Pantai Teluk Awur Jepara – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Teluk Awur Jepara – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga TiketPantai Teluk Awur merupakan wisata pantai favorit di Jepara untuk menikmati sunset. Pantai yang dihiasi pemandangan pohon bakau, tempat nongkrong dan beragam wahana air.

Harga Tiket: Rp 2.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Teluk Awur, Telukawur, Kec. Tahunan, Kab. Jepara, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Berlibur bersama rekan atau keluarga sangatlah seru dan merupakan hal yang ditunggu-tunggu. Tetapi banyak orang yang bingung untuk menentukan destinasi liburan yang cocok. Anda bisa mencoba berlibur di Pantai Teluk Awur. Tempat wisata ini sangat dikenal oleh masyarakat Jepara karena pemandangan indah yang ditawarkannya.

Objek wisata ini tidak akan membuat Anda mengeluarkan uang banyak. Selain itu, banyak wisatawan yang membawa keluarganya untuk berlibur ke tempat ini sehingga membuktikan bahwa pantai ini sangatlah cocok sebagai destinasi berlibur bersama rekan atau keluarga. Selain itu, banyak wahana seru yang dapat Anda coba di objek wisata ini.

Tempat wisata ini juga merupakan satu-satunya pantai yang belum dikelola oleh pemerintah. Walaupun seperti itu, pantai ini sangat layak untuk Anda datangi ketika akhir pekan atau liburan panjang telah tiba. Banyak hal yang perlu Anda ketahui mengenai informasi seputar Pantai Teluk Awur. Berikut beberapa informasi seputar tempat tersebut.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Teluk Awur

Daya Tarik Pantai Teluk Awur
Image Credit: Twitter.com @kemangteerjgj

Terdapat beberapa keunggulan yang dimiliki tempat ini karena dapat menarik perhatian banyak wisatawan untuk berlibur disini. Berikut beberapa daya tarik yang dimiliki tempat tersebut.

1. Pemandangan yang Sangat Indah

Tempat wisata ini sering dikatakan mirip dengan Pantai Bandengan karena memiliki kontur yang landai dipadu dengan hamparan pasir putih yang lembut dan indah. Oleh karena itu, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas dengan nyaman sambil menikmati pemandangan yang memukau dari objek wisata ini.

Anda juga dapat menemukan beberapa pohon mangrove yang menghiasi tempat wisata tersebut. Fungsi dari pohon ini adalah menahan abrasi dan menjadi peneduh di pantai ini.

2. Mitos Bahwa Air Pantai Bisa Dijadikan Obat

Sudah tidak bisa diragukan lagi bahwa air dari pantai ini sangat jernih dan bersih. Sebagian besar masyarakat setempat percaya bahwa air ini dapat memberikan kesembuhan terhadap semua penyakit. Oleh karena itu, banyak orang yang berbondong-bondong datang mandi di pantai ini.

Mitos ini berasal dari kisah terbunuhnya Joko Wongso. Joko Wongso merupakan raja yang menyamar menjadi seorang penangkap ikan atau nelayan. Raja tersebut terbunuh oleh pengawal kerajaannya yaitu Den Ayu Roro Kuning.

Den Ayu Roro Kuning merupakan perempuan cantik yang merencanakan pembunuhan raja Joko Wongso dengan suaminya sendiri yaitu Syeikh Abdul Aziz. Hal ini disebabkan oleh raja tersebut ingin meminang Roro Kuning. Oleh karena itu, sepasang suami istri ini mencari berbagai cara untuk membunuh raja tersebut.

Rencana sepasang suami istri itu adalah menuduh Joko Wongso sebagai mata-mata dari kerajaan musuh. Beliaupun dihukum mati tanpa ada penyelidikan lebih lanjut. Oleh karena itu, pantai tersebut diberi nama Pantai Teluk Awur. Kata “Teluk” berasal dari kata takluk dan kara “Awur” berasal dari kata ngawur yang memiliki arti gegabah.

Daya Tarik dari Pantai Teluk Awur
Image Credit: Google Maps (Musik Mj)

3. Festival atau Event Tradisional

Festival tradisional sering dilakukan di berbagai pantai yang berada di Kota Jepara. Event ini akan diadakan pada waktu seminggu setelah hari raya Idul Fitri dan pada saat puncak pekan Syawalan. Pada tanggal-tanggal tersebut akan diadakan perlombaan sedekah laut atau biasa disebut pesta lomban. Pesta ini menjadi event tahunan masyarakat setempat.

Berbagai acara yang diadakan di pantai ini merupakan bentuk dari rasa syukur masyarakat setempat karena telah berhasil menunaikan ibadah penuh satu bulan berpuasa. Event ini ternyata juga membuat banyak wisatawan penasaran sehingga banyak pengunjung yang datang untuk melihat pegelaran tradisi ini.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Teluk Awur

Rute Pantai Teluk Awur
Image Credit: Google Maps (Alfatih Family Channel)

Akses untuk menuju ke tempat wisata ini cukup mudah. Selain itu, pemerintahan setempat juga telah menyediakan beberapa penunjuk jalan untuk mempermudah wisatawan menemukan lokasi pantai tersebut.

Jika Anda berangkat dari Kota Semarang maka akan membutuhkan waktu sekitar 2 hingga 3 jam perjalanan. Apabila Anda berangkat dari Kota Kudus maka akan membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan.

Kedua rute tersebut melalui jalan Kudus-Jepara. Setelah itu, lanjutkan perjalanan hingga melewati Pasar Pecangaan. Kemudian Anda akan menemukan perempatan, beloklah ke arah kiri menuju jalan Sunan Mantingan. Setelah itu, Anda hanya perlu jalan lurus menuju lokasi pantai.

Harga Tiket Masuk Pantai Teluk Awur Jepara

Harga Tiket Pantai Teluk Awur
Image Credit: Google Maps (Odi H)

Tidak perlu merasa khawatir dengan harga yang harus Anda bayar untuk dapat masuk dan menikmati indahnya pantai ini. Tarif yang ditentukan oleh pihak pengelola berdasarkan hari atau tanggal saat Anda datang berlibur.

Jika Anda berlibur pada hari senin hingga Kamis maka Anda tidak perlu membeli tiket atau gratis. Jika Anda berlibur di hari Jumat, Sabtu, dan Minggu maka akan dikenakan tarif sekitar Rp 2.000,00 per orang. Jika Anda berlibur pada hari raya lebaran atau pekan syawalan maka akan dikenakan tarif sekitar Rp 10.000,00 per orang.

Anda juga perlu membayar ketika menggunakan beberapa fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola. Harga parkir kendaraan roda dua gratis, sedangkan untuk kendaraan roda empat akan dikenakan biaya Rp 5.000,00. Biaya penggunaan toilet untuk membilas tubuh sekitar Rp 3.000,00. Sewa pelampung atau ban renang sekitar Rp 10.000,00.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Teluk Awur

Aktivitas di Pantai Teluk Awur
Image Credit: Instagram.com @jepara.scenery

Terdapat beberapa kegiatan seru yang dapat Anda lakukan ketika berlibur di tempat ini. Berikut beberapa kegiatan yang harus Anda coba.

1. Memancing

Bagi Anda yang suka memancing maka akan sangat tepat bila memilih pantai ini sebagai destinasi liburan. Terdapat banyak ikan yang sangat menarik untuk dipancing. Selain itu, Anda juga akan menemukan banyak orang atau beberapa komunitas yang datang untuk memancing di pantai ini.

Spot untuk memancing biasanya akan ramai pada hari libur atau akhir pekan telah tiba. Oleh karena itu, jangan lupa untuk membawa peralatan dan perlengkapan memancing Anda. Apabila Anda tidak membawanya maka coba cari toko alat pancing yang tak jauh dari lokasi pantai.

2. Lokasi yang Strategis Untuk Menikmati Sunset

Jika Anda ingin melihat pemandangan sunset di Kota Jepara maka datanglah ke Pantai Teluk Awur. Pemandangan sunset di tempat wisata ini sangatlah indah. Anda juga dapat melihat efek fatamorgana yang membuat para wisatawan dapat menyaksikan langit yang berwarna jingga.

Suasana di objek wisata ini juga sangat nyaman sehingga sangat mendukung ketika Anda melihat sunset. Perpaduan antara angin yang sepoi-sepoi dan suara deburan ombak akan sukses menangkan pikiran Anda. Sangat romantis apabila membawa pasangan Anda ke tempat ini.

3. Berenang

Hal utama yang harus Anda lakukan ketika berlibur di pantai sudah pasti adalah berenang. Anda tidak perlu khawatir untuk berenang karena ombaknya cukup tenang sehingga tidak terlalu membahayakan wisatawan. Airnya juga sangat jernih dan bersih sehingga tidak akan membuat badan terasa gatal.

Jika Anda tidak begitu mahir berenang maka bisa menyewa pelampung bebek atau ban. Harganya cukup murah dan wajar. Anda juga dapat bermain di beberapa wahana yang telah disediakan pihak pengelola seperti flying fish boat, jet sky, banana boat, dan lain-lain. Anda juga harus membayar untuk memainkan permainan tersebut.

4. Berfoto

Pemandangan indah dari pantai ini tidak bisa diabaikan begitu saja. Anda juga dapat mengabadikan keindahan tempat ini dalam sebuah foto. Oleh karena itu, bawalah kamera yang dapat memotret pantai dengan pesona yang mengagumkan ini.

5. Warung Makan dengan Hidangan Lezat

Anda akan merasa sangat lapar ketika seharian menghabiskan waktu bermain di tempat wisata ini. Anda tidak perlu khawatir karena ada solusinya. Terdapat banyak warung yang dapat Anda temukan di sekitar area pantai untuk menghilangkan rasa lapar Anda. Terdapat berbagai jenis menu makanan seperti makanan rumahan, seafood, dan lain-lain.

Anda juga dapat menemukan banyak cafe yang sering dipenuhi oleh para pemuda dan pemudi yang berkumpul untuk berbincang-bincang atau sekedar menyaksikan pemandangan Pantai Teluk Awur dari kejauhan. Menu yang disajikan juga sangat lezat dan murah.

Penginapan Murah Dekat Dari Pantai Teluk Awur

Penginapan Dekat Pantai Teluk Awur
Image Credit: Agoda.com

Terdapat beberapa penginapan yang dapat Anda pilih untuk tempat bermalam bersama rekan atau keluarga ketika berlibur di pantai ini. Berikut beberapa informasi seputar info tersebut.

1. Jepara Beach Hotel

Penginapan ini berada di tepi Laut Jepara. Harga per malam untuk menginap di hotel ini mulai dari Rp 365.000,00.

Terdapat beberapa fasilitas yang akan Anda dapatkan seperti wifi, area parkir yang luas, restoran, dan lain-lain. Desain kamarnya juga sangat nyaman untuk tempat menginap bersama keluarga.

2. Jepara Marina

Penginapan ini berada di daerah Teluk Awur, Jepara. Harga per malam menginap di tempat ini mulai dari Rp 495.000,00.

Jika menginap di tempat ini maka Anda akan mendapatkan beberapa fasilitas seperti AC, restoran, layanan kamar, dan lain-lain. Penginapan ini juga sangat direkomendasikan oleh para wisatawan yang telah berlibur ke Pantai Teluk Awur.

3. Bayfront Vila

Vila ini dapat Anda temukan di daerah Teluk Awur, Jepara. Harga per malam menginap di tempat ini mulai dari Rp 550.000,00.

Terdapat beberapa fasilitas seperti wifi, area bebas rokok, kolam renang, restoran, dan lain-lain. Suasana penginapan ini sangat nyaman sehingga akan membuat Anda betah.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Teluk Awur Jepara

Fasilitas di Pantai Teluk Awur
Image Credit: Google Maps (Maulana Muhammad)

Fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola di tempat wisata ini sudah cukup lengkap dengan kualitas yang baik. Terdapat area parkir yang luas, persewaan pelampung dan ban, spot memancing, warung makan, toilet umum, dan lain-lain. Oleh karena itu, Anda akan merasa sangat puas ketika berlibur di tempat wisata ini.

Anda juga harus menyiapkan dana untuk menggunakan beberapa fasilitas yang disediakan. Selain itu, terdapat wahana berbayar seperti flying fish boat, jet sky, banana boat. Anda harus mematuhi peraturan yang berlaku juga. Jagalah semua fasilitas tersebut. Apabila ada barang atau fasilitas yang Anda gunakan rusak maka akan dikenakan denda.

Beberapa informasi di atas dapat membantu Anda untuk mengenal Pantai Teluk Awur Jepara. Oleh karena itu, Anda tidak perlu merasa ragu untuk datang berlibur di pantai ini. Jangan lupa untuk membawa perbekalan dan perlengkapan yang cukup. Persiapkan dana lebih juga apabila terdapat beberapa hal yang tidak terduga selama perjalanan dan liburan.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending