Pantai Lampon Kebumen – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Lampon Kebumen - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Lampon salah satu wisata bahari yang menawan di Kebumen, tersembunyi dibalik perbukitan. Pantai yang menyuguhkan pemandangan alam yang indah dan berbagai spot foto keren.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Pasir, Kec. Ayah, Kab. Kebumen, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Kebumen mungkin tidak terlalu dikenal oleh para wisatawan, tapi kota ini lebih dikenal dengan kulinernya. Selain kaya kuliner, Kebumen juga memiliki beberapa lokasi wisata yang menarik dan indah. Pantai Lampon Kebumen adalah salah satu tempat wisata yang unik karena berada di bawah bukit tinggi.

Wisata pantai ini memiliki beberapa lokasi yang seru untuk dijelajahi. Selain pantai di Kebumen ini terdapat goa, bukit, telaga dan spot wisata indah lainnya. Anda hanya perlu berjalan sedikit saja untuk dapat sampai dan menikmati keindahan di kota ini.

Pantai Lampon ini dikelola oleh Masyarakat sekitar pantai. Pantai ini dijadikan sumber kehidupan bagi warga sekitar. Sebagian orang di sekitar pantai ini menjadi nelayan dan memanfaatkan pantai ini sebagai pekerjaan utama.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Lampon

Daya Tarik Pantai Lampon
Image Credit: Instagram.com @ayu_wiyanto

1. Pantai Diapit oleh Dua Bukit

Pantai ini memiliki lokasi yang tersembunyi, namun dengan lokasinya yang tersembunyi ini membuat para wisatawan semakin penasaran dan berkunjung ke pantai ini. Lokasi pantai ini berada di bawah bukit.

Anda harus menuruni bukit untuk bisa menikmati kesejukan air laut di pantai ini. Pantai sederhana namun indah ini diapit oleh dua bukit di bagian kiri dan sebelah kanan pantai.

2. Banyak Objek Wisata Lainnya

Di dekat Pantai Lampon Kebumen terdapat banyak objek wisata indah yang menjadi daya tarik bagi pengunjung. Salah satunya yaitu mengunjungi keindahan Pantai Tanjung Karang Pengantin.

Pantai Tanjung Karang Pengantin ini berada sangat dekat dengan lokasi pantai ini. Selain Pantai Tanjung Karang, ada Pantai Pasir yang juga satu wilayah dengan pantai tersembunyi ini.

Selain itu, ada wisata Pantai Watu Bale, dimana lokasi ini juga sangat dekat degan Pantai Lampon. Di Pantai Watu Bale ini terdapat sebuah tebing unik yang dijadikan sebagai spot foto unik. Tebing ini dinamakan tebing Titanic.

3. Spot Foto Menarik di Atas Bukit

Dari atas bukit pantai ini disediakan banyak spot foto unik dan menarik. Lokasi di sekitar bukit ini dikreasikan oleh beberapa pemuda di sekitar pantai dan dijadikan tempat berfoto yang seru.

Ada beberapa spot foto di atas bukit ini yang memberikan pemandangan laut biru dan jernih. Ada batu karang yang menghimpit pantai ini, selain itu angin yang sejuk dan berhembus dingin. Suasana di atas bukit ini akan semakin romantis jika datang bersama pasangan.

Spot foto ini memiliki nama yaitu gembok cinta, panggok mesra dan ada sebuah jembatan yang dibuat dari kayu berbentuk love. Tempat ini selalu ramai menjadi lokasi berfoto mesra bersama pasangan.

4. Spot Menikmati Sunset Terbaik

Berada di ketinggian bukit atau di bawah bibir pantai adalah spot sunset yang indah. Pantai Lampon ini memiliki suasana sunset yang menyenangkan dan mengasikkan.

Beberapa wisatawan lokal asal Kebumen datang ke pantai ini pada sore hari dan hanya berkunjung ke bukit di atas pantai hanya untuk menikmati sunset aja. Keindahan sunset yang dinikmati di pantai ini memiliki suasana yang berbeda dengan di tempat lain.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Pantai Lampon

Alamat Pantai Lampon
Image Credit: Instagram.com @lutfi_pbg

Pantai Lampon berada di dekat Pantai Ayah Kebumen. Lokasi tepatnya yaitu di Desa Pasir. Jika Anda berada di Kota Kebumen, untuk sampai ke pantai ini akan berjarak kurang lebih 38 Km. Waktu tempuh menuju pantai ini yaitu 1 jam 9 menit jika kondisi lalu lintas sedang bersahabat.

Pantai ini memiliki rute yang mudah. Jika berkunjung menggunakan motor maupun mobil ke lokasi ini Anda akan mendapatkan jalur yang mudah dan aman. Ikuti jalur menuju ke Pantai Pasir dan Anda akan sapai ke lokasi wisata ini.

Rute menuju pantai ini yaitu dari Kota Kebumen menuju Pantai Petanahan dan ikuti jalur. Setelah itu jika sudah menemukan Pantai Suwuk, lanjutkan perjalanan menuju ke Pantai Karang Bolong dan Anda akan menemukan persimpangan jalan.

Dari persimpangan tersebut Anda bisa mengikuti arah menuju ke Pantai Pasir. Ikuti petunjuk tersebut dan Anda sampai di Pantai Lampon Kebumen yang di tandai dengan papan nama bertuliskan TPI atau tempat pelelangan Ikan. Dari lokasi ini Anda sudah bisa berjalan menuju ke lokasi.

Pantai cantik di Kebumen ini adalah merupakan pantai yang baru-baru ini diviralkan oleh wisatawan. Pantai indah ini dikelola langsung oleh masyarakat sekitar Kebumen. Tidak perlu lama-lama merogoh kantong untuk dapat melihat indahnya pantai ini.

Harga tiket untuk masuk menikmati pantai ini hanya Rp 5.000 saja. Selain itu ada pembayaran untuk parkir yaitu sekitar Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5000 tarif parkir mobil.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Lampon

Aktivitas di Pantai Lampon
Image Credit: Instagram.com @shalu_lulu

1. Berenang di Sekitar Pantai

Air laut yang jernih dan bersih di Pantai Lampon cocok untuk berenang bersama teman atau keluarga. Mandi di pinggir pantai menjadi momen seru saat berkunjung di objek wisata ini.

Selain menyenangkan, mandi di sekitar pantai ini sangat menyenangkan. Ombak di pantai ini juga tidak terlalu keras dan besar. Mandi di pantai ini tidak akan berbahaya jika mandi bersama anak-anak.

2. Menjelajahi Goa Lampon

Goa ini berada di dekat air laut Pantai Lampon ini. Saat air laut pasang, Goa Lampon ini akan terendam oleh air laut. Namun saat air laut surut, Goa Lampon akan terlihat dan dapat dikunjungi. Goa ini memiliki ukuran yang sangat kecil namun indah untuk dijadikan spot foto instagramable.

Goa ini berapa tepat di bawah bukit yang mengapit pantai ini. Goa ini sangat menakjubkan jika dilihat dari luar Goa.

3. Jalan-Jalan di Sekitar Rumah Makan Seafood Nelayan

Memiliki penduduk yang sebagian menjadi nelayan menjadikan pantai ini dikelilingi oleh rumah makan yang menyediakan menu utama berupa seafood. Anda tidak akan kelaparan saat berada di pantai ini. Di pantai ini menyajikan seafood yang lezat dan gurih.

Dimana seafood yang dihidangkan masih segar dan manis. Seafood yang disediakan di setiap rumah makan ini adalah seafood hasil dari para nelayan sekitar pantai.

4. Menikmati Keindahan Telaga Tanjung

Di dekat Pantai Lampon ini terdapat sebuah Telaga Tanjung yang indah. Jika bosan denga pantai, wisatawan sering datang jalan-jalan ke Telaga Tanjung ini.

Telaga ini juga dijadikan spot berfoto bagi beberapa wisatawan yang datang. Pemandangan yang indah dan sejuk menjadi daya tariknya.

5. Flying Fox

Bagi wisatawan pecinta ketinggian, bermain flying fox di ketinggian bukit pantai ini wajib dicoba. Pemandangan yang ditawarkan saat terbang di atas pantai ini juga sangat menakjubkan.

Flying fox ini akan terjun dari bukit di atas Pantai Lampon menuju ke bukit di sebelah pantai ini. Flying fox dengan pemandangan pantai ini sangat seru dijadikan kegiatan di pantai ini.

6. Camping di Dekat Pantai

Kegiatan lain yang menarik dilakukan di tempat ini adalah camping bersama teman-teman. Seru-seruan saat malam bersama di dekat pantai kemudian membuat api unggun adalah salah satu kegiatan favorit saat camping.

Bukit di atas Pantai Lampon Kebumen ini menjadi salah satu area camping bagi pengunjung yang ingin bermalam menikmati angin malam di pantai ini.

Penginapan Murah Terdekat dari Lokasi Pantai Lampon

Penginapan Pantai Lampon
Image Credit: Pegipegi.com

Penginapan yang dekat dengan pantai belum disediakan, hanya ada beberapa hotel yang memiliki jarak cukup jauh dari keberadaan pantai. Berikut penginapan terdekat yang bisa di akses:

1. Hotel Permata Gombong

Penginapan ini berjarak 19.38 Km dari Pantai Lampon. Penginapan ini merupakan penginapan terdekat dari pantai. Hotel ini menawarkan biaya untuk satu malam yaitu Rp 300.000. Anda sudah akan mendapatkan fasilitas umum dan fasilitas kamar yang lengkap.

2. Hotel Wisata Benteng Van Der Wijck

Dari hotel ini menuju ke lokasi wisata berjarak 21.00 Km. Penginapan ini memberikan tarif Rp 275.000 untuk satu malam. Pembayaran dari sewa hotel ini sudah termasuk pajak. Selain terjangkau, penginapan ini juga memiliki fasilitas umum yang lengkap bagi tamu.

3. Motel Kebumen

Kemudian ada Motel Kebumen yang juga memiliki jarak kurang lebih sama dengan hotel lainnya. Motel ini berjarak 27.27 Km dari lokasi pantai. Penginapan ini juga memberikan biaya permalam yang terjangkau yaitu Rp 389.999. Anda bisa melakukan reservasi jika ingin menginap di motel ini.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Lampon Kebumen

Fasilitas di Pantai Lampon Kebumen
Image Credit: Instagram.com @prasetyoboedhi88

Fasilitas di Pantai Lampon yang menurut beberapa wisatawan ini adalah tempat wisata baru, memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Pantai ini menyediakan fasilitas umum berupa tempat parkir yang aman, ada toilet lengkap dengan tempat wudhu dan mushola.

Ada warung makan, area camping, spot foto yang unik dan menarik dan fasilitas hiburan baru yaitu flying fox. Selain itu, di pantai baru ini juga terbuka dan menerima kedatangan wisatawan selama dua puluh empat jam full.

Itulah beberapa hal yang perlu diketahui sebelum Anda menjelajah ke Pantai Lampon, pantai eksotis dan tersembunyi di Kebumen.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending