Logending

Pantai Logending
Image Credit: Instagram.com/Kebumenzone

Pantai Logending bukan hanya menjadi pantai yang hits di kalangan wisatawan, namun juga termasuk pantai yang bersejarah. Pantai Logending memang tidak memiliki pasir putih, pasir yang ada berwarna hitam kecolkatan. Namun justru membuat pesonanya makin eksotis dan mempesona. Apalagi jika dipadukan dengan hijaunya hutan mangrovenya. Berbagai fasilitas juga sengaja disiapkan untuk membuat pengunjung betah. Anda bisa menemukan toilet, tempat makan hingga permainan.

Lokasi: Desa Ayah, Kec. Ayah, Kab. Kebumen.

7. Menganti

Menganti
Image Credit: Explorewisata.com

Kebumen nyatanya masih memiliki pantai Andalan lainnya yakni Pantai Menganti yang berada di desa Karangwudur. Bisa dikatakan jika Menganti merupakan destinasi yang paling dekat dengan pusat kota dan juga memiliki spot yang begitu melimpah. PemAndangan yang dihadirkan juga sayang untuk Anda lewatkan. Tak heran jika hingga kini Menganti masih menjadi yang paling hits. Bahkan Anda yang ingin menginap bisa menemukan hotel maupun wisma dengan mudah.

Lokasi: Karangduwur, Kec. Ayah, Kab. Kebumen.

9. Pedalen

Pedalen
Image Credit: Alianbutterflypark.com

Jika di pantai lainnya Anda tidak bisa berenang, maka di Pedalen Anda justru bisa melakukan kegiatan snorkeling. Dengan begitu Anda bisa mengintip keindahan bawah lautnya yang begitu mempesona. Meskipun begitu indah, Pedalen masih belum banyak dikunjungi. Alamnya yang masih alami menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Hamparan pasir putih yang luas lengkap dengan pepohonan rindang membuat pantai satu ini memiliki udara yang sejuk.

Lokasi: Argopeni, Kec. Ayah, Kab. Kebumen.

10. Bopong

Bopong
Image Credit: Ksmtour.com

Matahari terbenam yang memukau dengan perpaduan senja yang menawan memang begitu pantas untuk diburu. Jika Anda menyempatkan untuk mengunjungi pantai Bopong di Kebumen ini, maka Anda bisa mendapatkan pesona matahari terbit yang mengagumkan. Tidak hanya memiliki sunset yang cantik, Pantai Bopong juga memiliki laguna cantik yang tak boleh dilewatkan. Pantai Bopong masih terbilang baru, namun belakangan menjadi begitu hits.

Lokasi: Surorejan, Kec. Puring, Kab. Kebumen.

11. Gebyuran

Pantai Gebyuran
Image Credit: Pantainesia.com

Untuk Anda yang menginginkan pantai jauh dari keramaian, maka pantai Gebruyan bisa dijadikan pilihan. Barisan tebing batunya dengan ombak yang menghantamnya menghadirkan pesona yang luar biasa. Hanya saja, untuk bisa sampai di pantai hits di Kebumen ini, Anda harus menempuh perjalanan yang tidak mudah. Sangat cocok untuk Anda penggemar petualangan dalam mendapatkan pesona yang tak terlupakan.

Lokasi: Desa Pasir, Kec. Ayah, Kab. Kebumen.

12. Pantai Wedi Putih

Pantai Wedi Putih
Image Credit: Wisatalengkap.com

Pantai Wedi Putih bisa dijadikan pilihan selanjutnya untuk Anda yang ingin mendapatkan pengalaman berwisata bahari yang mengagumkan. Mungkin pantai Wedi Putih ini masih terbilang asing di telinga para wisatawan. Bukan hal yang aneh memang, karena lokasinya yang berada di tengah hutan jati dan belum banyak dikunjungi. Namun begitu potretnya muncul, keindahan dari pantai Wedi Putih ini berhasil menarik perhatian para pecinta wisata bahari.

Untuk bisa menikmati keindahannya, pengunjung harus melalui jalan setapak dan membelah hutan jati. Namun semua perjalanan Anda akan dibayar lunas jika melihat keindahan dari pantai ini. Bagaimana tidak, pantai satu ini memiliki sebuah air terjun yang begitu cantik. Selain itu juga terdapat batu bolong yang mirip layaknya di Karang Bolong. Suasananya yang masih asri, akan membuat Anda betah berlama lama saat mengunjungi pantai ini.

Lokasi: Argopeni, Kec. Ayah, Kab. Kebumen.

13. Pantai Pecaron

Pantai Pecaron
Image Credit: Wisataterindah.net

Kota Kebumen memang memiliki beberapa pantai yang begitu cantik dan pantas untuk diburu wisatawan. Salah satunya adalah pantai Pecaron yang terbilang masih belum banyak dikenal. Namun keindahannya tidak akan membuat Anda menyesal sudah pernah menikmati secara langsung. Pantai ini memang tidak terlalu luas, alamnya masih sangat terjaga sehingga akan sangat menyenangkan bisa mengunjungi pantai Pecaron sebagai destinasi liburan.

Seperti halnya pantai lainnya di Kebumen, Anda juga akan menemukan pasir keabu abuan dipantai ini. Meskipun demikian, pasir ini begitu lembut dan juga bersih sehingga bisa dijadikan spot untuk bermain. Tebing tebing yang kokoh mengelilingi pantai menawan ini, menjadikan suasananya begitu asri. Belum lagi dengan tambahan perbukitan bergelombang yang juga menjadikannya cantik. Pantai Pecaron sangat cocok untuk Anda pecinta fotografi untuk hunting.

Lokasi: Desa Srati, Kec. Ayah, Kab. Kebumen.

14. Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong
Image Credit: Mantai.id

Jika membicarakan perihal pantai, rasanya tidak lengkap jika tidak menyebut pantai Karang Bolong. Pantai yang begitu cantik bahkan menjadi ikon wisata bahari di kota Kebumen. Pasir yang dimiliki pantai Karang Bolong merupakan pasir hitam yang halus dan juga kasar. Dengan pantainya yang begitu luas membuat pinggir pantai satu ini menjadi lebih lantai. Ombak yang dimilikinya cukup kuat, sehingga para pengunjung tidak diijinkan untuk berenang.

Dan yang menjadi daya tarik utama dari pantai ini adalah Goa Karang Bolong yang berada di sebelah timur pantai. Memiliki panjang hingga 30 meter, lebar 10 m dan tinggi mencapai 5 meter menjadikan begitu cantik. Karang bolong ini menjadi spot paling favorit untuk mengambil gambar. Selain itu, Anda juga bisa berpiknik di pinggir pantainya. Pantai Karang Bolong juga dilengkapi dengan fasilitas yang cukup lengkap.

Lokasi: Karangbolong, Kec. Buayan, Kab. Kebumen.

15. Pantai Surumanis

Pantai Surumanis
Image Credit: Jogjainside.com

Pantai selanjutnya yang juga tak kalah menarik dikunjungi adalah pantai Surumanis. Pantai ini layaknya pantai lain di Kebumen yang memiliki ombak cukup besar. Tebing tebing yang membingkai pantainya juga sangat cocok dijadikan tempat untuk mengambil foto. Pantai Surumanis memang secara alami memiliki beberapa spot instagramable yang begitu menarik. Selain itu juga masih belum banyak diketahui sehingga sepi.

Lokasi: Pasir, Kec. Ayah, Kab. Kebumen.

Itulah beberapa wisata pantai di Kebumen yang bisa Anda pilih ketika singgah di kota ini. Beberapa di antaranya merupakan pantai yang begitu kondang, namun sebagian juga masih baru muncul. Meskipun baru muncul namun pesonanya juga tak kalah memukau, bahkan berhasil menarik perhatian. Sehingga, sudah memutuskan pantai mana yang akan kunjungi ketika berada di Kebumen?

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending