Pantai Pulau Merah Banyuwangi – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga TiketPantai Pulau Merah, wisata pantai yang terkenal di Banyuwangi dengan pemandangan bukit dekat pantai yang indah.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Dusun Pancer, Sumberagung, Kec. Pesanggaran, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Banyuwangi merupakan daerah yang berada di bagian paling timur pulau Jawa. Sebagai kawasan paling ujung, Banyuwangi menghadirkan sejuta pesona alam yang patut untuk disambangi. Panorama alam seperti pegunungan hingga pantai yang eksotis membuat wisatawan betah berlama-lama di sana.

Pantai Pulau Merah adalah salah satu destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi saat berlibur ke Banyuwangi. Pasir putih yang halus dan bersihnya menjadi daya tarik wisatawan untuk bermain dan menikmati indahnya pantai tersebut. Garis pantai yang cukup panjang mampu membuat para pengunjung berlama-lama menikmatinya.

Tidak cukup sampai di situ, kawasan Pulau Merah juga menyediakan berbagai fasilitas yang dapat menunjang aktivitas berlibur. Bagusnya layanan dan fasilitas di tempat tersebut, mampu menjadikan Pantai Pulau Merah sebagai tuan rumah olahraga nasional tahun 2018. Fasilitas yang cukup memadai tersebutlah yang mampu menarik wisatawan baik domestik hingga mancanegara.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Pulau Merah

Daya Tarik Pantai Pulau Merah
Image Credit: Twitter.com @indtravel

Pantai cantik ini menjadi destinasi unggulan masyarakat Banyuwangi. Keindahan alamnya membuat para wisatawan berdatangan untuk menikmati setiap jengkal ciptaan-Nya yang berada di pesisir timur pulau Jawa tersebut.

1. Pasir Putih yang Bersih dan Halus

Pantai Pulau Merah memiliki pasir putih yang lembut dan bersih. Saat pertama kali datang Anda akan disambut dengan hamparan pasir yang luas dan bersih. Pemandangan indah ini akan semakin terlihat memukau ketika siang hari atau ketika matahari berada pas di tengah, karena pasir putih dan air laut yang biru akan menghasilkan gradasi warna yang menawan dan membuat siapa saja terpukau.

BACA:  Pantai Payangan Jember - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

2. Panorama Sunset yang Menawan

Menikmati sunset di pantai ini merupakan pengalaman yang mengasyikkan. Melihat proses matahari terbenam di tempat ini akan membuat Anda terpesona. Perairan laut lepas yang biru dan bias warna jingga yang berpadu menjadi kesatuan yang sangat mempesona. Pemandangan ini akan semakin indah saat cuaca cerah.

Layaknya pemandangan di film-film, panorama sunset di Pulau Pantai Merah ini semakin menarik karena terdapat bukit Pulau Merah yang menjulang di atas permukaan laut. Waktu yang paling tepat untuk menikmati sunset di tempat ini yaitu antara jam 4 sore hingga jam 6 sore.

3. Garis Pantai yang Panjang

Pesona lain dari Pantai Pulau Merah ini yaitu garis pantainya yang panjang dan luas. Sepanjang mata memandang Anda akan disuguhi pasir putih dan bukit-bukit hijau yang nampak seperti mengelilingi pantai.

Pasir putih yang lembut dapat digunakan wisatawan untuk bermain atau relaksasi dengan berjalan-jalan santai tanpa alas kaki. Menikmati pemandangan laut lepas dan pepohonan hijau di bagian lainnya akan menjadi pengalaman liburan yang menyenangkan.

Daya Tarik dari Pantai Pulau Merah
Image Credit: Instagram.com @aryangudianaiw

4. Bukit Pulau Merah yang Ikonik

Daya tarik pantai ini sebenarnya berada di bukit. Bukit yang terletak tak jauh dari bibir pantai ini terdiri atas bebatuan alam berwarna merah yang ditumbuhi pepohonan hijau. Bentuknya yang menjulang tinggi bak bukit tersebut menjadi ikon dari pantai.

5. Pura Tawang Alun yang Legendaris

Selain bukit, satu objek yang menyedot perhatian wisatawan yaitu terdapat pura di area pantai. Pura Tawang Alun merupakan pura milik umat hindu yang biasanya digunakan untuk berziarah atau acara-acara tertentu saja.

6. Ombak yang Pas Untuk Berselancar

Daya tarik selanjutnya yaitu adanya ombak yang bagus untuk para peselancar. Gulungan ombak yang cukup tinggi ini menjadi pemikat para wisatawan baik dalam negeri atau mancanegara. Bagusnya ombak yang dimiliki pantai ini membuatnya sebagai tuan rumah lomba selancar hingga bertaraf internasional.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Pantai Pulau Merah

Harga Tiket Pantai Pulau Merah
Image Credit: Google Maps (Ang Tek Khun)

Wisata bahari ini berada di Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Jika dilihat secara keseluruhan lokasi pantai ini cukup jauh dari pusat kota. Meskipun begitu Anda tak perlu khawatir karena jalur menuju objek wisata tersebut sudah dibangun dengan baik sehingga bisa dilewati kendaraan bermotor.

Apabila Anda berangkat dari pusat kota Banyuwangi, membutuhkan waktu sekitar dua jam atau lebih menuju pantai. Dari Banyuwangi Anda bisa menuju ke arah selatan tepatnya ke wilayah Srono. Setelah berada di kawasan Srono Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Kesilir dan berakhir ke Pantai Pulau Merah. Rute menuju pantai tersebut cenderung berkelok-kelok namun jangan khawatir karena disetiap persimpangan jalan telah tersedia petunjuk.

Untuk menikmati panorama alam yang disajikan di area pantai ini wisatawan dikenakan biaya masuk. Harga tiket yang diberikan dibedakan menjadi dua antara pengunjung domestik dan mancanegara. Untuk wisatawan domestik dikenakan biaya Rp 10.000 sedangkan bagi wisatawan mancanegara tarif tiket yang dikenakan yaitu sebesar Rp 100.000.

BACA:  Pantai Menganti Kebumen - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Harga yang telah disebutkan di atas tidak terasuk dengan harga parkir kendaraan. Bagi wisatawan yang membawa sepeda motor biaya parkirnya sebesar Rp 2.000 dan biaya parkir untuk mobil yakni sebesar Rp 5.000 saja.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Pulau Merah

Aktivitas di Pantai Pulau Merah
Image Credit: Twitter.com @indtravel

1. Berjalan Santai di Pesisir Pantai

Berjalan santai adalah cara yang tepat untuk menikmati pemandangan Pantai Pulau Merah ini. Sambil menikmati hamparan lautan yang luas serta suasana yang asri menjadi cara yang tepat untuk menenangkan pikiran dari penatnya kegiatan sehari-hari. Garis pantai yang panjang dan pasir putihnya yang lembut menjadi satuan komplit untuk mengagumi keindahan yang dimiliki pantai eksotis ini.

2. Berjemur di Bawah Payung Pantai

Tak ingin kalah dengan pulau tetangga yang selalu ramai dikunjungi wisatawan, pantai menawan ini juga memfasilitasi setiap pengunjung dengan payung di pesisir pantai. Hal tersebut dimaksudkan untuk menarik wisatawan dan membuat mereka yang telah berkunjung betah berlama-lama di pantai ini.

3. Menikmati Suasana Sunset

Kegiatan menarik yang harus dilakukan ketika berada di sekitar pantai yaitu menikmati sunset. Momen matahari terbenam ini menjadi buruan para wisatawan yang sengaja berkunjung untuk melihat proses sunset. Panorama sunset ini menjadi momen terbaik menikmati pemandangan pantai yang memesona.

4. Memancing di Atas Kapal

Bagi Anda yang ingin kegiatan baru saat liburan, menaiki perahu sambil memancing merupakan pilihan yang tepat. Anda bisa menyewa perahu-perahu nelayan yang bertengger di pesisir pantai. Para nelayan biasanya menyewakan kapalnya dengan jumlah penumpang sekitar 8- orang.

5. Berselancar di Atas Ombak yang Menantang

Pantai Pulau Merah terkenal dengan ombaknya yang bersahabat namun juga cukup tinggi antara 3-5 meter. Ombak pantai yang bergulung di pantai ini menjadi ciri tersendiri yang membuat wisatawan berdatangan bahkan pantai ini dijadikan sebagai tempat perlombaan selancar tingkat internasional yang bergengsi.

Tak membawa papan selancar? Jangan khawatir karena di tempat ini Anda bisa menyewa papan selancar tanpa repot membawa dari rumah. Bagi Anda yang tertarik untuk berselancar tetapi belum pernah mencobanya, terdapat kelas atau tutor khusus pemula yang akan membimbing Anda bermain papan selancar.

6. Berkunjung Langsung ke Bukit Pulau Merah

Berkunjung ke pantai ini kurang lengkap rasanya jika tidak menilik bukit ikoniknya. Berjarak kurang lebih 100m dari bibir pantai, Anda bisa menikmati panorama alam yang unik dengan batu merahnya. Para wisatawan biasanya menyebrang ketika air sudah surut sehingga jalur lebih mudah dan aman.

7. Mengunjungi Pura Tawang Alun

Kegiatan lain yang dapat dilakukan di pantai menawan ini yaitu mengunjungi Pura Tawang Alun. Tak jauh dari area pantai, tepatnya di jalan menuju parkiran Anda bisa menemukan keberadaan pura. Sayangnya pura ini tidak setiap dibuka, hanya saat-saat tertentu atau ketika peziarah datang saja.

BACA:  10 Wisata Pantai di Jayapura yang Paling Hits

8. Main Layang-Layang

Intensitas angin yang cukup kencang di Pantai Pulau Merah dapat Anda manfaatkan untuk bermain layang-layang. Kegiatan ini cukup seru karena bermain layangan dengan pemandangan yang indah disertai dengan deburan ombak yang menenangkan.

9. Bermalam dan Mendirikan Tenda

Apabila belum puas bermain di tempat ini, Anda bisa berkemah dan mendirikan tenda di area pantai. Jika tak membawa tenda dari rumah, Anda bisa menyewa di tempat ini. Untuk bermalam di tempat ini Anda harus mendapatkan ijin dari pengelola terlebih dahulu.

10. Berfoto dengan Spot-Spot Menarik

Berfoto menjadi kegiatan yang tak terlupakan ketika berada di pantai indah ini. Terdapat banyak spot-spot menarik yang dapat diabadikan, salah satunya bukit pulau merah dengan suasana sunset yang romantis. Pantai Pulau Merah ini juga cocok dijadikan sebagai tempat untuk foto pre-wedding karena pemandangan indahnya yang luar biasa.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Pulau Merah

Penginapan di Pantai Pulau Merah
Image Credit: Agoda.com

1. Mojo Surf Camp Red Island

Penginapan nyaman satu ini memiliki banyak fasilitas yang dapat memanjakan para pengunjungnya. Sebut saja kolam renang, Wi-Fi, sarapan gratis hingga akses langsung ke pantai. Banyak wisatawan yang memilih tempat ini karena selain fasilitas, ia juga menawarkan harga yang cukup terjangkau.

2. Pondok Wisata Rumah Mertua Cottage

Penginapan yang dekat dengan Pantai Pulau Merah adalah Pondok Wisata Rumah Mertua Cottage. Terdengar unik dan lucu namun begitulah namanya. Jarak dari penginapan ke lokasi pantai hanya sekitar 5 menit dengan berjalan kaki.

3. One South by Amitha

Salah satu penginapan dengan fasilitas yang cukup mewah dan interior yang indah. Pemandangan dari penginapan ini juga sangat menakjubkan karena ia menghadap langsung ke pantai. Banyak wisatawan yang menjadikan penginapan ini sebagai tempat melepas penat.

4. Red Island Panjul Homestay

Penginapan ini merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang liburan dengan budget minimalis namun tetap mementingkan kenyamanan. Fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap seperti layanan rental sepeda, smoking area, tempat parkir hingga kamar mandi yang bersih.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Pulau Merah

Fasilitas di Pantai Pulau Merah
Image Credit: Google Maps (Valentine Hope)

Pengelola wisata pantai ini telah menyediakan berbagai fasilitas untuk menunjang kegiatan wisatawan. Fasilitasnya pun cukup lengkap seperti tempat penyewaan alat selancar, perahu, alat berkemah, peralatan memancing hingga kursus selancar bagi pemula.

Selain itu terdapat pula fasilitas untuk mendukung kebutuhan seperti toilet, mushola, tempat parkir, tempat makan, kursi dan payung untuk berjemur serta gazebo. Dengan fasilitas tersebut, para pengunjung bisa menikmati liburan dengan nyaman dan aman.

Demikianlah ulasan mengenai pesona Pantai Pulau Merah, rute hingga fasilitas yang disediakan di tempat wisata tersebut. Berlibur ke pantai eksotis ini tidak akan membuat Anda khawatir dan menyesal karena semua sarana telah dikelola serta diatur dengan baik.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending