Pantai Teleng Ria Pacitan – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Teleng Ria Pacitan – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Teleng Ria, salah satu pantai yang memiliki pesona alam yang memukau di Pacitan. Wisata bahari yang cocok dijadikan tujuan liburan keluarga.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Balong, Sidoharjo, Kec. Pacitan, Kab. Pacitan, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Pacitan, salah satu kota di Jawa Timur yang menawarkan pesona alam yang cantik dan tidak kalah dengan kota pariwisata Malang serta Banyuwangi. Di sana terdapat banyak Goa yang bagus dan beberapa pantai patut untuk dikunjungi.

Teleng Ria adalah bagian dari keindahan alam yang dimiliki oleh Pacitan. Ombaknya cukup besar dan berpotensi menjadi sedikit ganas. Dasar pantainya juga cukup landai untuk berenang. Banyak sekali keunikan yang ditawarkannya, terlebih lokasinya juga mudah dijangkau dan tidak jauh dari pusat kota.

Tentunya akan sangat banyak lagi hal-hal menarik lainnya, yang bisa Anda temukan di Pantai Teleng Ria. Terlebih, luas pasir putih kecokelatan dan kondisi geografisnya memadai untuk Anda melakukan berbagai kegiatan menyenangkan bersama rekan ataupun keluarga.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Teleng Ria

Daya Tarik Pantai Teleng Ria
Image Credit: Facebook.com @pacitannetwork

Pantai ini merupakan salah satu pantai yang berada di daerah Pacitan. Tempat ini menjadi satu dari sekian banyak wisata alam yang banyak dikunjungi di daerahnya. Tentunya bisa menjadi alternatif tujuan wisata selain pantai lain yang ada di Malang ataupun Banyuwangi. Karena banyak sekali daya tarik yang ditawarkannya.

1. Pasir yang Luas dan Bersih

Pantai Teleng Ria memiliki hamparan pasir kecoklatan yang cukup luas dan bersih. Sehingga pengunjung bisa dengan leluasa melakukan kegiatan bersama keluarga ataupun rekan sembari menikmati indahnya ombak yang menghempaskan air laut menuju bibir pantai.

Daya tarik ini cocok sekali dimanfaatkan bagi Anda yang berkunjung bersama anak-anak. Karena bisa bermain pasir dengan leluasa dan nyaman. Namun, Anda juga harus sedikit berhati-hati karena ritme ombaknya tidak tetap dan kadang juga cukup ganas.

2. Ombaknya Cukup Besar dan Ideal untuk Surfing

Daya tarik dari Teleng Ria selanjutnya adalah ombaknya yang cukup besar. Kedengarannya memang tidak aman untuk dikunjungi. Namun, kondisi inilah yang kemudian menarik wisatawan asing untuk berkunjung dan melakukan olahraga surfing.

Ombaknya memang cukup besar tapi tidak terlalu ganas dengan ritme hempasan gulungan air yang berubah-ubah. Perlu diketahui juga bahwa setiap tahun akan diselenggarakan event surfing international di Pantai Teleng Ria. Sehingga ini menjadi kesempatan bagi Anda untuk melihat pertunjukan berkelas yang tidak mengecewakan.

Daya Tarik dari Pantai Teleng Ria
Image Credit: Instagram.com @tsuraiyya.aghni_

3. Mempunyai Water Park

Selanjutnya Anda akan disuguhkan dengan daya tarik yang tidak biasa dari pantai ini. Diketahui bahwa ombaknya tidak cocok untuk berenang. Namun, pengelola tidak kehabisan ide untuk mengobati keinginan pengunjung dengan membangun water park di komplek dalam pantai.

4. Gunung Limo

Daya tarik pantai yang satu ini memberikan kesan eksotis yang tiada duanya. Pasalnya tempat ini dibelah dengan indah oleh Gunung Limo. Keadaan tersebut membuatnya terlihat seperti huruf U. Bagi pecinta olahraga pendakian, tentu ini kesempatan langka. Anda bisa melihat keindahan Pantai Teleng Ria dari atas gunung.

5. Hutan Cemara

Daya tarik ini menawarkan kesejukan dengan hamparan hijau pohon cemara yang berjajar indah. Pohon ini dijadikan sebagai alat untuk menekan abrasi. Namun keberadaannya juga memberikan kesan cantik dan unik dilihat dari kawasan pantai. Banyak pengunjung yang menjadikannya sebagai tempat bersantai dengan menggelarkan tikar di bawahnya.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Pantai Teleng Ria

Harga Tiket Pantai Teleng Ria
Image Credit: Google Maps (Siti Mardiyah)

Pantai cantik ini merupakan salah satu dari beberapa pantai yang berada di daerah Pacitan pada khususnya. Lokasinya berada sekitar 2,5 kilometer dari pusat kota. Waktu tempuh untuk mencapainya berkisar kurang lebih 30 menit perjalanan. Akses yang akan dilalui juga cukup mudah dan bisa ditempuh menggunakan roda empat ataupun roda dua.

Bagi pengunjung yang tidak tahu lokasinya atau pertama kali berkunjung bisa menggunakan aplikasi map on line yang tersedia di ponsel pintar Anda. Titik lokasinya cukup akurat, karena memang banyak di akses oleh pengunjung luar ataupun dalam negeri setiap harinya.

Jika rute Anda dimulai dari daerah Surabaya, bisa kemudian mengambil jalur menuju daerah Mojokerto. Setelah itu gunakan akses menuju area Jombang kemudian Nganjuk, dan Ponorogo. Lama perjalanan untuk jalur ini sekitar kurang lebih 6 jam.

Sedangkan untuk yang berasal dari daerah Solo dan juga Jogjakarta bisa menggunakan akses jalur Solo-Pacitan. Bila dimulai dari Jogjakarta selanjutnya menggunakan jalur Wonosari hingga tiba lokasi dengan lama waktu 2,5 jam perjalanan. Bagi yang berasal dari arah Solo sekitar 3 jam perjalanan. Jangan khawatir setiap akses jalan yang dilalui sangat aman dan bagus. Sehingga tidak memerlukan usaha lebih untuk mencapai lokasi pantai.

Saat Anda mengunjungi sebuah objek wisata sudah selayaknya membayar sejumlah uang untuk tiket masuk. Semua yang dibayarkan juga akan dikembalikan dalam bentuk perawatan dan pembangunan fasilitas penunjang. Begitupun saat berada di Pantai Teleng Ria, tentunya terdapat biaya masuk untuk menikmati fasilitas dan keindahan alamnya.

Pihak pengelola membebankan biaya masuk dengan harga variatif. Saat akhir pekan sebesar Rp 15.000,- per orang. Sedangkan hari biasa sebesar Rp 10.000,-. Biaya parkir terpisah dengan besaran Rp 10.000,- untuk roda empat, dan Rp 5.000,- untuk roda dua.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Teleng Ria

Aktivitas di Pantai Teleng Ria
Image Credit: Twitter.com @mnc_insurance

1. Surfing

Anda seorang pecinta olahraga air, Teleng Ria adalah tempat yang tepat. Ombaknya yang kuat dan besar cocok untuk berselancar (surfing). Setiap tahunnya juga terdapat event selancar internasional yang diikuti oleh peselancar dari berbagai Negara. Menyenangkan sekali bisa melenggok-lenggok dengan papan mengikuti arak gulungan ombak.

2. Bersantai di Bawah Pohon Cemara

Kegiatan menarik lain yang bisa Anda lakukan bersama keluarga ataupun rekan adalah bersantai dan menggelar tikar di bawah pohon cemara. Pantai Teleng Ria memiliki hutan konservasi untuk mengurangi dampak abrasi berupa pepohonan cemara yang sejuk dan indah yang berda di sekitaran Pantai. Bisa dimanfaatkan untuk santai dan menikmati hari.

3. Berfoto

Aktivitas seru lainnya yang tidak pernah ketinggalan yaitu berfoto di spot bagus yang ada di sekitar pantai. Banyak sekali lokasi terbaik yang bisa Anda abadikan. Mulai dari pemandangan laut lepas, pasir putih, hutan cemara, hingga gunung limo yang memecah pantai menjadi pola huruf U. Semua bisa dimanfaatkan untuk mencari foto terbaik Anda.

4. Kulineran

Hal menarik lain yang bisa Anda lakukan adalah kulineran. Terdapat pasar ikan yang menjajahkan hasil laut segar. Ikan-ikan tersebut bisa kemudian di bakar di pinggir pantai bersama keluarga dan rekan atau membelinya dalam keadaan matang. Tentunya ini sangat menarik dan sayang untuk dilewatkan. Harga ikannya lebih murah dan pastinya segar karena di ambil langsung dari pantai oleh Nelayan setempat.

5. Berenang

Ombak Pantai Teleng Ria memanglah besar dan berpotensi ganas. Namun, pantainya cukup landai untuk berenang. Tidak sepenuhnya aman, namun bisa dijadikan alternatif. Jika memang menginginkan keamanan yang pasti bisa menggunakan fasilitas wahana water park yang sudah di sediakan pengelola di sekitaran pantai.

6. Bermain Pasir

Hamparan pasir putih kecokelatan di pantai ini sangat luas dan lembut. Cocok bagi Anda yang datang bersama anak-anak. Berbagai aktivitas menarik seperti berjemur di atas pasir, membangun castle pasir, hingga berjalan santai bisa Anda lakukan saat berkunjung.

7. Mendaki Gunung Limo

Aktivitas menarik lainnya yang sangat menantang adalah mendaki Gunung Limo. Bagi Anda yang gemar mendaki, bisa mendapatkan dua keuntungan langsung yaitu melihat hamparan laut dan mendaki gunung secara bersamaan. Pemandangan dari atas Gunung Limo juga sangat indah. Pastinya tidak akan mengecewakan untuk dilakukan.

Penginapan Murah Dekat Dari Pantai Teleng Ria

Penginapan Dekat Pantai Teleng Ria
Image Credit: Agoda.com

1. Hotel Minang Permai 3

Penginapan yang dekat dengan Pantai Teleng Ria dengan biayanya terjangkau salah satunya ada di Hotel Minang Permai 3. Fasilitas yang disediakan lengkap dan standar. Jarak tempuh menuju lokasi pantai hanya 4 kilometer saja. Biaya menginap per malam yang harus dibayarkan oleh pengunjung sebesar Rp 150.000,- saja.

2. Penginapan Wijaya Mulia

Penginapan kedua dengan harga terjangkau yang berada dekat area pantai yaitu Penginapan Wijaya Mulia. Biaya menginap per malam yang harus dibayarkan untuk menginap sebesar Rp 120.000,- saja. Fasilitas yang didapatkan sudah meliputi kamar tidur, parkir kendaraan luas, AC, wifi, serta kamar mandi standar dengan shower.

3. Affordable Room (Hotel Sido Mulyo)

Penginapan lain yang cukup lengkap dan nyaman fasilitasnya yaitu Hotel Sido Mulyo. Hanya dengan harga menginap sebesar Rp 100.000,- Anda akan mendapatkan banyak fasilitas penunjang. Kamar mandi dengan shower, kamar tidur dengan wifi dan AC, serta terdapat pula ruang parkir yang luas untuk kendaraan pribadi Anda.

4. Guest House Griya Madani Syariah

Rekomendasi penginapan murah yang dekat dengan Pantai Teleng Ria selanjutnya adalah Guest House Griya Madani Syariah. Terletak sekitar 5 kilometer dari pantai. Harga per malam untuk menginap sebesar Rp 180.000,- saja. Kamar standar hotel dengan wifi dan AC, parkir kendaraannya luas, dan juga memiliki kamar mandi dengan fasilitas shower.

5. Guest House Kraton Mas

Guest House Kraton Mas berada 3 kilometer dari lokasi pantai ini. Harga menginap per malamnya mulai dari Rp180.000,- saja. Fasilitas yang didapatkan sudah termasuk kamar mandi, AC, Wifi, dan kamar tidur.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Teleng Ria

Fasilitas di Pantai Teleng Ria
Image Credit: Google Maps (Vironica Hp)

Fasilitas yang disediakan sudah terbilang lengkap dan cukup baik. Berbagai penunjang disediakan untuk membuat kegiatan Anda lebih menyenangkan. Mulai dari Pendopo dengan hiasan ornamen Wayang yang artistik, hingga lampu-lampu hias di sepanjang jalan Pantai Teleng Ria yang indah saat malam hari.

Sedangkan fasilitas pendukung lainnya seperti musholla, kamar mandi, tempat parkir, hingga warung-warung makanan tersedia dengan lengkap. Pengunjung dapat menikmati liburan tanpa khawatir makan, melangsungkan ibadah, dan memarkir kendaraan dengan tenang di area pantai.

Itulah deretan keunikan daya tarik, fasilitas, hingga rute terbaik menuju lokasi yang bisa Anda pilih saat berkunjung Pantai Teleng Ria di Pacitan. Sarana prasarananya juga sangat lengkap dan cukup terjaga, sehingga liburan lebih nyaman dan menyenangkan.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending