Pantai Gerupuk, Pantai dengan Hamparan Bukit Nan Hijau di Lombok Tengah

Pantai Gerupuk, Pantai dengan Hamparan Bukit Nan Hijau di Lombok Tengah
Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Sengkol, Kec. Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat; Map: Cek Lokasi

Lombok tidak akan pernah membuat Anda kecewa dengan keindahan pantainya yang penuh pesona. Seperti lanskap di Pantai Gerupuk, Lombok Tengah, tempat di mana kombinasi batu karang dan air laut berwarna biru terlihat begitu menenangkan. Ini merupakan lokasi yang harus dipertimbangkan jika Anda berharap menemukan suatu keunikan.

Ombak terlihat saling berkejaran saat Anda mendekat ke arah lautan. Batu karang berjajar seperti sebuah pelabuhan yang dapat digunakan sebagai pijakan. Alih-alih terhibur oleh hamparan pasir putih bak berlian, di sini Anda justru akan menemukan bebatuan berwarna hitam keabu-abuan.

Selain itu, di tengah lautan juga terlihat sejumlah batu karang yang tersebar acak. Sering kali oleh wisatawan dijadikan latar belakang saat hendak mengambil foto. Bagaimanapun, lanskap yang dihasilkan oleh objek wisata laut ini benar-benar eksotis dengan keunikan di baliknya.

Daya Tarik yang Ditawarkan Pantai Gerupuk

Daya Tarik Pantai Gerupuk
Image Credit: Google Maps Anita Yuliani

1. Bukit Karang

Ada bukit karang yang membentang tidak jauh dari laut di Pantai Gerupuk, tempat di mana pengunjung senang menghabiskan waktu dengan bersantai. Pemandangan di atas bukit ini akan membantu Anda melihat lautan, ombak yang bergulung-gulung, ataupun hamparan pasir dalam satu waktu.

Bukit tersebut dapat didaki tanpa susah payah dan relatif aman untuk berbagai kalangan. Pasalnya, perjalanan dari tepi pantai ke bagian puncak terbilang landai sehingga tidak butuh effort besar untuk menaklukannya.

Meskipun begitu, Anda tetap harus berhati-hati terutama jika datang saat musim hujan. Rumput liar yang tumbuh di atas karang bisa berubah menjadi licin pada waktu-waktu tertentu. Guna mengatasinya, sebaiknya hanya mampir ke pantai cantik ini bila langit sedang cerah pada musim kemarau.

2. Ombak Eksotis

Ombak di Teluk Gerupuk berhasil menarik animo pelancong internasional. Saat melintasi area teluk dari dermaga di pemukiman warga, Anda akan mendapati banyak orang asing yang asyik berselancar.

Bahkan, ombak di Pantai Gerupuk diklasifikasikan oleh para pelancong menjadi lima kategori. Masing-masing diberi nama berdasarkan bahasa setempat yang kemudian diterjemahkan menggunakan Bahasa Inggris. Seperti Terasaq atau Outside Left, lalu Giligoleng atau Outside, Batu Teong atau Dondon, Batu Lawang atau Kids Point, serta Prigi atau Inside.

Adanya penamaan tersebut membuktikan bahwa jenis tingkatan ombak di Kecamatan Lombok Tengah ini relatif berbeda-beda. Artinya, siapa saja bisa mencoba melakukan surfing asal mereka punya keberanian untuk mewujudkan itu.

3. Keramahan Warga

Bagi sebagian orang, keramahan warga lokal di sekitar kawasan pariwisata merupakan keuntungan tersendiri. Pada dasarnya, Indonesia memang dikenal akan sikap bersahabatnya yang bahkan telah mendunia.

Kondisi serupa juga terjadi di Desa Gerupuk di mana warga lokal cukup bersahabat dalam menyambut wisatawan. Ini bukan hanya sekadar dorongan motif komersial, tetapi sudah menjadi budaya yang melekat dalam masyarakat setempat.

Oleh karenanya, saat bermain di sekitar pantai estetis ini, tidak perlu ragu untuk bertanya atau sekadar menyapa bila berpapasan dengan mereka. Itu bisa menambah pengalaman seru selama liburan, sekaligus meningkatkan skill bersosialisasi.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Pantai

Rute Menuju Pantai Grupuk
Image Credit: Instagram Haetam A.

Terpaut sejauh 4 km dengan Tanjung Aan di timur Pantai Kuta Lombok, destinasi eksotis ini dapat Anda temukan saat berkunjung ke Desa Gerupuk, Nusa Tenggara Barat. Perjalanannya dapat dilalui bersama moda transportasi umum, mobil sewaan, atau kendaraan pribadi.

Untuk rute angkutan umum, Anda bisa berangkat dari Kota Mataram menuju Bertais lalu Praya dan berhenti di Sengkol. Setelah itu, berpindahlah angkutan umum dan gunakan rute dari Sengkol ke Kuta, yang selanjutnya dapat diteruskan lagi bersama tukang ojek.

Jika ingin menikmati kemegahan ombak di Kecamatan Lombok Tengah ini, Anda perlu melintasi lautan menuju ke Teluk Gerupuk. Setiba di sana, kegiatan utama yang siap dijajal biasanya berupa surfing.

Tentunya ada lebih banyak hal yang ditawarkan oleh Pantai Gerupuk, tidak hanya sekadar kegiatan surfing. Anda dapat berjalan-jalan di kawasan pemukiman warga, melihat-lihat bagaimana proses panen rumput laut.

Harga Tiket Masuk Pantai Gerupuk

Harga Tiket Masuk Pantai Gerupuk
Image Credit: Instagram Invest in Indonesia Lombok

Bermodalkan Rp 5.000 saja, pelancong sudah bisa memasuki kawasan Pantai Gerupuk yang sangat indah. Ombak cantiknya akan memicu keinginan Anda untuk melakukan surfing, bahkan jika itu menjadi yang pertama kalinya.

Tentu tarif tersebut belum termasuk akomodasi lahan parkir serta penyewaan alat surfing. Itu berarti, Anda perlu menyiapkan anggaran yang cukup besar jika berharap dapat merasakan pengalaman liburan secara maksimal di pantai menawan ini selama 24 jam penuh.

Ragam Aktivitas Seru di Pantai Gerupuk

Ragam Aktivitas Seru Pantai Gerupuk
Image Credit: Twitter Heri Mustika Adi

1. Surfing

Selain Bali, Lombok juga terkenal sebagai pusat surfing dunia internasional yang ada di Indonesia. Salah satu spot surfing yang patut dicoba terletak di Pantai Gerupuk, tempat di mana semua orang bisa turut berpartisipasi.

Apakah Anda seorang pemula atau ahli dalam olahraga surfing, jangan ragu untuk bergabung dalam semaraknya kegiatan surfing di pantai unik ini. Ombak yang bergulung dan seolah saling berkejaran akan mengantarkan Anda pada sensasi adrenalin dengan mengesankan.

Birunya air laut turut serta menambah kepuasan visual yang mungkin diperoleh selama melakukan aktivitas menantang ini. Jangan lupakan karang-karang yang tersebar acak di area pesisir, juga hamparan pasir tipis di sekitarnya.

2. Bersantai

Sering kali kita hanya ingin duduk tenang di suatu tempat wisata tanpa melakukan beragam kegiatan yang berarti. Namun, hal itu susah diperoleh mengingat banyaknya lalu-lalang pengunjung atau suara riuh dari lingkungan.

Situasi serupa sesungguhnya juga terjadi di Pantai Gerupuk, tetapi tidak serta-merta menghilangkan kesempatan Anda untuk bersantai. Pasalnya, kebanyakan wisatawan yang mampir ke sini lebih tertarik untuk mencoba olahraga surfing alih-alih duduk diam sepanjang liburan.

Atas dasar itu, Anda dapat memanfaatkannya mencari spot yang agak sepi pengunjung, lalu menikmati waktu sendirian. Disarankan untuk melakukannya saat sore hari menjelang tenggelamnya sang surya.

Di sebelah timur pantai eksotis ini Anda dapat menemukan sebuah bukit mini yang tidak kalah indah. Cobalah untuk mampir ke sini lebih awal, menikmati suara debur ombak, lalu menunggu matahari meluncur di ufuk barat.

Ditemani para peselancar di kejauhan, itu akan menjadi pemandangan yang amat menakjubkan. Anda bisa terus melihatnya hingga hari beranjak gelap dan hanya merekamnya di dalam ingatan, atau mengambil kamera lalu mengabadikannya lewat bingkai foto.

3. Menginap di homestay

Tidak jauh dari Pantai Gerupuk, warga desa tetap menjalani aktivitas seperti biasa sambil memanfaatkan potensi pariwisata yang ada. Salah satunya dengan mengubah rumah pribadi menjadi homestay untuk kemudian disewakan kepada pelancong.

Anda bisa menjauh sejenak dari keriuhan pantai, mencari tempat penginapan terbaik untuk menikmati malam di kawasan eksotis ini. Jika telah menemukannya, jangan ragu mengeluarkan biaya tambahan demi liburan yang lebih berkesan.

Setelah siang berganti malam, Anda bisa kembali ke kawasan pantai tetapi sedikit menjauh dari lautan. Cobalah duduk di bukit karang yang ada di sekitarnya sambil merasakan kesunyian alam.

Di sisi lain pantai bisa saja ada pengunjung yang juga menikmati suasana malam, tetapi fokuslah pada diri sendiri. Jika beruntung, Anda pun dapat menyaksikan cahaya bintang di angkasa. Kemudian, jauhkan sejenak ponsel dari aktivitas Anda, gunakan waktu-waktu ini untuk mengisi energi positif dalam diri.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Gerupuk
Image Credit: Instagram Fantine Capron

Pantai Gerupuk termasuk destinasi populer di Pulau Lombok yang eksistensinya bahkan diketahui oleh pelancong internasional. Oleh karenanya, kelengkapan fasilitas tidak akan menjadi masalah berarti sebab seluruh keperluan Anda nyaris bisa dipenuhi selagi berlibur di pantai yang cantik ini.

Ingin menginap? Bukan hanya homestay di pemukiman warga, Anda pun bisa membangun tenda di area camping yang menakjubkan. Selanjutnya, para pelancong juga bisa memanfaatkan surf camp guna memanjakan diri dengan menikmati kemegahan ombak di kawasan eksotis tersebut.

Bagian paling menariknya, pengunjung dapat menemukan banyak sekali spot foto yang estetis untuk mendukung kegiatan eksis. Apakah itu di atas papan seluncur saat menerjang ombak, di atas bukit karang, atau di tengah laut berlatarkan cahaya jingga saat matahari tenggelam, lakukan eksplorasi sesuka Anda.

Apakah Anda sedang mencari lokasi vacation terbaik di antara semaraknya pariwisata Pulau Lombok? Jangan bingung, segera tambahkan Pantai Gerupuk dalam daftar prioritas Anda agar tidak menyesal. Objek wisata alam yang eksotis ini menawarkan banyak hal kepada pelancong, mulai dari pengalaman surfing hingga sajian kuliner menggoda.

Comments Rating ( reviews)

REKOMENDASI DESTINASI

Leave a Reply

Sending