15 Wisata Pantai di Banyuwangi yang Paling Hits

15 Wisata Pantai di Banyuwangi yang Paling Hits

Ingin Liburan di Pantai? Inilah Rekomendasi Wisata Pantai di Banyuwangi, Jawa Timur. Objek Wisata Bahari Terindah, Eksotis dan Paling Hits untuk Liburan yang lebih Berkesan.

Banyuwangi adalah daerah yang kaya akan keindahan alamnya. Di kota yang berada di ujung timur provinsi Jawa Timur ini terbentang banyak wisata alam seperti puncak gunung Bromo, hingga jajaran pantai yang indah. Banyuwangi juga disebut sebagai the Sunrise of Java, dimana keindahan matahari terbitnya sudah mendunia.

Untuk saksikan sunrise tersebut, Anda harus sempatkan diri singgah di berbagai pantai di kota ini yang memukau. Tidak hanya cocok untuk berfoto, wisata pantai di Banyuwangi juga dikenal sebagai surga para peselancar.

1. Pulau Merah

Pulau Merah
Image Credit: Pegipegi.com

Berada di Desa Sumberagung, Pesanggaran, pantai ini memiliki pemandangan pulau eksotis yang menjulang tinggi di bibir pantai. Pulau itulah yang disebut dengan nama Pulau Merah. Untuk pantainya sendiri merupakan daerah pesisir yang diselimuti dengan hamparan pasir putih yang bersih. Meski lokasi wisata ini kian naik daun dan dikenal warga, namun keasriannya masih terjamin dengan kebersihan setiap lingkungannya.

Tidak hanya pasir putih dan pulau eksotis yang kerap dijadikan latar belakang foto, namun perairan pantainya juga menjadi daya tarik tersendiri. Gulungan ombaknya yang cukup besar sangat ideal untuk kegiatan berselancar. Karena itulah di lokasi ini sering dilakukan lomba Surfing tahunan yang mampu datangkan peselancar internasional. Bagi Anda yang suka berswafoto, jangan sampai melewatkan kecantikan sunset berwarna jingga dan biru.

Lokasi: Sumberagung, Kec. Pesanggaran, Kab. Banyuwangi.

2. Teluk Biru Atau Blue Bay

Teluk Biru Atau Blue Bay
Image Credit: Asliindonesia.net

Para pencinta snorkeling baiknya kunjungi pantai Teluk Biru yang terletak di Sengrong Alas Purwo, Kalipait Muncar. Pantai ini tidak pernah sepi pengunjung karena pesonanya akan membuat setiap pelancong berdecak kagum. Pasir pantai putih yang terhampar luas bersanding dengan laut biru yang jernih. Begitu jernihnya, Anda bisa melihat keindahan biota bawah laut yang masih asri dan belum terekspos dengan sangat jelas.

Pada dasarnya, keindahan alam ini bisa didapat karena teluk ini masih merupakan kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Sehingga ada di bawah perlindungan komunitas gemuruh (Gerakan Muncar Rumahku). Komunitas ini bantu bangun perkembangan biota laut teluk semakin bervariasi dengan melakukan transplantasi terumbu karang hingga menanam fish apartemen. Karena itulah Anda tidak boleh melewatkan keindahan biota lautnya.

Lokasi: Purworejo, Kalipait, Kec. Muncar, Kab. Banyuwangi.

3. Pantai Rajegwesi

Pantai Rajegwesi
Image Credit: Ksmtour.com

Di Kecamatan Pesanggaran desa Sarongan terdapat salah satu pantai yang sangat terkenal akan keindahan lokasinya. Saat Anda menjejakkan kaki di sini, maka akan disuguhkan dengan pantai pasir berwarna coklat. Tidak hanya itu, daerah ini juga sangat sejuk karena dikelilingi oleh hutan tropis hijau. Bahkan karang dan gugusan bukit sekitarnya membuat pantai ini menjadi target para pencinta photography.

Ombaknya yang tidak terlalu besar menjadikannya lokasi yang tepat untuk berenang, snorkeling, atau berendam dan menikmati dinginnya pantai selatan. Selain itu, pantai ini juga dikenal akan lokasi yang ramai dengan nelayan lokal yang berlabuh setelah memancing. Kadang pula ada pelelangan ikan yang dilakukan nelayan, dan Anda pun berkesempatan untuk ikut membeli ikan segar hasil tangkapan mereka.

Lokasi: Desa Sarongan, Kec. Pesanggaran, Kab. Banyuwangi.

4. Pantai Parang Kursi

Pantai Parang Kursi
Image Credit: Tempatwisata.pro

Masih berada di kecamatan yang sama, Anda bisa datangi pantai yang hits dengan nama Pantai Parang Kursi yang dipenuhi dengan pemandangan memukau. terdapat pasir putih halus dan cukup dalam yang disandingkan dengan air laut biru dan karang kemerahan. Yang menjadi daya tarik utama adalah adanya beberapa karang yang menyerupai kursi singgasana. Jika menurut mitos, karang kursi tersebut adalah singgasana dari Nyi Roro Kidul.

Lokasi: Pesaranggan, Kec. Pesanggaran, Kab. Banyuwangi.

5. Pulau Tabuhan

Pulau Tabuhan
Image Credit: Instagram.com @dwikoassanov

Apabila Anda berkenan untuk menyeberang dalam sementara waktu, maka jangan lewatkan pulau Tabuhan. Pulau eksotis di daerah Desa Bangsring kecamatan Wongsorejo ini memiliki banyak keindahan yang tidak bisa dilupakan. Hamparan pasir putih dan jernihnya air adalah primadona utama. Meskipun sudah terlena dengan keindahan alamnya, tapi Anda juga tidak boleh melewatkan kegiatan selancar angin atau selancar layang yang menantang adrenalin.

Lokasi: Desa Bengkak, Kec. Wongsorejo, Kab. Banyuwangi.

6. Pantai Boom

Pantai Boom
Image Credit: Theindonesiaadventure.com

Apabila Anda tidak ingin jauh – jauh dari pusat kota, maka ada baiknya untuk singgah ke Pantai Boom yang cuma berjarak 10 menit saja. Berada di Kampung Mandar, pantai ini memiliki pasir hitam yang berikan tampilan menarik selama matahari terbenam. Tidak hanya itu, keindahan pantai semakin meningkat dengan sejumlah kapal nelayan yang terjajar di bibir pantai secara rapih.

Salah satu yang mampu menarik wisatawan adalah pertunjukan rutin Sewu Gandrung, yang bisa disaksikan oleh siapa pun. Kegiatan ini merupakan tari kolosal dengan total partisipan mencapai 1000 orang. Apabila Anda datang di waktu yang tepat, Anda bisa mengabadikan momen tersebut. Tidak kalah menarik, Anda yang suka dengan alunan musik Jazz harus datang ke Banyuwangi Jazz Festival di pantai Boom.

Lokasi: Desa Kampung mandar, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi.

7. Pantai Wedi Ireng

Pantai Wedi Ireng
Image Credit: Merdeka.com (Suci Rachmaningtyas)

Jika berbicara tentang pantai Hits di Banyuwangi, maka Anda tidak boleh melewatkan Pantai Wedi Ireng. Seperti namanya, pantai ini memiliki pasir hitam yang sangat kontras dengan birunya lautan. Meski demikian, para wisatawan merasa terpincut dengan keindahan alam sekitar yang masih asri. Jelas saja, terdapat bebatuan karang besar, gugusan bukit, dan hutan hijau yang mengelilingi pantai ini yang membuatnya tampak lebih natural.

Lokasi: Desa Sumberagung, Kec. Pesanggaran, Kab. Banyuwangi.

8. Pantai Plengkung G-Land

Pantai Plengkung G-Land
Image Credit: Bromomalang.com

Anda penggemar surfing? Maka siapkan diri untuk beranjak ke pantai Plengkung yang disebut sebagai The Seven Giant Waves Wonder. Pantai yang berlokasikan di kawasan taman Nasional Alas Purwo ini memiliki rangkaian gulungan ombak yang bisa mencapai ketinggian 6 meter. Meski terdengar seram, namun ombak tersebut yang menjadi incaran para peselancar profesional baik dari mancanegara atau para surfer asing.

Bahkan karena ombak besar tersebut, G-land ini juga disebut sebut sebagai pantai dengan ombak terbaik kedua di dunia setelah pantai Hawaii. Keindahan pasirnya sendiri yang diselimuti dengan pasir putih lembut dan hamparan bibir pantai yang luas adalah salah satu alasan warga suka berkunjung. Selain itu, keindahan sunsetnya adalah magnet tersendiri bagi penikmat fotografi atau mereka yang datang bersama pasangan dan cari situasi romantis.

Lokasi: Desa Kalipait, Kec. Tegaldlimo, Kab. Banyuwangi.

9. Teluk Hijau Atau Green Bay

Teluk Hijau Atau Green Bay
Image Credit: Bertemanangin.wordpress.com

Berbeda dengan Teluk Biru, teluk Hijau ini lebih dikenal karena suasana pantainya yang dihiasi dengan keindahan alamnya. Sebut saja hamparan pasir putih yang bersih, gradasi lautan biru hijau yang jernih, air terjun yang mengalir ke pantai, dan juga hutan hijau sekitarnya pasti akan membuat pengunjung tercengang. Bagi Anda penggemar fotografi atau hobi berswafoto, maka harus sempatkan diri untuk abadikan momen di pantai ini.

Lokasi: Sarongan, Kec. Pesanggaran, Kab. Banyuwangi.

10. Pantai Watu Dodol

Pantai Watu Dodol
Image Credit: Faktanews.co.id

Berada tepat di jalur utama Situbondo – Banyuwangi, pantai Watu Dodol sudah menjadi salah satu tujuan wisata yang wajib dikunjungi pelancong. Namanya yang unik ternyata didasari dari cerita misteri yang berkaitan dengan sebongkah batu besar di pantai ini. Jika Anda turun ke pantai, maka Anda bisa nikmati banyak kegiatan. Seperti berfoto, berenang, memancing di batu karang berwarna hitam, hingga menyewa kapal motor.

Lokasi: Bangsring, Kec. Wonosorejo, Kab. Banyuwangi.

11. Pantai Mustika

Image Credit: Medium.com
Image Credit: Medium.com

Pantai yang masih bersih dan alami sering kali menjadi tujuan favorit para wisatawan. Salah satu pantai dengan kriteria tersebut adalah Pantai Mustika yang terletak di Desa Pancer, Pesanggaran. Yang menarik dari lokasi ini adalah garis pantainya yang sangat panjang hingga mencapai 2 km. Hal ini memberikan kesan pasir putih dan bibir pantai yang tak terbatas. Bahkan uniknya, bibir pantai di lokasi ini membentuk setengah lingkaran.

Lokasi yang masih segar, asri, dan sangat luas ini akan sangat cocok untuk anak berlarian atau sekedar berjalan menikmati hembusan angin pantai yang sejuk. Berwisata ke pantai akan terasa kurang jika tidak menjajal kuliner sekitar. Di pantai ini, Anda bisa mencoba olahan masakan lobster yang sangat unik. Terdapat sejumlah lapak – lapak kuliner yang bisa Anda kunjungi untuk beli segala jenis olahan masakan lobster ala pantai Mustika.

Lokasi: Desa Sumberagung, Kec. Pesanggaran, Kab. Banyuwangi.

12. Pantai Pancur

Pantai Pancur
Image Credit: Ksmtour.com

Di kawasan Taman Nasional Alas Purwo juga terdapat satu lagi pulau cantik yang tidak boleh lupa masuk list jalan jalan di Banyuwangi, yakni pantai Pancur. Terdapat pemandangan menawan yang disuguhkan oleh hamparan pasir putih, bebatuan dengan lumut hijau, dan gulungan ombak yang menderu. Adanya bebatuan dan karang yang tersebar di bibir pantai membuat ombak menjadi sedikit lebih kalem.

Sehingga aman untuk berenang dan bermain air. Tidak hanya itu saja, bentangan pesisir pantai yang landai dan lembut juga aman untuk ditelusuri. Anda bisa berfoto di segala lokasi atau mencari sebuah air terjun mini yang mengalir langsung ke pantai. Air terjun ini adalah aliran sungai kecil berair tawar yang bisa Anda jadikan tempat untuk membilas diri, atau berendam dan menikmati gemercik air yang terjatuh tanpa takut kesakitan.

Lokasi: Jl. Brawijaya, Kalipait, Kec. Tegaldlimo, Kab. Banyuwangi.

13. Pantai Ngagelan

Pantai Ngagelan
Image Credit: Ksmtour.com

Apabila Anda singgah ke Kecamatan Tegaldlimo tepatnya di desa Gladak Kembar Purwoagung, maka sempatkan untuk kunjungi pantai Ngagelan yang masih sangat asri. Pantai perawan ini menjadi andalan Banyuwangi sebagai lokasi yang kian naik daun. Pantai ini menawarkan keindahan pasir putih, lautan biru, dan pepohonan rindang di sekitarnya. Tidak hanya itu, Anda juga bisa berkeliling wilayah pantai dengan menggunakan perahu.

Lokasi: Gladak Kembar, Purwoagung, Kec. Tegaldlimo, Kab. Banyuwangi.

14. Pantai Trianggulasi

Pantai Trianggulasi
Image Credit: Banyuwangibagus.com

Pergi berwisata ke pantai pastinya tidak lengkap jika tidak memiliki foto senja atau saat matahari terbenam. Pantai Tranggulasi adalah tempat yang paling tepat untuk berfoto dengan latar belakang langit berwarna jingga. Pantai yang berlokasikan di Pancer Sumberagung ini memiliki keindahan gradasi warna pasir putih dan jernihnya lautan. Bahkan jika beruntung, Anda bisa saksikan rusa – rusa berlarian di pantai.

Lokasi: Kaliagung, Kendalrejo, Kec. Tegaldlimo, Kab. Banyuwangi.

15. Pantai Penyu Sukamade

Pantai Penyu Sukamade
Image Credit: Blogkulo.com

Terakhir adalah pantai yang sangat popular karena kecantikan lokasi, asri, dan fasilitas yang sudah memadai. Tidak hanya itu, yang menjadi daya tarik utama adalah pantai ini merupakan lokasi konservasi penyu. Hal ini berarti pantai ini adalah lokasi dimana penyu dikembang biakkan, dirawat, dan juga dilepas. Jika datang di waktu yang tepat, Anda bisa melihat secara langsung penyu lucu yang hilir mudik di bibir pantai Sukamade.

Lokasi: Jl. Sukamade, Sarongan, Kec. Pesanggaran, Kab. Banyuwangi.

Sebagai daerah yang dekat dengan pesisir, tentunya tidak heran jika pantai yang berjajar di Banyuwangi punya daya tarik tersendiri. Lokasi wisata pantai tersebut tidak hanya hits di mata pelancong mancanegara, namun banyak juga turis asing yang ingin menjajal surfing bahkan bermain di pantai ini. Tidak perlu pikir panjang, mengunjungi pantai tersebut pasti akan membuat liburan ke kota Banyuwangi lebih berkesan.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending