Pantai Plengkung, Banyuwangi

Pantai Plengkung Banyuwangi

Lokasi: Desa Kalipait, Kec. Tegaldlimo, Kab. Banyuwangi.
Map: Cek Lokasi

Dinobatkan sebagai negara yang menyimpan segudang surga dunia, dimana kekayaan alamnya cukup melimpah bahkan diakui oleh seluruh belahan dunia. Pantai Plengkung yang berlokasi di Banyuwangi, merupakan satu dari sekian bukti nyata bahwa pernyataan tersebut benar adanya. Tempat wisata bahari cantik satu ini, terkenal sebagai tempat terbaik untuk berselancar mengingat objaknya yang besar. Berikut ulasannya.

Daya Tarik dari Pantai Plengkung

Daya Tarik Pantai Plengkung
Image Credit: Superadventure.co.id

Namanya sudah tidak asing terdengar, pasalnya Pantai Plengkung yang berada di Kabupaten Banyuwangi ini menyusuhkan pemandangan alam luar biasa indah. Bahkan kecantikan yang dimilikinya sudah diakui oleh dunia. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya turis asing dari berbagai dunia berdatangan tiada henti, hanya karena penasaran akan keindahannya yang diagung agungkan tersebut.

Daya tarik utamanya, berasal dari gulungan ombaknya yang luar biasa dasyat besar dan memiliki tinggi hingga mencapai 6 meter. Tinggi ombak tersebut, justru menarik minat wisatawan yang memiliki hobi berselancar. Bahkan pantai cantik ini memiliki julukan G Land Beach dengan berbagai alasan sebagai dasarnya. Alasan pertama, pemberian nama G sendiri memiliki arti sebagai Grajangan atau mewakili nama Teluk Granjangan.

Namun ada pula yang berspekulasi bahwa huruf G tersebut mewakili pantainya yang berbentuk melengkung bak huruf G. Apapun alasannya, satu hal yang pasti bahwa pantai ini mewarisi keindahan alam yang tidak bisa terbantahkan. Demi memuaskan kebutuhan wisatawan, pihak pengelola bahkan menambahkan sejumlah penginapan yang menawarkan view pantai cantik saat malam hari tiba.

Daya Tarik Pantai Plengkung Banyuwangi
Image Credit: Banyuwangibagus.com

Sebagai wisata bahari, aneka sajian kuliner khas yang ditawarkan pun tidak jauh dari hasil laut yang masih fresh. Jika soal rasa, dijamin siapapun yang mencicipinya akan dibuat ketagihan dan tidak berhenti menyantapnya hingga habis. Inilah mengapa banyak turis yang enggan pulang lebih cepat, dan lebih memilih menginap agar dapat menikmatinya sedikit lebih lama hingga puas meski harus merogoh isi dompet lebih dalam.

Selain menyajikan pemandangan indah dari ombaknya yang menantang, masih di tempat yang sama pengunjung dapat mengeksplor Taman Nasional Alas Purwo. Sudah banyak cerita misteri terkait hutan tersebut, namun kecantikan alam dan udaranya yang segar tidak menyurutkan pengunjung untuk menjelajahinya lebih dalam. Selama berada disana, pemandangan eksotis dan suara khas hutan terasa kental dan sangat cocok untuk menenangkan diri.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Plengkung

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Plengkung
Image Credit: Padmagz.com

Setelah mengetahui daya tarik utamanya, apakah kamu tertarik memasukkannya dalam daftar kunjungan berikutnya ? Jika memang demikian segeralah meluncur ke Pantai Plengkung yang berlokasi di Desa Kalipait, Kecamatan Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi. Berhadapan tepat dengan Samudra Hindia, tidak mengherankan apabila wisata bahari ini memiliki kecantikan alam tiada dua.

Pantai cantik yang berada di Banyuwangi ini, masih berlokasi di Kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Untuk bisa sampai di pantai tersebut, wisatawan bisa memilh jalur darat maupun laut. Apabila tertarik menggunakan jalur darat, bisa menggunakan bus ke arah Banyuwangi dan menuju Kalipahit sebagai alternatifnya. Setelah turun di Kalipahit, perjalanan akan dilanjutkan dengan menggunakan ojek menuju ke Pasar Anyar dan Pos Pancur.

Setibanya di Pos tersebut, pengunjung hanya perlu berjalan kaki agar bisa sampai di pantai cantik tersebut karena kendaraan pribadi tidak diizinkan untuk memasuki kawasan tersebut. Setidaknya membutuhkan waktu 1.5 jam untuk bisa menerjang segala rintangan di dalam hutan lindung tersebut. Meski demikian, rasa lelah akan sedikit terobati berkat keindahan dan keasrian alam yang terjaga dengan baik.

Jika tertarik berkunjung melalui jalur laut, pengunjung akan diantarkan menggunakan speedboat ataupun perahu nelayan agar sampai di tujuan dengan selamat. Hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam saja, pantai cantik tersebut perlahan mulai terlihat dari kejauhan. Lewat jalur laut tampaknya sangat cocok bagi anda yang ingin memangkas waktu agar tidak terlalu lama berada di perjalanan.

Harga Tiket Masuk Pantai Plengkung

Harga Tiket Masuk Pantai Plengkung
Image Credit: Instagram.com @mf_cc206

Untuk bisa sampai di lokasi wisata tersebut, diperlukan perjalanan yang tidak mudah karena harus masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo serta menyeberangi Teluk Grajagan. Untuk masuk ke kawasan wisata, pengunjung perlu membayar tiket dua kali. Tiket pertama untuk tiket masuk Taman Nasional Alas Purwo sekitar 5 ribuan per orang, dan satu tiket lagi untuk menyeberangi hutan lindung sekitar 40 ribuan per orangnya.

Selama memasuki kawan hutan lindung, kendaraan pribadi tidak diperkenankan masuk. Dengan kata lain, setiap pengunjung yang tertarik masuk ke dalam hutan harus menyewa kendaraan yang telah disediakan. Hanya dengan membayarkan sekitar 200 ribuan, mampu mengangkut beberapa orang sekaligus dalam sekali jalan.

Kegiatan Menarik di Pantai Plengkung

Kegiatan Menarik di Pantai Plengkung
Image Credit: Instagram.com @sovrnrepublic

Seperti yang dikatakan sebelumnya, pantai satu ini menyuguhkan ombak yang cukup besar dan tampak menyerupai huruf G. Dengan kata lain, berselancar merupakan aktifitas seru pertama yang wajib dilakukan ketika berada disana. Bahkan ombaknya yang cukup besar, membuatnya dijuluki sebagai 7 Gelombang Raksasa. Bagaimana tidak, gulungan ombaknya bahkan mencapai tinggi sekitar 6 meter.

Bukan hanya dari besarnya gulungan ombaknya semata, sebab ombak tinggi tersebut akan bergulir sekitar 5 menit sebelum akhirnya menghantam pantai lalu menghilang. Keunikan dari gelombang ombaknya inilah yang justru menjadi daya tarik utama tersendiri bagi para peselancar. Berkat keindahan dan keunikannya, sudah 5x pantai ini dijadikan sebagai tempat menggelar kejuaraan surfing internasional.

Memancing disebut sebagai aktifitas seru lain yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Aktifitas ini sangat cocok bagi anda yang tertarik menikmati alam dengan damai sekaligus mendapatkan ikan incaran. Dijamin memancing sembari menatap hamparan lautnya yang berwarna biru nan bersih ini, tidak akan pernah membosankan. Jika tertarik memancing disana, pastikan untuk datang pada bulan November hingga Maret karena ombak sedang rendah.

Selain menikmati kekayaan alam pada lautnya, ternyata masih ada aktifitas seru seperti bersepeda di daratan pantainya. Meski bersepeda bisa dilakukan di kompleks rumah, namun nuansa alam yang berbeda mampu memberikan pengalaman baru yang tidak terlupa. Selama pedal dikayuh, pengunjung akan disajikan dengan pemandangan alam asri nan segar dimanapun mata menatap. Cukup dengan menyewa sepeda kayuh, pengalaman baru bisa didapatkan.

Penginapan di Pantai Plengkung

Penginapan di Pantai Plengkung
Image Credit: Wego.co.id

Keindahan alam yang disuguhkan oleh Pantai Plengkung, membuat wisatawan merasa betah dan ingin berlama lama disana. Ditambah lagi dengan nuasanya yang masih asri dan membutuhkan perjalanan panjang untuk bisa sampai di lokasi wisata, rasanya kurang puas jika hanya bisa menikmatinya sebentar saja. Oleh karenanya, tidak jarang wisatawan dari jauh lebih memilih menginap dibandingkan langsung pulang.

Sayangnya, wisatawan lokal seringkali memilih langsung pulang dibandingkan dengan menginap dan menikmati alamnya lebih lama. Bukan karena tidak betah, melainkan harganya yang cukup tinggi dan menggunakan mata uang asing untuk menikmati semua layanannya. Tingginya harga yang ditawarkan, dirasa kurang cocok bagi wisatawan yang hanya menyiapkan dana pas.

Sedangkan wisatawan yang lebih memilih menginap, nantinya akan bermalam di area camp yang ada di kawasan hutan lindung tersebut. Setidaknya ada tiga camp tersedia yaitu Joyo’s Surf Camp, G-Land Surf and Resort, serta Bobby’s Surf Camp. Jika memang berniat untuk menginap, segara pesan kamarnya agar tidak kehabisan. Bahkan beberapa diantara dapat dipesan lewat online, sehingga siapa yang cepat maka dialah yang akan mendapatkannya.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Plengkung

Fasilitas di Pantai Plengkung
Image Credit: Banyuwangibagus.com

Sadar jika potensi alamnya berhasil memikat hati masyarakat dunia, sang pengelola pun berusaha memberikan sejumlah fasilitas untuk memenuhi segala kebutuhan. Karena seringkali dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun dunia, fasilitas yang diberikan dirasa cukup lengkap. Mulai dari restaurant, Jungle Camp, bar, Bungalow, penyewaan sepeda santai, hingga sewa papan selancar telah tersedia lengkap disini.

Lebih uniknya lagi, segala fasilitas yang diberikan ternyata dibayar dalam bentuk dollar Amerika. Mengikuti mata uang asing, wisatawan lokal pun perlu membawa uang lebih banyak agar bisa menikmati setiap fasilitas yang disediakan. Biaya yang harus dikeluarkan cukup tinggi, banyak wisatawan lokal yang lebih memilih langsung pulang dibandingkan menginap di kawasan wisata tersebut meski ingin melakukannya.

Banyuwangi memang kerap menjadi daerah yang sering dikunjungi berkat keindahan alamnya. Dimana pantai Plengkung merupakan salah satu wisata bahari terbaik ketika kamu sedang mencari asupan vitamin sea. Selama berada disana, berbagai aktifitas seru bisa dilakukan sembari menikmati suguhan alamnya yang luar biasa indah. Hanya dengan melihatnya saja, kamu bisa memahami mengapa tempat ini menjadi primadona.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending