Pantai Karang Bolong Pacitan – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Karang Bolong Pacitan

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Karang Bolong Pacitan, pantai eksotis yang menawarkan pesona karang berlubang mirip gerbang laut selatan. Wisata bahari unik dengan adanya pemadangan air terjun.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Karang Bolong, Kendal, Sendang, Kec. Pacitan, Kab. Pacitan, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Berbicara mengenai Pacitan, kota kelahiran Presiden SBY ini lumayan terkenal di kalangan para wisatawan. Pasalnya, kota di sebelah barat daya Provinsi Jawa Timur ini memiliki banyak pantai karena lokasinya yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Salah satu pantai di Pacitan adalah Pantai Karang Bolong.

Pantai cantik ini sendiri masih belum banyak yang mengetahui sebelum ‘era keemasan’ media sosial beberapa tahun terakhir ini. Walaupun lokasinya dekat dengan Pantai Klayar, pantai ini baru mulai terkenal semenjak banyak fotografer yang mengunggah keindahan pantai yang eksentrik ini ke media sosial mereka.

Pantai ini berbeda dari pantai-pantai lain; sebab, di pantai ini Anda tidak dapat menjumpai hamparan pasir pantai yang luas. Sebagai gantinya, di Pantai Karang Bolong, bongkahan tebing dengan lubang di tengahnyalah yang menjadi daya tarik tersendiri. Selain itu, masih banyak keunikan yang disuguhkan pantai di Pacitan ini yang menjadikannya destinasi wajib saat berwisata di Pacitan.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Karang Bolong

Daya Tarik Pantai Karang Bolong
Image Credit: Twitter.com @ajieqomarudin

Pantai menawan ini merupakan pantai yang tidak jauh dari Pantai Klayar. Dari Pantai Klayar, Anda hanya perlu menempuh jarak sekitar satu kilometer. Walaupun demikian, Pantai Karang Bolong memiliki pesona yang membuatnya beda. Apa saja keunikan pantai ini?

1. Pantai Tak Berpasir

Jika pada umumnya pantai memiliki area berpasir, jangan harap Anda menemukan pasir pantai ketika berkunjung ke Karang Bolong. Sebab, lokasi pantai ini berada di atas tebing dan tidak langsung bersinggungan dengan air laut.

Sebagai gantinya, Anda dapat menemukan hamparan rumput hijau yang cukup luas. Bisa dikatakan, hamparan rumput di pantai ini menyerupai sabana. Anda bisa menggelar tikar, menikmati pemandangan pantai sambal bersantai bersama orang-orang terdekat Anda.

2. Tebing Karang yang ‘Bolong’

Penamaan pantai ini dengan nama ‘Karang Bolong’ rupanya bukan tanpa alasan. Seperti yang sudah disebutkan, pantai ini berdiri di atas tebing karang yang besar. Nah, di salah satu sisi pantai, Anda dapat melihat bahwa ada bongkahan tebing dengan lubang besar di tengahnya. Lubang inilah yang menjadi dasar dinamakannya pantai ini dengan nama ‘Karang Bolong’.

BACA:  Pantai Klatak Tulungagung - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Tidak hanya itu, bebatuan karang yang tetap kokoh melawan ganasnya ombak Samudera Hindia juga menjadi daya tarik kunjungan wisata ke pantai ini. Anda bisa mengamati karang-karang yang menyembul dari atas, namun Anda perlu berhati-hati karena masih belum ada fasilitas pengaman di pantai ini.

Daya Tarik dari Pantai Karang Bolong
Image Credit: Ksmtour.com

3. Panorama Sunset dan Sunrise

Anda pemburu sunset? Jangan sia-siakan kunjungan Anda ke pantai ini tanpa melihat sunset dari Pantai Karang Bolong. Mengamati pergantian warna langit dari biru cerah dengan corak kuning lalu berubah jingga menjadi momen yang sayang jika dilewatkan. Apalagi jika Anda bisa melakukannya sambil duduk di atas tebing dan ditemani debur suara ombak. Amboi!

Jika cuaca cerah, Anda bahkan bisa melihat sunrise dari lokasi yang sama. Rasakan sensasi menyambut datangnya hari baru di tengah alam. Embusan angin sepoi-sepoi, ditambah dengan sinar matahari pagi yang membakar semangat menjadi harmoni yang baik untuk memulai hari Anda.

4. Keindahan Air Terjun

Pernahkah Anda menemukan pantai yang memiliki air terjun? Jika Anda belum pernah menemukan pantai semacam itu, Anda bisa coba berkunjung ke Pantai Karang Bolong. Sebab, di pantai ini Anda bisa menemukan air terjun di salah satu sisi tebing. Tentu air terjun ini juga menjadi salah satu daya tarik wisata, terutama bagi mereka yang gemar fotografi.

Alamat & Rute Menuju Pantai Karang Bolong

Rute Pantai Karang Bolong
Image Credit: Google Maps (Bambang Priyantoko)

Surga bahari ini berlokasi di Karang Bolong, Desa Sendang, Kecamatan Donorejo, Kabupaten Pacitan. Jika ditilik dari peta daring, pantai ini berjarak kurang lebih 39 kilometer dari pusat/tengah kota Pacitan. Pantai ini memiliki gerbang yang sama dengan Pantai Klayar, Anda dapat menanyakan langsung kepada warga lokal bagaimana untuk menuju Pantai Karang Bolong.

Bagi Anda yang berkunjung dari dalam kota Pacitan, Anda dapat langsung berkendara menuju kawasan Donorejo. Agar lebih mudah, Anda bisa mengikuti jalan untuk menuju Pantai Klayar. Akses menuju pantai tidak sulit dan jalan yang dilalui relatif baik. Hanya saja pada saat sudah mendekati kawasan pantai, Anda perlu berhati-hati karena kondisi jalan belum beraspal.

Anda dapat berkunjung ke lokasi pantai ini dengan menggunakan kendaraan pribadi. Sementara ini, masih belum ada kendaraan umum yang dapat mengantarkan Anda langsung ke lokasi. Anda dapat menemukan lokasi pantai ini di peta online sehingga Anda tidak perlu kesusahan untuk mencari-cari jalan menuju ke pantai tersebut.

Harga Tiket Masuk Pantai Karang Bolong Pacitan

Harga Tiket Pantai Karang Bolong Pacitan
Image Credit: Facebook.com @d.pinaria

Untuk masuk ke dalam pantai ini, pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp 10.000,00 (dewasa) dan Rp 5.000,00 (anak-anak). Tiket masuk untuk pantai ini masih jadi satu dengan tiket masuk Pantai Klayar. Perlu diingat bahwa harga tersebut dapat berubah-ubah sesuai kebijakan pengelola lokasi wisata.

BACA:  Pantai Gemah Tulungagung - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Dari loket tiket menuju Pantai Karang Bolong, biasanya terdapat beberapa orang menawarkan jasa ojek. Hal ini dikarenakan tidak semua kendaraan bisa menempuh jalan yang notabene masih berbatu-batu, sehingga cukup membahayakan bagi pengendara yang tidak terbiasa dengan medan sulit. Bahkan menurut beberapa pengunjung, mobil tidak bisa masuk dan harus diparkir agak jauh.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Karang Bolong

Aktivitas di Pantai Karang Bolong
Image Credit: Instagram.com @kiz_da_journey

1. Menikmati Sunset dan Sunrise

Tidak semua pantai ‘dianugerahi’ kesempatan untuk mempertontonkan matahari terbit dan tenggelam. Jika Anda gemar menyaksikan sunrise dan sunset, pantai ini bisa memberikan Anda keduanya. Hanya saja untuk sunrise, Anda bisa berkemah agar tidak kesiangan dan melewatkan kesempatan memandang indahnya matahari pagi.

Sunset di pantai ini pun tak bisa dipandang sebelah mata. Jika cuaca cerah, Anda bisa dengan mudah mengamati sunset di atas tebing sambil berteman dengan angin pantai yang sepoi-sepoi. Suasana romantis sunset di pantai ini mampu membuat siapapun terhanyut di dalamnya.

2. Bersantai

Bersantai di pantai tentu bukanlah hal yang ‘wah’ jika dilakukan di atas hamparan pasir yang menyelimuti pantai. Akan tetapi, bagaimana sensasi bersantai di atas hamparan sabana, dipadu dengan suara debur ombak, aroma laut, dan angin pantai sepoi-sepoi? Untuk mengetahuinya Anda bisa mencobanya sendiri di Pantai Karang Bolong.

3. Menikmati Panorama dan Berfoto Ria

Begitu banyak objek panorama yang bisa Anda lihat di lokasi ini. Mulai dari sabana yang terhampar luas, bongkahan tebing karang yang angkuh tapi indah dipandang, pemandangan laut lepas, bahkan jika Anda datang sore hari, Anda bisa melihat sunset. Bisa dibilang pantai ini memiliki paket komplet.

Tak lupa, Anda pun bisa mengabadikan momen-momen kunjungan ke pantai ini dengan merekamnya dengan kamera Anda. Baik foto panorama maupun foto Anda bersama kawan, keluarga, atau orang terkasih Anda – kegiatan ini tak boleh terlupakan. Apalagi saat momen matahari terbenam, Anda bisa memotret siluet yang ciamik juga.

4. Berkemah

Berkemah di pantai ini bisa dikatakan cukup aman. Terdapat toilet di kawasan pantai dan sumber air tidak susah didapat. Hanya saja Anda perlu membawa bekal cukup banyak, sebab di pantai ini belum ada penjual makanan. Untuk menuju desa terdekat pun cukup jauh sehingga lebih baik untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik.

Lebih dari itu, jika Anda datang untuk berkemah bersama kawan-kawan atau keluarga besar Anda, Anda bisa melakukan pesta barbeque sambil diiringi angin malam dan suara desir ombak. Bernyanyi bersama-sama pun jadi aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan bersama.

5. Berburu Foto Milky Way

Tidak hanya foto panorama, Anda yang gemar fotografi pun bisa dengan bebas berburu foto galaksi milky way. Hal ini tentu akan lebih mudah dilakukan di kawasan pantai mengingat polusi cahaya sangat sedikit jika dibandingkan dengan di area perkotaan.

BACA:  Pantai Parangtritis Bantul - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Penginapan Murah Dekat Dari Pantai Karang Bolong

Penginapan Dekat Pantai Karang Bolong
Image Credit: Facebook.com @desalimasanretreat

Penginapan di sekitar pantai ini kurang lebih sama dengan penginapan di sekitar Pantai Klayar. Terdapat beberapa opsi dengan jarak tempuh serta harga yang bervariasi pula.

1. Homestay Nova

Homestay ini berjarak tak jauh dari gerbang masuk Pantai Klayar dan Pantai Karang Bolong, yaitu sekitar 700 meter. Harga per malam yang ramah di kantong menjadikan tempat ini cocok untuk Anda yang traveling dengan budget minimal. Kamar yang disewakan cukup luas dan dilengkapi dengan kipas angin/AC.

2. Homestay Platar Ombo

Lokasi homestay ini lumayan dekat dengan homestay yang disebutkan sebelumnya, dan harganya pun tidak jauh berbeda. Hanya saja, terdapat warung makan di homestay ini sehingga memudahkan Anda untuk bersantap. Fasilitas yang disediakan juga tidak jauh berbeda.

3. Batu Hill Villa

Jika budget bukan menjadi halangan Anda, Anda bisa mencoba untuk menginap di Batu Hill Villa. Fasilitas yang disediakan sudah memadai, sehingga Anda bisa dengan nyaman menginap di sana. Vila ini bernuansa alam dan hampir semua perabotnya terbuat dari kayu, bambu, atau batu.

4. Desa Limasan Retreat

Dengan harga berada di tengah-tengah tiga opsi penginapan di atas, resor ini bisa jadi pilihan ketika Anda menginginkan pengalaman berwisata yang nyaman namun tidak terlalu mahal. Lokasi ini cocok untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu bersama keluarga kecil atau orang terkasih Anda.

Namun, sama seperti Batu Hill Villa, jarak antara pantai dengan Desa Limasan Retreat cukup jauh. Jadi, Anda perlu membawa kendaraan sendiri untuk bisa mencapai lokasi pantai.

5. Great View at Larasati Homestay

Homestay ini berlokasi sekitar 700 meter dari lokasi pantai, jadi cukup dekat dengan kawasan pantai. Harga kamar per malam pun tidak jauh berbeda, cocok untuk backpacker yang ingin berkunjung ke kawasan Pantai Karang Bolong. Anda bisa memilih kamar dengan atau tanpa AC, dan harga untuk kedua kamar berbeda.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Karang Bolong

Fasilitas di Pantai Karang Bolong
Image Credit: Google Maps (Adhek Iyhan)

Tidak banyak fasilitas yang tersedia di pantai ini. Mungkin hal ini disebabkan karena kunjungan wisatawan masih belum sebanyak kunjungan ke Pantai Klayar. Jadi, jika Anda berkunjung ke pantai ini, jangan kaget jika hanya beberapa fasilitas penunjang wisata yang dapat Anda temukan, yaitu toilet, camping ground, dan lahan parkir.

Itulah beberapa informasi terkait Pantai Karang Bolong yang dapat menjadi destinasi tujuan wisata Anda selanjutnya ketika berkunjung ke Pacitan. Tentu pantai ini akan membuat momen berlibur Anda jadi lebih seru dengan banyaknya hal yang ditawarkan.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending