Pantai Cacalan Banyuwangi, Spot Keren Menikmati Sunrise yang Menakjubkan

Pantai Cacalan Banyuwangi, Spot Keren Menikmati Sunrise yang Menakjubkan
Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Sukowidi, Klatak, Kec. Kalipuro, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Berbeda pada tahun 2015 lalu yang kawasannya hanya berupa rawa dan ditumbuhi rerumputan, kawasan ini mengalami perubahan yang cukup drastis dengan dialihkan fungsi menjadi obyek wisata. Rerumputan yang tumbuh subur diatas rawa sudah dibabat habis dan digantikan dengan wahana-wahana permainan yang tentunya sangat menarik untuk dicoba, dialah Pantai Cacalan yang hits di Banyuwangi.

Pantai ini juga memiliki cerita mengenai asal-usul dari penamaannya. Menurut cerita, dahulunya di sekitar bibi Pantai Bulusan, Dermaga Cinta Cacalan hingga ke arah Pantai Ancol rimbun oleh pepohonan bambu. Kemudian, pada saat pembukaan lahan untuk pertanian, pohon bambu yang tumbuh subur ini di cacal atau nama lainnya di pacul. Nah, mulai dari sinilah asal-usul dari nama Cacalan digunakan.

Selain perubahannya yang drastis dan asal-usul penamaan pantainya yang menarik, Pantai Cacalan juga mempunyai keindahan alam yang tidak perlu diragukan lagi. Memiliki bentuk pantai yang berbeda dari pantai-pantai lain menjadikan pantai ini diminati oleh para pecinta wisata bahari. Selain itu lokasinya yang banyak ditumbuhi pepohonan juga menciptakan suasana asri yang begitu lekat terasa.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Cacalan

Daya Tarik Pantai Cacalan
Image Credit: Google Maps (Ilham Agung Aribowo)

Pantai cantik ini merupakan salah satu destinasi hits yang berlokasi di Banyuwangi tepatnya di Kecamatan Kalipuro. Pantai ini termasuk pantai yang ramai dikunjung oleh para pengunjung yang ingin berlibur. Pengunjungnya pun tidak hanya berasal dari dalam daerah Banyuwangi saja, tetapi juga luar daerah. Beragam daya tarik yang dimiliki pantai ini menjadikan pengunjung tertarik untuk rekreasi disini.

1. Pasir Putihnya yang Terlihat Cantik

Hamparan pasir berwarna putih yang tersebar di bibir Pantai Cacalan menjadi daya tarik tersendiri. Pasir putihnya ini sangatlah nyaman jika dipijak karena teksturnya yang lembut. Sehingga wisatawan bisa berjalan menyusuri tepian pantai tanpa harus memakai alas kaki, namun diharuskan untuk tetap berhati-hati. Selain itu, pepohonan rindang yang berdiri di belakang tepian pantai menciptakan suasana sejuk.

2. Ombaknya yang Tenang

Gulungan ombak di Kawasan pantai tergolong tenang. Sehingga terpaan angin yang dibawa oleh ombak tidak terlalu kencang. Semilir angin di pantai menawan ini akan membuat suasana sejuk belum lagi jika ditambah oleh pepohonan rindang yang berada di pinggir pantai. Warna air lautnya pun terlihat sangat cantik dengan gradasi warna biru yang tentunya memanjakan mata.

3. Tersedia Cafetaria

Untuk Anda para pecinta kopi yang mendambakan menyeruput kopi sembari menyaksikan bentang alam menakjubkan, maka Pantai Cacalan merupakan pilihan yang sangat tepat. Pasalnya, di sekitar area pantai ini sudah tersedia cafetaria yang menyajikan beragam jenis kopi untuk para pengunjungnya. Sehingga wisatawan bisa berlibur dengan pemandangan pantai yang indah sembari menyeruput kopi.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai

Alamat Pantai Cacalan
Image Credit: Google Maps (Suga Tangguh)

Pantai Cacalan merupakan pantai cantik yang terletak di Kabupaten Banyuwangi tepatnya di Kelurahan Klatak, Desa Sukowidi. Pantai ini hanya berjarak 5 km dari pusat Kabupaten Banyuwangi. Jarak ini terbilang dekat, pantas saja kalau pantai ini menjadi destinasi favorit. Saking favoritnya, wisatawan yang berkunjung kesini pun bukan hanya berasal dari dalam daerah Banyuwangi saja.

Waktu tempuh yang diperlukan untuk menyambangi pantai ini kurang lebih 13 menit jika perjalanan dimulai dari pusat Kabupaten Banyuwangi. Waktu tempuh ini bisa bertambah ataupun berkurang tergantung dari kecepatan pengunjung dalam menempuh jalan menuju destinasi tujuan. Dengan waktu yang singkat, wisatawan sudah bisa merasakan keindahan asri yang disuguhkan oleh pantai satu ini.

Untuk menyambangi pantai, wisatawan dapat menggunakan kendaraan beroda empat ataupun dua. Wisatawan yang tertarik bisa menempuh perjalanan dimulai dari pusat Kabupaten Banyuwangi, sehingga memudahkan wisatawan dalam menentukan jalan yang akan dilalui. Wisatawan juga tidak perlu khawatir mengenai akses jalan yang dilalui, walaupun lokasi pantai ini berada di area pedesaan.

Bagi wisatawan yang tertarik untuk menginjakkan kaki di pantai ini bisa memulai perjalanan dari Jalan Nasional III untuk menuju Jalan Letkol I Gusti Ngurah Rai. Setelahnya, lanjutkan perjalanan ke Jalan Dr. Sutomo dan belok ke arah kiri menuju Jalan R. A. Kartini dan Jalan Banterang. Belok ke arah kiri lagi menuju Jalan Letjen Di. Panjaitan lalu belok kanan ke Jalan Lundin hingga sampai ke destinasi tujuan.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai Cacalan

Harga Tiket Pantai Cacalan
Image Credit: Twitter.com @radioelshinta

Wisatawan yang tertarik menyambangi pantai ini, tidak perlu mengeluarkan uang yang lumayan banyak. Dengan harga yang murah meriah, wisatawan sudah bisa menikmati pemandangan cantik yang disuguhkan Pantai Cacalan. Rindang pepohonan serta semilir angin yang dibawa oleh gulungan ombak kecilnya dapat wisatawan rasakan disini dengan tarif yang tergolong bersahabat.

Bagi wisatawan yang tertarik untuk menyambangi pantai dari Banyuwangi ini dapat mempersiapkan dana sebesar Rp 2.000 sebagai biaya parkir kendaraan beroda dua seperti motor, dan Rp 5.000 sebagai biaya parkir untuk mobil. Jadi dengan kata lain, obyek wisata ini tidak memungut biaya tiket masuk melainkan biaya untuk parkir kendaraan. Tidak ada alasan untuk Anda melewati pantai yang sejuk nan asri satu ini.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Cacalan

Aktivitas di Pantai Cacalan
Image Credit: Instagram.com @gati_meyla

1. Piknik Dibawah Pepohonan Rindang

Pantai ini memiliki deretan pepohonan rindang yang berada di tepiannya. Keberadaan pepohonan ini mampu menciptakan suasana sejuk dan asri. Wisatawan bisa memanfaatkan rindangnya pepohonan disini dengan cara bepiknik. Piknik bersama keluarga dibawah pepohonan rindang merupakan suatu hal yang harus wisatawan coba disini. Selain itu pasir putihnya yang lembut, aman untuk anak-anak bermain.

2. Menyusuri Pantai dengan Perahu

Wisatawan bisa memanfaatkan perahu wisata disini untuk menyusuri lautan pantai. Ombaknya yang tenang pun cocok untuk menyusuri lautan menggunakan perahu. Layaknya melihat Pantai Cacalan dari angle yang berbeda, kegiatan ini wajib wisatawan coba saat sedang berkunjung ke wisata pantai hits di Banyuwangi. Wisatawan juga bisa mengabadikan momen dalam beberapa jepretan foto yang ciamik.

3. Menikmati Sunrise di Tepian Pantai

Kabupaten Banyuwangi sendiri terkenal dengan sebutannya yaitu Sunrise of Java. Sebutan ini dapat wisatawan rasakan saat bersantai di sekitar pantai. Entah sudah terlalu rajin bangun pagi atau bagaimana, pihak pengelola pantai sejak pagi sudah menyediakan fasiitas bagi wisatawannya untuk menikmati sunrise dari sisi pantai. Seperti halnya cafetaria, wisatawan bisa menyeruput kopi saat sunrise.

Penginapan Murah di Sekitar Lokasi

Penginapan di Pantai Cacalan
Image Credit: Booking.com

1. Villa So Long

Villa ini memiliki kelebihan yaitu ruangan kamarnya yang bersih dan minim debu. Kamarnya pun dinilai luas oleh para pengunjungnya disertai dengan fasilitas yang lengkap dan memadai. Suasana tenang dapat dengan mudah wisatawan temukan saat menginap disini. Dekorasi yang diusung begitu cantik, bahkan presiden kita Joko Widodo pernah menginap di villa yang berlokasi di Banyuwangi ini.

2. Indah Nusantara Homestay

Indah Nusantara Homestay mengusung dekorasi minimalis di tiap sisi bangunannya. Selain minimalis, udara sejuk juga dapat wisatawan rasakan saat menginap disini. Areanya yang bersih pun menjadi indikator penting yang diperhatikan oleh Indah Nusantara Homestay. Fasilitas yang tersedia memadai mulai dari kolam renang, area parkir dan Wi-Fi gratis, ruangan ber-AC, hingga jemputan bandara.

3. Nakula’s Guest House Banyuwangi

Penginapan ini merupakan penginapan yang sangat cocok digunakan sebagai tempat beristirahat selepas mengunjungi Pantai Cacalan Banyuwangi, sebab tempatnya yang dinilai bersih sehingga meningkatkan kenyamanan dalam beristirahat. Fasilitas yang disediakan pun tergolong lengkap dengan adanya Wi-FI gratis, ruangan ber-AC hingga kebagian kamarnya. Tertarik untuk menginap disini?

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Cacalan Banyuwangi

Fasilitas Pantai Cacalan
Image Credit: Google Maps (Kresna duta)

Fasilitas yang disediakan oleh pengelola Pantai Cacalan sudah tergolong lengkap dan memadai. Mengingat lokasinya yang berada tidak jauh dari pusat Kabupaten Banyuwangi yaitu hanya sekitar 5 km dan bisa ditempuh dalam waktu 13 menit saja. Walaupun berada di pedesaan, pantai ini tidak pernah kalah dalam menyajikan fasilitas bagi para pengunjungnya.

Fasilitas seperti mushola untuk wisatawan yang hendak menunaikan ibadahnya. Selain itu kamar kecil untuk menyalin pakaian sebelum berenang di tepian pantai tersedia disini. Kamar mandi bilas juga tersedia disini dan bisa digunakan untuk membilas badan selepas berenang. Toilet bisa dimanfaatkan oleh pengunjung untuk membuang hajat ataupun keperluan lain. Bagaimana, sangat lengkap bukan?

Tak hanya itu saja, wisata pantai juga dilengkapi dengan cafetaria yang sudah buka sejak pagi dan akan memfasilitasi pengunjungnya untuk menikmati sunrise. Selain cafetaria yang menyajikan kopi, di pantai ini pun tersedia warung makan yang menyuguhkan beragam makanan seafood. Untuk Anda penggila foto dan ingin tetap eksis, pantai ini juga memfasilitasi ayunan kayu dan gazebo untuk spot foto.

Demikianlah beberapa informasi menarik terkait Pantai Cacalan yang menawan di Banyuwangi. Pesona cantik yang disuguhkan disertai dengan tarif masuknya yang bersahabat menjadikan pantai ini favorit sebagai area rekreasi. Selain itu, lokasinya yang tidak jauh dari keramaian serta fasilitas yang memadai merupakan nilai tambah dari pantai di Banyuwangi ini. Tertarik untuk menghabiskan liburan di pantai cantik di Banyuwangi?

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending