Pantai Boom Banyuwangi – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Boom Banyuwangi

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga TiketPantai Boom, salah satu wisata bahari populer di Banyuwangi untuk kawula muda. Terkenal dengan jembatan ikonik berbentuk spiral.

Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kampungmandar, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Banyuwangi atau biasa dikenal dengan sebutan sunrise of java ini terletak di Provinsi Jawa Timur. Julukan itu didapatkan dikarenakan Kabupaten Banyuwangi memiliki lokasi wisata yang digunakan untuk melihat keindahan matahari terbit.

Salah satu tempat terbaik di Banyuwangi untuk menikmati keindahan sunrise adalah Pantai Boom Banyuwangi. Pantai yang selalu menghadap timur ini terkenal sampai ke para wisatawan mancanegara. Pantai ini merupakan salah satu wisata bahari di Banyuwangi yang memiliki sertifikat internasional

Bagi Anda yang ingin melakukan kunjungan ke Pantai Boom, Anda harus terlebih dahulu mengetahui informasi yang jelas mengenai tempat tersebut. Berikut ini terdapat beberapa deskripsi ulasan tentang pantai cantik ini yang diharapkan dapat membantu Anda.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Boom

Daya Tarik Pantai Boom
Image Credit: Facebook.com @cnnindonesia

Pantai ini adalah salah satu pantai yang berada di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Di Setiap Tahunnya pantai menawan ini ramai dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara. Pantai boom menjadi salah satu destinasi yang banyak dikunjungi untuk menantikan momen muncul matahari di pagi hari.

1. Memiliki Banyak Keunggulan

Pantai Boom terletak di daerah yang strategis yang berada di pusat Kota Banyuwangi. Pantai ini hanya berlokasi 20 km dari bandara internasional Banyuwangi. Pantai ini menjadi satu-satunya yang memiliki fasilitas terlengkap. Fasilitas yang tersedia seperti, marine lounge, restaurant, yacht club, fasilitas dryberth, fasilitas private resort, fasilitas lainnya.

Pantai ini merupakan salah satu tempat favorit para wisatawan yang datang ingin melihat matahari terbit, hal ini sesuai dengan julukan dari Kota Banyuwangi sebagai sunrise of java. Dari lokasi pantai ini Anda dapat melihat keindahan dari Pulau Bali. Tempat wisata ini sering dipakai untuk menyelenggarakan berbagai festival-festival internasional.

2. Keindahan Pantai

Pantai biasanya terkenal memiliki pasir yang berwarna putih atau berwarna kuning keemasan. Akan tetapi pasir di Pantai Boom Banyuwangi ini memiliki warna hitam bergradasi abu-abu gelap. Pasir hitam mengkilap di pantai ini, rumornya memiliki kandungan mineral yang dapat menyembuhkan penyakit tulang dan penyakit kulit.

BACA:  5 Wisata Pantai di Subang yang Paling Hits

Ombak yang tenang di pantai ini menjadi daya tarik tersendiri, akan tetapi Anda tidak diijinkan untuk berenang, dikarenakan pantai ini cukup dalam. Walau begitu Anda masih dapat menikmati indahnya kawasan sekitar sambil berjalan-jalan di pinggir pantai. Di Pinggir pantai juga sudah disiapkan kursi-kursi dengan payungnya untuk bersantai memandang keindahan pantai.

Daya Tarik dari Pantai Boom
Image Credit: Twitter.com @azwarAnas_a3

3. Wisata Budaya

Anda yang berkunjung ke pantai tidak hanya menikmati keindahan alam saja, tetapi Anda juga akan menikmati wisata budaya yang diselenggarakan oleh para masyarakat sekitar pantai. Salah satu pergerakan wisata yang dapat Anda nikmati keseruannya adalah parade gandrung sewu. Pergelaran budaya ini menyajikan tarian-tarian khas Banyuwangi yang ditarikan oleh 1000 penari gandrung.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Pantai Boom

Harga Tiket Pantai Boom
Image Credit: Google Maps (Syamsul Arifin)

Destinasi bahari ini terletak di Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Jika Anda ingin berlibur ke tempat wisata air ini, maka Anda harus melewati daerah kawasan Simpang Lima. Dari kawasan Simpang Lima, maka Anda terus berjalan sampai bertemu dengan Taman Blambangan.

Apabila Anda telah sampai persimpangan lampu merah di daerah Taman Blambangan maka Anda harus membawa kendaraan Anda menuju ke arah utara sampai bertemu dengan Bundaran PLN. Dari Bundaran PLN, kemudian Anda harus mengambil jalur sebelah kanan agar bisa sampai ke kawasan Wisata Bahari Pantai Boom Banyuwangi.

Bagi Anda yang baru pertama kali mengunjungi tempat wisata pantai di Banyuwangi yang satu ini rutenya tidaklah sulit. Hal ini dikarenakan di sepanjang perjalanan Anda akan menemui rambu-rambu petunjuk yang mengarahkan Anda ke lokasi pantai. Hal ini dilakukan pemerintah Banyuwangi supaya Anda tidak tersesat saat hendak ingin berkunjung ke pantai ini.

Pantai Boom menjadi pilihan yang paling tepat bagi Anda yang ingin berlibur dengan budget yang sangat minim. Pantai ini memiliki panorama alami yang dibuka secara gratis bagi siapapun. Anda tidak akan dikenakan biaya saat memasuki wisata bahari ini.

Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi berupa mobil maupun motor, maka akan dikenakan biaya tempat parkir serta biaya keamanan. Untuk kendaraan mobil, biaya yang dibayarkan yaitu sebesar Rp 8.000, sedangkan untuk kendaraan motor cukup membayar sebesar Rp 2.000.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Boom

Aktivitas di Pantai Boom
Image Credit: Google Maps (Permana Aji)

1. Berkuda di Pinggir Pantai

Salah satu aktivitas atau kegiatan yang dapat Anda lakukan saat berlibur di Pantai Boom Banyuwangi adalah berkuda. Disini Anda akan menemukan masyarakat sekitar yang menyewakan kudanya untuk dapat ditunggangi oleh para wisatawan. Anda dapat menyewa kuda milik masyarakat untuk berkeliling-keliling pantai mulai dari pesisir sampai tempat yang lainnya dan Anda tidak akan lelah.

BACA:  15 Wisata Pantai di Banyuwangi yang Paling Hits

Bagi Anda yang tidak bisa atau takut menunggang kuda sendirian, Anda dapat meminta pemandu untuk membantu Anda saat menunggangi kuda. Hal ini akan membuat Anda merasa aman dan semakin menikmati pemandangan pantai. Untuk bisa menyewa kuda, Anda harus mengeluarkan biaya yang yang cukup besar.

2. Menikmati Pemandangan Sunrise

Bagi Anda yang sedang berada di Banyuwangi, wajib untuk mengunjungi Pantai Boom. Pantai ini terkenal dengan sunrise-nya yang banyak diincar oleh para pelancong. Pemandangan matahari terbit ini menjadi salah satu spot yang paling hits di area pantai.

Keindahan sunrise dapat dinikmati dikarenakan pantai ini menghadap ke arah timur. Oleh karena itu, Anda dapat menikmati keindahan sunrise dengan posisi terbaik. Selain itu, pantai ini juga berhadapan langsung dengan selat Bali yang akan membuat Anda semakin takjub. Selain itu, pemandangan sunset di pantai ini juga memiliki keindahan yang tak kalah dengan sunrise.

3. Bersantai di Pantai

Pantai boom terkenal dengan keindahan panoramanya. Pengunjung yang datang ke tempat wisata ini selalu memanfaatkan suasana pantai yang tenang untuk bersantai. Anda dapat duduk-duduk di pasir atau kursi yang sudah disediakan untuk menikmati keindahan panorama yang ada sambil bersantai.

4. Menyaksikan Festival

Setiap tahunnya, di kawasan pantai diadakan suatu acara festival yang tentunya unik dan menarik minat para turis maupun wisatawan domestik. Festival ini berisi pertunjukan Tari Gandrung Sewu yang diikuti oleh kurang lebih 1.000 penari berbakat yang telah terlatih.

Festival Tari Gandrung Sewu telah diadakan setiap tahun mulai dari tahun 2012. Penari yang mengikuti festival tarian ini berasal dari berbagai usia, mulai dari anak-anak sampai para kakek nenek yang turut memeriahkan festival. Anda akan merasa betah dan ketagihan saat menyaksikan tarian dengan gerakan yang unik dan padu.

5. Menyusuri Jembatan Ikonik

Baru-baru ini, pengelola kawasan wisata Pantai Boom membuat sebuah fasilitas yang tentunya dapat membuat para wisatawan tertarik untuk mengunjunginya. Fasilitas ini berupa jembatan yang berbentuk spiral dan menjadi ikon dari pantai ini. Bagian atas jembatan dihiasi dengan ornamen-ornamen lampu yang semakin memperindah arsitektur jembatan.

Disini, Anda dapat menjadikan jembatan sebagai background foto yang dapat menghasilkan gambar yang instagenic. Jika menginginkan hasil foto yang aesthetic, Anda dapat mengunjungi jembatan ini pada saat malam hari. Ornamen lampu yang berada di atas jembatan spiral akan menyala dan menghasilkan cahaya yang semakin membuat suasana menjadi romantis.

6. Hunting Foto

Salah satu alasan banyaknya pelancong yang berlibur ke Pantai Boom adalah karena pantai ini memiliki berbagai spot foto instagramable yang dapat membuat siapapun akan iri. Bentangan alam dan pesonanya yang luar biasa membuat siapapun akan terbius saat melihatnya. Oleh sebab itu, Anda harus mengabadikan pemandangan tersebut dengan melakukan swafoto.

BACA:  Pulau Tabuhan Banyuwangi - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Selain menikmati keindahan alam, Anda juga dapat memotret bangunan tua yang telah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Anda akan mendapatkan foto bertema vintage saat berfoto di depan rumah-rumah peninggalan penjajahan tersebut. Disini, Anda juga dapat menyewa kostum khas Belanda yang dapat semakin membuat foto Anda terlihat nyata.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Boom

Penginapan di Pantai Boom
Image Credit: Agoda.com

1. Hotel Blambangan

Tempat menginap yang dekat dengan kawasan pantai yang pertama ada hotel blambangan. Hotel blambangan ini memiliki harga yang cukup mahal untuk semalamnya untuk kamar tipe yang standar dikenakan biaya Rp 500.000. Walau harganya yang terbilang mahal, fasilitas pendukung di hotel blambangan cukup lengkap.

Fasilitas yang dapat Anda nikmati ada kolam renang outdoor dengan kelengkapan kolam anak dan taman yang digunakan untuk bersantai. Waktu yang harus ditempuh untuk pergi ke pantai boom dari hotel ini adalah 7 menit dengan menggunakan kendaraan sepeda motor.

2. Hotel Selamat

Hotel yang tidak jauh dari pantai selanjutnya ada hotel selamat. Dari penginapan ini memerlukan waktu 6 menit untuk sampai ke lokasi pantai dengan menggunakan kendaraan sepeda motor atau mobil. Hotel ini memiliki ruangan kamar yang nyaman dengan fasilitas hotel yang memadai. Di Hotel ini memiliki fasilitas tour dan para stafnya pandai dalam berbahasa inggris. Untuk selamanya Anda hanya membayar Rp 400.000 saja.

3. Nini Pondok

Nini pondok merupakan penginapan yang berada dekat dengan pantai eksotis di Banyuwangi ini. Penginapan ini memiliki unsur rumah jawa yang tradisional dengan jendela kayu. Untuk bermalam di penginapan ini, Anda harus membayar Rp 300.000. Dari penginapan ini Anda hanya perlu menghabiskan waktu 9 menit untuk sampai ke lokasi pantai boom.

Kamar yang disediakan oleh pihak penginapan cukup menarik, dengan seprai berwarna merah yang dilengkapi dengan kelambu. Di dalam kamar Anda akan mendapatkan banyak fasilitas yang terbuat dari kayu. Anda akan menerima fasilitas-fasilitas lainnya, seperti fasilitas umum yang ada di penginapan. Fasilitas umum yang ada di penginapan berupa, gazebo pinggir kebun.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Boom Banyuwangi

Fasilitas di Pantai Boom
Image Credit: Google Maps (Eko Hartanto)

Pengelola wisata pantai telah menyediakan fasilitas lengkap yang diharapkan dapat memenuhi seluruh kebutuhan wisatawan. Anda dapat dengan mudah menjumpai warung atau kedai pinggir pantai yang menyediakan berbagai macam santapan. Pantai ini juga menyediakan fasilitas berupa kursi berpayung yang boleh ditempati oleh semua orang.

Itulah ulasan mengenai pantai boom Banyuwangi. Anda dapat menikmati liburan ke wisata pantai cantik di Banyuwangi dengan keluarga, pasangan, atau dengan teman-teman Anda. Pemandangan yang indah terutama pada momen matahari terbit menjadi memori yang tidak akan pernah terlupakan.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending