Pantai Buyutan Pacitan – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Buyutan Pacitan

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga TiketPantai Buyutan salah satu wisata pantai populer di Kota Seribu Goa Pacitan. Pantai pasir putih yang eksotis menarik untuk dieksplor saat liburan.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Bolo, Kalak, Kec. Donorojo, Kab. Pacitan, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Pantai Buyutan merupakan surga tersembunyi yang terletak di kawasan sabana. Pantai yang berlokasi di Kabupaten Pacitan ini menjadi salah satu pantai terindah di wilayah ini karena memiliki banyak batu karang yang berbentuk menyerupai mahkota. Pantai ini memiliki ombak yang tidak begitu besar dengan suasana yang masih asri dan natural.

Pantai ini memiliki sejuta pesona yang dapat dengan mudah memikat hati para pelancong dari berbagai penjuru daerah. Alam yang masih terjaga dengan baik serta bentuk pantainya yang unik menjadi daya tarik tersendiri yang mampu membius wisatawan.

Dengan mengunjungi Pantai Buyutan, Anda akan sejenak melepas beban di pundak sambil menikmati hembusan angin sejuk dari laut. Anda hanya perlu menyiapkan sedikit budget untuk bisa memasuki kawasan pantai ini. Selain itu, Anda harus mengetahui beberapa informasi penting yang akan diulas di bawah ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Buyutan

Daya Tarik Pantai Buyutan
Image Credit: Twitter.com @rintanggg

Pantai cantik ini adalah salah satu tempat favorit liburan dengan wisata air di Kabupaten Pacitan. Pantai ini terkenal dengan karang-karangnya. Pasalnya bentuk dari karang yang ada di Pantai Buyutan Pacitan ini memiliki bentuk yang berbeda-beda dan unik.

1. Terdapat Karang-Karang Unik

Pantai yang terletak di Kabupaten Pacitan ini merupakan salah satu pantai selatan yang memiliki banyak bentuk kerang-kerangan yang unik. Saking uniknya, bentuk karang yang ada di pantai ini ada yang berbentuk seperti perahu, mahkota, dan banyak lainnya. Walaupun memiliki bentuk yang unik, karang-karang ini memiliki sebuah mitos.

Salah satu mitosnya adalah karang dengan bentuk mahkota. Karang yang berbentuk mahkota ini adalah mahkota dewa narada yang terjatuh di daerah wisata Pantai Buyutan. Akan tetapi terlepas dari mitos ini, semua karangnya ada disini memiliki bentuk berbeda-beda satu sama lainnya.

2. Spot Foto Keren

Daya tarik pantai ini selanjutnya adalah banyaknya spot foto yang bagus. Salah satu spot foto yang dimiliki oleh pantai ini terletak di karang-karangnya yang memiliki bentuk yang unik-unik. Banyak dari para pengunjung yang menjadikan lokasi karang ini sebagai spot foto. Dengan adanya hamparan pasir putih dan birunya air laut membuat lokasi karang menjadi tempat sempurna.

3. Air Terjun Mini

Jika Anda berlibur di tempat wisata air ini maka Anda dapat menikmati pemandangan air terjun mini. Untuk ke tempat air terjun mini ini Anda berjalan lurus ke arah timur Pantai Buyutan Pacitan. Unti bisa sampai ke air terjun mini Anda harus melewati jalan-jalan yang dapat memacu nyali adrenalin Anda.

Rasa lelah dan rasa takut di perjalanan akan hilang semuanya setelah Anda sampai ke lokasi air terjun mini ini. Air sungai yang mengalir jatuh ke langsung ke laut ini menimbulkan pemandangan yang sangat mengesankan. Anda dapat berfoto di lokasi air terjun ini, tetapi Anda harus tetap berhati-hati.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Buyutan

Rute Pantai Buyutan
Image Credit: Google Maps (Bekti Mardiyanto)

Provinsi Jawa Timur memang terkenal dengan beragam pantainya yang banyak dijadikan sebagai destinasi wisata bahari, salah satunya yaitu Pantai Buyutan yang terletak di Kabupaten Pacitan. Bagi Anda yang telah sampai atau berada di Pacitan, Anda harus mengarahkan kendaraan Anda ke arah Masjid Besar Punung. Apabila menjumpai pertigaan, Anda harus belok ke arah kiri.

Anda dapat menggunakan google maps untuk membantu saat di perjalanan. Untuk sampai ke tujuan, Anda harus melewati Pasar Kalak agar bisa sampai di pertigaan Desa Widoro. Disini, terdapat arah petunjuk yang akan membawa Anda ke lokasi pantai ini.

Saat melewati jalur ini, Anda akan menikmati pemandangan sawah yang sangat luas dengan banyaknya bunyi kicauan burung. Bagi Anda yang menginginkan view yang jauh lebih indah, Anda dapat berkunjung kesini pada musim panen.

Saat melewati jalur ini, Anda memerlukan kehati-hatian yang ekstra. Sebab, akses jalan menuju Pantai buyutan sangatlah curam dengan beberapa belokan tajam. Jalanan ini juga tidak cukup baik untuk dilewati kendaraan bermotor. Rasa lelah dan penat Anda akan langsung terbayar saat menyaksikan pesona alam yang luar bisa dari wisata pantai ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Buyutan Pacitan

Harga Tiket Pantai Buyutan
Image Credit: Google Maps (Syarif Hendri)

Pantai ini menjadi objek wisata bahari yang sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Untuk memasuki pantai yang terletak di Kabupaten Pacitan ini memiliki harga tiket masuk sangat ramah di kantong para pelancong. Anda cukup membayar biaya sebesar Rp 5.000 untuk dapat menikmati dan menjelajahi seluruh kawasan pantai.

Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi, Anda diharuskan membayar sedikit biaya untuk menyewa tempat dan jasa keamanan. Untuk sepeda motor, harus membayar sebesar Rp 2.000, sedangkan untuk kendaraan roda empat seperti mobil diharuskan membayar sebesar Rp 3.000. Harga tersebut tentu sangat low budget bagi Anda yang ingin menghemat pengeluaran.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Buyutan

Aktivitas di Pantai Buyutan
Image Credit: Facebook.com @arini istiqomah

1. Menikmati Pemandangan Sunset

Hal yang sangat ditunggu oleh para pengunjung pantai adalah pada sore hari dimana matahari akan segera terbenam. Hal itu juga terjadi kepada para pengunjung Pantai Buyutan Pacitan. Dikarenakan di pantai ini memiliki pemandangan sunset yang sangat memukau. Soalnya di pantai hits Pacitan terkenal dengan keramahannya terhadap indahnya pemandangan sunset.

Pantai ini memiliki sebuah tebing yang tinggi. Tebing inilah yang menjadi tempat favorit para pengunjung untuk menikmati cahaya jingga dari matahari. Banyak para pengunjung yang berhenti berenang untuk menyaksikan keindahan pemandangan sunset dari atas tebing ini.

2. Bertemu Dengan Kera

Jika Anda berlibur ke tempat ini, jangan lewatkan kegiatan yang satu ini. Anda dapat menemukan kegiatan bertemu kera dalam perjalanan dari area parkir menuju atas tebing. Kera yang ada di Pantai Buyutan ini adalah jenis kera ekor panjang.

Kera-kera yang ada disini terlihat cukup imut dan menggemaskan. Anda dapat melakukan foto bersama dengan kera ekor panjang ini. Walau diperbolehkan, terdapat aturan wajib yang harus Anda taati. Peraturan yang dibuat diberlakukan untuk semua para wisatawan. Jika melanggar peraturan ini, hal yang buruk akan terjadi.

3. Berfoto Ria

Semua pengunjung pasti sangat menyukai kegiatan yang satu ini. Pasalnya dengan mengambil sebuah foto, akan menjadi kenang-kenangan yang dapat Anda simpan setelah Anda mengunjungi tempat wisata ini.

Pantai indah ini memiliki banyak spot menarik yang bagus menjadi sebuah latar dari foto Anda. Lokasi spot foto yang selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan adalah lokasi karang dan lokasi di atas tebing.

4. Berjemur dan Berenang

Di Pantai Buyutan Pacitan memiliki hamparan pasir yang berwarna putih dari ujung ke ujungnya. Anda dapat melakukan kegiatan berjemur di hamparan pasir ini. Tak hanya berjemur di pinggir pantai, Anda juga dapat melakukan aktivitas berenang di kawasan pantai ini. Akan tetapi, jika Anda mengunjungi pantai ini keberadaan sinyal akan sulit dicari.

Penginapan Murah Dekat Dari Pantai Buyutan

Penginapan Dekat Pantai Buyutan
Image Credit: Agoda.com

1. Kraton Mas Guest House

Penginapan pertama yang dekat dengan kawasan pantai adalah kraton mas guest house. Kraton mas guest house adalah penginapan yang memiliki konsep shariah. Penginapan ini dibangun dengan desain minimalis namun elegan dan memiliki suasana yang nyaman.

Penginapan ini memiliki tipe-tipe kamar, yaitu tipe standar dan tipe superior. Setiap tipe kamarnya memiliki harga yang berbeda-beda. Untuk kamar dengan tipe standar dikenakan biaya Rp 150.000 per malamnya sedangkan untuk kamar tipe superior dikenakan biaya Rp 350.000 per malamnya. Anda dapat langsung memesan 6 kamar dan dikenakan biaya Rp 1.700.000 per malamnya.

2. Platar Ombo Homestay

Jika Anda ingin berkunjung ke Pantai Buyutan Pacitan dan ingin bermalam, Anda tidak perlu membawa tenda atau perlengkapan kemah lainnya. Pasalnya sudah ada penginapan yang dekat dengan pantai. Seperti salah satunya Penginapan Platar Ombo Homestay.

Penginapan dengan suasana yang nyaman ini memiliki desain yang cukup sederhana dan cukup elegan. Penginapan ini memiliki banyak kamar yang dapat Anda pilih sebagai tempat bermalam. Untuk satu malamnya Anda harus membayar Rp 150.000 saja dengan begitu Anda dapat bermalam di salah satu kamar dan menikmati fasilitas yang ada.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Buyutan Pacitan

Fasilitas di Pantai Buyutan
Image Credit: Twitter.com @mydunia19

1. Area Berkemah

Jika Anda ingin berlibur dan bermalam di pantai, maka Anda dapat melakukan camping jika tidak ingin bermalam di penginapan. Jika Anda camping di pantai ini, maka sudah ada areanya tersendiri. Anda dapat membangun sebuah tenda di sekitar pinggir pantai sambil menikmati sejuknya angin pantai.

Melakukan camping di pantai ini adalah salah satu hal yang menyenangkan dan semakin menyenangkan jika Anda berkemah secara beramai-ramai. Anda dapat membuat api unggun di pinggir pantai sambil menikmati makan yang dibakar di pinggir pantai. Hal ini menjadi momen yang tidak terlupakan. Anda dan para rombongan dapat bersantai dengan adanya sebuah candaan.

2. Tempat Makan

Anda ingin berkunjung ke tempat wisata Pantai Buyutan Pacitan ini tetapi Anda tidak membawa perbekalan, Anda tidak perlu khawatir. Di pantai ini, terdapat fasilitas tempat makan yang memiliki banyak variasi menunya. Jika Anda makan di tempat makan ini tidak perlu memikirkan harganya, pasalnya harga yang diberikan cukup terjangkau.

3. Lahan Parkir

Fasilitas yang satu ini memiliki peranan yang cukup penting di kawasan wisata pantai. Pasalnya banyak para pengunjung yang membawa kendaraan pribadi baik sepeda motor atau kendaraan roda empat yang menyebabkan para pengunjung harus mencari tempat parkir untuk memarkirkan kendaraannya.

Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi tidak perlu khawatir soal lahan parkir. Di Pantai Buyutan Pacitan ini sudah disediakan lahan parkir yang cukup luas untuk memarkirkan kendaraan Anda. Tak hanya sepeda motor dan mobil saja, bus pariwisata pun dapat parkir di area parkir ini.

4. Kamar Mandi

Fasilitas kamar mandi adalah fasilitas yang penting dan harus ada di setiap tempat wisata. Sama halnya seperti di tempat wisata ini. Di pantai ini memiliki fasilitas kamar mandi yang bersih. Anda dapat menggunakannya kapanpun Anda mau pakai.

Itulah sedikit informasi mengenai objek wisata Pantai Buyutan di Pacitan. Hal terpenting jika Anda ingin berlibur ke suatu tempat adalah mengetahui terlebih dahulu tempat wisata tersebut.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending