20 Wisata Pantai di Lombok yang Paling Hits

Wisata Pantai Lombok

Tertarik Liburan di Pantai? Periksa List Wisata Pantai Populer di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Objek Wisata Bahari Terindah, Eksotis & Paling Hits untuk Liburan yang Seru dan Menyenangkan.

Seakan tidak ingin kalah dengan pulau tetangga (Bali), Lombok juga menyuguhkan deretan pantai yang sangat memukau. Bahkan Lombok dijuluki sebagai Pulau Seribu Pantai yang menjelaskan keindahan alam baharinya. Pulau ini juga memiliki sederet wisata bahari hits dan indah yang hadirkan pesona asri pantai yang cocok untuk berenang hingga ombak ekstrim untuk berselancar.

Siapkan diri untuk berwisata menjelajah pantai terindah di Lombok untuk menghadirkan liburan yang lebih berkesan.

1. Pantai Tanjung Bloam

Pantai Tanjung Bloam
Image Credit: Instagram.com @imam_yahya_ariansyah

Sebuah pantai di Desa Temeak, lombok timur, merupakan lokasi yang tepat untuk Anda penghobi fotografi. Bagaimana tidak, jika pemandangan surgawinya hadir dari hamparan laut lepas berwarna biru dipertemukan dengan tebing tinggi dan hutan hijau rimbun di atasnya. Menjepret beberapa foto dari atas bukit atau bahkan bibir pantai bisa jadi pilihan.

Keduanya memiliki tampilan yang akan membuat mata terbelalak. Pemandangan lanskap alam yang masih perawan tersebut akan memberikan kesan tersendiri. Selain berfoto, Anda juga bisa menikmati pasir putih lembut dan bersih. Setelah itu, Anda bisa berenang santai atau bahkan mendatangi konservasi penyu di dekat pantai tersebut.

Lokasi: Jl. Pantai Beloam, Tanjung Ringgit, Sekaroh, Kec. Jerowaru, Kab. Lombok Timur.

2. Pantai Gerupuk

Pantai Gerupuk
Image Credit: Kompasiana.com

Pantai yang satu ini dikenal sebagai spot favorit para peselancar. Ombak tinggi dengan level yang berbeda tersedia di beberapa titik lepas pantai, sehingga menjadi magnet bagi para peselancar lokal atau dunia. Namun Gerupuk juga memiliki pesona bukit kecil di sisi timur pantai. Lokasi tersebut kerap dijadikan spot asyik untuk menikmati pesona senja.

Lokasi: Pagutan Barat, Kec. Mataram, Kota Mataram.

3. Pantai Batu Payung

Pantai Batu Payung
Image Credit: Detik.com

Kalau pantai yang satu ini berada di Kuta Lombok, Pujut. Lokasi ini sebenarnya berdekatan dengan Tanjung Aan, namun Anda harus menyebrang terlebih dahulu. Meski berkesan repot, namun pesona dan keunikan lokasi pantai pasti akan membuat perjalanan tidak terasa. Sesuai dengan namanya, Anda akan mendapati fenomena alam berupa batu besar mirip payung.

Lokasi inilah yang menjadikannya hits di kalangan wisatawan. Anda bisa berfoto di bawah batu tersebut selagi berteduh. Namun tidak itu saja, hamparan pantai penuh karangnya memberi kesan tersendiri. Yang membuat pantai ini menarik adalah akses berjalan kaki melalui batu karang dan pecahan kolam. Cara ini bisa Anda lakukan di kala air sedang surut.

Lokasi: Jl. Kuta Lombok, Kec. Pujut, Kab. Lombok Tengah.

4. Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan
Image Credit: Wikipedia.org

Pantai Tanjung Aan yang berjarak 5 KM dari pantai Kuta ini terdapat hamparan pasir putih pantai yang masih sangat bersih. Bahkan, laut biru yang tenang juga tampak sangat jernih. Selain keindahan pantainya sendiri, Deretan bukit hijau penuh dengan vegetasi menjadi lanskap apik untuk foto. Bahkan pantai ini juga memiliki fenomena alam unik berupa dua jenis pasir pantai yang berbeda. Yakni pasti putih halus dan pasir bagaikan merica.

Lokasi: Sengkol, Kuta, Kec. Pujut, Kab. Lombok Tengah.

5. Pantai Gili Nanggu

Pantai Gili Nanggu
Image Credit: Instagram.com @agnes_worek

Siapa sih yang tidak tahu gili Trawang yang sudah terkenal? Namun ternyata Lombok juga punya gili lain yang tidak kalah indah. Salah satunya adalah Gili Nanggu yang berada di sekitar 30 menit perjalanan dari Pelabuhan Lembar. Pantai ini berada di sebuah pulau kecil terdekat yang dijadikan sebagai pusat konservasi dan penangkaran Penyu sisik liar yang semakin langka.

Selagi Anda berkunjung ke pantai ini, Anda bisa mengunjungi konservasi tersebut. Namun Anda juga bisa bersantai dan menikmati pantai Gili Nanggu sepenuhnya karena sudah dipenuhi fasilitas memadai. Anda bisa berenang, mencoba watersport yang menantang, berolahraga, atau menyaksikan pesona bawah laut dengan melakukan scuba diving dan snorkeling.

Lokasi: Sekotong Barat, Kec. Sekotong, Kab. Lombok Barat.

6. Pantai Tanjung Ringgit

Pantai Tanjung Ringgit
Image Credit: Instagram.com @norashidaismail

Berada di ujung timur lombok, terdapat sebuah pantai yang tidak kalah indahnya dengan gili dan pantai lain. Tepatnya berada di Desa Pamogkong, pantai bernama tanjung ringgit ini hadirkan panorama tebing curam yang sangat eksotis. Ditambah dengan angin laut yang sangat kencang, pantai ini bisa menjadi tempat yang pas untuk liburan.

Jika ingin berenang, Anda bisa melakukannya asalkan berhati hati dengan jejeran batu karang di bibir pantai. Selain itu, Anda juga bisa bertualang dan eksplorasi daerah pantai ini. Di sini Anda bisa menemukan dan melihat langsung beberapa peninggalan zaman perang dunia 2. Terdapat meriam hingga gua kecil yang kerap dijadikan sasaran jepret penghobi fotografi.

Lokasi: Jl. Lingkok siwaq, Sekaroh, Kec. Jerowaru, Kab. Lombok Timur.

7. Pantai Sekotong

Pantai Sekotong
Image Credit: Detik.com

Sekotong adalah salah satu kawasan yang dipenuhi dengan deretan pantai indah. Berlokasi di lombok barat, pantai sekotong di kecamatan sekotong ternyata menjadi tujuan menarik para wisatawan. Saat menginjakkan kaki di pantai ini, Anda akan dihadapkan dengan pasir putih lembut dan lautan biru yang masih sangat jernih.

Begitu jernihnya, Anda mampu melihat dasar dari lautan dan pantai ini. Yang menjadi daya tarik utama pantai ini adalah adanya ekosistem bawah laut khas laut dangkal, atau Padang Lamun. Padang Lamun ini tersebar dengan rapi dan indah di sepanjang bibir pantai. Anda bisa mengabadikan kerajaan laut tersebut sembari menunggu momen mentari terbenam cantik.

Lokasi: Jl. Lewat Dibawa No.16, Labuan Tereng, Kec. Lembar, Kab. Lombok Barat.

8. Pantai Seger

Pantai Seger
Image Credit: Republika.co.id

Beralih ke kawasan wisata Mandalika. Pantai seger menjadi tujuan wisata bahari yang memiliki tampilan alami dan menarik. Di sini juga terdapat monumen ikon kawasan berupa putri Mandalika dan tiga pangeran. Anda bisa berjalan jalan di bibir pantai yang begitu luas, berfoto di atas jembatan dengan latar bukit hijau, atau menikmati olahan kuliner sekitar.

Lokasi: Kuta, Kec. Pujut, Kab. Lombok Tengah.

9. Pantai Tangsi

Pantai Tangsi
Image Credit: Google Maps (Icho Arambe)

Berdekatan dengan pantai Seger, terdapat pantai pink yang memiliki warna pasir unik berwarna merah muda. Selain pasir pantai berwarna kemerahan yang unik, Anda juga akan disuguhi dengan hamparan laut tenang dan segar. Ombak yang menyapu pantai bisa Anda jadikan lokasi seru seruan bermain air. Jika ingin berfoto, maka jangan melewatkan hamparan bukit sekitarnya.

Lokasi: Kec. Jerowaru, Kab. Lombok Timur.

10. Pantai Mawung

Pantai Mawung
Image Credit: Pantainesia.com

Pantai mawung sebenarnya adalah destinasi wisata tersembunyi yang semakin dikenal karena pesona pantainya yang unik. Bagaimana tidak jika lokasinya terhimpit oleh dua bukit hijau besar. Karena itulah banyak para wisatawan yang menantang diri untuk mengabadikan momen berwisata di pantai Mawung melalui ketinggian.

Lokasi: Jl. Pantai Mawun, Tumpak, Kec. Pujut, Kab. Lombok Tengah.

11. Pantai Pulau Kenawa

Pantai Pulau Kenawa
Image Credit: Google Maps (Bent)

Jika Anda sempat mengunjungi Pulau Sumbawa di salah satu Kabupaten NTB, maka Anda bisa beranjak ke pulau Kenawa. Pulau Kenawa ini dikenal karena pesona padang rumput dan juga perbukitan pasir nan megah. Namun, Anda tidak boleh melewatkan pantai di sekitar pulau ini karena memiliki hamparan pasir putih panjang dan juga lautan biru yang tenang.

Yang paling banyak dilakukan wisatawan di pulau dan pantai sekitar adalah menjepret pesona matahari terbenam dari atas bukit. Bagi penghobi fotografi pun pasti akan dimanjakan dengan keindahan kontras warna hijau padang rumput dan laut biru. Tidak itu saja, Anda juga bisa turun ke pantai dan berenang bersama keluarga.

Lokasi: Poto Tano, Kec. Poto Tano, Kab. Sumbawa Barat.

12. Pantai Nambung

Pantai Nambung
Image Credit: Instagram.com @Robithah

Pantai yang berada di dusun Pengantap ini juga dikenal sebagai air terjun asin. Hal tersebut terjadi karena ombak besar lautan menghantam tebing karang tinggi di bibir pantai. Karena itulah, muncul pemandangan bak air terjun yang kerap jadi incaran para pencinta fotografi. Karena ombak besar dan pantai yang penuh karang, maka tidak dianjurkan untuk berenang.

Lokasi: Buwun Mas, Kec. Sekotong Tengah, Kab. Lombok Barat.

13. Pantai Kuta

Pantai Kuta
Image Credit: Ksmtour.com

Pantai yang satu ini tidak ada di Bali, melainkan di pulau Lombok. Karena itulah tidak sedikit yang menyebutnya pantai kuta lombok. Lokasinya berada di kawasan wisata mandalika, berdekatan dengan wisata bahari lainnya. Yang menjadi highlight dari Kuta adalah pasirnya yang tampak seperti merica, karena memiliki tekstur lebih besar dan juga warna sedikit cream.

Lokasi: Kuta, Kec. Pujut, Kab. Lombok Tengah.

14. Pantai Selong Belanak

Pantai Selong Belanak
Image Credit: Detik.com

Belajar berselancar tidak harus dengan ombak yang sangat tinggi. Anda juga bisa belajar di pantai selong belanak di desa Pujut yang mana tersohor karena ombak surfing level pemula. Tidak hanya ombak untuk selancar, Pantai ini juga menyuguhkan perbukitan hijau dan bibir pantai yang sangat luas. Bahkan Anda juga bisa menyaksikan penggembala kerbau lokal yang bermain di pantai ini.

Lokasi: Selong Belanak, Kec. Praya Barat, Kab. Lombok Tengah.

15. Pantai Senggigi

Pantai Senggigi
Image Credit: Google Maps (Adi Baok)

Pantai yang berlokasi di Kecamatan Batu layar ini sudah menjadi favorit warga lokal dan juga wisatawan. Karena popularitasnya yang tinggi, Anda bisa akses dan mendatangi lokasi dengan mudah. Bahkan, Senggigi pun sudah dilengkapi dengan fasilitas memadai. Sehingga memberi keleluasaan untuk berenang, bermain di sekitar pantai, atau melihat pemandangan senja.

Lokasi: Senggigi, Kec. Batu Layar, Kab. Lombok Barat.

16. Pantai Bangko Bangko

Pantai Bangko Bangko
Image Credit: Instagram.com @wyndhamsundancerlombok

Rasanya berkunjung ke Pantai Lombok tidak akan lengkap tanpa surfing. Hal ini terbukti dari daya tarik utama pantai bangko yang merupakan ombak ganas untuk selancar. Ombak ini bahkan dicap unik karena tidak mudah pecah dan memiliki sapuan ke arah kiri. Karena itulah pantai Dessert Point di desa Batu putih ini menjadi tujuan wisata berselancar terkemuka.

Lokasi: Jl. Putih, Batu Putih, Kec. Sekotong Tengah, Kab. Lombok Barat.

17. Pantai Tanjung Bango

Pantai Tanjung Bango
Image Credit: Detik.com

Pantai dengan pesona pasir putih dan air yang sangat jernih ini sudah menjadi favorit di Pulau lombok. Jadi jangan heran jika pantai ini penuh dengan wisatawan. Yang menjadi daya tarik utama pantai ini adalah formasi karang, tebing batu, dan juga pasir putihnya yang unik. Formasi tersebut memberi kesan pantai ini tersembunyi.

Lokasi: Kuta, Kec. Pujut, Kab. Lombok Tengah.

18. Pantai Gili Air

Pantai Gili Air
Image Credit: Google Maps (Dmitriy Servetnik)

Pantai dengan nama gili seakan memiliki kesan tersendiri. Salah satunya adalah gili air yang memiliki atmosfer yang sangat tenang dan ayem. Hembusan angin semilir berpadu dengan sapuan ombak kalem di bibir pantainya yang landai. Dengan kondisi alam tersebut, Anda bisa dengan tenang berenang atau snorkeling untuk melihat pemandangan koral bawah laut.

Lokasi: Gili Indah, Kec. Pemenang, Kab. Lombok Utara.

19. Pantai Gili Meno

Pantai Gili Meno
Image Credit: Rctiplus.com

Gili Meno berada di sebuah pulau kecil dengan luas sekitar 150 hektar saja. Karena itulah, Anda bisa mengelilingi pulau ini hanya dengan cidomo (semacam sepeda air) hanya dalam waktu 1,5 jam saja. selain berkeliling pulau, pantai ini juga tersohor karena patung bawah tanahnya. Karena itulah terdapat fasilitas snorkeling dan scuba diving untuk menyaksikannya.

Lokasi: Pulau Gili Meno, Gili Indah, Kec. Pemenang, Kab. Lombok Utara.

20. Pantai Moyo

Pantai Moyo
Image Credit: Wikipedia.org

Pantai terakhir ini ternyata masuk list 20 pantai favorit di pulau Lombok. Yang membuatnya banyak dicintai adalah kejernihan air laut yang menampilkan lautan penuh karang indah. Dengan lautan yang cenderung tenang, lokasi ini menjadi spot snorkeling dan berenang yang asyik. Anda dan keluarga bisa bersantai di pantai dan juga bermain air hingga puas.

Lokasi: Pulau Moyo, Kab. Sumbawa.

Sudah jelas sekali bahwa nama Pulau Seribu Pantai tidak diberikan tanpa alasan. Apalagi jika mengingat deretan pantai terindah di Lombok yang sudah disebutkan. Keindahan alam yang diberikan tersebut tentunya tidak bisa dilewatkan begitu saja. Jadi jangan lewatkan berenang, seru seruan di pantai, atau bahkan berselancar selagi berkunjung ke Pulau Lombok yang penuh dengan pesona alam yang menakjubkan.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending