Pulau Panjang Jepara – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Pulau Panjang Jepara - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata – Pulau Panjang salah satu surga tersembunyi yang kaya pesona di Jepara. Pulau yang menawarkan keindahan bawah laut, hamparan pasir putih, pantai yang tenang dan spot snorkling terbaik.

Biaya Wisata: Mulai Rp 100.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Pulau Panjang, Ujungbatu, Kec. Jepara, Kab. Jepara, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Pulau Panjang adalah satu dari banyaknya destinasi wisata yang wajib dikunjungi dari Jawa Tengah. Tepatnya di Jepara, Anda dapat menemukan keindahan tersembunyi yang jarang terdengar di telinga. Pulau ini memiliki pasir putih dan ombak yang tenang sehingga aman untuk anak-anak bermain.

Dengan luas 19 hektar, Anda dapat menemukan pemandangan yang indah di pulau ini. Saking jernihnya air, ikan-ikan dan terumbu karang yang ada di dalam perairan terlihat jelas. Keasrian tempat ini masih terjaga walau sudah mulai banyak wisatawan yang berkunjung kemari.

Pulau ini masih belum berpenghuni. Ketika Anda berkunjung kesini, akan ada banyak penjual makanan yang biasanya sudah bersiap di sana menawarkan jualan mereka. Para penjual itu kebanyakan berasal dari warga pulau terdekat. Jangan lupakan juga pemandangan matahari terbenam di pulau Panjang sangat eksotis sehingga direkomendasikan kepada para wisatawan.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Panjang

Daya Tarik Pulau Panjang
Image Credit: Instagram.com @afif.ilys

Destinasi wisata bahari ini sendiri masih belum ramai dikunjungi oleh wisatawan luar, walau begitu media promosi pulau ini masih gencar dilakukan. Keindahan dari pulau yang belum berpenghuni ini masih asri hingga sayang sekali untuk dilewatkan.

1. Pemandangan Bawah Lautnya yang Menakjubkan

Perairan laut di sini berwarna biru kehijauan yang jernih. Saking jernihnya Anda dapat melihat pemandangan bawah lautnya yang sangat indah. Pesona bawah air di Pulau Panjang paling banyak memikat para wisatawan hingga membuat mereka terus datang kemari.

Ketika Anda berkunjung ke sini, akan disediakan banyak fasilitas yang akan melengkapi pengalaman Anda berlibur di pulau ini, salah satunya berenang. Penyewaan alat diving dan snorkeling sudah tersedia di sini, Anda hanya perlu menikmati waktu Anda dengan berenang santai di pulau.

2. Ombaknya yang Tenang Cocok untuk Berenang

Selain memiliki pemandangan bawah laut yang indah, pulau ini juga berombak tenang sehingga aman untuk anak-anak bermain air dan berenang. Keindahan di pulau ini sangat cocok dinikmati bersama sahabat atau keluarga Anda.

Daya Tarik Pulau Panjang Jepara
Image Credit: Instagram.com @zfird

3. Memiliki Wisata Religi

Selain destinasi wisata alamnya, di sini juga terdapat wisata religi yang tidak pernah sepi pengunjung. Terdapat sebuah makam milik Waliyullah Al Habib Abubakar bin Ahmad bin Syekh bin Yahya Baalawi di pulau ini. Hal ini menjadikan kepopuleran pulau wisata ini makian bertambah.

BACA:  Pulau Kangean Madura - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

4. Terdapat Hutan Tropis

Seperti yang Anda ketahui kalau pulau ini masih belum memiliki penghuni tetap hingga saat ini. Tercatat ada 8 orang yang menetap di Pulau Panjang, yaitu 2 penjaga makam, 5 penjaga mercusuar, dan seorang wanita yang memang tinggal di pulau kecil tersebut sejak dahulu.

Selama ini selain mereka, hanya terdapat wisatawan yang menginap serta para penjual yang sering menjajakan jualannya di sana. Berkat hal itu, keasrian pulau masih terjaga. Pepohonan besar dan rindang di sini meliputi Pohon Pinus yang sudah tua, Pohon Randu, Pohon Asam Jawa, dan Pohon Dadap.

Pepohonan yang tumbuh tinggi dan alami menjadikan pemandangan di sini menjadi segar. Dan jika Anda beruntung, Anda akan menemukan banyak Burung Kunthul yang membuat sarang di atas pohon-pohon itu.

Lingkungan hutan tropis ini sangat indah dan sangat cocok untuk berjalan-jalan di bawah pepohonan itu. Anda tidak perlu takut tersesat, di hutan ini sudah disediakan jalan kecil yang akan menuntun Anda memutari pulau dan melihat keindahan tempat ini.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pulau Panjang

Lokasi Pulau Panjang
Image Credit: Google Maps (Ary Yulistiana)

Pulau Panjang yang terkenal akan pemandangan bawah lautnya ini terletak di Jepara, lebih tepatnya berada di Kelurahan Ujung Batu, Jawa Tengah. Anda dapat menemukan tempat ini berada tidak jauh dari Pantai Kartini, hanya berjarak sekitar 2.5 kilometer. Pulau yang termasuk dalam daftar pulau-pulau kecil yang terkenal di Jawa Tengah ini memiliki dermaga dan sebuah mercusuar pada sisi Baratnya.

Untuk berkunjung ke pulau ini tidaklah sulit, lokasinya pun mudah ditemukan. Jika Anda memulai perjalanan dari bandara atau mana pun di dalam Kota Jepara, Anda hanya perlu menaiki kendaraan umum atau berkendara sendiri menuju Pulau Kartini. Anda juga dapat melakukan hal yang sama jika tujuan Anda lebih dekat menuju Pantai Bandengan.

Setelah Anda sampai pada salah satu pada pantai di atas, maka Anda harus menyewa sebuah kapal untuk membawa Anda menyeberang menuju lokasi pulau eksotis ini.

Biaya Wisata ke Pulau Panjang Jepara

Biaya Wisata Pulau Panjang Jepara
Image Credit: Google Maps (bang ico)

Baik tiket masuk dan biaya perjalanannya, dana yang harus Anda keluarkan tidak terlalu banyak. Wisata ini pun terkenal akan harga tiketnya yang murah.

Sebagai permulaan, jika Anda berada di Kota Jepara dan hendak menuju Pulau Panjang dengan menggunakan taksi, biaya yang akan Anda keluarkan sekitar 100.000 rupiah. Pemberhentian bisa Anda pilih antara Pantai Kartini atau Pantai Bandengan. Setelah itu, Anda harus menyeberang menggunakan kapal menuju pulau tujuan Anda.

Tarif kapal di tiap pantai berbeda, seperti jika Anda pergi dari Pantai Kartini, Anda akan menaiki kapal bersama pengunjung lain dengan tarif 13,000 rupiah.

Sementara jika Anda melewati Pantai Bandengan, Anda akan dipatok harga tiket 10.000 rupiah per orang. Atau jika lewat Pulau Prawean, Anda dapat menyewa nelayan kapal yang akan mengantar Anda dengan harga 100.000 lebih, mengingat kapal ini memiliki bentuk yang agak besar dan muat untuk penumpang yang lebih banyak.

BACA:  Pulau Lae Lae Makassar - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Untuk harga yang tertera di atas adalah perjalanan satu arah saja, jika Anda ingin mendapat fasilitas sewa kapal untuk pulang-pergi, Anda harus membayar dua kali lipat dari harga awal.

Akhirnya Anda sampai di pulau tujuan Anda. Untuk tiket masuk kemari hanya sejumlah 8000 rupiah per orang untuk segala umur. Setelah di sini, Anda sudah bisa menikmati liburan Anda dengan santai. Jika Anda ingin berenang, tersedia tempat penyewaan alat-alat snorkeling yang mematok harga 50.000 untuk full set-nya.

Apabila Anda ingin menikmati pesona hutan tropis di sini tetapi malah berjalan kaki, Anda juga bisa menyewa sepeda dengan biaya 20.000 per sepeda. Di pulau ini juga terdapat fasilitas sewa tenda bagi yang ingin bermalam sambil menghabiskan waktu liburan di bawah langit terang Pulau Panjang. Untuk biaya sewa tenda dihargai 50.000 rupiah untuk satu tendanya.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pulau Panjang

Aktivitas Dilakukan di Pulau Panjang
Image Credit: Instagram.com @zfird

1. Berenang Santai

Dengan air laut berwarna biru kehijauan jernih, Anda dapat mengintip pesona bawah laut pulau ini dengan mata telanjang. Ombaknya yang tenang dan sangat cocok untuk berenang membuat Anda merasa nyaman berada di sana. Suasananya yang sejuk karena berada dekat dengan hutan tropis akan merileks-kan tubuh Anda sejenak dari kesibukan pekerjaan Anda.

2. Berjalan-Jalan Mengitari Hutan Tropis

Jika Anda sudah puas berenang atau sedang ingin jalan-jalan, Anda bisa menengok hutan tropis yang berada di tengah pulau ini. Jalan kecil dan Panjang yang dibangun mengitari pulau ini akan menuntun Anda mengenal keindahan wilayah ini.

Apabila sudah dirasa lelah berjalan kaki, Anda juga bisa menyewa sepeda dan menggoesnya mengelilingi pulau. Jika Anda beruntung, Anda dapat menemui banyak populasi Burung Kunthul yang menetap di pepohonan yang besar dan tinggi di sana.

3. Menginap di Pulau

Fasilitas tenda untuk menginap para wisatawan sudah dipersiapkan oleh pihak pengelola Pulau Panjang. Dengan harga sewa terjangkau, Anda sudah bisa merasakan rasanya bermalam di pulau tak berpenghuni yang keindahannya masih alami dan asri.

Ketika Anda berkunjung kemari dan memutuskan untuk menginap barang semalam, jangan lupakan untuk mengabadikan momen saat matahari terbenam dan matahari terbit. Pemandangan senja dan fajar di pulau ini sangat indah, tidak kalah cantik dari pulau besar dan terkenal di luar sana.

4. Mengabadikan Momen

Sudah menjadi kewajiban bagi para wisatawan untuk mengabadikan momen liburan mereka yang berharga, apalagi jika Anda berkunjung ke Pulau Panjang yang sangat indah ini. Banyak spot foto yang tersebar di tempat ini, Anda hanya perlu memotretnya dengan sepenuh hati. Anda juga bisa berfoto bersama sahabat atau keluarga Anda dengan pemandangan senja sebagai latarnya.

Spot foto ini bisa juga dimanfaatkan sebagai media promosi bagi pulau ini sendiri. Dengan mempostingnya di media sosial akan membantu tempat ini mendapatkan lebih banyak wisatawan.

BACA:  Pulau Bidadari Jakarta - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Penginapan Murah di Sekitar Pulau Panjang

Penginapan di Sekitar Pulau Panjang
Image Credit: Agoda.com

1. Love in Hotel & Resort

Dengan harga sewa 275.000 per malam, Anda sudah bisa mendapatkan fasilitas kamar ber-ac, wifi gratis, dan makanan. Di sini juga terdapat fasilitas pantai pribadi, hingga jika Anda bosan Anda dapat duduk di ayunan yang terdapat di bibir pantai sambil menikmati pemandangan matahari tenggelam.

Letak penginapan ini sekitar 2,96 kilometer dari Pulau Panjang dan strategis dengan pantai lainnya. Lokasi tempat ini berada di Kabupaten Jepara, lebih tepatnya di Jalan Raya Tirta Samuda No. 8. Dengan fasilitas tersebut Anda dapat mengistirahatkan diri Anda dengan nyaman.

2. Hotel D’Season Premiere

Terletak di Pusat Kota Jepara, lebih tepatnya di Jalan Priwisata No. 09 Bandengan, Anda akan menemukan hotel ini berada menghadap Pantai Bandengan. Dengan harga sewa kamar 522.500 per malam, Anda sudah dapat menikmati fasilitas yang lumayan mewah. Di tempat ini terdapat kolam renang yang bisa dinikmati setiap saat.

Jika Anda bosan, Anda juga dapat bermain di Pantai Bandengan. Apabila Anda ingin mendapatkan penginapan yang dekat dengan pantai, Anda dapat memilih tempat ini. Pemandangan yang didapat dari balkon yang menghadap laut akan sangat indah.

3. Samudra Hotel & Resto

Terletak di Jalan Pemandian Kartini No. 08, Anda dapat menemukan penginapan ini jika sedang berlibur di Pusat Kota Jepara. Dengan harga sewa kamar 169.250 rupiah dan jarak jangkauan 2.52 kilometer dari Pulau Panjang, sementara penginapan ini berjarak lebih dekat dengan Pantai Kartini.

Anda akan mendapatkan fasilitas kamar ber-ac, wifi gratis, toilet dalam, dan parkir gratis bagi tiap pengunjung penginapan. Jika Anda mencari penginapan murah tapi berkualitas, Anda dapat pergi ke tempat ini.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Panjang Jepara

Fasilitas di Pulau Panjang Jepara
Image Credit: Google Maps (Apt. Leo Pata Ritandoko, S.Farm)

Sebagai sebuah tempat liburan bagi para wisatawan, Pulau Panjang sangat memenuhi kebutuhan mereka. Fasilitas liburannya memang belum terlalu lengkap, baru alat-alat snorkeling, tenda, dan sepeda. Semakin ramainya wisatawan, tidak akan menutup kemungkinan penambahan fasilitas untuk memberi kenyamanan pada pengunjungnya.

Sementara untuk fasilitas tambahan seperti toilet dan mushola juga sudah aman. Walau dengan tempat yang kecil, setidaknya fasilitas ini wajib ada di tiap tempat wisata. Terdapat juga sebuah dermaga dan mercusuar yang terletak di bagian Barat pulau.

Selain itu, karena pulau yang berada jauh dari daratan tidak memungkinkan adanya restoran di sini, jadi Anda harus membawa bekal sendiri dari rumah. Atau jika tidak mau repot, di sini terdapat banyak penjual makanan ringan dan makanan berat. Mereka sangat bersemangat saat menjajakan dagangannya dan menawari pengunjung.

Pulau Panjang adalah satu dari beberapa destinasi yang berada di Jepara. Pulau ini masih sangat asri dan alami. Kedepannya jika banyak wisatawan mengenali dan berlibur di pulau ini, pulau ini akan berkembang pesat dan menjadi tempat yang lebih indah dan nyaman lagi.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending