Air Terjun Madakaripura Probolinggo – Daya Tarik, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

Air Terjun Madakaripura Probolinggo - Daya Tarik, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

Daya Tarik, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket – Air Terjun Madakaripura salah satu objek wisata alam sarat sejarah di Probolinggo yang menarik dieksplor. Air terjun eksotis setinggi 200 meter yang menyuguhkan pemandangan alam yang menakjubkan.

Harga Tiket: Rp 11.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sapih, Branggah, Kec. Lumbang, Kota Probolinggo, Jawa Timur.

Nama air terjun Madakaripura ini berasal dari perpaduan 3 nama yang isinya adalah mada yang berasal dari nama gajah, kari yang bermakna peninggalan, dan pura yang mempunyai makna sebagai sembahyang. Jadi arti kata Madakaripura adalah gajah yang sedang meninggal di saat sembahyang. Konon, patih Gajah Mada juga menghabiskan sisa hidupnya di sekitar lokasi air terjun.

Seperti yang banyak orang ketahui, mahapatih Gajah Mada ke tempat ini setelah beliau sudah tidak jadi sebagai mahapatih karena jabatannya dicopot. Jabatan beliau dicopot karena patih Gajah Mada telah membunuh ratusan nyawa orang yang ada di kerajaan sunda galuh. Patih Gajah Mada setiap hari mengunjungi curug ini untuk merenungi semua perbuatannya.

Madakaripura berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Bahkan, Air Terjun Madakaripura ini dinobatkan sebagai air terjun yang paling tinggi di Pulau Jawa. Memiliki tinggi sekitar 200 meter, tempat ini juga dinobatkan sebagai air terjun tertinggi nomor dua di Indonesia. Selain itu, curug yang sekarang menjadi tempat wisata ini juga biasa disebut sebagai air terjun abadi.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Madakaripura

Daya Tarik Dimiliki Air Terjun Madakaripura
Image Credit: Instagram.com @noorey_freeboy

Air terjun ini sangat cantik dan juga indah, maka anda tidak perlu heran jika setiap harinya banyak para pengunjung berbondong bondong berlibur ke lokasi wisata ini. Selain itu, tempat ini juga banyak memiliki daya tarik tersendiri yang membuat para wisatawan betah saat berada di sini.

1. Pemandangan Masih Asri

Pemandangan hijau ini karena banyaknya pohon pohon yang tumbuh dengan subur serta diiringi dengan air terjun yang indah membuat anda semakin menikmati waktu berlibur. Hal ini membuat tempat ini banyak dipakai sebagai spot foto oleh para pengunjung. Disana nanti anda juga akan bertemu dengan hewan hewan sekitar penghuni tempat wisata.

2. Air Terjun Berbentuk Goa

Air Terjun Madakaripura memiliki tinggi sekitar 200 meter. Dengan letak setinggi itu, membuat tempat ini sangat teduh dan sejuk saat anda datang. Siapapun para wisatawan yang datang akan terpana dengan keindahan akan nuansa yang berbeda dibanding air terjun yang lain lain. Karena itu yang menjadi keunikan dari destinasi wisata ini.

BACA:  22 Curug (Air Terjun) di Bogor yang Populer & Terindah

Selain itu, yang menjadi unik adalah tempat wisata ini memiliki bentuk seperti goa dengan memiliki tinggi sekitar 200 meter dan juga seluas sekitar 25 meter. Bentuk air terjunnya juga melingkar. Sebelum anda sampai ke air terjun intinya, anda akan disuguhi dengan 4 air terjun yang tak kalah cantiknya.

Daya Tarik Air Terjun Madakaripura
Image Credit: Instagram.com @indotravelpedia

3. Pola Aliran Radial Sentrifugal

Selain merupakan air terjun tertinggi kedua di Indonesia, Madakaripura memiliki aliran radial sentrifugal yang berarti satu titik yang alirannya menyebar. Hingga pada akhirnya aliran air saat turun akan terlihat seperti hujan. Hal tersebut sangat mempesona memang, apalagi saat anda datang dan bersamaan tempat tersebut diguyur hujan.

Jika datang disaat waktu yang tepat, anda bisa melihat guyuran air ini disinari oleh sang matahari. Hal itu menyebabkan terbentuknya Pelangi yang sangat cantik. Selain anda hanya bisa melihat Pelangi yang cantik karena sinar matahari dan guyuran air, aliran air disini juga memiliki warna cantik yaitu warna biru.

4. Suara Air Membuat Rileks

Suara jatuhnya air terjun di tempat wisata ini dapat membuat anda menjadi lebih rileks setelah menjalani rutinitas pekerjaan. Suara air terjun tersebut menjadikan para wisatawan yang datang ke tempat ini menjadi tenang dan rileks. Suara air terjun yang jatuh akan membuat gelombang yang memunculkan efek dramatis untuk otak.

Itulah yang membuat destinasi wisata ini selalu ramai pengunjung karena daya tariknya tidak dimiliki di air terjun air terjun lainnya. Tidak heran jika saat anda datang ke lokasi ini dengan kondisi tubuh yang lelah setelah pulang atau keluar dari tempat wisata ini anda akan merasa tubuh menjadi lebih segar dan rileks.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Air Terjun Madakaripura

Alamat Air Terjun Madakaripura
Image Credit: Google Maps (Driver Guide Batu Malang)

Untuk bisa berkunjung ke lokasi wisata curug ini, Anda langsung ke Desa Negororejo, tepatnya di dusun Branggah yang ada di Probolonggo. Anda dapat menaiki kendaraan umum seperti bis, jasa travel atau mungkin bisa naik kendaraan pribadi anda untuk bisa menuju tempat wisata ini. Jalan yang mulus dan bagus membuat tempat ini mudah untuk diakses.

Bagi anda yang ingin menuju lokasi wisata dengan transportasi umum, ada bisa memulai perjalanan dengan naik angkutan umum yang ada di terminal Probolonggo. Pilih angkutan umum menuju desa Lumbung. Setelah sampai di desa Lumbang, anda diharuskan untuk naik angkutan umum yang kedua menuju Bromo. Setelah itu anda baru sampai ke lokasi Air Terjun Madakaripura.

Sedangkan bagi yang naik kendaraan pribadi bisa memakai rute Probolinggo – Bromo melewati Tongas. Dari sini nanti anda akan menjumpai pertigaan sukapura. Kemudian nanti ambil arah kanan ke Desa Lumbung. Setelah sampai di Desa Lumbung, anda bisa langsung ke pasar Lumbung dan ambil arah kanan.

BACA:  Pantai Ngalur Tulungagung - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Setelah anda sampai di lokasi wisata, nantinya para pengunjung diharuskan untuk menempuh perjalanan ke titik lokasi dengan cara berjalan kaki. Perjalanan ini bisa anda tempuh selama kurang lebih sekitar 20 menit lamanya.

Yang perlu diperhatikan, lokasi ini biasanya akan ditutup jika cuaca hujan deras karena sering terjadi adanya banjir bandang. Jadi, usahakan datang saat cuaca sedang mendukung.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Madakaripura Probolinggo

Harga Tiket Air Terjun Madakaripura Probolinggo
Image Credit:Facebook.com @yuwyuwntchwiintah.phollephell

Apabila Anda ingin masuk untuk menikmati keindahan curug Madakaripura, anda cukup menyiapkan uang sebesar 11.000 rupiah dan 13.000 rupiah apabila di hari weekend. Selain tiket masuk, Anda juga dikenakan tarif parkir untuk menjaga keamanan kendaraan. Untuk parkir dikenakan tarif sebesar 5.000 untuk mobil dan 3.000 untuk motor.

Di tempat wisata ini juga disediakan guide tour yang akan menemani dan bercerita sepanjang perjalanan anda liburan. Guide ini pun akan bercerita sejarah tentang historis air terjun ini. Untuk masalah harga menyewa jasa tour guide ini, anda bisa melakukan tawar menawar dengan penyedia jasa. Karena tiap tiap guide memberikan harga yang berbeda beda.

Tiap destinasi wisata pasti memiliki jam operasional yang berbeda-beda. Untuk lokasi wisata ini, anda tidak bisa seenaknya untuk memilih jam berapa anda akan mengunjunginya. Karena di tempat ini buka pada pukul 08.00 dan tutup pada pukul 19.00. Dibatasi seperti itu karena takut terjadinya hal yang tidak diinginkan menimpa para wisatawan.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Air Terjun Madakaripura

Aktivitas Seru di Air Terjun Madakaripura
Image Credit: Google Maps (Misbahul Munir)

1. Mandi Air Terjun

Bagi pengunjung yang merasa fisiknya kuat untuk berenang, lokasi ini juga diperbolehkan untuk berenang. Namun, disarankan untuk berhati-hati saat melakukan aktivitas ini. Di bagian paling ujung, kedalamannya mencapai 6 sampai 7 meter. Oleh karena itu, para pengunjung yang berenang disarankan untuk memegang balok kayu yang difungsikan sebagai pelampung anda.

Saat hari menjelang malam dan mendung, anda akan dilarang untuk berenang disini. Hal ini dikarenakan datangnya air bah dari arah hulu tidak bisa diperkirakan sebelumnya. Selain rawan akan bencana banjir, tempat ini juga rawan longsor karena banyaknya tebing curang di sekitarnya. Maka dari itu anda jangan datang kesini saat musim hujan.

2. Trekking Menuju Air Terjun

Untuk bisa menikmati keindahan lokasi sekitar air terjun Madakaripura, wisatawan disarankan untuk menjelajahi kawasan hutan. Waktu yang anda perlukan adalah kurang lebih 1 jam dan rute ini hanya bisa anda tempuh dengan cara berjalan kaki. Jalan setapak pada lembah perbukitan ada di samping sungai sepanjang anda berjalan.

BACA:  20 Air Terjun di Malang yang Populer & Terindah

Di perjalanan akan banyak menemukan tebing berwarna hijau di sebelah kiri dan kanan sungai. Disaat musim hujan tiba, beberapa aliran air muncul yang mengaliri sela sela tebing. Disarankan untuk anda memakai alas kaki yang tidak selip, karena medan disini memiliki beberapa spot yang cukup licin.

Aktivitas di Air Terjun Madakaripura
Image Credit: Google Maps (Adiyah Ayu)

3. Berfoto Dengan Patung Patih Gajah Mada dan Pemandangan Sekitar

Bagi yang suka berfoto ria, Anda bisa mengabadikan momen bersama patung Patih Gajah Mada. Namun, anda perlu bersabar karena biasanya lokasi ini cukup ramai. Karena para wisatawan yang lainnya juga ingin berfoto dengan Patih Gajah Mada. Patung ini terlihat sangat gagah seakan patung ini menyambut para wisatawan yang datang.

Selain itu, disini juga ada banyak spot yang indah yang bisa dijadikan lokasi mengambil gambar. Anda bisa berfoto di bawah curug yang mengalir desar.

4. Menikmati Keindahan Air Terjun Madakaripura

Hawa di tempat wisata ini sungguh sejuk dan enak. Pemandangan air yang jatuh dan melewati tebing vertikal yang diselimuti tumbuhan berwarna hijau bisa membuat para wisatawan terpesona saat melihatnya. Di ujung ngarai sana, terlihat Air Terjun Madakaripura yang terlihat menjulang tinggi.

Gemercik air yang turun akan membuat efek relaksasi bagi para pengunjung. Konon ceruk-ceruk kecil sana terdapat tempat sang patih untuk bersemedi. Air terjun ini sering dijuluki dengan air terjun yang abadi dikarenakan jumlah debit airnya tetap melimpah walaupun musim kemarau tiba. Kondisi airnya juga akan tetap dan jernih, seolah tempat ini tidak bisa tercemar.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Air Terjun Madakaripura

Fasilitas di Air Terjun Madakaripura
Image Credit: Google Maps (樂樂)

Di sebelah pintu masuk air terjun ini terdapat tempat parkir khusus untuk kendaraan roda dua. Disini juga terdapat fasilitas yang bisa menopang kenyamanan para wisatawan yang datang, fasilitas seperti warung makan, toko souvenir, toilet, kamar mandi dan juga terdapat tempat ibadah di dekat area parkir. Kamar mandi disini terbilang cukup bersih, karena airnya berasal langsung dari air terjun.

Selain keindahan alam, disini juga ada banyak sarang lebah yang sengaja dibuat oleh warga sekitar untuk bisa memperoleh madu segar. Madu tersebut nantinya akan dijual kepada banyak rumah rumah warga atau warung makan di sekitar tempat wisata. Di depan gerbang masuk nanti banyak sekali para wisatawan makan di warung tersebut sembari menikmati pemandangan.

Bagi yang mempunyai jiwa adventure dan hobi memacu adrenalin, Air Terjun Madakaripura di Probolinggo bisa anda jadikan warming up atau pemanasan sebelum anda akan melanjutkan perjalanan berwisata ke Gunung Bromo. Disini nanti anda bisa mempelajari banyak hal tentang sejarah dan mitos dengan disuguhi pemandangan yang sangat mempesona. Jangan lupa untuk berfoto foto di tempat ini.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending