10 Wisata Pantai di Kalimantan Tengah yang Wajib Dikunjungi

Pantai Kalimantan Tengah

Inilah Rekomendasi Wisata Pantai Populer di Kalimantan Tengah. Objek Wisata Bahari Terindah, Eksotis dan Terhits yang Menarik Anda Jelajahi untuk Liburan dan Akhir Pekan yang Berkesan.

Kalimantan Tengah memiliki banyak objek wisata yang menarik untuk dijelajahi. Terutama wilayah pantai yang menawarkan pesona tersendiri, serta membuat Anda merasa puas setelah menjelajahinya. Kombinasi alamnya menjadi keistimewaan tersendiri dan menarik perhatian wisatawan. Ditambah suasana alamnya masih syahdu membuat siapapun yang datang akan merasakan ketenangan.

Anda akan diajak untuk menyaksikan keindahan bawah laut dengan beragam jenis biota laut. Lalu pantai apa saja yang membuat liburan semakin berkesan? Berikut deretan wisata pantai terbaik di Kalimantan Tengah yang bisa menjadi referensi Anda saat liburan.

1. Pantai Tanjung Keluang

Pantai Tanjung Keluang
Image Credit: Twitter.com @Iehamrani

Pantai ini masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Tanjung Keluang. Karena berada di area konservasi maka dari itu wilayahnya dijaga dengan baik oleh pemerintah. Apalagi disini menjadi tempat bertelurnya spesies penyu langka di dunia. Tidak heran jika lingkungannya sangat bersih, serta ada peraturan untuk menjaga keselamatan telur-telur penyu.

Setibanya di lokasi Anda langsung disuguhi dengan hamparan pasir putih, dan deretan pohon cemara yang menghiasi pantai. Angin yang berhembus sejuk membuat suasana menjadi lebih nyaman dan tenang. Jika beruntung Anda bisa mengikuti kegiatan untuk melepas penyu ke lautan. Namun agenda ini hanya dilakukan pada waktu-waktu tertentu.

Lokasi: Kubu, Kec. Kumai, Kab. Kotawaringin Barat.

2. Pantai Ujung Pandaran

Pantai Ujung Pandaran
Image Credit: Ksmtour.com

Untuk menikmati segala keindahan di pantai ini, Anda harus menempuh jarak sekitar 80 kilometer dari Kota Sampit. Selama perjalanan Anda akan melewati perkebunan kelapa dan perbukitan di sisi kanan kiri. Kurang lebih 3 jam Anda tiba langsung menuju ke Teluk Sampit, kemudian baru bertemu dengan Pantai Ujung Pangandaran.

Letaknya yang jauh dari perkotaan membuat lingkungannya masih terasa alami. Cocok menjadi tempat melepas penat karena pembawaan suasananya yang tenang dan damai. Bentuk pantainya cukup landau karena berdekatan dengan Laut Utara, dengan hamparan pasir putih dan lembut. Sehingga Anda terasa nyaman ketika berjalan di sepanjang pasir pantai.

Keistimewaan dari wisata bahari ini ialah pesona biota lautnya, yang membentang hingga puluhan kilometer. Dengan aktivitas snorkeling atau menyelam, Anda bisa menyaksikan sendiri keragaman dunia bawah lautnya. Spot utama dari wisata ini adalah pemandangan saat matahari terbenam, dengan semburat senjanya yang cantik.

BACA:  Pantai Coro Tulungagung - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Lokasi: Ujung Pandaran, Kec. Teluk Sampit, Kab. Kotawaringin Timur.

3. Pantai Sungai Umbang

Pantai Sungai Umbang
Image Credit: Twitter.com @Ze_sheila

Bagi Anda yang menginginkan liburan sunyi dan tenang, maka Pantai Sungai Umbang bisa menjadi pilihan tepat. Pantai ini cenderung minim pengunjung padahal memiliki potensi wisata yang besar. Itulah mengapa suasananya cukup sepi, nyaman, damai, serta cocok sebagai tempat menyendiri sejenak. Ditambah lagi dengan semilir angin yang membuat beban pikiran lepas sementara.

Hamparan pasir pantainya berwarna putih kecokelatan, dipadu dengan air laut biru yang tenang. Ombak pun cenderung tak terlalu besar sehingga Anda bisa berenang atau bermain air. Anda juga bisa menyaksikan keindahan sunset di wilayah ini, dan bersiap untuk jatuh hati kepada pesonanya. Bias senjanya yang memantul menghasilkan siluet-siluet yang sangat instagramable.

Karena menjadi bagian destinasi wisata dari Kabupaten Waringin Barat, maka segala fasilitasnya cukup memadai. Anda bisa bilas dan berganti baju di toilet yang sudah tersedia, atau ingin mengisi perut di beberapa warung di pinggir pantai. Meskipun tidak banyak wahana yang tersedia, namun Anda tetap bisa menikmati panorama pantai yang menyenangkan.

Lokasi: Jl. Humbang I, Sungai Bakau, Kec. Kumai, Kab. Kotawaringin Barat.

4. Pantai Tanjung Penghujan

Pantai Tanjung Penghujan
Image Credit: Instagram.com @aminatun.syh

Sebagai salah satu pantai indah di Indonesia, Pantai Tanjung Penghujang memiliki keunikannya sendiri. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih kecoklatan yang terasa lembut di kaki. Anda bisa bebas melepas alas kaki dan berjalan diatas bentangan pasirnya. Ditambah lagi deretan pohon hijau yang rimbun membuat suasana pantai kian teduh.

Salah satu keunggulan dari wisata ini ialah panorama eloknya ketika matahari terbenam. Bahkan ada spot tersendiri untuk melihat senja dari kejauhan, dan kerap dijadikan latar belakang foto. Selain itu Anda juga bisa berenang di sekitar bibir pantai, atau melakukan kegiatan snorkeling. Karena perairannya cukup dangkal jadi mudah untuk melihat terumbu karang dan biota laut lainnya.

Di sekitar tepian pantai sengaja dibangun gazebo untuk tempat beristirahat sejenak. Anda bisa menunggu waktu sunset disini sambil menyantap bekal yang dibawa dari rumah. Sembari menikmati hembusan angin yang membuat pikiran jenuh terurai, serta hati yang jauh lebih damai. Sekaligus ada beberapa fasilitas yang sudah memadai untuk lokasi pariwisata.

Lokasi: Teluk Bogam, Kec. Kumai, Kab. Kotawaringin.

5. Pantai Kubu

Pantai Kubu
Image Credit: Ksmtour.com

Pantai Kubu merupakan destinasi populer yang kerap dijadikan sebagai tempat pengasingan diri sejenak. Meskipun berada jauh dari keramaian kota namun lokasinya masih mudah dijangkau. Bentuk pasir yang miring dengan hamparan pasir putih menjadi daya tarik tersendiri. Uniknya ada bagian tanah yang coklat dan berair karena letak pantai dekat dengan hutan gambut.

BACA:  Pantai Srau Pacitan - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pihak pengelola Pantai Kubu telah menyiapkan beragam wahana air, salah satunya banana boat. Para wisatawan dapat menyewa perahu tersebut dan bermain bersama teman atau keluarga. Di sekitar pantai juga terdapat bermacam-macam wisata kuliner, yang menjual hasil olahan seafood. Rata-rata seafood yang dijual masih fresh dan Anda juga bisa membeli berupa mentahannya.

Sedangkan di luar dari area kuliner tersebut, pengelola menyediakan toko souvenir danbeberapa akomodasi. Kemudian sedikit jauh dari pantai terdapat dermaga kayu sepanjang 300 meter, yang membelah garis pantai menuju ke arah laut. Diatas dermaga inilah Anda bisa mengambil foto-foto terbaik, dengan background bentangan pantai yang luas.

Lokasi: Kubu , Kec. Kubu, Kab. Kotawaringin Barat.

6. Pantai Tanjung Nipah

Pantai Tanjung Nipah
Image Credit: Facebook.com @visitsukamara

Ombak di pantai ini cenderung tidak terlalu besar sehingga aman untuk anak-anak bermain air. Namun tetap harus diawasi karena berjaga-jaga apabila air laut sedang pasang. Air lautnya sangat jernih sampai bisa melihat tonjolan terumbu karangnya. Hamparan pasir putihnya juga lembut jadi aman untuk bermain pasir bersama sang buah hati.

Di sepanjang garis pantai juga ditumbuhi oleh pohon cemara, yang tumbuh besar dan rimbun. Deretan cemara inilah yang membuat suasana pantai kian teduh, serta kerap dijadikan tempat beristirahat para wisatawan. Anda disarankan untuk menunggu waktu sore hari, agar dapat melihat pesona matahari terbenam yang mengagumkan.

Lokasi: Sungai Raja, Kec. Jelai, Kab. Sukamara.

7. Pantai Citra

Pantai Citra
Image Credit: Google Maps (Rafka Tv)

Jika berangkat dari Kota Sukamara Anda perlu menempuh perjalanan kurang dari 1 jam. Lokasinya yang tidak begitu jauh dari pusat kota, membuat para pengunjung tak henti berdatangan. Apalagi saat musim liburan para wisatawan bisa naik hingga dua kali lipat. Tentu saja hal tersebut memberi kebahagiaan sendiri untuk pedagang makanan dan minuman di sekitar pantai.

Tak hanya unggul perihal jarak tempuh, pemandangan alam yang disuguhkan juga tidak kalah eksotik. Anda akan melihat pasir pantai berwarna coklat tidak seperti pantai lainnya. Ada beberapa perahu nelayan yang berjejer di tepian pantai, biasanya ada nelayan yang menawarkan jasa sewa perahu. Tujuannya agar Anda bisa berkeliling santai di daerah pantai.

Lokasi: Sungai Tabuk, Kec. Pantai Lunci, Kab. Sukamara.

8. Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih Paser
Image Credit: Ksmtour.com

Objek wisata di Kalimantan Tengah ini menawarkan keindahan yang tiada dua. Pemandangan alamnya begitu menajubkan, kombinasi air laut yang bening dengan pasir putih lembut. Ombaknya cenderung tenang sehingga kerap dijadikan lokasi untuk snorkeling atau diving. Soal keindahan bawah lautnya juga tak boleh dilewatkan begitu saja.

BACA:  Pantai Teluk Awur Jepara - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Pasir Putih sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas memadai. Mulai dari gazebo untuk tempat beristirahat, hingga warung-warung penjaja aneka makanan. Salah satu menu favoritnya tentu aja seafood, terutama olahan kerang dan kepiting. Dijamin liburan Anda kali ini tidak terasa membosankan dan mendapatkan spot foto bagus.

Lokasi: Pasir Mayang, Kec. Kuaro, Kab. Paser.

9. Pantai Keraya

Pantai Keraya
Image Credit: Youtube.com (Ariyan Winnata)

Wilayah Pantai Keraya memiliki daya tarik yang mencuri perhatian para wisatawan. Pihak pengelola wisata selalu menjaga kebersihan pantai, agar wisatawan nyaman dan betah berlama-lama. Hamparan pasir putih kecoklatan membentang sepanjang bibir pantai. Lalu berpadu dengan warna air laut yang bening.

Di bagian atas terdapat bukit yang dilupakan keberadaannya, padahal diatas bukit inilah Anda bisa melihat pantai secara keseluruhan. Bahkan menjadi spot untuk mengambil foto di Pantai Keraya, dengan background kombinasi langit dan laut. Dari atas bukit pula Anda akan merasakan sejuknya udara, sehingga Anda dapat melepas jenuh sebentar.

Ditambah lagi ada beberapa warung penjaja makanan, yang wajib Anda coba olahannya. Disarankan untuk mencoba aneka kuliner seafood, yang masih fresh dan merupakan hasil tangkapan nelayan. Anda dapat menikmati santapan tersebut sembari duduk di pinggir pantai. Sekaligus menanti momen matahari tenggelam yang cukup magis.

Lokasi: Keraya, Kec. Kumai, Kab. Kotawaringin Barat.

10. Pantai Sungai Raja

Pantai Sungai Raja
Image Credit: Instagram.com @aku_niam_penjahat_nya

Pantai ini memiliki bentangan pasir putih yang panjang, serta pohon cemara yang tinggi dan rindang. Ada pula jembatan panjang hingga ke tengah laut, memungkinkan Anda berjalan diatasnya. Anda bisa lebih bebas menikmati hembusan angin di jembatan ini, bahkan melihat keelokan pantai secara keseluruhan.

Tidak banyak yang bisa Anda lakukan di pantai ini, tetapi cukup untuk mengisi liburan sejenak. Khususnya untuk Anda yang ingin melepaskan penat, mungkin Pantai Sungai Raja bisa menjadi pilihan terbaik. Ditambah lagi fasilitas yang tersedia sudah lengkap dan cukup memadai untuk membuat para wusatawan nyaman.

Lokasi: Sungai Raja, Kec. Jelai, Kab. Sukamara.

Kalimantan Tengah menyimpan keragaman bahari yang tidak terduga, serta menawarkan pesona alam yang menakjubkan. Anda akan dibuat terpaukau dengan keelokan pantainya, serta paduan laut biru yang tenang. Belum lagi udara sejuk yang mendominasi seluruh kawasan pantai, rasanya liburan menjadi lebih menyenangkan.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending