Pantai Tanjung Aan Lombok – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Tanjung Aan Lombok

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Tanjung Aan salah satu pantai eksotis di Mandalika Lombok Tengah. Pantai yang cocok untuk kegiatan snorkling dan bermain air karena didukung ombak yang tenang dan perairan cukup dangkal.

Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kuta, Kec. Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat; Map: Cek Lokasi

Pantai Tanjung Aan yang berada di selatan Pulau Lombok ini merupakan salah satu pantai yang menjadi destinasi wisata terkenal Lombok. Pantai ini menawarkan banyak keindahan nan elok yang akan memanjakan mata Anda.

Dengan airnya yang berwarna biru tua dan hijau toska, Anda akan kagum dengan surga alam yang tercipta di wisata bahari ini. Pemandangan yang ditawarkan tempat ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang tengah berada di Lombok. Berombak tenang memiliki konstruksi pantai yang landai, lokasi ini menjadi destinasi favorit bagi sebagian orang.

Pengelola Pantai Tanjung Aan juga menyediakan fasilitas yang cukup memadahi untuk para wisatawan yang berkunjung ke sana. Mulai dari penginapan, tempat makan, penyewaan perahu, hingga alat-alat snorkling yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk melengkapi sesi liburannya di pantai.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Tanjung Aan

Daya Tarik Pantai Tanjung Aan
Image Credit: Twitter.com @byosiyana

1. Memiliki Dua Jenis Pasir Pantai

Terletak di dua bagian pantai, pasir yang ada di area pantai ini ada dua jenis. Yang pertama adalah Pasir Merica. Pasir yang memiliki tekstur kasar, bulat, dan kecil ini memiliki sensasi tersendiri saat Anda menginjaknya.

Berbanding terbalik dengan teksturnya yang kasar dan bulat, Pasir Tepung memiliki bentuk yang sangat halus dan lembut. Mirip seperti tepung jika Anda menggenggamnya. Kedua jenis pasir yang berbeda ini bisa Anda temukan pada Pantai Tanjung Aan.

2. Terdapat Ayunan di Tepi Pantai

Bila Anda berkunjung ke pantai ini, Anda akan menemukan sebuah ayunan tinggi yang menghadap langsung ke laut. Menancap di pertengahan pantai yang dangkal, Anda akan mendapatkan spot foto dan pemandangan yang indah dan eksotis.

Latar belakang yang keren ini akan membuat kagum siapapun yang menaiki ayunan tersebut. Walau banyak ayunan lain yang terpasang di sekitar pantai, ayunan satu ini lebih banyak peminat karena berada di tempat yang unik.

3. Pemandangan dari Bukit Merese

Bukit Merese terkenal sebagai salah satu bukit yang mengelilingi pantai dan menjorok ke tengah laut. Cukup mudah untuk bisa mendaki dan mencapai puncak bukit ini, tetapi Anda harus tetap berhati-hati, tanah karang dan bebatuan yang keras serta tajam dapat membuat kaki Anda terluka. Pakailah sepatu atau alas kaki lain yang dapat melindungi kaki Anda.

Terdapat jalan setapak yang menanjak di sebelah kanan Pantai Tanjung Aan, Anda dapat melakukan perjalanan saat hampir menjelang matahari terbenam. Waktu seperti itu sangat direkomendasikan karena pemandangan senja serta hamparan lautan sangat indah dan mengagumkan.

Daya Tarik dari Pantai Tanjung Aan
Image Credit: Instagram.com @pictshint

4. Bukit Payung

Lokasi Batu Payung ini sendiri sering digunakan untuk ber-selfi ria atau bermain air oleh para pengunjung. Batu ini memiliki ukuran yang besar, tetapi bagian bawahnya lebih kecil karena terkikis oleh air dalam waktu lama. Hal inilah yang membuatnya disebut Batu Payung.

Untuk sampai ke tempat ini, Anda perlu menyewa lo-boat atau perahu nelayan. Harga sewa perahu ini sedikit mahal, yaitu 300.000 rupiah dengan waktu sewa sepuasnya. Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah dari yang tertulis di atas jika Anda pandai menawar.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Pantai Tanjung Aan

Harga Tiket Pantai Tanjung Aan
Image Credit: Google Maps (Juli Anto)

Berada di Desa Lombok Kecamatan Pujuk Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, pantai dengan nama Tanjung Aan ini memiliki ratusan peminat lebih tiap harinya. Pantai ini dekat dengan Pantai Kuta Lombok, hanya memerlukan 3 kilometer dengan waktu 15 menit untuk sampai ke sana. Hal ini menjadikan banyak paket wisata yang menawarkan kunjungan pada kedua pantai ini.

Bila Anda berkendara dari Kota Mataram ke Cakranegara, selanjutnya Anda akan melewati Praya, Batunyale, Rambitan, lalu Pantai Kuta sebelum akhirnya sampai ke tempat lokasi yaitu Pantai Tanjung Aan. Dengan rute ini, lama waktu yang dilalui adalah 1 setengah jam.

Namun, jika Anda memulai perjalanan dari Senggigi Lombok, Anda akan melewati 1 jam 50 menit dengan jarak tempuh 72 kilometer. Sedikit saran untuk Anda membawa kendaraan pribadi atau menyewa mobil sendiri untuk perjalanan ke sana, karena akan mempermudah perjalanan. Kondisi jalan menuju pantai bisa dibilang baik sehingga para wisatawan tidak perlu cemas.

Anda akan dikenai biaya ketika memasuki kawasan wisata Pantai Tanjung Aan untuk membayar parkir. Dengan membayar sejumlah 10.000 rupiah untuk mobil dan 5000 rupiah untuk parkir motor, Anda sudah bisa menitipkan kendaraan Anda dengan aman di sana.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Tanjung Aan

Aktivitas di Pantai Tanjung Aan
Image Credit: Facebook.com @adaeventsasia

1. Bermain Pasir

Tekstur pasir yang ada di Pantai Tanjung Aan ada dua macam, Pasir Merica dan Pasir Tepung. Sesuai dengan nama mereka, bentuk dan sensasi yang dirasakan saat Anda menginjak atau menggenggam pasir itu pun sama.

Dengan pasir tepung Anda dapat bermain selayaknya seperti pasir di pantai lainnya, seperti membuat istana pasir, mengubur badan, dan lain lain. Sementara dengan pasir merica yang kasar, Anda dapat membuat lapangan voli dan bermain di atasnya.

2. Berjemur di Bawah Payung Jerami

Kegiatan berjemur memang hal yang sering dilakukan oleh orang yang berkunjung ke pantai. Apalagi dengan cuaca di sekitar sana yang lumayan panas, Anda jangan sampai lupa mengoleskan krim matahari atau krim lain yang cocok dengan kulit Anda dan dapat melindungi kulit dari paparan sinar uv yang berbahaya.

Namun, jika Anda tetap ingin berjemur tetapi dengan paparan cahaya matahari yang tidak terkena langsung ke kulit Anda, Anda dapat memanfaatkan payung pantai jerami yang ada di pinggiran pantai. Jumlahnya lumayan banyak dan Anda dapat bersantai menikmati embusan angin pantai yang sejuk.

3. Menangkap Nyale

Sudah menjadi tradisi resmi untuk berburu Nyale Mandalika di Pantai Tanjung Aan pada setiap Februari. Nyale sendiri adalah cacing laut yang memiliki tubuh seperti cacing tanah tetapi lebih kecil dan berwarna hijau atau coklat.

Nyale ini hanya muncul di saat-saat tertentu. Banyak masakan yang resepnya menggunakan Nyale sebagai bahan utama.

4. Menyaksikan Matahari Tenggelam

Tidak hanya menikmati pemandangan pantai, Anda juga bisa mendapatkan view matahari terbenam. Dengan mendaki bukit yang mengelilingi laut, Anda dapat menemukan tempat yang cocok untuk duduk sembari menghabiskan waktu.

Batu Payung, tempat yang dapat Anda datangi dengan perahu nelayan ini sangat cocok untuk berfoto dan bermain air. Lokasi ini sangat pas untuk menghabiskan waktu bersama teman-teman Anda.

Sementara itu ada Bukit Merese. Bukit yang berada di sebelah kanan Pantai Tanjung Aan ini bisa didatangi dengan melalui jalan setapak dan sedikit menanjak pada tanah karang juga berbatu. Dengan medan seperti ini cukup membuat kaki Anda terluka jika tidak memakai alas kaki.

5. Snorkling dan Menyelam

Arus ombak yang tenang dapat dimanfaatkan untuk Anda menyelam dan kegiatan snorkling. Lokasi ini cocok bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu dengan mengamati keindahan bawah laut sehingga liburan menjadi lebih berwarna.

Penginapan Murah Dekat Dari Pantai Tanjung Aan

Penginapan Pantai Tanjung Aan
Image Credit: Agoda.com

1. Novotel Lombok Resort and Villas

Penginapan yang memiliki kamar dan vila mewah yang terletak di tepi pantai sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin menginap dengan pemandangan pantai yang indah terlihat di depan mata. Di tempat ini terdapat restoran yang ada di pinggiran pantai dengan tempat spa dan beberapa kolam renang di luar.

2. Segara Anak Hotel

Di sini tersedia kamar dengan fasilitas penghangat yang akan melindungi Anda dari dinginnya malam. Terdapat fasilitas kolam renang outdoor dan restoran santai yang berdiri di tepi pantai. Sembari menikmati makanan, Anda dapat melihat pemandangan pantai yang indah.

3. ILLIRA Lite Praya Lombok

Jika Anda menginginkan bermain tenis meja bersama teman-teman Anda di satu penginapan, Anda dapat memilih tempat ini sebagai tempat istirahat Anda. Beberapa fasilitas disediakan gratis bagi tamu penginapan, antara lain jaringan wifi, sarapan, tempat parkir, serta transportasi menuju bandara secara cuma-cuma.

4. Puri Rinjani Bungalows

Di tempat ini Anda dapat menemukan banyak kamar yang ditawarkan dengan harga murah dan tentu kualitasnya bukan main. Anda akan mendapat fasilitas kolam renang, wifi gratis, parkir, serta restoran yang berada dekat dengan lokasi penginapan.

Fasilitas Tersedia di Pantai Tanjung Aan Lombok

Fasilitas di Pantai Tanjung Aan
Image Credit: Google Maps (Roe_)

Fasilitas di pantai ini tentu sangat memenuhi kebutuhan pengunjung dan lengkap. Fasilitas penunjang wisatawan seperti penyewaan perahu, tempat snorkling, berselancar, berjemur di bawah payung pantai, hingga ayunan yang dapat menghibur pengunjung juga tersedia.

Terdapat juga fasilitas tambahan seperti lahan parkir yang luas, toilet umum berbayar, tempat makan atau restoran di sekitar pantai, juga penginapan dengan berbagai macam harga yang tentu bisa Anda pilih sesuai isi dompet Anda.

Itulah ulasan tentang wisata pantai Tanjung Aan yang bisa dijadikan referensi saat berada di Lombok Tengah. Semoga dapat menjadi pertimbangan Anda dalam memilih pantai eksotis ini sebagai tempat Anda menghabiskan masa liburan Anda.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending