Pulau Menjangan Kecil, Karimunjawa

Pulau Menjangan Kecil, Karimunjawa

Lokasi: Desa Karimunjawa, Kec. Karimunjawa, Kab. Jepara.
Map: Cek Lokasi

Liburan menjadi waktu yang ditunggu tunggu bagi kebanyakan orang untuk mengembalikan semangat sebelum kembali berkutat dengan aktivitas rutin. Mungkin mengunjungi mall atau wahana permainan sudah menjadi hal yang sering dilakukan bagi Anda yang hidup di kota. Maka untuk mendapatkan liburan yang berbeda Anda perlu menyempatkan berkunjung ke pulau pulau kecil dengan sejuta pesona yang dimilikinya, salah satunya pulau Menjangan Kecil Karimunjawa.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Menjangan Kecil

Daya Tarik Pulau Menjangan Kecil
Image Credit: Indonesiakaya.com

Raja Ampat di Papua memang menawarkan keindahan bawah lautnya yang memukau, tak heran jika tempat wisata ini menarik banyak wisatawan untuk mengunjunginya. Namun, bagi Anda yang berada di pulau Jawa, tidak perlu jauh jauh ke Raja Ampat untuk menikmati surga bawah laut. Berkunjung ke Pulau Menjangan Kecil Karimunjawa akan memberikan Anda pengalaman liburan yang tidak jauh berbeda dengan wisata di kepulauan Raja Ampat.

Menyaksikan jernihnya air laut dengan keindahan terumbu karang lengkap dengan beragam spesies ikan bukan lagi sebuah mimpi. Bahkan Anda juga bisa menyaksikan dan berinteraksi langsung dengan ikan nemo yang sering muncul di film. Karena pesona yang dimilikinya, pulau ini sering disebut sebagai pulau terindah yang ada di Karimunjawa. Maka tak heran jika pulau satu ini menjadi tempat favorit bagi turis lokal maupun mancanegara.

Daya Tarik Pulau Menjangan Kecil Sampang
Image Credit: Uniquewisata.com

Tak hanya keindahan bawah lautnya yang elok, hamparan pasir putih dengan ombak pantainya menjadi pemandangan yang tidak kalah menarik. Menikmati suasana di pantai ini, akan membuat Anda lupa dengan segala beban yang memberatkan pikiran. Terpaan angin yang lembut akan menimbulkan suasana hati yang bahagia. Liburan ke Pulau Menjangan Kecil memang lebih tepat jika dilakukan bersama orang orang terdekat, baik keluarga maupun teman.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pulau Menjangan Kecil

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pulau Menjangan Kecil
Image Credit: Wikipedia.org

Pulau menjangan Kecil merupakan pulau yang berada di sebelah selatan pulau Menjangan Besar. Atau lebih tepatnya terletak di sebelah barat daya dari pulau Karimunjawa. Pulau kecil ini tidak berpenghuni dan dikelola oleh PT. Awani Dream. Adapun penduduk sekitar hanya memanfaatkan lahan yang terdapat di pulau ini untuk perkebunan kelapa. Karena letaknya yang berada di luar pulau Jawa, tentu Anda membutuhkan transportasi kapal untuk sampai di pulau ini.

Untuk perjalanan darat, Anda bisa mengarahkan tujuan ke pelabuhan Jepara. Selanjutnya, dari pelabuhan tersebut, Anda bisa melanjutkan menyeberang pulau dengan menaiki kapal feri. Perjalanan dari Pelabuhan Jepara menuju pulau Menjangan Kecil membutuhkan waktu sekitar 5 jam. Sayangnya kapal feri ini tidak ada setiap waktu, maka dari itu Anda harus memastikan sebelum berangkat, mengenai jadwal keberangkatan kapal feri yang mengangkut ke Pulau kecil ini.

Akan lebih aman lagi jika Anda menggunakan paket wisata yang biasanya ditawarkan oleh agen travel. Selain memudahkan Anda mendapatkan transportasi, menggunakan paket wisata juga dinilai lebih hemat karena Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sekali sudah untuk akomodasi hingga penginapan. Jadi Anda tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk menikmati berbagai fasilitas tambahan yang disediakan di pulau Menjangan Kecil Karimunjawa.

Biaya Wisata ke Pulau Menjangan Kecil

Biaya Wisata ke Pulau Menjangan Kecil
Image Credit: Gunungpesonabahari.blogspot.com

Untuk tiket masuk menuju pulau kecil ini, Anda perlu membayar di loket pembayaran sekitar sepuluh ribu rupiah. Namun biaya retribusi ini bisa saja berubah sewaktu waktu tergantung dari pengelola setempat. Akan lebih baik lagi jika Anda menggunakan jasa agen wisata yang biasanya menawarkan paket dengan harga yang terjangkau. Sehingga Anda tidak perlu memikirkan lagi mengenai biaya biaya yang lain termasuk tiket masuk saat di pulau Menjangan Kecil.

Adapun biaya snorkeling dan diving sendiri biasanya tergantung dari paket yang Anda pilih. Namun, paket snorkeling tersebut biasanya sudah menyediakan peralatan snorkeling yang lengkap. Selain itu, diving ataupun snorkeling yang ditawarkan termasuk dengan beberapa destinasi di tempat lain seperti pulau Cemara, Pulau menjangan Besar dan juga di karang Bintang. Saat memiliki waktu liburan sebaiknya Anda juga mempertimbangkan mengenai cuaca di waktu tersebut.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pulau Menjangan Kecil

Kegiatan Menarik di Pulau Menjangan Kecil
Image Credit: Indonesiadimataku.wordpress.com

Karena keindahan bawah laut yang dimilikinya, maka aktivitas paling menarik di tempat wisata ini tentu dengan menyelam ke dalam kolom air. Diving dan snorkeling memang menjadi keunggulan yang ditawarkan saat Anda mengunjungi tempat wisata ini. Ada banyak spot spot menarik untuk Anda yang sedang berburu foto selama musim liburan. Tidak perlu khawatir dengan liburan yang mengecewakan, karena Anda bisa menggunakan pemandu yang profesional.

Selain itu, adanya pemandu yang berpengalaman juga akan membantu Anda untuk menikmati sensasi menyelami keindahan bawah laut di pulau ini. Perairan yang tenang dengan air yang sangat jernih akan membuat diving Anda di pulau ini terasa lebih berbeda. Terumbu karang yang indah dan unik umumnya didominasi oleh Montipora Foliosa dengan warna yang beragam mulai dari putih, kuning hingga keemasan.Ada batu merah besar yang bisa dijadikan tempat beristirahat.

Namun, untuk snorkeling di tempat ini Anda harus lebih hati hati mengingat terumbu karang yang tumbuh di tempat ini harus dijaga dengan baik agar tidak rusak. Apalagi terumbu karang tersebut membutuhkan waktu yang lebih lama agar bisa bertahan dan tumbuh lebih banyak. Selain snorkeling dan diving, Anda juga bisa memberikan makan ikan ikan yang ada di pulau ini. Tersedia juga ayunan yang bisa Anda gunakan sembari menikmati pemandangan pantai di pulau Menjangan Kecil.

Penginapan di Pulau Menjangan Kecil

Penginapan di Pulau Menjangan Kecil
Image Credit: Indonesiakaya.com

Tidak sulit menemukan penginapan di tempat ini, dimana terdapat Menjangan Resort Kecil yang sudah ada sejak tahun 2006. Tempat penginapan ini sangat cocok untuk Anda yang ingin merasakan suasana yang lebih sunyi dan jauh dari keramaian. Terdapat beberapa bungalow yang disediakan dengan fasilitas yang lengkap. Bermalam di tempat ini akan membuat ada bisa menikmati keindahan alam lebih banyak lagi.

Berbeda dengan kamar kamar yang mewah pada umumnya, menjangan resort menyediakan kamar dengan desain yang lebih natural. Meskipun demikian, terdapat TV parabola untuk memfasilitasi Anda yang ingin menonton televisi selama liburan . Selain itu, tempat penginapan ini juga menyediakan air yang jernih. Selain itu, penginapan ini juga memiliki restoran yang menyediakan berbagai makanan dengan rasa yang lezat untuk mengenyangkan perut Anda selama menginap.

Lokasinya yang terletak di sekitar pantai membuat penginapan ini sangat strategis . Di pagi hari Anda bisa menyaksikan keindahan matahari terbit dari ujung timur. Sedangkan saat sore hari Anda bisa berjalan jalan mengelilingi sekitar sembari menyaksikan keindahan sunset. Keuntungan lain selama menginap di pulau kecil ini dimana Anda bisa beristirahat dengan nyaman.

Fasilitas yang Ada di Pulau Menjangan Kecil

Fasilitas di Pulau Menjangan Kecil
Image Credit: Indonesiakaya.com

Meskipun pulau kecil ini tidak berpenghuni, bukan berarti Anda akan kesulitan mendapatkan fasilitas yang lengkap. Apalagi tempat wisata ini dikelola oleh sebuah perusahaan. Jadi tidak sulit bagi Anda yang ingin menghabiskan liburan tanpa harus terkendala oleh sarana yang terbatas. Terutama apabila Anda sudah menggunakan paket wisata yang lengkap sehingga fasilitas yang Anda peroleh selama liburan di tempat ini juga lebih banyak.

Pulau menjangan Kecil sudah menyediakan gazebo yang bisa digunakan untuk sekedar beristirahat dan menikmati pemandangan di sekitar. Selain itu, fasilitas lain seperti tempat makan dan toilet juga mudah ditemukan di pulau kecil ini. Dengan berbagai fasilitas yang disediakan, maka Anda bisa menikmati liburan lebih menyenangkan selama berada di Pulau Menjangan Karimunjawa.

Terdapat fasilitas terapi laut dimana Anda bisa menikmati air laut dengan kadar garam yang cukup tinggi. Terapi laut ini juga dipercaya dapat menghilangkan berbagai macam penyakit. Tidak perlu takut untuk melakukannya, karena Anda akan didampingi oleh seorang pemandu yang sudah sangat berpengalaman. Lokasi terapi ini berada tidak jauh dari penginapan,dan dikelilingi dengan pemandangan yang hijau sehingga wisatawan bisa menikmati terapi sembari melihat pemandangan.

Pulau Menjangan Kecil menjadi tujuan liburan yang tepat jika Anda ingin menikmati keindahan karang dan spesies hewan laut lainnya. Selain itu, pulau kecil ini juga menyediakan fasilitas yang cukup lengkap mulai dari toilet, tempat makan hingga penginapan. Namun, selama liburan di pulau ini Anda harus mematuhi peraturan yang telah dibuat oleh pihak pengelola. Selain itu, sebaiknya lakukan pemesanan lebih awal sebelum Anda mendatangi salah satu pulau terindah ini.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending