20 Wisata Pantai di Pacitan yang Paling Hits

20 Wisata Pantai di Pacitan yang Paling Hits

Temukan Beragam Pilihan Wisata Pantai Terbaik di Pacitan, Jawa Timur. Objek Wisata Bahari Nan Eksotis, Kekinian & Terhits yang Wajib Anda Eksplor untuk Liburan yang Tak Terlupakan.

Pacitan terkenal sebagai salah satu kota dengan cuacanya yang cukup panas, mengingat wilayahnya yang memang berada di pesisir selatan provinsi Jawa Timur. Walaupun demikian, kota satu ini menyimpan permata indah berupa sederet wisata bahari yang siap memanjakan mata. Berkat keindahannya, bahkan tempat wisatanya seakan tidak pernah sepi dikunjungi setiap harinya.

Apabila tertarik melihat keindahan pantai tiada dua, kunjungi saja kota Pacitan sebagai alternatifnya. Pesona alamnya yang terjaga membuat pengunjung sulit melupakannya. Daripada penasaran, silahkan simak ulasan wisata pantai di Pacitan yang saying untuk dilewatkan.

1. Pantai Klayar

Pantai Klayar
Image Credit: Instagram.com @mhmotret

Apabila tertarik mengunjungi pantai cantik yang dimiliki kota Pacitan, maka segeralah meluncur ke Pantai Klayar. Bahkan wisata bahari satu ini sempat mengalami lonjakan wisatawan, usai kunjungan Bapak SBY bersama keluarga berlibur kesana. Kawasan pantainya pun kerap dijadikan sebagai tempat syuting acara traveling bergengsi di televisi nasional, sehingga tidak ada salahnya mengujunginya.

Bukan hanya terkenal karena sempat dijadikan sebagai tempat berlibur orang penting di Indonesia semata, namun masyarakat juga tertarik dengan pesona yang disuguhkannya. Pesonanya tersebut didapatkan dari deburan ombaknya yang tampak menyembur cukup keras di bagian celah karangnya. Bahkan destinasi wisata satu ini kerap mengalami lonjakan pengunjung, terutama di akhir pekan maupun hari libur panjang.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Sendang, Kec. Donorojo, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

2. Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo
Image Credit: Instagram.com @aris.setya

Berjalan jalan ke arah barat kota Pacitan, wisatawan akan dibuat tercengang dengan sebuah destinasi wisata cantik bernama Pantai Banyu Tibo. Hanya dengan mendengar namanya, Anda sudah bisa membayangkan bahwa adanya air terjun di bagian pantainya.

Air yang turun dari ketinggian tertentu tersebut, akan mengalir langsung ke arah lautan lepas yang justru dianggap sebagai daya tarik tersendiri.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Widoro, Donorojo, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

3. Watu Bale

Watu Bale
Image Credit: Instagram.com @ida_beauty_collections

Watu Bale termasuk salah satu pantai cantik yang sayang dilewatkan. Disini pengunjung akan menemukan sebuah batu karang yang berdiri kokoh di tengah lautan. Bukan sekedar batu karang berukuran jumbo semata, namun disilah pengunjung bisa menyaksikan kedasyatan ombak lautan yang menerjang karang tersebut dengan kencangnya.

Pesona yang tidak bisa ditemukan di tempat lainnya ini, siap memberikan pengalaman tidak terlupa sepanjang masa saat berkunjung ke Watu Bale.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pacitan-Trenggalek, Desa Jetak, Kec. Tulakan, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

4. Pantai Pikatan

Pantai Pikatan
Image Credit: Instagram.com @achmadcholis

Pantai Pikatan disebut sebagai salah satu kepingan surga yang bisa ditemukan di Pacitan. Daya tarik utamanya terletak pada adanya kapal karamnya yang kandas di kawasan wisata tersebut pada tahun 2015 lalu.

Keunikan lainnya terlihat dari adanya bebatuan karangnya yang tampak menghiasi bibir pantainya, seakan mampu memberikan nuansa menenangkan tak terlupakan. Apakah Anda yakin tidak ingin mengunjunginya?

BACA:  Pantai Boom Banyuwangi - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Sendang, Kec. Donorojo, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

5. Pantai Buyutan

Pantai Buyutan
Image Credit: Instagram.com @bw_pacitan

Pantai Buyutan merupakan satu dari sekian wisata bahari di Pacitan yang tidak kalah hits dikunjungi wisatawan. Sejak memasuki kawasan wisata, pelancong akan disambut dengan putih pasirnya yang terlihat bersih serta memiliki garis pantai yang memanjang.

Ketika menerawang jauh ke arah tenggara, kemungkinan di tengah lautannya Anda bisa menemukan sebuah batu besar bernama Batu Naradho berhasil menarik perhatian.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bolo, Kalak, Kec. Donorojo, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

6. Pantai Tawang

Pantai Tawang
Image Credit: Instagram.com @sutoponagasaboy

Pantai Tawang berhasil mengubah pemikiran masyarakat terhadap pantai selatan Jawa, karena disinilah pengunjung bisa menemukan pasar pelelangan ikan namun dengan latar belakang yang memanjakan mata.

Jika pantai selatan identik dengan kekuatan ombaknya, justru di tempat ini air laut cenderung tenang. Walaupun demikian, kecantikan alam sekitarnya seakan tidak melunturkan pesonanya yang sedikit berbeda dengan pantai selatan lainnya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sumurtimo, Sidomulyo, Kec. Ngadirojo, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

7. Pantai Pidakan

Pantai Pidakan
Image Credit: Instagram.com @rinaa_nvs

Berada tidak jauh dari Watu Bale, Anda bisa menemukan sebuah wisata bahari cantik lainnya bernama Pantai Pidakan. Sesuai dengan namanya, pantai satu ini tidaklah dihiasi dengan hamparan pasir layaknya wisata bahari lainnya.

Sebagai gantinya, bibir pantainya diwarnai dengan bebatuan kerikil berbentuk bulat halus dengan warna putih. Justru keunikannya tersebut yang berhasil membuatnya menarik dikunjungi.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Godeg Wetan, Jetak, Kec. Tulakan, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

8. Pantai Watu Karung

Pantai Watu Karung
Image Credit: Instagram.com @yettynhayla

Pantai Watu Karung disebut sebagai salah satu wisata bahari yang masih terdengar asing di telinga, namun sangat hits dikunjungi wisatawan internasional. Bukan hanya menawarkan pemandangan cantik dan anggun semata, karena disinilah surganya para pecinta surfing bersenang senang.

Puas bermain air, saatnya untuk bersantai ria sembari menikmati langit senja yang perlahan berubah warna jingga menawan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pringkuku, Ketro, Watukarung, Kec. Pacitan, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

9. Pantai Soge

Pantai Soge
Image Credit: Instagram.com @santosobudiagus

Pantai Soge bukan hanya terkenal akan pesona alamnya yang begitu mempesona semata, namun disini pengunjung bisa bertemu dengan sebuah jembatan berwarna biru khas yang disebut Jembatan Soge.

Jembatan ini kerap dijadikan sebagai tempat nongkrong favorit generasi muda. Sore hari adalah waktu terbaik untuk mengunjunginya, karena langit senja tampak menghiasi langit dengan sempurna dan tidak akan pernah terlupakan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dondong, Sidomulyo, Kec. Ngadirojo, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

10. Pantai Pangasan

Pantai Pangasan
Image Credit: Instagram.com @sony_paringasmo

Berbeda dengan wisata bahari pada umumnya, pasalnya disini pengunjung akan disuguhkan dengan perbukitan hijau tampak membentang luas dan berbatasan langsung dengan lautan lepas. Alhasil wisatawan dapat merasakan nuansa sejuk dan mampu menghadirkan rasa nyaman tersendiri. Suasana sekitar pantainya pun tampak tenang dan sesekali terdengar alunan lagu alam terdengar merdu masuk di indra pendengaran.

Ketika menelusuri sisi barat pantainya, Anda akan menemukan pemandangan yang tidak akan pernah terlupa. Sebab disana akan ditemukan sebuah gunung yang dijuluki sebagai landmark. Gunung cantik tersebut sebenarnya merupakan sebuah tanjung kecil yang tampak memisah dari daratan. Sedangkan di sisi timurnya ditemukan area pantai dengan pasir berwarna hitam. Meski demikian kecantikannya seakan tidak pernah pudar.

BACA:  Pantai Sine Tulungagung - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kalipelus, RW.2, Krajan, Ketro, Kec. Kebonagung, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

11. Pantai Srau

Pantai Srau
Image Credit: Instagram.com @condrowibowo

Diwariskan dengan garis pantai memanjang berhiaskan pasir putih bersihnya, tampaknya Pantai Srau wajib masuk dalam daftar kunjungan berikutnya. Kawasan wisata satu ini dibagi menjadi tiga bagian dan masyarakat sekitar pun kerap menyebutnya dengan Pantai Srau 1,2, dan 3.

Dimana ketiga pantai ini memiliki keindahan yang tidak bisa dilewatkan begitu saja.
Bahkan tidak jarang ditemukan wisatawan tampak mendirikan tenda untuk lebih dekat dengan alamnya.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Candi Pringkuku, Candi, Kec. Pacitan, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

12. Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong
Image Credit: Instagram.com @gunadieko

Pantai Karang Bolong dikatakan sebagai sebuah magnet yang mampu menarik pengunjung yang singgah di kota Pacitan. Selama berada disana, sebagian pengunjung mengaku tertarik dengan tebing dengan sebuah lubang cukup besar di bagian tengahnya.

Lubang dengan diameter kurang lebih 50 meter tersebut, berhasil memberikan kesan eksotis dan akan semakin indah ketika kabut turun ke daerah wisatanya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Karang Bolong, Kendal, Sendang, Kec. Pacitan, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

13. Pantai Ngandul

Pantai Ngandul
Image Credit: Instagram.com @renytachandra

Pantai Ngandul termasuk wisata bahari dengan keunikan yang jarang ditemukan di tempat lainnya. Sebab wisata bahari satu ini tidak dilengkapi dengan pasir pantai, namun daya tarik utamanya justru jauh dari adanya sungai dengan air terjun mini yang mengalir langsung ke lautan lepas.

Saat berkunjung ke pantai ini, Anda akan melalui trek yang cukup licin, ada baiknya tetap waspada selagi menikmati pesona alamnya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Widoro, Kec. Donorojo, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

14. Pantai Langitan

Pantai Langitan
Image Credit: Instagram.com @agungkluntunk

Sebelum melihat keindahan pantainya, wisatawan harus menempuh perjalanan dengan berbagai rintangan menanti di tengah perjalanan. Oleh sebab itu, silahkan kenakan pakaian yang terasa nyama serta alas kaki yang dapat melindungi bagian bawah kaki. Pasalnya jalur menuju lokasi utamanya, harus melewati semak belukar dengan bebatuan yang cukup curam. Namun rasa lelah seakan memudar ketika melihat keindahannya dari dekat.

Dilihat dari informasi sekilas tersebut, sudah bisa dibayangkan bahwa tidak sembarang orang bisa memasuki area pantainya. Alhasil kawasan wisatanya masih tergolong sepi dan tidak banyak diketahui oleh masyarakat luas. Namun justru adanya tantangan tersebut, mampu berikan sensasi tersendiri bagi para pecinta alam. Ditambah lagi dengan nuansanya yang asri dan menyejukkan, berhasil mengusir rasa penat di pikiran.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Widoro, Kec. Donorojo, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

15. Pantai Anakan

Pantai Anakan
Image Credit: Google Maps (reni nurfita)

Siapa yang tidak terpikat dengan keindahan yang disuguhkan oleh Pantai Anakan ? Destinasi wisata satu ini sangat indah berkat air danaunya yang berwarna hijau, tampak merangkap pada air laut yang berasal dari tebing berlubang di bagian belakangnya. Lokasinya pun berhadapan langsung dengan Samudra Hindia, sehingga berhasil memberikan pesona tidak ada bandingannya. Pemandangan uniknya ini, membuatnya dijuluki sebagai pantai tanpa lautan.

Sejak menapakkan kaki di lokasi wisatanya, dijamin siapapun yang berkunjung akan dibuat takjub tiada henti. Takjub dengan pesona alam buatan sang pencita ini, membuat pikiran menjadi lebih segar sekaligus menghadirkan ketenangan dalam satu waktu. Ditambah lagi dengan suara hantaman keras ombak pada dinding karangnya, seakan berhasil menyihir siapapun yang melihatnya. Dijamin Anda tidak akan pernah ingin melewatkan keindahannya.

BACA:  Pantai Parangtritis Bantul - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sumurtimo, Sidomulyo, Kec. Ngadirojo, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

16. Pantai Seruni

Pantai Seruni
Image Credit: Instagram.com @tunggulph

Tawarkan pesona tiada tara, membuat Pantai Seruni layak menjadi tempat wisata bahari favorit yang sayang dilewatkan begitu saja. Selama berada disana, wisatawan dapat melakukan sejumlah aktifitas menarik yang tidak akan pernah membuat bosan.

Beberapa aktifitas menarik yang dimaksudkan mulai dari memancing, berolahraga, berburu sunset dan sunrise, camping, hingga dijadikan sebagai spot berburu bagi para pecinta fotografi.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ngobyogan, Kalak, Kec. Donorojo, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

17. Pantai Taman

Pantai Taman
Image Credit: Instagram.com @wiwitby

Siapa yang tidak kenal dengan Pantai Taman ? Wisata bahari dengan pesonanya yang tidak pernah pudar ini wajib dikunjungi. Sedikit berbeda dengan pantai lainnya, karena disini justru bertemu dengan pasir kecoklatan dengan bibir pantai tampak memanjang seakan menyatu mesra dengan kekuatan ombaknya yang menderu kencang.

Namun tidak perlu khawatir, karena pengunjung masih bisa melakukan sederet aktifitas menarik lainnya di pantai ini untuk mengusir rasa bosan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Hadiwarno, Kec. Ngadirojo, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

18. Pantai Kasap

Pantai Kasap
Image Credit: Instagram.com @diaryphoto69

Pantai Kasap dijuluki sebagai Raja Ampat khas Pacitan, berkat pesona alamnya yang menawan hati siapapun yang melihatnya. Keindahannya tersendiri tertorehkan pada gugusan karang yang nampak sekilas bak Raja Ampat yang dimiliki oleh tanah Papua.

Selama berada disana, wisatawan diperkenankan untuk berjalan santai di atas puncak perbukitan karangnya sembari sesekali mengabadikan momen berlibur disana.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gumuharjo, Watukarung, Kec. Pringkuku, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

19. Pantai Denombo

Pantai Denombo
Image Credit: Instagram.com @ruqismailfaruqi

Dijuluki sebagai pantai cantik dengan segala keunikan, lantaran kawasan wisatanya memang berada diantara 2 pantai yang tidak kalah cantiknya. Sebelah kirinya berbatasan langsung dengan Pantai Sruni, sedangkan di sisi kanannya berbatasan langsung dengan Panti Kasap.

Menikmati pesona keindahannya dari atas bukit, merupakan kegiatan favorit wisatawan ketika berkunjung ke Pantai Denombo.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Jlubang, Kec. Pringkuku, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

20. Pantai Teleng Ria

Pantai Teleng Ria
Image Credit: Instagram.com @baktinurutama

Wisata bahari satu ini tidak kalah menarik dikunjungi lantaran memiliki teluk dengan pasir yang berwarna kecoklatan. Terbagi menjadi tiga bagian dengan pesona yang begitu menarik dipandang berlama lama. Dimana bagian timurnya diberi nama dengan Pantai Pancer Door, di bagian tengahnya diberi nama Teleng Ria, sedangkan di bagian barat diberikan nama Pelabuhan Tamperan. Ketiga pantai cantik tersebut sebenarnya ada dalam satu garis pantai dengan pengelolaan berbeda.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Balong, Sidoharjo, Kec. Pacitan, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

Itulah daftar wisata pantai terindah di Pacitan yang tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung. Masih berfikir bahwa Pacitan tidak menarik dikunjungi, karena cuacanya yang cukup kering dengan terik sinar mentari yang bersinar terang menusuk kulit? Sepertinya Anda harus berfikir ulang setelah melihat kecantikan wisata bahari yang dimilikinya. Tawarkan pesona luar biasa indah dan terjaga dengan baik, dijamin tidak ada yang bisa menolak melihatnya dari dekat dalam waktu yang lama. Tidak perlu ragu, segeralah meluncur kesana dan tulis kisah menariknya!

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending